DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA

SOSIOLOGI SMA/MA IPS PAKET 4
NAMA : NO.PESERTA :

TRY OUT UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2012/2013 TAHUN

SMA/MA
PROGRAM STUDI

IPS SOSIOLOGI

PUSPENDIK SMAYANI

SMA ISLAM AHMAD YANI BATANG 2013
TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI / PAKET 4 http://www.smayani.wordpress.com

2. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian. 3 dan 4 2. Di era moderenisasi dan globalisasi sekarang ini masyarakat cenderung memilih kehidupan yang lebih praktis. A. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN 3. table matematika atau alat bantu hitung lainnya. Sosiologi tidak mengenal benar atau salah dalam melihat suatu persoalan dalam masyarakat. Dalam hal ini. Keinginan hidup layak di alam bebas C. 6. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya. Jumlah soal sebanyak 50 butir. 2 dan 4 E. Perebutan kekuasaan antara kelompok generasi muda dan tua 3.. Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN..smayani. 1 dan 2 B.. pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban 5. Kategoris E. sosiologi bersifat. Sistematis TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www..com . 4. 7.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 1 MATA PELAJARAN Mata Pelajaran Jenjang Program Studi : SOSIOLOGI : SMA/MA : IPS PELAKSANAAN Hari/Tanggal Jam : : PETUNJUK UMUM 1. rusak. 1 dan 3 C. Ketergantungan masyarakat atas produk dari negara lain sangat tinggi Faktor penyebab perubahan yang datang dari dalam (internal) masyarakat adalah . Kamajuan pengetahuan dan teknologi D. PILIHAN GANDA 1. A.. Keadaan ekonomi yang bertambah 3. A.. cepat dan nyaman... 9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan. HP.. atau tidak lengkap. Non etis C. 8. Tingkat pendidikan tinggi yang memacu perkembangan teknologi 2.wordpress. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas. Kemiskinan akibat bencana alam yang menghancurkan harta benda 4. 2 dan 3 D. Faktor penyebab perubahan sosial yaitu : 1. Faktor yang mendorong tercapainya keadaan tersebut adalah. Teoritis D. Ketidak puasan dalam kemampuan hidup E. Logis B. Sikap terbuka dari masyarakat B. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.

. Asimilasi C. A.... Keragaman tersebut pada dasarnya merupakan kenyataan sosial yang berstruktur. Muncul keinginan untuk menguatkan stratifikasi social 9. A. Dalam hal itu.wordpress. Sarana C. A. Indonesia sebagai bangsa yang majemuk memiliki keragaman perbedaan dalam aspek sosial. Pendaftaran gugatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) atas pelaksanaan pemilu kada oleh seorang calon 2. sosiologi berfungsi sebagai.. Kultural 8. Salah satu cirinya adalah.. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai budaya yang berasal dari berbagai suku dan agama. A.. Seluruh warga berusaha untuk menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya.. Metode D. Pasangan suami istri yang berkonflik sehingga mendaftarkan penyelesaian melalui pengadilan agama 4. A.proses interaksi sosial pada contoh bersifat... Horizontal C.com . Interaktif D. Intervensi D. Masyarakat saling berhadapan (tersegmentasi) D. Afektif 6.. Untuk itu mereka membentuk kelompok jaga secara bergiliran. Asosiatif B. 3 dan 4 TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. Dewi pergi bersama temannya untuk melihat konser group musik remaja yang digelar disebuah tempat hiburan. Prosedur E. A. Akulturasi B. Kompetisi 7. 2 dan 3 D.. 1 dan 2 B. Perhatikan kasus dibawah ini ! 1. sosiologi diantaranya menggunakan informan dalam memperoleh dan menguatkan bukti.smayani. Persaingan memperoleh simpati untuk menjadi anggota DPR dan DPD melalui pemilihan yang diwakili 3. Tindakan yang dilakukan warga merupakan interaksi sosial berbentuk. terlihat adanya konflik yang dilatarbelakangi oleh faktor perbedaan politik adalah.. Kooperasi E.. Disosiatif C. Intuitif E. Integral E. Terjadi kemudahan untuk mencapai integrasi C.. 2 dan 4 E. Nasional D. Vertikal B.. 1 dan 4 C.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 2 4.. Landasan 5. Dalam mengkaji masalah kemasyarakatan. Strategi B. Buruh pabrik melakukan demonstrasi menuntut kenaikan upah yang belum dipenuhi oleh perusahaan Dari kasus diatas.. Solidaritas sosial dalam kelompok menjadi rendah E. Mudah dalam melakukan organisasi sosial B..

. Peristiwa konfik antar warga yang tinggal didesa berdekatan akhir–akhir ini cukup mengkhawatirkan. Perhatikan gambar dibawah ini ! A Keterangan : A = Kelompok Bugis.. Keberadaan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan sangat penting dan strategis bagi kelangsungan negara. Pedagang B Gambar diatas dapat disimpulkan adanya bentuk struktur sosial. Integrasi sosial C. Separatis 11. Etnosentris D. Patriotis B.. Seorang mengangap bahwa budaya dari daerahnya lebih baik dari pada daerah lain sikap yang ditunjukan orang tersebut tergolong. Kemajemukan bangsa indonesia mempunyai pengaruh terhadap potensi konflik sosial yang tinggi.. Kesejahteraan rakyat E. Pihak perusahaan membawa masalah melalui jalur hukum agar dapat diselesaikan secepatnya. Kemajuan teknologi 14. Bentuk penyelesaian konfli pada kasus tersebut adalah. Vertikal B. Kosiliasi E.. Stratifikasi E. Interseksi B. Tertutup D.. Masyarakat mengaggap perusahaan meyerobot tanah ulayat miliknya. Mediasi D. Egosentris TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www.. A. Budaya daerah B. Horisontal C.. A. Fragmentasi 13. Islam.... Secara sosiopolitis fungsi bahasa tersebut sangat penting bagi terciptanya . Kasus tersebut merupakan konfik yang bersifat.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 3 10.. Ekslusif E. A.smayani. A. Ajudikasi C. Pegawai B = Kelompok minang. Konsolidasi sosial D. Arbitrasi B..wordpress. A. Koersi 12.. Kosolidasi C. Patriarkhi C. Konflik antar masyarakat dengan perusahaan pengelola hutan terus terjadi. Islam. Vertikal D. Prejustice E.com ..

DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 4 15.. Imitasi B. Kemanusiaan C. Bentuk sanksi pada contoh tersebut adalah bersifat. Perhatikan pernyataan berikut ini! 1. Tegas E. Baku D. Kedisiplinan D. 3 dan 4 20.smayani. Tertulis 19.. Mengetahui desas desus tersebut. 1 dan 2 B. Meningkatkan kemampuan untuk berinteraksi 2.. Memaksa tindakan individu agar sesuai dengan aturan Pernyataan yang merupakan fungsi dari norma adalah.. Identifikasi C. Memberi arah bagi individu untuk berperilaku 4. Aldi memberikan ucapan selamat kepada temannnya karena telah berhasil menjadi juara pertama lomba debat sosiologi tingkat nasional. Simpati E.. Formal C. Kegiatan E. Direncanakan C. Mobilitas sosial B. 2 dan 4 E. 2 dan 3 D. Motivasi 17. Keteraturan sosial C. A... Besar 16. Setiap siswa wajib hadir disekolah sebelum bel masuk jam pertama dibunyikan. A. 1 dan 3 C. Dikehendaki B. A. Hal itu dilakukan dengan tegas oleh sekolah karena berupaya untuk menciptakan.wordpress.. Guru menegur siswa yang tidak rapi dalam berpakaian.. Menunjukkan dinamika kehidupan sosial 3. Perubahan sosial E. Sugesti D.. Tono sekarang berusaha untuk tidak terlambat lagi. Kebendaan B. Progres D.. Perilaku sosial D. Jika ada yang melanggar maka akan diberika hukuman. A. Hal itu menunjukkan bahwa guru berupaya untuk menjunjung nilai.com . Informal B.. Diantara teman-temannya beredar desas desus bahwa Tono setiap malam selalu tidur larut karena berkumpul dengan anak-anak nakal.... Cepat E. Ditinjau dari arti perubahan bagi masyarakat maka perubahan tersebut tergolong. A. Dalam contoh tadi telah terjadi interaksi sosial yang didasari oleh. A. Tono sering datang terlambat ke sekolah. Penggunaan internet dan telepon seluler (HP) saat ini sudah menjadi trend gaya hidup akibat dari perkembangan teknologi komunikasi.. Dinamika social TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. Mereka diminta untuk merapikan dan tidak melanggar kembali. Kesehatan 18...

Perampok menguras seluruh harta benda orang yang menjadi korban Perilaku sosial diatas yang menunjukan penyimpangan sosial sekunder ditinjau dari kuantitasnya adalah. Lingkungan sosial D. 3 dan 4 TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. Kepribadian anak tersebut dibentuk karena pengaruh.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 5 21. Setelah besar ia menjadi orang yang terampil dalam mengolah lahan pertanian.. 1 dan 3 C. Bahkan dia terancam untuk diberhentikan dengan tidak hormat. Faktor keturunan E. A. Pembentukan perilaku pada contoh tadi menggunaka media sosialisasi.. Pada sebagian orang ternyata lebih senang untuk melakukan praktik yang tidak jujur dari pada harus bertindak sesuai prosedur. Play stage 22. 2 dan 4 E. Motivasi anak B. Setiap anak berupaya untuk menaati peraturan karena selalu dikondisikan oleh orang tuanya.wordpress. Setiap ulangan selalu menyontek tetapi sayang tidak pernah ketahuan 3. Ketika si anak melanggar. Perilakunya cenderung lebih tertutup dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dimasyarakat nelayan.. Aturan social 24. Preparatory stage B. Seorang pegawai yang tidak disiplin mendapat teguran dari pimpinan perusahaannya. Pendidikan formal C.smayani.. Status social 23.. Keluarga inti B. Seorang anak petani sejak kecil diajarkan untuk hidup dalam dunia pertanian. A. Sekolah formal C.. Media massa E.. Generalized others C. Aturan sosial yang belum mengikat D.. A. Proses sosial seperti itu merupakan sosialisasi pada tahap. 2 dan 3 D.. A. maka akan mendapat teguran dari orang tuanya. Internalized stage D. Lingkungan kerja D. Sosialisasi yang tidak sempurna E. Secara sosiologis.. Pengaruh budaya asing yang kuat C.. Game stage E. 1 dan 2 B.. Seseorang melakukan pencurian untuk membayar pokok hutangnya 4. Kebutuhan pokok yang meningkat B. Kehidupan dengan solidaritas rendah 25..com .. mentalitas pada kasus itu merupakan penyimpangan sosial sebagai akibat dari.. Perhatikan beberapa perilaku sosial berikut! 1. A. Menasehati siswa yang sering tidak masuk sekolah tanpa keterangan 2.

Teratur E. Kasta 30. Jenis profesi B. Penghasilan E. Perhatikan gambar pelapisan sosial berikut ini! Sistem pelapisan sosial pada gambar diatas adalah bersifat. A. gubernur Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi dasar pelapisan sosial adalah. Penjabat pemerintah D... Aparat hukum B... A. Terbuka B.. Tertutup C.. menteri 3. A.. Persuasif E. Perlu peningkatan peran dan strategi pendidikan kepada. Hal ini didukung oleh seluruh stake holder sekolah yang berkepentingan. Tingkat usia C. Preventif D.. Tokoh masyarakat C.. Generasi muda E. Koersif 27. Perhatikan gambar pelapisan sosial berikut! Keterangan : 1. Kekuasaan dan kehormatan D. Kuratif C. Pendidikan dan keturunan E. Ikatan sosial yang dapat menyatukan mereka karena adanya persamaan... agama. Dalam upaya melestarikan nilai dan norma sosial diperlukan sikap kepribadian yang kokoh untuk menghadapi perubahan zaman. Disekolah terdapat dewan guru yang terdiri dari berbagai perbedaan suku. Dinamis D.smayani.. Namun demikian seluruh komponen sekolah mampu bekerja sama demi kemajuan sekolah. Keturunan dan pendidikan C. Untuk itu. Penyuluhan kepada seluruh siswa tentang bahaya pergaulan bebas sebagai media penularan HIV/AIDS terus ditingkatkan. Pengalaman TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 6 26.. Senioritas dan kehormatan 29.. A.com . Upaya tersebut merupakan pengendalian sosial yang bersifat. A.wordpress.lembaga pengadilan sosial utama yang tepat dalam membangun karakter tersebut adalah keluarga.. Presiden 2. dan asal daerah. Represif B. Pendidikan D. Kekayaan dan keturunan B. Tenaga pendidikan 28.

