Pertemuan ke -4 Kewarganegaraan – FPPB

Ardiansyah Kurniawan

 



 

Pengertian Wawasan Nusantara Hakikat dan Kedudukan Wawasan Nusantara Latar belakang Konsepsi Wawasan Nusantara Perwujudan Wawasan Nusantara Unsur Dasar Wawasan Nusantara Tujuan dan Manfaat Wawasan Nusantara Implementasi Wawasan Nusantara

“wawasan”

• pandangan, tinjauan, penglihatan atau tanggap indrawi
• negara kepulauan, suatu kesatuan wilayah laut yang ditaburi oleh gugusan pulaupulau

“nusa”
“antara” Wawasan Nusantara

• Pembatas
• suatu negara kepulauan yg terletak (dibatasi) antara/oleh dua benua besar, dan samudera

Secara Terminologi . Diri yang dimaksud adalah diri bangsa Indonesia sendiri serta nusantara sebagai lingkungan tempat tinggalnya. sebagai aspirasi suatu bangsa yang merdeka. Wawasan Nusantara berarti cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dn lingkungannya. berdaulat dan bermartabat ditengah-tengah lingkungannya yang menjiwai tindak kebijaksanaandalam mencapai tujuan perjuangan bangsa . Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai ideologi nasionalnya yaitu pancasila dan UUD 1945.

Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh pula. Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional.  Kedudukan Wawasan Nusantara sebagai visi bangsa. . Wawasan nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. Visi merupakan keadaan atau rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan.

 Kedudukan wawasan nusantara sebagai salah satu konsepsi ketatanegaraan Republik Indonesia : Pancasila/Pembukaan UUD 1945 UUD 1945 Wawasan Nusantara Ketahanan Nasional Dokumen Rencana Pembangunan PEMBANGUNAN NASIONAL Landasan Idiil Landasan konstitusional Landasan Visional Landasan Konsepsional Landasan Operasional .

Aspek Historis  Aspek Geografis dan Sosial Budaya  Aspek geopolitis dan kepentingan nasional  .

 Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menghendaki terulangnya perpecahan dalam lingkungan bangsa dan negara Indonesia. Hal ini dikarenakan kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi bangsa Indonesia sendiri. semangat ini harus tetap dipertahankan untuk persatuan bangsa dan menjaga wilayah kesatuan Indonesia. Jadi. .

beda. bahasa.Pengaruh geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan. karena Indonesia kaya akan aneka sumber daya alam (SDA) dan suku bangsa  Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masingmasing memiliki adat istiadat. agama. sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar. dan kepercayaan yang berbeda .mengenai berbagai macam ragam budaya  .

Wawasan nusantara dibangun atas dasar geopolitik bangsa Indonesia yang dikaitkan dengan politik kekuasaan. . Berdasarkan Geopolitik wilayah Indonesia adalah satu kesatuan yang satu dari Sabang sampai ke Meraauke.. Salah satu kepentingan nasional dalam konsep wawasan nusantara berdasarkan Geopolitik adalah mewujudkan tujuan nasional yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 45 untuk keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional.

yag berbunyi : Negara Kesatuan RI adalah sebuah negara kepulauan yang bercirikan Nusantara dengan wilayah dan batasbatas dan hak-haknya ditetapkan dengan UU.Konsepsi wawasan nusantara dituangkan dalam perUUan yaitu ketetapan MPR tentang GBHN. akan tetapi ketetapan MPR sekarang sudah dicabut sehingga sebagai dasar yaitu Pasal 25 A UUD 1945.  UU yang mengatur hal tersebut adalah UU No 6 tahun 1996 tentang Perairan Indonesia  .

keserasian dan keseimbangan tingkat pengembangan ekonomi . pemeretaan hasil pemanfaatan kekayaan wilayah nusantara. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politk. meliputi masalah-masalah: kewilayahan nasional. Cara pandang bangsa Indonesia dalam wawasan nusantara mecakup : 1. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi.meliputi masalah-masalah : kepemilikan bersama kekayaan efektif maupun potensial. kesatuan falsafah dan ideologi negara. kesatuan hukum yang mengabdi kepentingan nasional 2. persatuan dan kesatuan bangsa.

3. dan persamaan dalam kemajuan masyarakat. meliputi masalah-masalah : pemerataan. . keseimbangan. Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya. mempersatukan corak ragam budaya yang ada sebagai kekayaan nasional budaya bangsa Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan. ancaman terhadap satu pulau atau daerah merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa 4. meliputi masalah-masalah : persamaan hak dan kewajiban bagi setiap waraga negara dalam membela negara.

 Wadah (contour) : wadah kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara meliputi : wilayah Indonesia dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya Isi (Content) : Isi menyangkut dua hal esensial yaitu realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatn bersama dan perwujudannya.  . pencapaian cita-cita dan tujuan nasional. persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

Tata laku batiniah merupakan sikap. jiwa untuk mendukung wawasan nunsantara.semangat. Tata laku (conduct) : hasil interaksi wadah dan isi yang meliputi tata laku batiniah dan lahiriah. sedangkan tata laku lahiriah merupakan perilaku atau tindakan dalam mengimplementasikn wawasan nusantara .

dan saling menghormati  . kerja sama. perdamaian abadi. Tujuan ke dalam : menjamin perwujudan persatuan dan kesatuan segenap sapek kehidupan nasional Tujuan keluar : terjaminnya kepentingan nasional dalam dunia yang berubah. melaksanakan ketertiban dunia.

4. Diterima dan diakuinya konsepsi Nusantara di forum internasional. Berdsasarkan ordonansi 1939 luas teritorial RI yaitu 2 juta km persegi berubah menjadi 5 juta km persegi Pertambahan lusa wilayah sebagai ruang hidup ang memebrika potensi sumber daya yang besar bagi peningkatan kesejahtetraan rakyat mawasan nusantara Menghasilkan cara pandang tentang keutuhan wilayah yang perlu dipertahankan Wawasan nusantara menjadi salah satu sarana integarasi nasional. 3. tercermin dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika . 1. 5. Sehingga Indonesia sebagai negara kepulauan diakui oleh dunia internasional Pertambahan luas wilayah teritorial Indonesia. Manfaat wawasan nusantara : 2. Dibuktian dengan penerimaan asas negara kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut 1982.

Setidaknya ada 3 faktor penting yang dapat mempengaruhi upaya bangsa Indonesia mewujudkan cita-cita dan tujuan nasionalnya : a. terdiri atas ribuan pulau dan dikelilingi oleh lautan dan benua-benua (faktor ini berpotensi jadi modal tapi dapat pula menjadi ancaman). faktor geografis negara : luas wilayah Indonesia 8.5 jt km2. .

b. c. faktor manusia : penduduknya 235 jt terdiri dari bermacam-macam suku bangsa yang adat istiadat/agamanya berbedabeda. . faktor lingkungan : wilayah Indonesia dikelilingi oleh lautan (perairan yang luas) yang dapat menjadi titik rawan terutama ditinjau dari aspek sosial budaya dan hankam.

Wawasan Nusantara Faktor penunjang dan Penghambat Pencapaian Tujuan Tujuan Tercapai .

RI adalah 12 mil (laut) dari garis dasar yg menghubungkan titik-titik ujung terluar dari pulaupulau Indonesia terluar (pulau yg terletak paling pinggir). . Deklarasi Djuanda menegaskan bahwa batas wil.

perkembangan kemajuan tekonologi saat itu. Landas Kontinen Indonesia yg isinya al. Tahun 1969. terutama teknologi eksplorasi minyak lepas pantai. RI mengeluarkan pengumuman ttg. Pem. Landas Kontinen ini di samping merupakan pelaksanaan dari pasal. 31 ayat (3) UUD-1945 juga merupakan respon thd. . Menegaskan bahwa dasar laut dan tanah di bawahnya di luar perairan RI sp dgn kedalaman 200 meter adalah hak milik ekslusif negara RI. Tuntutan melalui pengumuman ttg.

pemerintah RI kembali mengeluarkan peraturan tentang batas wilayah RI yang dikenal dengan Peraturan tentang Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia ZEEI yang isinya menegaskan bahwa: wilayah laut selebar 200 mil dari garis garis dasar merupakan hak milik Indonesia ekslusif (khusus) secara ekonomi. .  Selanjutnya tahun 1980.

Secara ringkas. berorientasi pada upaya menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis yang perwujdannya nampak dalam wujud pemerimtahan yang kuat dan legitimet sebagai penjelmaan dari kedaulatan rakyat . implementasi Wawasan Nusantara adalah bagaimana setiap gerak pembangunan di Indonesia harus selalu berorientasi pada kepentingan rakyat dan pada upaya integrasi wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh yang pelaksanaannya per bidang dapat dijelaskan sbb : Dalam bidang politik.

rukun dan bersatu dalam keberagaman yang dinamis. Dalam bidang sosial budaya.Dalam bidang ekonomi. diorientasikan pada upaya menciptakan integrasi ekonomi nasional yang perwujudannya nampak pada terjaminnya pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata. diorientasikan pada upaya membangun sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui. . menerima dan menghormati segala bentuk perbedaabn sebagai kenyataan hidup sekaligus kurnia Allah SWT yang pada gilirannya akan tercipta suasana kehidupan bangsa yang harmonis.

. yang pada gilirannya akan membentuk sikap bela negara pada setiap bangsa Indonesia dalam arti yang seluas-luasnya. diorientasikan pada upaya menumbuhkembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa. Dalam bidang hankam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful