P. 1
sistem otot.ppt

sistem otot.ppt

|Views: 1,521|Likes:
Published by Devi Windiarti

More info:

Published by: Devi Windiarti on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2014

pdf

text

original

Assalmu’alaikum . Wr.

Wb

SISTEM OTOT .

 Kontraksi adalah pengerutan otot sehingga bentukhya memendek. .Otot Manusia  Otot adalah jaringan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif.  Sel-sel otot mempunyai kemampuan berkontraksi dan relaksasi. sementara rangka tubuh merupakan alat gerak pasif.  Relaksasi adalah pengenduran otot sehingga bentuknya memanjang.

Karakteristik Otot  Kontraksibilitas : Kemampuan untuk memendek  Ekstensibilitas : Kemampuan untuk memanjang  Elastisitas : Kemampuan untuk kembali ke ukuran semula setelah memendek atau memanjang .

 Kemampuan kontraksi terjadi karena sel itu memiliki komponen protein aktin dan miosin  Aktin & Miosin adalah Protein khas dari otot .

Fungsi Otot Menghasilkan gerak skeletal Mempertahankan postur tubuh dan posisi badan Mendukung jaringan yang lunak Menjaga lubang masuk dan keluar Mempertahankan temperatur tubuh .

Macam-Macam Otot Otot Lurik Otot Polos Otot Jantung .

Otot Lurik Dinamakan otot lurik karena bila dilihat dibawah mikroskop tampak ada garis gelap dan terang berselang – seling melintang disepanjang serabut otot bergaris melintang Kontraksi otot lurik berlangsung cepat bila menerima rangsangan. berkontraksi sesuai kehendak dan dibawah pengaruh saraf sadar Fungsi otot lurik untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras .

Tetapi karena melekat pada rangka disebut juga sebagai otot rangka. Bekerja di bawah kesadaran kita. Karena itu dinamakan otot lurik. . memanjang. Karena itu disebut juga sebagai otot sadar. sel otot lurik nampak adanya garis-garis melintang yang membentuk daerah gelap dan terang berselang seling. artinya menurut kehendak kita.Ciri-ciri otot lurik yaitu Bentuk sel silindris. dan memiliki banyak inti sel. Jika diamati dengan mikroskop.

saluran pernafasan .Otot polos Jaringan otot polos mempunyai serabut serabut yang homogen sehingga bila diamati dibawah mikroskop tampak polos atau tidak bergaris – garis Otot polos berkontraksi secara refleks dan dibawah pengaruh saraf otonom serta memiliki reaksi yang lambat Otot polosterdapat pada saluran pencernaan. dinding pemuluh darah.

di bagian tengahnya menggelembung dan memiliki satu inti sel. kedua ujungnya meruncing. Bekerjanya di luar kesadaran kita. Otot polos terdapat pada organ-organ dalam misalnya usus.Ciri-cirinya otot polos yaitu: Bentuk sel gelendong. artinya tidak di bawah kehendak kita. Karena itu disebut sebagai otot tak sadar. pembuluh darah. sel-sel otot polos nampak tidak memiliki garis-garis melintang (polos). dan saluran kelamin. . Jika diamati dengan mikroskop.

3. Otot Jantung Jaringan otot ini hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung Strukturnya menyerupai otot lurik . meskipun begitu kontraksi otot jantung bergerk secara refleks serta reaksi terhadap rangsang lambat Fungsi otot jantung adalah memompa darah keluar jantung .

. otot dibedakan menjadi otot antagonis dan otot sinergis. Berdasarkan tujuan kerjanya. tulang yang dilekati otot tersebut tertarik/terangkat. Untuk menggerakkan tulang dari satu posisi ke posisi yang lain dan kemudian kembali ke posisi semula diperlukan paling sedikit dua otot dengan tujuan kerja yang berbeda. mengeras. Karena berkontraksi. otot akan memendek. Saat berkontraksi. Kontraksi satu otot hanya untuk menggerakkan tulang ke satu arah.Kerja Otot       Otot dikatakan bekerja jika berkontraksi. dan bagian tengahnya menggembung.

Otot trisep adalah otot yang memiliki tiga ujung (tiga tendon) yang melekat pada tulang. Contoh otot antagonis yaitu otot bisep dan trisep pada lengan atas. sebaliknya jika otot A berelaksasi dan otot B berkontraksi maka tulang akan kembali ke posisi semula. terletak di lengan atas bagian belakang. Jika otot A berkontraksi dan otot B berelaksasi maka tulang akan tertarik/terangkat. maka lengan bawah akan turun. Jika otot bisep berelaksasi dan otot trisep berkontraksi.Otot Antagonis Otot antagonis adalah dua otot atau lebih yang bekerja dengan tujuan berlawanan. . maka lengan bawah akan terangkat. Jika otot bisep berkontraksi dan otot trisep berelaksasi. terletak di lengan atas bagian depan. Otot bisep adalah otot yang memiliki dua ujung (dua tendon) yang melekat pada tulang.

Misalnya otot pronator. yaitu otot yang menyebabkan telapak tangan menengadah atau menelungkup.Otot Sinergis Otot sinergis adalah dua otot atau lebih yang bekerja bersama-sama dengan tujuan yang sama. . Jadi otot-otot itu berkontraksi dan berelaksasi bersama.

kejang otot Astrofi otot : Penurunan fungsi otot yang menjadi kecil dan kehilangan fungsi kontraksi biasanya disebabkan oleh penyakit poliomielitis Leher kaku / stiff : Suatu kelainan yang terjadi karena otot yang radang / peradangan otot leher karena gerakan atau adanya hentakan pada leher serta menyebabkan rasa nyeri dan kaku pada leher seseorang Hipotrofit otot : Suatu jenis kelainan pada otot yang menyebabkan otot menjadi lebih besar dan tampak kuat disebabkan karena aktivitas otot yang berlebihan yang umumnya karena kerja dan olah raga berlebih Hernis abdominal : Kelainan pada dinding otot perut yang mengakibatkan penyakit hernia atau turun berok. yaitu penurunan usus yang masuk kedalam rongga perut .Macam – macam gangguan pada otot      Kelelahan otot : Suatu keadaan dimana otot tidak mampu lagi melakukan kontraksi sehingga mengakibatkan terjadinya kram otot atau kejang.

Wassalamua’laik ium. Wb . Wr.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->