Puasa Menurut Segi Medis

Aldila to edit Master subtitle style Click Hakkun Ramsay

3/13/13

Apakah Puasa Itu ?
v

Puasa bisa diartikan sebagai menahan diri dari

makan, minum, dan dari segala perbuatan yang membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Umat Islam juga harus bisa menahan diri dari nafsu amarah, berkata‐kata yang buruk, bertengkar dan lain sebagainya yang bisa membatalkan puasa ini merupakan hal untuk melatih kesabaran dan kejujuran, diharapkan berlangsung terus ke bulan berikutnya.

3/13/13

v

Ibadah Puasa merupakan salah satu rukun islam dan

Kenapa Kita Harus Berpuasa ?

merupakan kewajiban bagi setiap muslim, sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an, Surat AlBaqoroh : 183

“Hai Orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa segaimana diwajibkan kepada orang3/13/13 orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan” 3/13/13 .v Al-A’raf : 31 “Hai anak Adam. makan dan minumlah. pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid. dan janganlah berlebih-lebihan.

v Dari Abu Hurairah. Rasulullah bersabda : "Berpuasalah maka kamu akan sehat“ (HR. Ibnu Suny dan Abu Nu’aim) v Juga dalam hadits yang lain dari Abu Hurairah. Ibnu Majah) 3/13/13 . Rasulullah bersabda : "Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya dan pembersih badan kasar (jasad) ialah puasa“ (HR.

Fisiologi Puasa v Kesempurnaan Ibadah puasa didapatkan dengan memenuhi rukun dan sunnah yang telah diajarkan Rosulullah SAW. (3) Memperbanyak bacaan al Quran. (2) Menyegerakan berbuka. dan berbuka dengan sesuatu yang manis. dan hadist (4) memperbanyak sodaqoh 3/13/13 . Adapun rukun puasa itu adalah (1) Niat dan (2) Meninggalkan apa saja yang membatalkan puasa v Sedangkan Sunnah puasa antara lain: (1) Mengakhirkan sahur.

3/13/13 . sedangkan pusat kenyang adalah area dalam otak kita di nuclei ventralis medialis yang berfungsi menentukan kapan ingin makan. dimana terdapat pusat makan dan pusat kenyang. v Pusat makan adalah area dalam otak kita di hipotalamus lateralis yang berfungsi menentukan kapan kita berhenti makan.Niat v Niat ketika hendak berpuasa dengan sadar dan motivasi yang tinggi akan mengkoordinasi hipotalamus.

oleh karena masih terdapat cadangan-cadangan energi yang berasal dari KH (Karbohidrat) dalam bentuk glikogen. juga berasal dari lemak yang berbentuk trigliserid dan dari protein.v Tidak makan dan tidak minum selama sehari Tidak makan dan tidak minum ( sekitar 14 jam) tidak akan menyebabkan seseorang kehabisan tenaga dan panas.. 3/13/13 . Penyediaan tenaga mula-mula diuraikan dari KH baik langsung melalui proses glikolisis maupun proses Glikogenolisis yang mampu bertahan selama 25 jam.

organ yang lain akan mempertahankan tonisitas dan volume cairan dalam tubuh kita dengan cara meningkatkan hormon Vasopresin agar dapat menahan air dan melalui cortec adrenal mengeluarkan hormon Aldosteron untuk retensi Na+. apabila cairan tubuh yang berjumlah sekitar 60 % BB tubuh dalam tonisitas dan volume yang normal maka otak tidak mengisyaratkan haus. Namun bila tubuh dehidrasi. 3/13/13 .v Haus akan timbul bila keadaan tubuh dehidrasi.

marah-marah. Dengan penyempitan pembuluh darah ini akan meningkatkan kerja jantung sehingga tekanan darah akan naik. 3/13/13 .v Berkata kotor. Bila seseorang yang sedang tidak terkendali nafsu lauwamahnya maka akan dapat meningkatkan pengeluaran adrenalin yang menyebabkan pembuluh-pembuluh darah menyempit. mencaci maki dan Menahan dari nafsu Lauwamah berkta bohong termasuk nafsu lauwamah.

