DAFTAR DATA LAPANAGAN OLAHRAGA DAN UKURANNYA

1. LAPANGAN SEPAK BOLA DAN UKURANNYA

Ukuran Lapangan Sepak Bola – FIFA sendiri adalah suatu organisasi resmi sepak bola seluruh dunia, dan mereka telah mentapkan ukuran lapangan sepak bola. Ukuran ini sendiri terdiri dari panjang, lebar lapangan, bentuk, hingga ukuran gawang. Berikut ini adalah bagian-bagian ukuran lapangan sepak bola seperti gambar diatas yang telah ditetapkan oleh FIFA:
  

Panjang lapangan sepak bola : 90-120 meter. Lebar lapangan sepak bola : 45-90 meter. Bentuk

Untuk bentuk ukuran lapangan sepak bola sendiri, persegi panjang dan dengan perbandingan panjang dan lebar (P xL = 2:1), atau kurang sedikit. Misalnya panjang lapangan 90 meter jadi lebarnya harus 45 meter atau lebih.

Garis Lingkaran Tengah/Kick Off Area

Pada garis lingkaran tengah sendiri harus berdiameter 9,15 meter dan berada tepat ditengah lapangan pada titik yang mana digunakan untuk kick off.

Kotak Penalti

Area dimana penjaga gawang bebas memegang bola disebut kotak penalti. Dan juga bila salah satu pemain lawan dilanggar dalam kotak penaltinya sendiri, maka tim lawan mendapat hadiah penalti dengan jarak 11 meter dari gawang. Dan juga hanya berhadapan dengan penjaga gawag dab dua kotak penalti yang terdiri dari:

Kotak Penalti Besar (18 yard box)

Kotak bagian ini sendiri memiliki panjang sekitar 40-45 meter dan lebar sekitar 16-19 meter.

Kotak Penalti Kecil (6 yard box)

Pada kotak penalti bagian ini sendiri hanya berukuran panjang sekitar 18 meter dan lebar 5,5 meter saja. Dan ini sudah merupakan ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA.

Gawang

Untuk ukuran gawang sendiri harus berbanding 3:2 dengan bentuk persegi panjang. Untuk idelanya dan sudah ditetap oleh FIFA adalah tinggi 2,4 meter, dan lebar 7,3 meter. Itulah bentuk dan ukuran lapangan sepak bola yang sudah ditetapkan oleh pihak FIFA sendiri. Dan juga ukuran lapangan sepak bola ini sendiri sudah begitu ideaL.

2. LAPANGAN BOLA VOLLY DAN UKURANNYA

Jika anda ingin mengetahui ukuran lapangan bola voli dengan tepat anda bisa ikuti panduan yang kita terapkan dibawah dimana ukuran lapangan bola voli tersebut diambil dari ukuran lapangan bola voli sesungguhnya. perlu anda ketahui dimana dalam setiap pemain harus mengetahui tanda-tanda yang ada di lapangan. Lapngan voli berukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter, yang ditandai dengan garis pinggir dan garis belakang.Garis pinggir dan garis belakang merupakan pembatas bidang permainan. dan berikut ini adalah Ukuran lapangan Bola Voli yang bisa anda semua jadikan panduan.

Garis-garis penting lainnya adalah : Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama, terkadang disebut sebagai daerah tim.

Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Ukuran Lapangan Lapangan permainan

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.

Bola Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Net Ukuran tinggi net putra 2,44 meter dan untuk net putri 2,24 meter.

Daerah Service Bola Voli Daerah service adalah daerah diluar garis belakng sebelah kanan yang berukuran sepertiga lapngan dan dengan lebar 6 kaki. Bila daerah yang diperlukan ini tidak ada, maka seorang pemain yang hendak melakukan service diperkenankan untuk melakukannya di dalam bidang pertandingan sampai pada jarak yang diperlukannya.

3. LAPANGAN BOLA BASKET DAN UKURANNYA Cara tepat dan benar dalam pembuatan ukuran lapangan bola basket yang bisa anda jadikan contoh dalam pambuatan ukuran lapangan bola basket dimana cara ini solusi tepat buat anda semua yang ingin membuat lapangan bola basket. Karena info terbaru yang saya dapatkan cara ini adalah cara yang standar yang seringkali dipergunakan oleh orang-orang profisional dalam membuat lapangan bola basiket. dan berikut ini adalah cara yang bisa anda plajari dalam pembuatan lapangan bola basket.

Lapangan bola basket adalah berbentuk empat persegi panjang. Bagian-bagian lapangan bola basket adalah lapangan utama, daerah tembakan hukuman, papan pantul, penyangga dan keranjang. Untuk kelengkapan permianan, ukuran bola basket pun ditentukan. 1. Lapangan Bola Basket: 28 meter x 15 meter. Ukuran ini dihitung dari batas garis sebelah dalam. Di bagian tengah lapangan, terdapat lingkaran dengan jari-jari 1,80 meter. Untuk ukuran lingkaran, jari-jarinya diukur dari sebelah luar garis lingkaran.

2. Garis Tembakan Hukuman. Garis tembakan ini berada di daerah bersyarat. Ukuran daerah ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini

3. Papan Pantul. Papan pantul terbuat dari kayu atau bahan lain yang sifatnya sama, tebal papan ini 3 cm. Ukuran papan pantul 1,80 meter x 1,20 meter. Di tengah papan pantul terdapat garis bingkai empat persegi panjang dengan ukuran 0,59 meter x 0,45 meter.

4. Tiang Penyangga. Tiang penyangga atau simpei terbuat dari besi dengan garis tengah 20 mm. Simpei berdiri dengan ketinggian dari atas lantai 3,03 meter.

5. Bola Basket. Bola basket terbuat dari karet dan dilapisi bahan sintetis. Keliling bola antara 75 cm s.d. 78 cm, dan beratnya antara 600 gram s.d. 650 gram. Ketentuan standar bola dan ketika berisi udara adalah bila dipantulkan lantai yang keras dari tempat ketinggian 1,80 meter-bola akan memantul setinggi antara 1,20 meter s.d. 1,40 meter.

4. UKURAN LAPANGAN BULU TANGKIS

Bagi anda penggemar Bulu Tangkis dan ingin membuat lapangan bulu tangkis berikut ini adalah Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional.

Penjelasan Gambar Ukuran Lapangan Bulu Tangkis A. Partai Tunggal / Satu Pemain / 1 on 1
      

Panjang=11,88meter Lebar=5,18meter Luas=61,5384meter persegi Tinggi Tiang Net=1,55meter Tinggi Atas Net = 1,52 meter JarakNetKeGarisService=1,98meter Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 3,96 meter

B. Partai Ganda / Dua Pemain / 2 on 2
      

Panjang = 13,40 meter Lebar = 6,10 meter Luas = 81,74 meter persegi Tinggi Tiang Net = 1,55 meter Tinggi Atas Net = 1,52 meter Jarak Net Ke Garis Service = 1,98 meter Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 4,72 meter

Sedangkan lebar garis lapangan bulu tangkis adalah 5cm saja. kalau anda membuat lantai bulu tangkis dari keramik, sebaiknya lebar garis dibuat dari keramik yang dipotong 5cm lebar warna putih. Selain hemat cat/ pengecatan ulang juga warnanya tidak akan hilang. Kalau lapangan bulu tangkis indoor tinggi plafon gedung 10 Meter minimal sudah mencukupi. Demikian ukuran lapangan bulu tangkis standar.

5. LAPANGAN TENIS LAPANGAN

Tenis adalah salah satu olah raga kuno yang keberadaannya telah bisa dibuktikan dengan ditemukannya pahatan pada dinding di sebuah kuil di Mesir pada sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Jumlah penggemar olahraga tenis di Indonesia juga tidak bisa dibilang sedikit hingga saat ini. Ukuran lapangan tenis yang lumayan luas membuat banyak kaum wanita ciut nyalinya untuk mencoba menggemari olah raga ini walaupun jumlah wanita penggemar olahraga tenis ini pun tidak bisa dibilang sedikit.

Berikut ini adalah ukuran lapangan tenis:

Lantai dari sebuah lapangan tenis bisa terbuat dari rumput, tanah liat, ataupun cor beton. Bahkan untuk lapangan tenis indoor, biasanya menggunakan karpet. Panjang ukuran lapangan tenis untuk permainan tunggal: 23,77 meter Lebar ukuran lapangan tenis untuk permainan tunggal: 8,23 meter Lebar ukuran lapangan tenis untuk permainan ganda: 10,97 meter Ukuran tinggi net pada lapangan tenis: 1,07 meter pada baian ujung dan 91,4 cm adalah ukuran tinggi pada bagian tengah net Ukuran tebal / lebar garis pada lapangan tenis adalah sekitar 51 mm kecuali pada garis luar yang lebarnya bisa mencapai 100 mm. Bentuk dan ukuran lapangan tenis yang seperti sekarang ini kita lihat adalah hasil dari sebuah kerja keras WALTER CLOPTON WINGFIELD pada tahun 1873 dan dan telah dipatenkan sejak tahun 1875

6. LAPANGAN SOFTBALL DAN UKURANNYA Softball di Indonesia memang kurang populer, tetapi sebetulnya permainan olahraga yang bisa dimirip-miripkan dengan sofball adalah bola kasti sangat populer dimasyarakat kita. Sejak kita SD kita sudah mengenal dan melakukan olah raga kasti ini, bahkan merupakan salah satu olahraga terfavorit bagi anak-anak. Tidak ketinggalan bahkan dalam rangka HUT RI biasanya bola kasti juga diperlombakan antar kampung, antar ibu-ibu PKK pun sering lomba dalam olahraga kasti. Meskipun olahraga dengan sebutan softball ini kalah populer dengan sepak bola, bola voli dan bulu tangkis, tapi tidak ada salahnya kita mengenal olah raga eksklusif yang satu ini. Bukan

macam posisi pemain bukan pula teknik bermain softball yang akan saya tulis, melainkan tentang Ukuran Lapangan Softball dan Peralatan Olahraga Softball. 1. Ukuran Lapangan Softball adalah sebagai berikut : Panjang tiap sisi lapangan softball : 16,76 meter Jarak dari Homebase ketempat pelempar : 13,07 meter Tempat pelempar berdiri : 60 x 15 cm Tempat hinggap atau base I, II, dan III : 38 x 38 cm Tempat hinggap atau base IV (homebase): 42,5 – 43 x 21,5 cm 2. Peralatan Untuk Olahraga Softball adalah sebagai berikut : Sarung tangan untuk menangkap bola softball namanya Glove Alat pemukul bola softball namanya Bat atau Stick Dan terakhir adalah bola softball itu sendiri. 3. Ukuran Peralatan Olahraga softball adalah sebagai berikut : Berat sarung tangan atau glove adalah 283,33 gram Panjang stick adalah 86,5 centimeter Bola softball beratnya 700 gram Gimana jelas kan tentang Ukuran Lapangan Softball dan Peralatan Softball...?