Pengertian Gunung Merapi Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan

sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_berapi Kronologis Letusnya Gunung Merapi Gunung merapi meletus pada hari Selasa kemarin tepatnya tanggal 25 Oktober 2010 pukul 17.00 wib dan dengan peristiwa meletusnya gunung merapi ini tercatat ada belasan korban yang telah berhil di evakusai ke rumah sakit, dan menurut kabar mbah marijan meninggal duniadengan peristiwa merapi meletus ini, berikut ini detik-detik gunung yang masuk dalam salah satu gunung berapi paling aktif di dunia ini melakukan aktivitas vulkaniknya Setelah beberapa hari aktifitas vulkanik G. Merapi terus mengalami peningkatan secara signtfikan baik jumlah maupun energi gempabumi vulkanik, Selasa (26/10) sore G. Merapi memasuki fase erupsi. Berikut dibawah ini kronologis letusan G. Merapi yang terjadi Selasa sorehingga menjelang malam. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. Pukul 17.02 mulai terjadi awanpanas selama 9 menit Pukul 17.18 terjadi awanpanas selama 4 menit Pukul 17.23 terjadi awanpanas selama 5 menit Pukul 17.30 terjadi awanpanas selama 2 menit Pukul 17.37 terjadi awanpanas selama 2 menit Pukul 17.42 terjadi awanpanas besar selama 33 menit Pukul 18.00 sampai dengan 18.45 terdengar suara gemuruh dari Pos Merapi di Jrakah dan Selo Pukul 18.10, pukul 18.15, pukul 18.25 terdengan suara dentuman Pukul 18.16 terjadi awanpanas selama 5 menit Pukul 18.21 terjadi awanpanas besar selama 33 menit Dari pos Pengamatan Gunung Merapi Selo terlihat nyala api bersama

Pengamatan

kolom asapmembubung ke atas setinggi 1,5 km dari puncak Gunung Merapi

misalnya karbonat. yaitu garam organik misalnya asetat.html Macam Macam Abu Abu (analisis kimia).org/wiki/Abu . Proses untuk menentukan jumlah mineral sisa pembakaran disebut pengabuan. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. dan nitrat. hasil dari pembakaran kayu Abu gosok.blogspot. Merapi ditingkatkan dari Normal manjadi Waspada pada tanggal 20 September 2010.5' Bujur Timur.54 aktivitas awanpanas mulai mereda Luncuran awanpanas mengarah kesektor Barat-Barat Daya dan sektor Selatan-Tenggara Kronologi dikutip dari Letusan Gunung Merapi Tanggal 26 Oktober 2010 yang dikeluarkan oleh a. yaitu material yang dikeluarkan oleh gunung berapi Abu kayu. Kabupaten Magelang. campuran yang tersisa setelah sampel percobaan dibakar Abu ringan dan abu padat sisa pembakaran batu bara atau insinerasi Abu vulkanik. ditingkatkan menjadi Siaga pada 21 Oktober 2010 dan menjadi Awas. Gunung Merapi merupakan gunungapi tipe strato. Mineral yang terdapat dalam bahan pangan terdiri dari 2 jenis garam. Kandungan dan komposisi abu atau mineral pada bahan tergantung dari jenis bahan dan cara pengabuannya. Kabupaten Boyalali dan Kabupaten Klaten.980 meter dari permukaan laut. secara administratif terletak pada 4 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Sleman. fosfat. terhitung sejak 25 Oktober 2010 http://sugengsetyawan.com/2010/10/gunung-merapi-meletus-detikdetik. Penentuan kadar abu ada hubungannya dengan mineral suatu bahan. dan garam anorganik. Pukul 18. sulfat. dengan ketinggian 2. limbah pembakaran atau abu dari tumbuhan http://id.com/2011/05/pengertian-abu. Status kegiatan G. mallat.pengertiandefinisi. Secara geografis terletak pada posisi 7° 325' Lintang Selatan dan 110° 26.n Kepala Badan Geologi.wikipedia.html Pengertian Abu Abu adalah zat anorganik dari sisa hasil pembakaran suatu bahan organik. pektat. http://www.13.

Junus Satrio Atmodjo. cairan ini dapat tersumbat dan membentuk endapan yang mengeras. tetapi itu di atasnya ada lapisan beton. Itu kita gunakan soda kue. Kita butuh berkilo-kilo soda kue untuk membersihkan seluruh candi. Menurut Junus Atmojo. dan di atasnya lagi juga sama. untuk menghilangkan endapan ini dibutuhkan cairan kimia yang bersifat basa. Ketebalannya diperkirakan mencapai 2. Hal ini disampaikan Direktur Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Apabila masuk ke celah batuan. Junus Atmodjo menambahkan. Bahkan.html Kerugian Dari Abu Letusan Gunung Merapi Terhadap Candi Borobudur Dampak erupsi Gunung Merapi terhadap Candi Borobudur adalah candi itu terselimut oleh hujan abu vulkanik. Ada dua lapis batu. dalam sebuah diskusi di Jakarta akhir pekan baru lalu. yang didesain sebagai pipa pengalir air Candi Borobudur. Abu sudah masuk ke bagian paling bawah. abu vulkanik Sulfur Dioksida yang memiliki tingkat keasaman tinggi. Jika dibiarkan.5 hingga tiga sentimeter. maka kita perlu memberikan cairan yang nantinya menetralisir. abu yang mengandung sulfur (asam dari belerang) itu dapat membuat batuan candi lapuk.voanews. kalau terjadi penimbunan di bawah lantai ya kita harus bongkar…” jelas Junus. berupa baking soda atau soda kue yang biasa digunakan untuk membuat roti. “S4 itu sulfur dia sangat asam dan bisa menghancurkan permukaan batu. Struktur bagian atas Borobudur itu meskipun rata.Pengaruh Abu Gunung Merapi Terhadap Candi Borobudur Letusan dahsyat Gunung Merapi telah menyisakan abu vulkanik yang mengendap dalam pori-pori relief dan stupa Candi Borobudur. http://www. Jika terkena air zat ini akan berubah menjadi Sulfur (S4). beberapa bagian candi berupa stupa . artinya di atas juga begitu. “Kita melihat bahwa abu yang tadinya ada di atas itu sekarang justru masuk ke dalam struktur bagian dalam candi. Ketebalan abu tersebut mencapai 2 cm. Akibat letusan Gunung Merapi dan keluarnya wedhus gembel mengakibatkan Candi Borobudur terselimuti oleh abu vulkanik.com/indonesian/news/Abu-Vulkanik-Ancam-Candi-Borobudur109718759. cairan yang sifatnya basa. lalu disangga dengan batu kotak-kotak.

Untuk menghilangkan kandungan asam di batu candi tersebut. Menurut . Dibutuhkan waktu yang lama untuk merubah batuan segar menjadi lapuk. Jika dengan asumsi abu vulkanik mengandung belerang atau gas belerang. suhu. http://nasional.wordpress. http://p2bpkssleman. sehingga ketika hujan berubah menjadi asam fluorida yang sangat mudah merusak bebatuan.com/2010/10/27/borobudur-diselimuti-abu-merapiwisatawan-dilarang-naik/ Faktor Yang Mempengaruhi Abu Dari Letusanan Gunung Merapi Terhadap Candi Borobudur Abu vulkanik Gunung Merapi yang menempel di Candi Borobudur bersifat asam korosif sehingga membahayakan kondisi batu candi tersebut. Jadi apakah dalam waktu 1 minggu atau 1 bulan batu candi akan berubah? Jadi.com/news/read/188243-ini-cara-enyahkan-abu-merapi-diborobudur Kekhawatiran akan rusaknya relief candi oleh abu vulkanik Merapi tampaknya terlalu terburu-buru. maka ketika kena hujan belerang ini dengan mudah berubah menjadi asam sulfat (kalau gak salah lho). untuk merubah atau merusak batuan dibutuhkan interaksi antara air yang sifatnya asam dengan batuan yang cukup lama. water rock interaction. pihak Balai Konservasi Peninggalan Borobudur melakukan pemberishan abu itu dengan menyemprotkan zat kimia natrium bikarbonat. Ini istilah kerennya. Batuan mengalami ubahan atau istilah kerennya di dunia geologi ekonomi (jadi sekali lagi dari sudut geologi ekonomi.vivanews. Bisakah batuan andesit berubah sedemikian cepat akibat terkena asam sulfat ini? Mari kita lihat bagaimana batuan bisa berubah. Atau abu vulkanik mengandung unsur F yang tinggi. tanpa didasari oleh hasil analisis kimia terhadap kandungan abu vulkanik yang jatuh di sekitar candi. hehe) disebut 'alterasi batuan'. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan ratusan tahun untuk mengubah atau merusak batuan yang dikenainya. Selain faktor waktu. tekanan dan komposisi fluida secara bersama-sama berperan dalam merubah batuan. Alterasi pada batuan tidak begitu instan terjadi.dan jalan masuk serta naik menuju ke candi tertutupi oleh abu vulkanik setebal 5 sampai 6 milimeter. Secara kasat mata (maksudnya mengamati batu candi sambil cuci mata). sebagian besar candi-candi di Jawa Tengah tersusun oleh batu andesit yang cukup kuat diterpa oleh proses-proses alam luar bumi (eksogenik).

spray. Sehingga. cetok. lanjut dia.html Direktur Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. menyebutkan pemakaian zat kimia natrium bikarbonat telah melalui proses konsultasi dengan pihak dosen jurusan MIPA UGM Yogyakarta. maka sifat abu yang korosif ini akan merusak batu candi tersebut.beberapa artikel.” kata dia. “Proses pembersihan ini membutuhkan waktu cukup lama. Sehingga zat kimia natrium bikarbonat pun dibutuhkan untuk proses pembersihan sifat asam yang menempel pada abu Merapi ini. Menurut dosen tersebut zat kimia tersebut lazim digunakan untuk proses konservasi loga. letusan yang sifatnya menengah tidak mengandung F yang tinggi. menambahkan. Yunus Satrio Atmaja. masker dan kacamata. batu dan lainnya. F dijumpai pada magma yang asam atau sangat asam.com/2010/11/apakah-abu-merapi-akan-merusak-relief. jika hanya disemprot air saja. berupa baking soda atau soda kue yang biasa digunakan untuk membuat roti. generator. maka kita perlu memberikan cairan yang nantinya menetralisir. http://www.com/indonesian/news/Abu-Vulkanik-Ancam-Candi-Borobudur109718759. minimal satu Minggu. “Natrium bikarbonat adalah sejenis soda. Namun. justru abu yang sangat lembut itu akan masuk. Kita butuh berkilo-kilo soda kue untuk membersihkan seluruh candi. Untuk proses pembersihan tersebut.” katanya. apabila status Merapi sudah diturunkan dan . “Jika masuk. cairan yang sifatnya basa. http://warmada. Ini jika disemprotkan akan menetralisir asam korosit tersebut. Total biaya untuk membeli peralatan mencapai Rp 100 juta.” kata dia. untuk menghilangkan endapan ini dibutuhkan cairan kimia yang bersifat basa. permukaan batu candi memiliki lubang-lubang kecil. “Ketersediaan bahan kimia ini cukup banyak selain itu.blogspot.html Upaya Penanggulangan Abu Yang Terdapat Pada Candi Borobudur Menurut Junus Atmojo. Nahar Cahyandaru. juga tidak bahaya. setelah pemakaian zat kimia tersebut. “S4 itu sulfur dia sangat asam dan bisa menghancurkan permukaan batu. Natrium bikarbonat juga mudah diperoleh di pasaran.voanews. pihaknya membawa berbagai macam peralatan dari Jakarta sebanyak satu truk. Itu kita gunakan soda kue. Koordinator Kelompok Kerja Pemeliharaan Balai Konservasi Peninggalan Candi Borobudur. Alat-alat itu meliputi. Sementara itu.

meningkatkan tinggi tanaman. terhadap sifat kimia.com/news/read/188243-ini-cara-enyahkan-abu-merapi-diborobudur Zat-Zat Yang Terkandung Dalam Abu Gunung Merapi Abu vulkanik Gunung Merapi yang diambil pada Juli 2008 mengandung Al.815.4% Mg.vivanews. fisika dan biologi tanah dan air pertanian. Abu G. 2.” ujar dia. 0. Semakin halus abu vulkan semakin efektif terhadap pertumbuhan tanaman jagung. akan dilanjutkan dengan proses menyiram air sebanyak-banyaknya di semua bagian candi.tidak terjadi hujan abu vulkanik lagi. abu vulkanik Gunung Kelud Jawa Timur mengandung 45. http://balittanah. berat kering tanaman dan akar jagung.1-2. Selanjutnya.4-9. Proses berikut adalah menutupi bangunan candi tersebut dengan terpal plastik.go.deptan. Menurut Zuarida (1999).id/dokumentasi/lainnya/Makalah%20Merapi %20010. Merapi saat ini umumnya bertekstur agak kasar sehingga dampak kerusakan terhadap tanaman cukup besar.litbang.pdf Dampak Mutasi Akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya mutasi bermacam-macam. Sedang jika . setelah proses penyemprotan zat natrium karbonat yang berkadar 1 persen rata di semua stupa yang berjumlah 72 buah tersebut.%20revisi%20pa%20Kasno.6-28. Ini dilakukan untuk menghilangkan senyawa kimia tersebut.3% Fe (Sudaryo dan Sutjipto. Mg. Si dan Fe yang dianalisis dengan metode Analisis Aktivasi Neutron (AAN) berturut-turut berkisar antara 1. http://nasional. ia menerangkan.9% SiO2 dan mineral yang dominan adalah plagioklas intermedier. 2009). Penelitian bertujuan mengidentifikasi dampak letusan Gunung Merapi 26 Oktober sampai 5 November 2010. Jika mutasi terjadi pada sel soma (sel vegetatif) dapat menimbulkan terjadinya kanker.9 % Al.7% Si dan 1. Abu vulkanik Gunung Kelud dapat meningkatkan pH tanah.

menguntungkan bila diperbanyak secara vegetatif Manfaat Pengetahuan Mutasi Para ilmuwan biologi mengetahui bahwa sinar X dapat menimbulkan ionisasi pada sel-sel pembentuk jaringan tubuh. Ionisasi terjadi bila elektron terlepas dari suatu atom dan menggabung ke atom lainnya. Radiasi sebagai akibat peledakanpeledakan bom A dan bom H baik dalam peperangan atau percobaan.terjadi pada sel generatif dapat menimbulkan mutasi. Dengan dasar pengetahuan ini. Dengan ini dapatlah terjadi mutasi kromosom.poliploid umumnya gagal mengahasilkan keturunan secara generatif . Gen yang berubah susunan kimianya. radiasi bocoran reaktor atom. Pengaruh negatif mutasi buatan : . Sinar X dapat juga membuat mutasi kromosom menjadi dua bagian atau lebih. Dari eksperimen yang telah banyak dilakukan. misalnya biji-biji yang akan diunggulkan perlu dilakukan pada jumlah yang amat besar dan intensitas radiasi yang optimal. Mutasi yang menyebabkan kematian adalah merupakan usaha untuk menjaga keseimbangan genetika dalam suatu populasi. Molekul DNA yang banyak mengandung atom-atom yang terionisasi dapat menjadikan gen labil dan akhirnya berubah. Masalahnya adalah bagaimana cara pengaturan intensitas ini. maka individu tersebut dapat mewariskan sifat-sifat barunya ke keturunannya. Bagian-bagian ini dapat hancur dan lenyap atau menggabung pada kromosom lain. terjadilah aberasi kromosom. para ilmuwan menggunakan sinar X atau sinar-sinar lain yang berenergi tinggi sebagai mutagen buatan. kendaraan bertenaga nuklir dan sampah radioaktif. Bila mutasi terjadi pada sel soma dari janin maka dapat menyebabbkan teratogen (cacat sejak lahir). pembuatan mutan dengan cara ini. dan beberapa mutasi dapat menyebabkan letal (kematian). Bila gen ini sel-sel gamet. fungsinya berubah pula. juga merupakan . Jika hal itu terjadi pada sel generatif dan individunya tidak mati. diperoleh data bahwa mutasi pada sel-sel generatif kebanyakan bersifat letal. manifestasi perubahan ini dapat diamati pada generasi berikutnya. Hal ini memerlukan riset berulang kali dan berjangka panjang untuk menemukan mutan yang dikehendaki. yaitu membawa kernatian pada keturunannya sebelum atau beberapa waktu setelah kelahiran. Bila mutasi berjalan terus menerus dari generasi ke generasi maka pada suatu saat akan muncul turunan baru yang sifatnya berbeda dengan moyangnya. Karena itu. sehingga terjadilah peristiwa evolusi.

pada umumnya gen-gen mutan barulah bersifat letal bila dalam keadaan homozigot resesif. Apabila tidak diulang-ulang kemungkinan jenis itu mengadakan perkawinan dengan jenis asal sebelum mutasi. sehingga akan terjadi individu baru yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya (evolusi dari sini perlu diingat bahwa mutasi itu tidak selalu menjadi species baru). Mutan yang sudah dapat dibuat menjadi tanaman yang poliploid artinya berkromosom banyak. yang heterozigot tetap hidup dan bertindak sebagai pembawa sifat dan penurun warisan yang telah berubah/bermutasi.com/2009/10/mutasi. Maka mungkin dapat bergenotif maupun fenotifnya jauh berbeda dengan nenek moyangnya. Aplikasi mutasi buatan dalam memperoleh bibit tanaman yang diharapkan. Pengaruh positif mutasi buatan diantaranya tanaman poliploid biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar. Lagi pula. maka akan ada kecenerungan untuk menurunkan keturunan seperti semula. Seperti telah kita ketahui bahwa mutasi juga ada yang menguntungkan bila dipandang darti hidupnya suatu organisasi atau individu. yaitu jenisnya sudah mantap. Sebagai contoh adanya mutan (individu yang bermutasi) keturunan ini mengadakan mutasimutasi lagi dan keturunan ini mampu mempertahankan hidup sampai beberapa generasi kemudian.penyebab mutasi yang kebanyakan orang tidak menyadari karena efeknya tidak segera tampak atau terasa. Tindakan pembibitan dari mutasi buatan harus diulang-ulang supaya di dapatkan sampai menjadi galur murni. Cara mendapatkan poliploid dengan menggunakan kolkisin. Hal ini sebenarnya merupakan bahan baku bagi terselenggaranya evolusi dari sgala organisme.blogspot. http://yasanet.html .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful