P. 1
Teknik Penyimpanan CAS

Teknik Penyimpanan CAS

|Views: 56|Likes:
CAS
CAS

More info:

Published by: Primalia Netta Resti Adiputri on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/24/2013

pdf

text

original

Controlled Atmosphere Storage (CAS) 1.

Pengertian Controlled Atmosphere Storage (CAS)merupakan penyimpanan buahatau sayur segar dalam atmosfer atau udara dengan komposisi CO2 tinggi dan O2 rendah dan dipertahankan tetap. Modifikasi kadar udara dalam ruang penyimpanan bersama denganpengaturan temperatur dan kelembaban merupakan metode penyimpananatmosfer terkontrol (Controlled Atmosphere Storage) dalam menyimpan hasilpertanian agar lebih tahan lama. Modifikasi kadar udara yaitu pengendaliankadar oksigen dan karbon dioksida di dalam ruangan penyimpanan. Padaumumnya yang dilakukan adalah meningkatkan kadar karbon dioksida danmenurunkan kadar oksigen. Hal ini perlu dilakukan karena tumbuhan berespirasidengan oksigen dan berfotosintesis dengan karbon dioksida. Respirasi menurunkan kadar gula dan meningkatkan kadar air dalambuah sehingga buah akan semakin lembab dan kehilangan rasa manisnya,sedangkan fotosintesis berguna untuk mengubah air yang masih tersisa di dalamhasil pertanian menjadi gula, sehingga kadar air akan berkurang. Hal itumemiliki kemungkinan untuk terjadi jika hasil pertanian tersebut masih memilikiklorofil. Namun penyimpanan yang bertujuan untuk membiarkan hasil pertanianberfotosintesis jarang dilakukan karena dinilai mampu mengurangi kesegarantanaman. Teknik penyimpanan CA Storage, merupakan penemuan yang sangatpenting dalam sistem pasca panen hasil hortikultura buah dan sayuran. Teknik ini bila dikombinasikan dengan teknik pendinginan akan mampu mencegahaktivitas pernapasan dan mungkin akan dapat menghambat prsoespengempukan, penguningan dan kemunduran mutu. Suhu udara dalam CA Storage dapat diatur dan dipertahankan denganberbagai cara dan jalan. Salah satu cara yang sederhana yaitu denganmenempatkan komoditi tersebut dalam ruang yang kedap udara. Karena terjadipernapasan dan konsentrasi O2 menurun, kadar CO2 dapat juga diatur menurutdosis yang dikehendaki dengan cara penggunaan senyawa penyerap CO2 biasanya digunakan NaOH. CA Storage, khususnya bila konsentrasi CO2 meningkat tinggi sekali.Cara lain ialah udara yang konsentrasi gas-gasnya telah diatur khususnya CO2, N2 dan O2 dihembuskan ke dalam ruang penyimpanan. Tetral (total environment control ), telah mengembangkan sistem kontrol atmosfer. CO2 diproduksi darihasil pembakaran gas alam. 2. Kelebihana. - Tingginya konsentrasi dapat CO2 menyebabkan penurunan reaksi sintesis pematangan. - Penghambatan beberapa kegiatan enzimatik. - Pertumbuhan jamur terhambat. - Menghambat peran etilen (C2H4). - Penghambatan sintesis klorofilf. - Peningkatan jumlah gula. - Memperpanjang masa simpan.

.Kerusakan jaringan. . . http://www. . . 3. . .Bahan makanan menjadi kurang segar.Penimbunan asam organik.com/doc/51442568/Controlled-Atmosphere-Storage . .Untuk mendapatkan hasil maksimal. Kelemahan.Perubahan citarasa.Komposisi atmosfer yang tidak tepat atau kemasan yang tidak baik membuatperubahan warna daging buah.Diperlukan suatu alat di luar sistem untuk mengatur konsentrasi CO2 dan O2 secara terus-menerus.scribd. .- Tidak menimbulkan pencemaran lingkungan seperti plastic.Penurunan produksi zat atsiri/aroma. harus digabungkan dengan metodependinginan.Penghilangan warna hijau.Gagal matang. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->