PAKET PEMBELAJARAN

PROGRAM PUAP

MENYUSUN RENCANA USAHA AGRIBISNIS PK 3

PUSAT PELATIHAN MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN PERTANIAN

BADAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN DEPARTEMEN PERTANIAN TAHUN 2012

Tandatangani persetujuan Ketua Tim Kabupaten/ Kota . RUK dan RUB LANGKAH KEGIATAN : URUTAN Menusun Rencana Usaha Anggota (RUA) 1. 3. NO I JUDUL : MENYUSUN RENCANA USAHA AGRIBISNIS TPK : Setelah selesai berlatih peserta dapat : menyusun RUA. Siapkan dan pelajari formulir 2 a Isi formulir 2a sesuai dengan data analisis .Masukan data jenis usaha yang produktif .Tuliskan Kode usaha produktif .Isikan satuan volume usaha yang dilakukan .Masukan data rencana usaha yang meliputi : . 2.Tetapkan biaya usaha .Isikan nilai rupiah setiap kegiatan usaha yang dilakukan 3. 5. III Menyusun Rencana Usaha 1. URAIAN Siapkan data analisis usaha agribisnis dari materi sebelumnya.Tetapkan jadual pemanfaatan dana PUAP Tandatangi formulir 2a oleh anggota Mintakan tanda tangan kepada ketua kelompok penyusunan RUA di kolom yang tersedia Kumpulkan data RUA Siapkan dan pelajari formulir 2 B Isi formulir 2 B dengan data sesuai dengan formulir 2 A (RUA) : .I.Masukkan data jenis usaha produktif . Tandatangani formulir 2 oleh ketua Gapoktan 4. dan kegiatan usaha di off farm .Masukan data nama anggota . II. Bersama (RUB) 2.Isi formulir 2 dengan data sesuai dengan RUK . 4. III.Masukkan kode usaha produktif .Tandatangani setiap data yang dimasukkan oleh anggota Tandatangani formulir 2 B oleh ketua kelompok Sahkan formulir 2 B oleh Penyuluh Pendamping Kumpulkan data RUK yang telah ditandatangi ketua kelompok dan disahkan oleh Penyuluh Pendamping Siapkan dan pelajari formulir 2 : . 4.Tetapkan Volume usaha . Menyusun Rencana Usaha Agribisnis Kelompok (RUK) 1. 2.Tetapkan nilai rupiah . 3.Masukan data usaha produktif yang meliputi kegiatan usaha di on farm atau. 5.Tetapkan jadwal pemanfaatannya . II.Masukan data volume usaha (unit/ekor) .

A. 1. 3.IV. Manfaat RUA adalah sebagai dasar penyusunan RUK dan sebagai pedoman dalam penyaluran dana BLM-PUAP dari Gapoktan kepada anggota .b) adalah rencana usaha yang disusun oleh pengurus kelompok tani bersama anggota secara partisipatif berdasarkan rencana usaha anggota (RUA) untuk pengembangan . RUA (Formulir 2. GAMBAR Diagram alir menyusun rencana usaha agribisnis Identifikasi Ide mengembangkan Usaha Agribisnis Menganalisa Usaha Agribisis Menyusun Rencana Usaha Anggota RUA Formulir 2 A Sejumlah Anggota RUK Formulir 2 B Sejumlah Kelompok RUB Formulir 2 PENGAJUAN IV. RUK (Formulir 2. PENDAHULUAN Pengertian – pengertian Rencana Usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh seorang wirausaha yang menggambarkan hubungan faktor-faktor internal dan eksternal yang terlibat dalam memulai bisnis baru. RUA disusun oleh Anggota Kelompok tani (Poktan) dan disahkan oleh Ketua Kelompok Tani.a) adalah rencana usaha tani yang disusun oleh anggota kelompok berdasarkan kebutuhan usahatani yang akan dilakukan. INFORMASI FUNGSIONAL I. 2.