Intragenerasi vertikal naik E. Menjadi pegawai dikantor kelurahan setempat untuk pengabdian 3. Perkembangan bahasa dan adat istiadat hasil cipta dan karya disuatu daerah 4. 1 dan 3 C. Antargenerasi vertikal naik B. Horizontal / individual 32. A. Antar generasi vertikal turun C. Bentuk mobilitas yang terjadi pada contoh adalah. Mengikuti arisan keluarga besar setiap bulan secara bergiliran 2. Organisasi ekonomi 33. Pak dedi dahulu adalah aktifis sebuah partai politik sekarang putranya mengikuti jejak ayahnya dan menjadi anggota DPR dari partai ayahnya dahulu. Mereka dapat hidup berdampingan dalam komunitas karena didasari oleh kesamaan. Perilaku sosial diantaranya yaitu : 1. Saluran mobilitas sosial yang digunakan sahara adalah. 3 dan 4 35. Jabatan formal E. Frofesi 34.smayani. Penyebab masyarakat multikultural adalah sebagai berikut ! 1. Intragenerasi vertikal turun D.com . Ideologi D. Bentuk negara yang secara geografis berupa kepulauan dengan laut yang luas Penyebab terjadinya masyarakat multikultur dalam suku bangsa / etnik adalah. 1 dan 2 B.wordpress.. 1 dan 2 B.. Sahara dahulu merupakan siswa yang pandai. Masyarakat yang tinggal berdekatan membentuk kelompok sosial yang berupa rukun tetengga (RT) dan rukun warga (RW). 2 dan 4 E.. A. Histori bangsa pada masa lalu yang melakukan perdagangan dengan bangsa asing 2. Bergabung sebagai anggota profesi agar dapat naik jabatan Perilaku sosial diatas yang menunjukan bentuk kelompok paguyuban adalah. Agama B. A. A. Ia melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dan sekarang menjadi profesor di sebuah lembaga pendidikan. Keterampilan hidup B. Keragaman iklim dan struktur tanah yang berbeda di berbagai wilayah 3.. Lokalitas E.... 1 dan 3 C.. Etnis C.. 3 dan 4 TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www... 1 dan 4 D..DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 7 31.. Lembaga pendidikan C. 2 dan 3 D. Organisasi profesi D. A.. 2 dan 4 E. Mengunjungi kerabat yang sakit meskipun tempat tinggalnya jauh 4..

Primordialisme B.. Observasi B. A. A. Dokumentasi E. 2 dan 3 D.. Hedonisme D. Kepustakaan D. 1 dan 3 C.. Memiliki jumlah anggota yang selalu tetap Dari pernyataan diatas yang menunjukan ciri – ciri lembaga sosial adalah . seorang peneliti dihadapkan pada sejumlah responden yang berpendidikan rendah (buta huruf).... Terbentuk dari kelompok sosial yang alami 4. Mereka cenderung mengagungkan kebebasan pribadi yang memuja kesenangan duniawi. Cressive institution B. Mengajarkan tatacara berkomunikasi yang baik 4. Enacted institution C.. 1 dan 2 B. Karena itu.. Hal ini sebenarnya merupakan dampak negatif perubahan sosial yang berupa. 2 dan 4 E. Keluarga merupakan suatu lembaga sosial yang berlangsung secara alami dan kodrati. Menegur anggota keluarga yang melanggar aturan 2. Vandalisme C. A.com . 1 dan 3 C.. ia akan tepat jika dalam mengumpulkan data menggunakan teknik. Wawancara TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. 1 dan 2 B. A. Memiliki pangkat untuk mencapai tujuan 2. Melanjutkan usaha orang tua untuk menghidupi keluarga 3.. Pranata kluarga mengatur perilaku individu dalam kaitan eksistensi kehidupan manusia ditinjau dari segi perkembangannya.. lembaga tersebut tergolong . Kuesioner C.wordpress. A. Ketika akan melakukan penelitian.smayani.. Basic institution 39. Sebagian masyarakat terutama daerah perkotaan memaknai kehidupan modern identik dengan kebebasan. Konsumerisme E. Operational institution E.DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 8 36. Bersifat abstrak dengan simbol – simbol tertentu 3. Diminta mengasuh adik yang masih berusia balita Kegiatan lembaga keluarga diatas yang berkaitan dengan fungsi sosialisasi adalah . 2 dan 3 D. Beberapa kegiatan lembaga keluarga yaitu : 1. 3 dan 4 40. 3 dan 4 38. Westernisme 37. General instution D.. 2 dan 4 E... Perhatikan pernyataan dibawah ini 1.

Menyampaikan hasil penelitian kepada masyarakat 2. 3 dan 4 Jumlah Siswa 20 50 90 40 50 250 Persentase (%) 8% 20 % 36% 16% 20% 100 % TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. 2 dan 4 E. Menyajikan data yang telah diperoleh E. Menjadi bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya 3. 1 dan 3 C. Tabel data minat siswa terhadap materi mata pelajaran yaitu: No 1 2 3 4 5 Mata Pelajaran Matematika Bahasa inggris Sosiologi Ekonomi Geografi Jumlah Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa . Paling banyak siswa senang menghitung B. Maksud dari kegiatan tersebut adalah . Mampu merepresentasikan kejadian masa lalu Kelebihan teknik kuesioner ditunjukan pada. 2 dan 4 E. Beberapa kelebihan teknik pengumpulan data yaitu : 1. 1 dan 2 B. A. Salah satu prosedur / tahapan dalam pengolahan data dalam penelitian kuantitatif adalah pemberian kode (coding). Menemukan suatu teori baru dalam khasanah ilmiah Pernyataan diatas yang menunjukan fungsi penelitian bagi kelanjutan kegiatan ilmiah adalah . Menyederhanakan data yang diperoleh C..wordpress.. 2 dan 3 D....DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 9 41. Mampu dilakukan dalam waktu yang sangat cepat 3. 1 dan 3 C. Mampu memperoleh data yang sangat detail atau rinci 4.. Perubahan alam menjadi kesukaan kajian siswa 44.com . Permasalahan masyarakat paling disukai siswa D. A.. Perhatikan pernyataan berikut ! 1. Membantu dalam menyimpulkan data 43.. A.... Mampu menjangkau populasi yang berjumlah besar 2.. Memprediksi temuan ilmiah dimasa mendatang 4. A.smayani. Siswa banyak yang senang berbahasa asing C. 2 dan 3 D. Memudahkan dalam penghitungan data B. Sebagian besar siswa ingin mendalami keuangan E. Mengurutkan data secara teratur dan jelas D. 3 dan 4 42. 1 dan 2 B.

menengah. Penelitian berjudul “pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi dikelas X SMA Satu Bangsa tahun 2012” . Kuantitatif 50. Peneliti ingin mengetahui tentang pola pikir pada kelompok masyarakat kaya.... A.wordpress. dan miskin terhadap pendidikan anak.. yang merupakan variabel terikat adalah . Menggunakan metode tertentu C.. Berjenjang D. Keluarga C. Pendidikan D. Survei B. Kontinum D.. Untuk mewujudkan demokrasi dalam bernegara maka pemerintah menyelenggarakan pemili secara langsung. Kepustakaan E.. Sekunder C. A.. Calon pemimpin dipilih langsung oleh rakyat sesuai dengan hati nuraninya. Memberi solusi dari masalah D. Penelitian dilakukan dengan wawancara secara mendalam kepada beberapa orang..smayani. Wilayah TRY OUT UN 2013 / SOSIOLOGI/ PAKET 4 http://www. Ekonomi B. Untuk itu siswa peneliti melakukan observasi kepada beberapa anak jalanan.com . A. Politik E.. Kualitatif D. Primer B. A. Bertujuan C. Topik penelitian yang baik memiliki salah satu syarat yaitu bermanfaat. Prestasi belajar C. Kualitatif E. Jenis penelitian seperti itu ditinjau dari tempatnya adalah.. Dilakukan didalam masyarakat B. Kebijakan pemerintah seperti itu merupakan fungsi dari lembaga. Pengaruh prestasi E. A. Mendorong kegiatan peneliti 47. Kelompok E.. Pengaruh belajar D. A... Pelajaran sosiologi 49.. Hukum 46. dari judul tersebut..DOKUMEN SEKOLAH SANGAT RAHASIA 10 45. Langkah pertama dalam penelitian adalah menentukan topik.. Dalam suatu penelitian diperlukan data yang berkualitas. Dalam ilmu sosiologi sering suatu penelitian dilakukan menggunakan masalah yang sangat terbatas.. Acak B. Teknik sampling yang tepat untuk digunakan oleh peneliti adalah. Cara belajar B. jenis data tersebut. Ditinjau dari cara memperolehnya. Lapangan C. Harus selesai tepat pada waktu E. Maksud dari syarat tersebut adalah agar penelitian . Studi kasus 48.