P. 1
Sistem Pernapasan Manusia Biologi

Sistem Pernapasan Manusia Biologi

|Views: 4|Likes:
Published by Feranita Giofani

More info:

Published by: Feranita Giofani on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2014

pdf

text

original

PROSES PERNAPASAN MANUSIA

FERANITA GIOFANI SEMBIRING XI IPA 3

PENDAHULUAN
Pernapasan: proses dari makhluk hidup lingkungan. pertukaran gas dengan gas di

Respirasi: perombakan bahan makanan menggunakan oksigen  energi dan gas sisa pembakaran/karbondioksida

Fungsi dari Sistem Respirasi adalah : Memasukkan oksigen dan memindahkan karbondioksida .SISTEM RESPIRASI Mengapa diperlukan ? Karena manusia memanfaatkan oksigen sebagai bahan baku dalam pembentukan energi (respirasi sel).

.

5. 6. 2. 3. Hidung Faring Laring Tenggorokan / trakea Bronkus Bronkiolus Alveolus (Paru-paru) . 7.Organ pernafasan manusia 1. 4.

Pernapasan perut .MEKANISME PERNAPASAN Terjadi saat sadar dan tidak sadar Inspirasi dan ekspirasi Berdasarkan cara melakukan inspirasi dan ekspirasi dan tempat terjadinya: 1. Pernapasan dada 2.

Inspirasi • Proses pengambilan udara masuk ke dalam tubuh ( menarik napas) Ekspirasi • Proses pengeluaran udara dari dalam tubuh ( menghembuskan napas) .

Pada saat itu tekanan paru-paru membesar. Akibatnya rongga dada mengerut dan paru-paru mengecil. Akibatnya tulang-tulang rusuk terangkat.PERNAPASAN DADA Fase Inspirasi  Pada saat bernapas. . Demikian juga otot rusuk.sehingga udara (CO2) dari paru-paru keluar. Hal ini mneyebabkan rongga dada membesar sehingga paru-aru juga ikut membesar. jadi oksigen dari luar masuk ke paru-paru. Fase Ekspirasi  Pada saat menghembuskan nafas. otot DIAFRAGMA berkontraksi (mendatar) sehingga mendorong tulang-tulang rusuk. otot DIAFRAGMA mengalami relaksasi (mengendur). Pada saat ini tekanan paru-paru mengecil.

PERNAPASAN DADA .

PERNAPASAN DADA .

PERNAPASAN PERUT Fase Inspirasi. Fase Ekspirasi. . akibatnya udara keluar dari paru-paru. akibatnya rongga dada membesar dan tekanan menjadi kecil sehingga udara luar masuk. mengembang) sehingga rongga dada mengecil dan tekanan menjadi lebih besar. Fase ekspirasi merupakan fase berelaksasinya otot diafragma (kembali ke posisi semula. Pada fase ini otot diafragma berkontraksi sehingga diafragma mendatar.

PERNAPASAN PERUT .

Perbedaan Pernapasan Dada dengan Pernapasan Perut Pernapasan Dada Inspirasi Otot antar tulang rusuk berkontraksi tulang rusuk naik Volume rongga dada membesar Diafragma turun Tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar Udara masuk Pernapasan perut Inspirasi Diafragma berkontraksi Diafragma turun/ mendatar Volume rongga dada membesar ekspirasi Otot antar tulang rusuk Relaksasi tulang rusuk turun Volume rongga dada menyempit Diafragma naik tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar Udara keluar ekspirasi Diafragma Relaksasi Diafragma naik Volume rongga dada menyempit tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar Udara masuk Udara keluar .

Mekanisme Pertukaran Oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO 2) 1. Pertukaran O2 dan CO2 Dari Alveolus ke Kapiler Darah 2. Pertukaran O2 dan CO2 Dari Kapiler Darah ke Alveolus .

oksigen dilepaskan sehingga HbO2 kembali menjadi Hb. . Di dalam sel-sel darah merah. Oksigen dari Alveolus dibawa ke Kapiler darah dan berdifusi dalam darah. Begitu mencapai sel-sel tubuh. oksigen berikatan dengan Hemoglobin (Hb) membentuk oksihemoglobin (HbO2) yang selanjutnya akan beredar darah menuju seluruh tubuh.Pertukaran O2 dan CO2 Dari Alveolus ke Kapiler Darah Pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida terjadi di alveolus.

Pertukaran O2 dan CO2 Dari Alveolus ke Kapiler Darah Dari sekitar 300 liter oksigen yang masuk ke dalam tubuh selama sehari semalam. Sebagian besar oksigen akan diangkut oleh Hemoglobin dalam sel darah merah. . Hemoglobin merupakan zat warna merah darah atau zat pigmen respirasi yang tersusun atas senyaw hemin atau hematin (mengandung unsur Fe) dan globin (suatu protein). hanya sekitar 2%-3% yang dapat larut dalam plasma darah.

Oleh Hemoglobin CO2 + Hb  HbCO2 (Karbominohemoglobin) c.Karbondioksida (CO2) yang dihasilkan dari proses respirasi sel akan berdifusi ke dalam darah yang selanjutnya akan diangkut ke paru-paru untuk dikeluarkan sebagai udara pernapasan. Oleh plasma darah CO2 + H2O  H2CO3 b. Pertukaran klorida Dengan bantuan Enzim karbonat anhidrase akan mempercapat reaksi : CO2 + H2O  H2CO3 H2CO3  H+ + HCO3 . Pengangkutan CO2 oleh darah dilakukan dengan 3 cara: a.

.

Rongga Hidung Bagan Pernapasan Bronkiolus Aveolus (Paru-Paru) Faring Bronkus Dibawa Oleh Darah Keseluruh Tubuh Laring Tenggoroka n .

Terima kasih … .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->