fluida dinamis

GROUP 4 Nurmagfira Nur Rezki Hajar Musliyah Syahrawani Elsa

Sifat fluida dinamis

Hukum Bernoulli

Teorema Toricelli

Hukum Stokes

Bilangan Reynold

Hukum Stokes
“Gaya gesek antara permukaan benda padat yang bergerak dengan fluida akan sebanding dengan kecepatan relatif gerak benda ini terhadap fluida”
Fs = 6 π r η v

w = Fs m.g=6πrηv

Bilangan Reynolds

Dalam mekanika fluida, bilangan Reynolds adalah rasio antara gaya inersia (vsρ) terhadap gaya viskos (μ/L) yang mengkuantifikasikan hubungan kedua gaya tersebut dengan suatu kondisi aliran tertentu. Bilangan ini digunakan untuk mengidentikasikan jenis aliran yang berbeda, misalnya laminar dan turbulen. Bilangan Reynold merupakan salah satu bilangan tak berdimensi yang paling penting dalam mekanika fluida dan digunakan, seperti halnya dengan bilangan tak berdimensi lain, untuk memberikan kriteria untuk menentukan dynamic similitude. Jika dua pola aliran yang mirip secara geometris, mungkin pada fluida yang berbeda dan laju alir yang berbeda pula, memiliki nilai bilangan tak berdimensi yang relevan, keduanya disebut memiliki kemiripan dinamis.

Keterangan : •vs = kecepatan fluida, •L = panjang karakteristik, •μ = viskositas absolut fluida dinamis, •ν – viskositas kinematik fluida: ν = μ/ρ •ρ – kerapatan (densitas) fluida.

?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful