P. 1
Bahasa Mandar

Bahasa Mandar

|Views: 5|Likes:
Published by أختي رويدة

More info:

Published by: أختي رويدة on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2013

pdf

text

original

Tentang Bahasa Mandar

Minggu, 09 Oktober 2011 05:49

Bahasa Mandar terbagi atas tiga sub kelompok, yaitu : - Sub Kelompok Bahasa Mandar - Sub Kelompok Bahasa Pitu Ulunna Salu - Sub Kelompok Bahasa Mamuju

Dalam sub kelompok sendiri terdapat dialek yang berbeda-beda. Misalnya : - Sub kelompok Bahasa Mandar dikenal ada empat dialek yaitu Dialek Balanipa, Dialek Sendana, Dialek Banggae, dan Dialek Pamboang. - Sub kelompok Bahasa Pitu Ulunna Salu dikenal ada dua dialek yaitu Dialek Pannei' dan Dialek Pakkao'. - Khusus Sub kelompok Bahasa Mamuju, belum ada data dan kepustakaan yang dapat dijadikan patokan untuk menentukan berapa jenis dialek Bahasa Mamuju.

Dari sekian banyak sub kelompok dan dialek dalam Bahasa Mandar, tidak ada satupun yang disepakati dijadikan sebagai bahasa persatuan dan digunakan diseluruh wilayah Mandar.

Pada bidang seni sastra, Mandar memiliki sastra lisan berupa Kalindaqdaq, Lolitang (dongeng), Pemanna (ikrar), Hikayat, Mantra yang sampai sekarang masih bisa dilihat dalam Lontar Mandar.

Dari sastra-sastra inilah menggambarkan secara jelas eksistensi dan pegangan orang-orang Mandar, misalnya kalimat leluhur berikut : Tubu mapaccing dinyawa Nyawa mapaccing diate Ate mapaccing dirahasia Rahasia membolong di Allah Taala Terjemahan :

1/2

09 Oktober 2011 05:49 Jasad bening pada nyawa Nyawa bening pada hati Hati bening pada rahasia Rahasia benam pada Allah Taala Baca juga Nilai-nilai luhur kemandaran dalam sejarah lontar Mandar 2/2 .Tentang Bahasa Mandar Minggu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->