P. 1
Pendekatan Problem Posing Berlatar Cooperative Learning Dalam Meningkatkan

Pendekatan Problem Posing Berlatar Cooperative Learning Dalam Meningkatkan

|Views: 12|Likes:
problem posing
problem posing

More info:

Published by: Nurwahidah Hasanuddin on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

Rendahnya hasil belajar Matematika siswa. . Siswa cenderung pasif dalam proses belajar mengajar Kurangnya rasa ingin tahu siswa.• • • • Proses belajar mengajar masih bersifat konvensional. Kurangnya rasa ingin tahu siswa.

• • • Bagaimana bentuk pendekatan problem posing berlatar cooperative learning dalam penerapannya di dalam kelas? Bagaimana menglasifikasi jawaban siswa dengan pendekatan problem posing berlatar cooperative learning dalam pembelajaran matematika? Bagaimana pedoman penilaian problem posing berlatar cooperative learning dalam pembelajaran matematika? .

. • Mengetahui klasifikasi jawaban siswa dengan pendekatan problem posing berlatar cooperative learning dalam pembelajaran matematika. • Mengetahui pedoman penilaian problem posing berlatar cooperative learning dalam pembelajaran matematika.• Mengetahui bentuk pendekatan problem posing berlatar cooperative learning dalam penerapannya di kelas.

 Problem posing bermakna suatu pendekatan pembelajaran dengan cara memberi tugas kepada siswa untuk menyusun atau membuat soal berdasarkan situasi yang tersedia dan menyelesaikan soal tersebut. .PROBLEM POSING Definisi:  Problem posing bermakna mengajukan masalah atau mengajukan soal.

. dan mandiri.PROBLEM POSING KELEBIHAN  Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencapai pemahaman lebih luas dan menganalisis secara lebih mendalam tentang suatu topik.  Daya ingat siswa terhadap materi akan lebih lama. bertanggung jawab.  Memotivasi siswa untuk belajar lebih lanjut.  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan sikap kreatif.

.  Siswa yang kemampuannya rendah tidak dapat menyelesaikan semua soal yang dibuatnya/ soal-soal yang dibuat oleh temannya yang memiliki kemampuan problem posing yang lebih tinggi.  Menyita lebih banyak waktu guru untuk mengoreksi tugas siswa.PROBLEM POSING KEKURANGAN  Waktu yang diperlukan siswa untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.

 Siswa dibiasakan mengubah soal-soal yang ada menjadi soal yang baru.  Siswa memberanikan diri dalam menyelesaikan soalsoal yang dirumuskan sendiri maupun dari temannya.PROBLEM POSING KEGITAN SISWA  Siswa dimotivasi untuk mengungkapkan pernyataan sebanyak-banyaknya. .

MENGAPA COOPERATIVE LEARNING? TUJUAN  Hasil belajar akademik kreatif mengerjakan soal  Pengakuan adanya keragaman Kelompoknya heterogen  Pengembangan keterampilan sosial bekerja sama. . aktif bertanya.toleransi.

aktif bertanya. .toleransi.MENGAPA COOPERATIVE LEARNING? TUJUAN  Hasil belajar akademik kreatif mengerjakan soal  Pengakuan adanya keragaman Kelompoknya heterogen  Pengembangan keterampilan sosial bekerja sama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->