I nafsu yang diberi rahmat oleh Allah (Robku)……… (SQ> Yususf: 53) v Hadist: 3/13/13 “Dari Abu Huroiroh R.v Firman Allah: “Sesungguhnya nafsu itu selalu menjurus kepada kejahatan kecua. berkata.A. Rosululloh .

Rosululloh SAW.v Hadist: Mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka “Dari Abu Dzar. dengan perincian 4 jam makanan disiapkan dengan keasaman tertentu dengan 3/13/13 bantuan asam lambung. 4 jam kemudian makanan diubah wujudnya . Telah bersabda: Senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka mengahkhirkan sahur dan menyegeerakan berbuka. untuk selanjutnya dikirim ke usus. (HR Ahmad)” v Makanan didaur ulang dalam sistem pencernaan sekitar 8 jam.

Rasulullah SAW bersabda: “Makanan waktu sahur semuanya bernilai berkah. maka jangan anda tinggalkan. Allah dan para malaikat nengucapkan salam kepada orangorang yang makan sahur” (HR Ahmad). sekalipun hanya dengan seteguk air. 3/13/13 .v Makan sahur penting artinya bagi kesehatan tubuh. Dari sisi syari’ah pun makan sahur sangat dianjurkan.

v Dengan tartil dan memahami makna yang Merperbanyak bacaan Al Qur’an dikandungnya dapat menciptakan suasana ketenangan jiwa dan menjadi penyembuh penyakitpenyakit yang berada dalam dada. Sebagaimana firman Allah SWT: 3/13/13 .

Memperbanyak sodaqoh v Memperbanyak sodaqoh. Ikhlas merupakan Respon perilaku yang positif manakala kita menghadapi masalah yang kita hadapi 3/13/13 . merupakan latihan kita untuk ikhlas.

Beberapa the penelitian “chronobiological” menunjukkan saat puasa ramadan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh. Saat berpuasa ternyata terjadi peningkatan HDL Manfaat Puasa untuk Kesehatan and apoprotein alfa1. dan penurunan LDL ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berbagai perubahan yang meskipun ringan tersebut tampaknya juga berperanan bagi peningkatan kesehatan manusia. hormon kortisol. melatonin dan glisemia.v 1. 3/13/13 .

Saat marah terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Keadaan psikologis yang tenang. menyempitkan pembuluh darah perifer. teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah saat puasa ternyata dapat menurunkan adrenalin. Adrenalin akan memperkecil kontraksi otot empedu. meluaskan pebuluh darah koroner. Berbagai hal tersebut 3/13/13 ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit .v 2. meningkatkan tekanan darah rterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung.

Sehingga memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Sebelum didistribusikan dalam tubuh terjadi format ulang. Jumlah sel yang mati dalam tubuh mencapai 125 juta perdetik.v 3. Saat puasa terjdi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan. namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi. 3/13/13 lemak. fosfat. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein . kolesterol dan lainnya untuk . Pola makan saat puasa dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka.

Itulah sebabnya. kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Dalam kondisi tertentu.v 4. diabetes dan penyakit yang . hiperkolesterol. kegemukan dan darah tinggi. seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa. jantung koroner dan batu ginjal. kolesterol tinggi. puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya 3/13/13 obesitas. Puasa bisa menurunkan kadar gula darah. kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah.

Termasuk manfaat puasa adalah mematahkan nafsu. enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan. balk dalam makan maupun minum serta menggauli isteri. Sedang di antara manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus. v 6. mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut. bisa mendorong nafsu berbuat kejahatan.v 5. memperbaiki kerja pencernaan. 3/13/13 . membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan. Karena berlebihan.

Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme local pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah. Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.v 7. Kendati keseluruhan sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. LDL merupakan model 3/13/13 . Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalkan volume air dalam darah.000 ml osmosis/kg air. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi pengkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Dalam keadaan puasa ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. v 8. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL). Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal. tanpa diikuti penambahan HDL.

Pada pelitian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apobetta. Penelitian endokrinologi menunjukkan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjauhkan seragan penyakit jantung dan pembuluh darah. Keadaan ini mengakibatkan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. v 10. 3/13/13 Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan .v 9.

v 11. Manfaat lain ditunjukan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Ternyata hasil akhir kesimpulan penelitian tersebut puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh ke dua testis. v 12. Dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormon testoteron. Parameter yang diteliti adalah fungsi sel penetral (netrofil) dan progresifitas klinis penderita. prolaktin. lemotin. dan hormon stimulating folikel (FSH). Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat korelasi antara membaiknya radang sendi dan 3/13/13 peningkatan kemampuan sel penetral dalam membasmi . Manfaat lain yang perlu penelitian lebih jauh adalah pengaruh puasa pada membaiknya penderita radang persendian (encok) atau rematoid arthritis.

Namun hanya bersifat sementara karena beberapa hari setelah puasa hormon 3/13/13 testoteron dan performa seksual meningkat pesat . Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan seksual laki-laki.v 13. perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron). Dalam tahap awal didapatkan penurunan hormon testoteron yang berakibat penurunan nafsu seksual tetapi tidak menganggu jaringan kesuburan. Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu.

Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna. Berbagai penelitian lainnya menunjukkan ternyata puasa Ramadhan juga mengurangi resiko kompilkasi kegemukan. melindungi tubuh dari batu ginjal.v 14. meredam gejolak seksual kalangan muda dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi 3/13/13 . Bahkan seorang peneliti di Moskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk sizofrenia.

v 15. Selama masa itu. Sekelompok mahasiswa di University of Chicago diminta berpuasa selama tujuh hari. jika rasa lapar membuat pikiran semakin tajam dan kreatif. masalah lapar adalah masalah kelanjutan hidup. bukti ilmiah ini bisa diterima terkait dengan fakta bahwa dalam banyak hal. terbukti bahwa kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai “remarkable”. ternyata menjadi lebih tajam. Jadi wajar saja. Secara instingtif. 3/13/13 . Pikiran kita yang melambat ketika lapar.

v 16. Karena itu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjadikan puasa sebagai benteng untuk menghalangi nafsu syahwat nikah. kekuatan nafsu syahwat dan kemarahan. sehingga beliau memerintah orang yang belum mampu menikah dengan berpuasa 3/13/13 v 17. Termasuk manfaat puasa adalah mempersempit jalan aliran darah yang merupakan jalan setan pada diri anak Adam. Seorang ilmuwan di bidang kejiwaan yang . Dengan berpuasa. maka dia aman dari gangguan setan. Karena setan masuk kepada anak Adam melalui jalan aliran darah.

akan “dimakan” oleh . Wanita itu mengalami perbaikan kondisi mental.v 18. Fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak.A. E. ada sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. sel-sel 3/13/13 neuron yang mati atau sakit. dan bahkan dinyatakan sembuh setelah berpuasa selama lima minggu. Di dalam otak kita. Moras. Wanita itu telah berobat kesana-kemari termasuk ke para ahli saraf dengan hasil kurang memuaskan. mengatakan bahwa seorang pasien wanitanya telah menderita sakit mental selama lebih dari delapan bulan. Ia memintanya untuk berpuasa. Ilmuwan psikiater lainnya yaitu Dr. Saat berpuasa.

Dr. seorang psikiaters dari Harvard. Sebuah tulisan penelitian yang dilakukan Dr. Hasil pemantauan itu menyimpulkan bahwa setiap individu obyek menunjukkan aktivitas “motor cortex” yang meningkat secara konsisten dan signifikan. Ratey melakukan penelitian terhadap mereka yang berpuasa dan memantau otak mereka dengan alat yang disebut “functional Magnetic Resonance Imaging” (fMRI). 3/13/13 .v 19. Ratey. mengungkapkan bahwa pengaturan dan pembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak.

D. berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah. dan sekaligus peremajaan sel-sel 3/13/13 otak. Ilmuwan di bidang neurologi yang bernama Mark Mattson. Dalam hasil penelitiannya menunjukkan bahwa diet yang tepat seperti berpuasa. Hasil penelitiannya menunjukkan.. secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson. Ph. bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal. seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging. .v 20.

Akan tetapi. lebih besar daripada pengalaman biologis/badan semata. Demikian juga sangat membantu dalam 3/13/13 menganalisis ide-ide baru atau pun persepsi. Belum . Semula aku berpuasa dengan tujuan mengurangi berat badan yang berlebih. ternyata aku mendapati bahwa puasa tersebut bermanfaat sekali bagi kejernihan fikiran.Testimoni v Tom Branch dari Columbia Press mengatakan : “Aku menganggap bahwa puasa adalah pengalaman rohani yang sangat luar biasa. Puasa sangat membantu pandangan mata sehingga pandangan menjadi jelas sekali.

dan aku tidak menemukan satu jenis obat pun. aku menderita penyakit kulit yang kronis.” 3/13/13 .v Ny. Penyakit ini muncul dengan warna merah. seorang puteri Mesir “Ketika aku berusia 10 tahun. Ilham Husain. karena penyakit ini adalah tamu yang memberatkan dan memakan waktu lama. Dokter-dokter spesialis kulit terkenal di Mesir berkata kepada ayahku: “Kalian harus membiasakan dengan hal ini dan membiasakan hidup dengan penyakit ini.

“Ketika usiaku mencapai akhir 20 tahun dan dekat dengan waktu pernikahanku. Akan tetapi. lakukanlah dengan pengertian bahwa pemberi 3/13/13 obat adalah Allah. salah seorang sahabat ayahku yang selalu membiasakan diri melakukan puasa memberi nasihat kepadaku: “Cobalah wahai puteriku. sebab hal itulah yang menyembuhkan suamiku dari penyakit yang sampai sekarang tidak diketahui obatnya oleh dokter. dan sesungguhnya sebab . kemudian engkau berbuka (makan) sehari. aku semakin berduka dan mengucilkan diri dari masyarakat. aku benarbenar tertekan. engkau berpuasa sehari.” Akhirnya.

dan aku memulai hidup seperti orang . Aku sampai tidak percaya 3/13/13 pada diriku. Aku membiasakan diri ketika berbuka puasa mengkonsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan.“Maka aku pun melakukan puasa dan mulai meneliti hal-hal yang bisa membebaskan aku dari penyakit yang menyelimutiku itu. Aku makan (tidak puasa) pada hari ke dua. yaitu sakit yang aku derita itu mulai sembuh setelah melewati waktu 2 bulan sejak aku berpuasa. dan demikian seterusnya. kemudian setelah 3 jam aku baru makan makanan berat. lalu berpuasa para hari ke tiga. Maka mulailah terjadi hal yang mengherankan semua orang.

buah- . Aku sudah mencari obat dari berbagai jenis akan tetapi semuanya gagal. aku hanya makan sayur-sayuran.” “Dan sungguh aku mencoba untuk berpuasa sehari 3/13/13 waktu itu.v Sulaiman Rogerz dari New York menuturkan pengalamannya: “Aku pernah mengalami penyakit dis-fungsi persendian tulang yang sangat kronis selama tiga tahun yang lalu. padahal penyakit ini tidak terlalu berat waktu itu namun aku tidak bisa berjalan jauh dan tidak mampu duduk lebih dari setengah jam.