P. 1
ETIKA LINGKUNGAN

ETIKA LINGKUNGAN

|Views: 1|Likes:
Published by Velice Shop

More info:

Published by: Velice Shop on Mar 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2014

pdf

text

original

ETIKA LINGKUNGAN

Apakah Perusahaan mempunyai kewajiban kepada masyarakat ?  Perusahaan tidak memiliki tanggungjawab kepada masyarakat karena dia bukan makhluk hidup  Karena perusahaan dikelola oleh makhluk hidup atas nama perusahaan maka memiliki tanggungjawab  Tanggungjawab tersebut bersumber: penyerapan sumberdaya masyarakat oleh perusahaan yang besar

 Sebagai akibatnya muncul istilah: Corporate Responsibility  Doktrin : Manajemen perusahan TIDAK LAGI bertanggungjawab hanya kepeda para pemilik perusahaan melainkan kepada masyarakat luas ( Stakeholder Approach in Management) .

 Tanggung jawab meliputi: Tanggungjawab Legal dan Tanggungjawab Moral  Kedua tanggungjawab tersebut menimbulkan CAUSAL RESPONSIBILITY  Suatu tindakan akan menimbulkan tanggungjawab bila dilakukan secara sadar (knowingly and willingly)  Kewajiban moral akan muncul bila seseorang telah melakukan tindakan secara sadar  Kewajiban Moral akan berkurang bila: .

c. Merupakan sesuatu yang tidak mungkin (impossible) Tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan tindakan tersebut Tidak ada kesempatan untuk melakukan Keadaannya tidak bisa dikendalikan oleh orang tersebut Tidak memiliki knowledge and will: bila seseorang melakukan tindakan tertentu dan tidak memiliki pengetahuan akan akibat tindakan tersebut ► tanggungjawabnya akan berkurang atau hilang .a. e. d. b.

tanggungjawab terbesar ada pada Board of Directors Manajemen bertanggungjawab kepada Board Karyawan bertanggungjawab: melaksanakan pekerjaan yang dibebankan kepadanya . Tidak ada alternatif lain g. Paksaan Internal Dalam Perusahaan berbentuk PT. Lack of control h.f. Paksaaan Eksternal i.

Perusahaan bertanggungjawab untuk memperlakukan pemasok dan pesaing secara fair Perusahaan bertanggungjawab kepada konsumen atas prouk yang dihasilkan Prusahaan harus bertanggungjawab secara moral atas kegiatannya kepada masyarakat secara umum .

Polusi .Etika dan Lingkungan  Perusahaan memberikan kepada manusia kemakmuran  Disisi lain perusahaan menimbulkan ancaman lingkungan masa sekarang atau masa datang  Harus dipikirkan agar operasi perusahan berdampak sekecil mungkin  Dimensi Kerusahan Lingkungan: a.

(1) Polusi Udara (2) Polusi Air (3) Bahan-bahan beracun (4) Limbah padat (5) Sampah Nuklir b. Deplesi: (1) Terhadap spesies baik hewan maupun tumbuhan (2) Atas bahan tambang dan mineral .

KIAT MENGATASI PRINSIP MANAJEMEN PERUSAHAAN: DO NO HARM AND DO THE BEST FOR THE NEXT GENERATION MANUSIA MEMILIKI KEUTAMAAN (VIRTUE) SEHINGGA AKAN BERTANGGUNGJAWAB SECARA LEGAL MAUPUN MORAL .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->