PROFESI

Pertemuan ke-2
MK. Etika dan Profesi Dr. I Wayan S. Wicaksana iwayan@staff.gunadarma.ac.id

02. Profesi (MK. Etika Profesi)

1

Profesi (MK. Etika Profesi) 2 .Topik Bahasan ● ● ● ● ● Definisi Ciri-ciri Prinsip Etika Profesi Syarat Profesi Kode Etik Profesi 02.

atau untuk mengisi waktu luang.blogspot. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian. Profesi (MK. PROFESIONAL. adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi. Etika Profesi) 3 ● .Definisi(1) http://etikaprofesidanprotokoler. 02.com/2008/03/ ● PROFESI. untuk senang-senang. adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.

Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.Definisi(2) http://etikaprofesidanprotokoler. Hidup dari situ. Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu. Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup. Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.blogspot.com/2008/03/ ● PROFESI : – – – – Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus. Etika Profesi) 4 ● PROFESIONAL : – – – – . Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu). Bangga akan pekerjaannya. Profesi (MK. 02.

Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat. kelangsungan hidup dan sebagainya. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.Ciri-Ciri Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. Profesi (MK. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi. Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi. pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun. dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan.blogspot. Etika Profesi) 5 ● ● ● ● . Mengabdi pada kepentingan masyarakat. yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan. Izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. keamanan.com/2008/03/ ● Adanya pengetahuan khusus. 02. maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.

Profesi (MK. Otonomi.blogspot.com/2008/03/ ● Tanggung jawab – – Terhadap pelaksanaan pekerjaan itu dan terhadap hasilnya. Etika Profesi) 6 ● .Prinsip Etika Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. 02. Prinsip ini menuntut kita untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya. Prinsip ini menuntut agar setiap kaum profesional memiliki dan di beri kebebasan dalam menjalankan profesinya. Terhadap dampak dari profesi itu untuk kehidupan orang lain atau masyarakat pada umumnya. ● Keadilan.

Memerlukan persiapan profesional yang alam dan bukan sekedar latihan. Menjanjikan karir hidup dan keanggotaan yang permanen. Menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus. Profesi (MK.Syarat Suatu Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. 02. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.blogspot. Mementingkan layanan di atas keuntungan pribadi.com/2008/03/ ● Melibatkan kegiatan intelektual. Etika Profesi) 7 ● ● ● ● ● ● ● . Memerlukan latihan dalam jabatan yang berkesinambungan. Menentukan standarnya sendiri. dalam hal ini adalah kode etik.

Profesi (MK. Contoh : mafia peradilan. klinik super mewah. Etika Profesi) 8 . 02.blogspot.Peranan Etika dalam Profesi http://etikaprofesidanprotokoler.com/2008/03/ ● ● ● Etika milik setiap kelompok masyarakat Masyarakat Profesional Para anggota profesi yang tidak didasarkan pada nilai-nilai pergaulan yang telah disepakati bersama.

com/2008/03/ ● Kode. ● ● 02. keputusan atau suatu kesepakatan suatu organisasi. tulisan atau benda yang disepakati untuk maksud-maksud tertentu. Kode etik profesi adalah pedoman sikap. misalnya untuk menjamin suatu berita. 8 (POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN). Etika Profesi) 9 .blogspot. tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari. yaitu tanda-tanda atau simbol-simbol yang berupa kata-kata. MENURUT UU NO.Kode Etik Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. Profesi (MK. Kode etik . Kode juga dapat berarti kumpulan peraturan yang sistematis. yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.

Etika Profesi) 10 ● ● ● ● ● ● ● . 02. Menentukan baku standarnya sendiri. Profesi (MK. Untuk meningkatkan mutu profesi. Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat. Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.blogspot.Tujuan Kode Etik Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.com/2008/03/ ● Untuk menjunjung tinggi martabat profesi. Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi. Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.

● ● 02. Sebagai sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan.blogspot.com/2008/03/ ● Memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.Fungsi Kode Etik Profesi http://etikaprofesidanprotokoler. Profesi (MK. Mencegah campur tangan pihak di luar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Etika Profesi) 11 .

Etika Profesi) 12 . Profesi (MK.blogspot.Sanksi Pelanggaran Kode Etik Profesi http://etikaprofesidanprotokoler.com/2008/03/ ● Sanksi moral Sanksi dikeluarkan dari organisasi ● 02.

Profesi (MK.Tugas http://etikaprofesidanprotokoler.com/2008/03/ ● ● Profesi TI Jenis Profesi TI 02.blogspot. Etika Profesi) 13 .

Etika Profesi) 14 .Ringkasan ● ● ● Etika – tingkah laku – kebaikan Ragam etika Pentingnya etika 02. Profesi (MK.