HAKIKAT PERILAKU

Neka Erlyani, M.Psi

Reaksi insting bawaan dari berbagai stimulus yang direseptor dalam otak serta akibat pengalaman belajar. bekerja . . perbuatan. psikomotorik yang saling berkaitan . tanggapan atau jawaban hasil dari proses berpikir.Reaksi manusia akibat kegiatan kognitif. afektif. aktivitas. gabungan dari gerakan. .Perilaku adalah……….Kumpulan reaksi.

Kebutuhan harga diri 5. Kebutuhan fisiologis 2.Proses Pembentukan Perilaku…(1) A. Kebutuhan rasa aman 3. manusia memiliki 5 basic need: 1. Kebutuhan aktualisasi diri . Kebutuhan mencintai dan dicintai 4.Teori Kebutuhan Menurut Maslow.

Perilaku terbentuk karena ada stimulus tertentu dari luar diri individu (lingkungan) yg menimbulkan respon yg relatif menetap ex. wajah berseri karena bahagia - .Teori Dorongan (stimulus respon) . perut jadi lapar. termasuk respon emosi: menangis karena sedih.Proses Pembentukan Perilaku…(2) B. Mendengar bunyi mangkok paman bakso.

karakter . keyakinan. minat.Teori Belajar .Menurut Bandura. . perilaku terbentuk akibat interaksi antara individu dengan lingkungan dan proses imitasi perilaku dari model. .Imitasi dipengaruhi oleh kesenangan.Proses Pembentukan Perilaku…(3) C. sebaliknya perilaku yang tidak menyenangkan akan dieliminasi.Perilaku yang menyenangkan akan ditiru.

sedih. benci. cemas. misal: marah.Faktor yang Mempengaruhi Perilaku 1. Emosi reaksi kompleks akibat perubahan mendalam dan hasil pengalaman dari lingkungan serta kondisi fisiologis. gembira.dll . takut. bahagia.

3. psikologis. setiap orang memiliki persepsi yg berbeda meskipun objeknya sama.2. hasil motivasi akan diwujudkan kedalam perilaku untuk memenuhi kebutuhan biologis. Persepsi Adalah pengalaman-pengalaman yg dihasilkan melalui panca indra. . sosial. Motivasi yaitu dorongan untuk bertindak demi tercapainya suatu tujuan.

motivasi. melalui belajar. cepat dalam pengambilan keputusan . perkembangan sosial dan kepribadian. Belajar adalah salah satu dasar memahami perilaku manusia karena berkaitan dgn kematangan dan perkembangan fisik.4. emosi. orang mampu merubah perilaku sebelumnya dan menampilkan kemampuannya yang baru. Intelegensi kemampuan dalam berfikir abstrak. 5.

tidak dapat diamati langsung (masih sebatas sikap) ex. berupa tindakan nyata. berfantasi.Bentuk Perilaku a. Perilaku aktif perilaku yg sifatnya terbuka. . dapat diobservasi. mengetahui manfaat olahraga tp tidak berolahraga b. Perilaku Pasif Perilaku yg sifatnya masih tertutup. Berfikir.

termasuk pencegahan penyakit.Perilaku Orang Sakit dan Perilaku Orang Sehat • Perilaku sakit adalah segala bentuk tindakan yg dilakukan oleh individu yg sedang sakit agar memperoleh kesembuhan. dan penjagaan kebugaran melalui olahraga dan makanan bergizi. • Perilaku sehat adalah tindakan yg dilakukan individu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya. . perawatan kebersihan diri.

. Regresi.takut isolasi 2. Pada saat sakit muncul perasaan cemas. Fearfullness (merasa ketakutan). 3.yaitu: 1.7 perilaku orang sakit yg dapat diamati. umumnya individu yg sedang sakit memiliki perasaan takut. Egosentris. sehingga untuk menghindarinya mereka melakukan regresi (menarik diri) dari lingkungan. Orang sakit fokus pd dirinya sendiri. takut cacat. Ex: takut mati.

Reaksi emosional tinggi. Berkurangnya minat . Terlalu memperhatikan persoalan kecil. Ex. akibatnya sangat sensitif.banyak mengeluh. Ex: cerewet.banyak menuntut. 5. mudah menangis 6. Perubahan persepsi terhadap orang lain 7. Mudah tersinggung.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful