P. 1
Aliran Seni Rupa

Aliran Seni Rupa

|Views: 38|Likes:
Published by addien_com6570

More info:

Published by: addien_com6570 on Mar 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2013

pdf

text

original

ALIRAN SENI RUPA

Aliran Klasik

Seni lukisan klasik adalah seni lukisanyang memiliki karakter dan ciri tersendiri.Lukisan klasik sudah banyak terpampang di nusantara maupun di mancanegara, karena karakteristik dari lukisan klasik ini sangat menarik, apalagi dari warna lukisannya sangat menyatu sekali paduan warnanya..

Aliran Romantisme
Romantisme merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia.Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objekyang seringdiambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukispada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuktujuan koleksi dan galeri di jaman colonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.

Aliran Realisme

bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. Aliran Naturalisme Di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan setting alam. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa untuk memperlihatkan kebenaran.Di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Aliran Impresionisme . Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.

Aliran Ekspresionisme Adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efekefek emosional.. Tokohnya adalah Claude Monet dan Van Gogh.Seni lukis Impresionism(Van Gogh) adalah Sebuah gaya dari macam-macam melukis dengan menekankan pada kesan pencahayaan dan warna yang kuat. film.ekspresik. dan artistik. .adalah gaya melukis dengan menggunakan sentuhan titik hingga membentuk sebuah objek gambar dan jika dilihat dari jarak tertentu bias memperlihtakan lukisan yang bersifat realistik. sementara bentuk tidak menjadi prioritas. dan berikut salah satu gambar nya Aliran Pointilisme Pointilisme. sastra. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan.

Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. dan musik.arsitektur. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso. Aliran Abstrak . Aliran Surealisme Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia Aliran Kubisme Adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.

Sehingga bentuk obyek dalam Lukisan dekoratif cenderung tampak seperti bidang-bidang geomatris. lebih berorientasi pada symbol-symbol serta perpaduan Aliran Dekoratif Merupakan gaya aliran Lukisan yang mengkombinasikan antara garis tegas dan lengkung membentuk bidang atau obyek. .Abstract adalah Sebuah lukisan yang meninggalkan bentuk-bentuk umum.

Aliran Optik Aliran ini menampilakan bentuk bentuk gemometris yang diulang ulang atau garis yang diatur rapi dan membentuk komposisi yang menakjubkan . sesuai dengan sifat lingkungan perang.Aliran Dadanisme Ciri khas dari karya dadaisme sini dan tidak mau ilusi atau ketiadaan ilusi. Dada atau Dadaisme merupakan gerakan budaya yang lahir di wilayah netral. juga ada tanda-tanda merusak yang telah ada. mistis. sesuatu yang menimbulkan goncangan jiwa yang mendadak. yaitu Zurich.Yang kemudian diungkapkan dalam bentuk main-main.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->