kompor. Hal – hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Rencana Usaha Jenis usaha dan alasan pemilihannya. 1. dengan mengacu pada rencana usaha kelompok (RUK). 3. b. Perhitungan modal yang diperlukan Modal yang diperlukan untuk usaha terdiri dari a. RUB ((Formulir 2) adalah rencana usaha bersama yang disusun oleh pengurus Gapoktan bersama pengurus kelompok tani anggotanya secara partisipatif.. ember. 2. 2. Jenis usaha hendaknya ditulis dengan jelas dan spesifik. b. RUB direkap dari rencana usaha kelompok sebagai upaya pengajuan anggaran BLMPUAP. Contoh : Kandang. 1. 4. RUK merupakan hasil dari rekapitulasi dari RUA dan sebagai dasar penyusunan RUB. d. perdagangan dan jasa di sektor pertanian dan non pertanian. Jenis usaha ialah jenis kegiatan ekonomi bidang produksi. Ketersediaan bahan baku Ketrampilan teknis Kondisi pasar dan pemasaran Potensi daerah/sumber daya alam Resiko usaha Kondisi sosial. mengendalikan dan mengawasi kegiatan Untuk menjamin tumbuhnya rasa tanggung jawab dalam melaksanakan rencana usaha tersebut. Jenis kegiatan dalam pengelolaan usaha Pengadaan bahan baku da peralatan Kapasitas/volume produksi atau jasa per daur usaha Besar modal yang diperlukan dan sumber modal Pemasaran hasil 3. kelayakan usaha dan potensi desa untuk pengembangan agribisnis Gapoktan. C. c. Dalam pengelolaan usaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: a. lingkungan dan kebijakan pemerintah Pengelolaan Usaha Pengelolaan usaha adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam mengelola usaha. B.agribisnis kelompok tani. d. c. Modal tetap yakni semua biaya yang bersifat tidak habis dalam satu daur usaha/proses produksi. e. Kegunaan Rrencana Uusaha bagi Pelaku Usaha Sebagai pedoman dalam melaksanakan. Alasan pemilihan jenis usaha hendaknya diuraikan secara jelas Aspek yang penting dalam pemilihan jenis usaha yakni: a. sewa tanah . f. e. Sebagai lat /jaminan untuk mendapatkan sumber modal.

namun sebelum itu setiap anggota Gapoktan terlebih dahulu harus melakukan analisis kelayakan usaha (Modul 4 Kelayakan Usaha Agribisnis).a). Berikut ini : .Tabungan Penambahan modal usaha . pembeliaan bahan baku. ekonomis dan sosial budaya) serta berapa besarnya modal yang dibutuhkan dari suatu satuan volume tertentu.Perkiraan kekayaan . h. Bantuan dari lembaga atau instansi pemerintah dan non pemerintah maupun perorangan. e.Modal tidak tetap atau modal kerja yang digunakan untuk usaha saat itu D. Penyusunan RUA Meskipun format RUA sangat sederhana (Formulir 2. c. karena dari sinilah diketahui kelayakan dari jenis usaha yang akan dilakukan (aspek teknis.b. Penerimaan hasil ini dihitung dengan cara mengalikan volume penjualan dengan harga jual perdaur usaha atau per jangka waktu pinjaman. upah tenaga kerja. Contoh : biaya transport. Milik sendiri Pinjaman atau kredit dari lembaga-lembaga perkreditan yang sah baik bank maupun non bank. Penggunanaan penerimaan bersih / laba Penggunaan penerimaan bersih merupakan penggunaan uang yang berasal dari keuntungan usaha untuk : . Sumber Modal Modal untuk usaha antara lain dapat berasal dari : d.Pengembalian atau angsuran pinjaman . Perkiraan penerimaan hasil adalah perkiraan nilai seluruh hasil usaha yang diperoleh sebelum dikurangi dengan biaya pengeluaran. f. Penyusunan RUA dapat dilakukan sesuai dengan formulir 2 a sesuai dengan tabel 1. Perkiraan penerimaan hasil.Modal tetap yang diperkirakan senilai dengan nilai peralatan usaha dikurangi dengan nilai penyusutan . g. Modal tidak tetap yakni biaya yang diperlukan untuk bahan-bahan habis pakai dalam satu daur usaha atau proses produksi.

....... Jenis Usaha Produktif 5........... 3........... 20. Volume (Hektar. 5................. RW _____................... Kebutuhan Biaya (Rp.............2................... Kode Usaha Produktif 5.. Anggota Kelompok Tani ....RENCANA USAHA ANGGOTA (RUA) 1........ 1. Nama Anggota Tempat Tanggal Lahir Alamat Gapoktan (Nama) Rencana Usaha 5.... ...................3. ekor) : : : RT ______.......................................... Ketua Kelompok Tani .. ... Ttd Ttd .. ................. ......... 2...) : 5..................... 4.......5 Jadwal Pemanfaatan : Mengetahui...... Dusun/Kampung _____________ : : : : : 5. 4........

........ 3.... 2... Penyuluh Pendamping.. Ttd Ttd (........) Waktu Pemanfaatan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Nama Anggota Jenis Kode Usaha Usaha Produktif Produktif Tanda Tangan Total Mengesahkan. Nama Gapoktan Nama Kelompok Ketua Kelompok : : : Volume (Luas...................) (.............. Ekor) Jadwal Nilai (Rp............ Ketua Kelompok...........RENCANA USAHA KELOMPOK (RUK) PENYALURAN BLM – PUAP 1....) .......

............Bendahara Nomor Rekening Gapoktan Nama Cabang Bank Alamat Cabang Bank : : : : : : : Satuan Volume (Ha....) .....1.. Ttd Ttd (.....1. Ekor) Nilai (Rp....... 000) No I Usaha Produktif Budidaya (on-farm) 1...............................3............4........ Hortikultura 1...... Usaha Lain Berbasis Pertanian TOTAL II Disetujui........ Pemasaran Hasil Pertanian Skala Mikro (Bakulan... Peternakan 1......RENCANA USAHA BERSAMA (RUB) PUAP Nama Gapoktan Alamat Gapoktan : : Tanggal Pengukuhan/Pendirian Gapoktan Pengurus Gapoktan ....... dll) 2.3...... Ketua Tim Teknis Kabupaten/ Kota Ketua Gapoktan ...2...2. Tanaman Pangan 1..... Perkebunan Non Budidaya (off-farm) 2...Sekretaris ... Industri Rumah Tangga Pertanian 2..Ketua ..) (....

Peningkatan kesejahteraan petani. 3. Rencana Usaha Bersama (RUB) Yang sudah disetujui (RUB). dan usaha lain berbasis pertanian (tanaman pangan/ hortikultura/ peternakan/ perkebunan). usaha budidaya di sub sektor tanaman pangan/hortikultura/ peternakan/ perkebunan. dan d. pemasaran skala kecil/bakulan. Penyusunan Rencana Usaha Bersama (RUB) 1. Perjaanjian kerja sama. Rencana Usaha Bersama disusun oleh Gapoktan dibantu oleh Penyuluh Pendamping. RUB disusun oleh Gapoktan berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah agribisnis di desa PUAP yang dilakukan oleh Penyuluh Pendamping serta memperhatikan usaha yang dapat menunjang 4 (empat) sukses Kementerian Menteri Pertanian yaitu : a. Surat Perintah Kerja(SPK). yaitu: a. b. Berita Acara. daya saing ekspor .(enam ribu rupiah) yang ditandatangi oleh ketua gapoktan. Nomer Rekening Bank Gapoktan yang masih aktif.. Kwitansi/Bukti Pembayaran bermeterai Rp 6000. dan b. 2. selanjutnya dikirim kepada Tim Pembina PUAP Propinsi bersama dokumen administrasi pendukung antara lain: a. b. Diversifikasi pangan. d. Nilai tambah. f. usaha non budidaya meliputi usaha industri rumah tangga pertanian. e. 4. . Selanjutnya RUB diverifikasi oleh Penyelia Mitra tani (PMT) untuk disetujui oleh Tim Teknis Kabupaten/Kota. c. Swasembada dan swasembada berkelanjutan. Pakta integrasi. Penyusunan RUB harus memperhatikan kelayakan usaha produktif petani. c.C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful