[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5, 2013

PERTEMUAN 5
Nama Siswa : Ayu Surya Agustin Pertemuan : 5 (Ke Lima) Materi : Berbagai macam Media dan Penerapannya Produk Nama Siswa Pipit Media dan Penerapan Fisika Recorder Gejala yang diamati Suling berbentuk seperti tabung yang berlubang di kedua ujungnya dan lubang-lubang kecil di bagian tengah. Salah satu ujung digunakan untuk meniup (sumber getaran), sedangkan ujung yang lain sebagai tempat gelombang keluar. Suling dapat dipisah menjadi tiga bagian, bagian atas yang berbentuk seperti peluit untuk meniup, bagian tengah yang berbentuk pipa panjang dengan lubang-lubang untuk mengatur nada, dan bagian bawah.

Suling termasuk sumber bunyi, yaitu sebagai pipa organ Gambar 5.1 Recorder terbuka. Pada pipa organa terbuka gelombang awal selalu perut dan gelombang akhir selalu simpul. Frekuensi pada suling Penerapan termasuk dalam intensitas pendengaran audiosonik karena bisa Fisika : didengar manusia biasa.  Resonansi  Pipa Organa Ketika seruling ditiup maka akan menghasilkan bunyi yang bervariasi ketika ditiup. Dalam kehidupan sehari-hari kita tahu bahwa bunyi pada nada dasar ketujuh lebih tinggi daripada nada dasar pertama. Tinggi rendahnya bunyi tergantung nilai frekuensi. Hal ini dapat terlihat pada persamaan di bawah ini. Nilai frekuensi nada dasar ketujuh lebih besar daripada nilai frekuensi nada dasar pertama. 𝜆𝑛 = 2𝐿 𝑛 + 1 𝑓 = 𝑛 𝑣 𝑣 = (𝑛 + 1) 𝜆𝑛 2𝐿

AYU SURYA AGUSTIN |100321400869

[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5, 2013
Gambar 5.2 Pola nada dasar dan nada dasar ketujuh

Dari persamaan diatas maka tampak jelas bahwa frekuensi nada dasar ke 7 lebih besar dari frekuensi nada dasar. Jadi lebih besar nada dasarnya, maka frekuensi yang dihasilkan juga semakin besar. Hal itu menyebaban adanya perbedaan suara ketika recorder ditiup. Pandu Kertas dan penggaris Mula-mula penggaris plastik tidak dapat menarik sobekan-sobekan kertas. Setelah penggaris plastik digosokkan pada rambut kering, kira-kira 20 kali, penggaris plastik sekarang dapat menarik sobekan-sobekan kertas.

Gambar 5.3 Penggaris Gambar 5.4 Potongan Kertas Yang Menempel Pada Penggaris

Gambar 5.4 Kertas

Penerapan Fisika:  Listrik statis

Hal itu merupakan penerapan dari Listrik Statis. Prosesnya penggaris plastik yang bermuatan listrik dapat menarik sobekan-sobekan kertas dapat dijelaskan sebagai berikut. Dalam kebanyakan atom atau molekul netral, pusat muatan positif berimpit dengan pusat muatan negatif. Ketika isolator itu (misalnya,sobekan-sobekan kertas) didekati oleh benda bermuatan listrik (misalnya, penggaris plastik yang bermuatan listrik positif), pusat muatan negatif ditarik mendekati benda bermuatan positif. Hal ini akan menghasilkan muatan positif. Dengan demikian, akan dihasilkan muatan lebih negatif pada sisi yang berdekatan dengan benda pemberi muatan. Ini menghasilkan muatan lebih negatif pada sisi yang berdekatan dengan benda pemberi muatan. Muatan yang berbeda jenis ini menghasilkan gaya tarik menarik sehingga isolator dapat menempel pada benda bermuatan listrik. Muatan listrik dapat dipindah dari suatu benda ke benda lainnya dengan cara menggosok atau cara lainnya, akan tetapi muatan tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Ada dua jenis muatan yaitu positif dan negatif. Muatan yang sejenis bersifat tolak-menolak, dan muatan yang tak sejenis akan tarik-menarik.
AYU SURYA AGUSTIN |100321400869

Suatu gerak melingkar beraturan dapat dikatakan sebagai suatu gerak dipercepat beraturan.5 bola yang diputar dengan benang Persamaan umum gaya sentripetal : 𝑭𝒔 = 𝒎. Gaya ini dinamakan gaya sentripetal. AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 .5 bola yang diputar dengan benang Penerapan Fisika:  Gaya sentripetal Gambar 5. 𝒂𝒔 Gerak Melingkar adalah gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. yang selalu mengubah arah gerak benda agar menempuh lintasan berbentuk lingkaran. Gaya ini dinamakan gaya elektrostatik. mengingat perlu adanya suatu percepatan yang besarnya tetap dengan arah yang berubah. 2013 Benda-benda yang bermuatan akan mengerjakan gaya terhadap benda bermuatan lainnya. Gambar 5. Besarnya gaya tarik : 𝑭 = 𝒌 𝒒𝟏 𝒒𝟐 𝒓𝟐 Fatmalia Bandul dan Benang Agar suatu benda dapat bergerak melingkar ia membutuhkan adanya gaya yang selalu membelokkan-nya menuju pusat lintasan lingkaran. Gaya ini bergantung pada besarnya muatan masing-masing benda dan bergantung pada jarak ke dua benda.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5.

karena gaya sebanding dengan tekanan. Maka batu akan jatuh terlebih dahulu dibandingkan dengan kertas.g AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . 2013 Heri Gabus dan Paku Penerapan Fisika :  Tekanan Ketika paku ditusukkan pada sebuah gabus. 𝑷 = 𝑭 𝑨 Karena paku memiliki luas permukaan ujung yang runcing atau lancip. maka tekanan yang dihasilkaj juga semakin besar pula. Hal itu karena menggunakan prinsip tekanan. maka dengan mudah paku dapat masuk ke dalam gabus. keduanya akan mendapatkan pengaruh dari adanya gaya grafitasi dan adanya gaya hambat. sehingga semakin besar pula gaya yang menghambat permukaan kertas. Gaya hambat selaklu berlawanan dengan arah gerak benda. Karena batu memiliki permukaan yang lebih kecil maka gaya yang menghambat batu juga kecil. Hal itu yang menyebabkan paku dapat dengan mudah masuk kedalam gabus. Besarnya gaya hambat juga dipengaruhi oleh pluas permukaan benda. Hal itu dikarenakan ketika batu dan kertas dijatuhkan tanpa kecepatan awal pada ketinggian yang sama. Sedangkan kertas memiliki luas permukaan (A) yang besar. Batu Kertas W=m. maka gaya yang dihasilkan besar. Hal itu yang menyebabkan batu akan sampai ditanah terlebih dahulu dibanding dengan kertas. jadi gaya hambat arahnya keatas. Wina Batu dan Kertas Penerapan Fisika :  Gaya Gesek Batu dan kertas dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari ketinggian yang sama.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Tekanan adalah besarnya gaya yang diberikan pada sebuah benda per satuan luas.g Gaya hambat Gaya hambat W=m.

Prinsip ini sebenarnya AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 Penerapan .6 Batu Dan Kertas Dijatuhkan Dari Ketinggian Sama Wafi Kertas yang Konduksi lemparkan pada Konduksi adalah satu-satunya cara perpindahan kalor anak-anak. Dalam perpindahan ini energi kalor dialirkan dari suatu bagian ke baguian lain melalui perambatan “energi Penerapan dalam” dari satu partikel ditransfer ke partikel lain yang fisika : berdekatan dan berlanjut seterusnya secara berantai. Jadi perpindahan kalor ini dibawa oleh materi itu sendiri dan materi itu berupa zat cair atau gas yang biasa disebut dengan fluida. konduksi dan Konveksi konveksi Istilah konveksi dipakai untuk perpindahan kalor dari satu tempat ke tempat lain akibat perpindahan bahannya sendiri. Terjadinya angin darat maupun angin laut dapat jelaskan melalui konveksi alamiah udara. peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. prosesnya disebut konveksi paksa.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Jika bahan yang dipanaskan dipaksa bergerak dengan alat peniup atau pompa. Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida. 2013 Gambar 5. dalam zat padat. Gambar 5. Namun jika bahan itu mengalir akibat perbedaan kerapatan massa prosesnya disebut konveksi alamiah. Perwujudan dari perambatan energi dalam ini merupakan  perpindahan kalor secara getaran partikel di setiap titik kesetimbangannya.7 Contoh Aliran Kalor Secara Konveksi Ayu Penyemprot Parfum Bagaimana air yang berada dibawah bisa naik dan menyembur keluar? Hal ini merupakan penerapan dari hukum Bernoulli.

2013 Fisika:  Hukum Bernoulli  Persamaan Kontinuitas merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. kalau luas penampang pipa besar. Akibatnya. maka tekanan udara pada pipa 1 menjadi rendah. Tekanan udara dalam pipa 2 lebih tinggi. Ketika cairan parfum tiba di pipa 1. Biasanya lubang berukuran kecil. Ini menggunakan persamaan kontinuitas. Erni Bola dan Karet Penerapan Fisika :  Hukum Grafitasi Ketika bola dan karet dijatuhkan tanpa kecepatan awal pada ketinggian yang sama. Galileo menemukan bahwa semua benda akan jatuh AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Gambar 5. Hal itu merupakan penerapan dari Hukum Grafitasi. maka fluida bergerak pelan. udara yang ada di dalam bola karet meluncur keluar melalui pipa 1. maka keduanya akan sampai ditanah dalam waktu yang bersamaan.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. udara dalam pipa 1 mempunyai laju yang lebih tinggi. Sebaliknya. maka fluida bergerak lebih cepat. Sebaliknya.8 Proses Air Bisa Keluar Dari Botol Ketika bola karet diremas. cairan parfum didorong ke atas. udara dalam pipa 2 mempunyai laju yang lebih rendah. jika luas penampang kecil. cairan parfum akhirnya menyembur membasahi tubuh. sehingga parfum meluncur dengan cepat. udara yang meluncur dari dalam bola karet mendorongnya keluar. Karena laju udara tinggi. Karenanya.

resonansi ke tiga 5/4 λ. maka molekul-molekul di dalam udara tersebut akan bergetar.  Pada ujung tabung bagian atas merupakan perut gelombang. yaitu:  Pada permukaan air harus terbentuk simpul gelombang. Peristiwa resonansi terjadi sesuai dengan getaran udara pada pipa organa tertutup. Jadi. Misalnya. resonansi bunyi pada kolom udara dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bunyi. Syarat terjadinya reronansi. Hal itu merupakan penerapan prinsip resonansi. Ia menyatakan bahwa untuk sebuah benda yang jatuh dari keadaan diam tampak seperti pada gambar dibawah jarak yang ditempuh akan sebanding dengan kuadrat waktu. Penerapan Fisika :  Resonansi AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . resonansi ke dua ¾ λ. 2013 dengan percepatan konstan yang sama jika tidak ada udara atau hambatan lainnya.9 Batu Besar Dan Kecil Memiliki Percepatan Yang Sama Eva Gelas berisi air Ketika sebuah gelas berisi air kemudian gelas tersebut dan dipukul dipukul dengan sendok. Apabila pada kolom udara yang terletak di atas permukaan air digetarkan misal dengan dipukul dengan sendok. Gambar 5. Resonansi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. resonansi petama akan terjadi jika panjang kolom udara di atas air ¼ λ. h ∝ t.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. dan seterusnya. Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar dan memiliki frekuensi yang sama atau kelipatan bilangan bulat dari frekuensi itu. maka akan terdengar suatu bunyi.

Agar dapat terjadi resonansi.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Jika kita amati secara sepintas. Gerak jatuh bebas juga merupakan salah satu contoh umum dari Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). 2. Jika frekuensi garputala diketahui. . 2013 Kolom udara pada percobaan penentuan resonansi di atas berfungsi sebagai tabung resonator. Berdasarkan penjelasan tersebut. . Peristiwa resonansi ini dapat dipakai untuk mengukur kecepatan perambatan bunyi di udara. benda yang mengalami gerak jatuh bebas seolah-olah memiliki kecepatan yang tetap atau dengan kata AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . panjang kolom udaranya adalah l = (2n-1) ¼λ dengan n = 1. dapat ditentukan bahwa resonansi bertuturutan dapat Anda dengar apabila suatu resonansi dengan resonansi berikutnya memiliki jarak Δl = ½ λ. 3.10 Buku dan Kertas Dijatuhkan Pada Ketinggian yang Sama Gerak Jatuh Bebas (GJB) adalah gerak jatuh benda pada arah vertikal dari ketinggianh tertentu tanpa kecepatan awal (v0= 0). maka keduanya akan mencapai di tanah dalam waktu yang bersamaan. Hal itu Penerapan karena prinsip dari gerak jatuh bebas dan pengaruh gaya Fisika : grafitasi. .  Grafitasi Gambar 5. cepat rambat gelombang bunyi di udara dapat diperoleh melalui hubungan: V = λf Yulia Buku dan kertas Ketika sebuah buku dan kertas yang dijatuhkan tanpa yang dijatuhkan kecepatan awal dari ketinggian yang sama.

Tetapi pada banyak keadaan biasa. AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . paling tidak jika tidak ada udara. alur penghantaran panas dapat dilihat pada gambar. Namun ketika dalam gelas diisi air. Kenapa bisa terjadi demikian. berat atau ringan. hambatan udara ini bisa diabaikan. Secara skematis. Namun. Kenyataan yang terjadi. jatuh dengan percepatan yang sama. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasus gelas plastik kosong. kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. tetapi air menjadi panas. Apa yang mempengaruhi gerak jatuh bebas pada buku dan kertas ? hal ini karena adanya gaya hambat udara atau gesekan udara yang mempengaruhi gerak jatuh bebas. kita lihat penjelasannya. 2013 lain benda tersebut tidak mengalami percepatan. Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. justru air yang malah menjadi panas. Elok Plastik berisi air yang dibakar Penerapan Fisika :  Perambatan Kalor Ketika sebuah gelas plastik berisi air kemudian dipanaskan dengan api. bukannya gelas meleleh karena panas yang ditimbulkan. Pada saat kita memanaskan langsung gelas berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). setiap benda yang jatuh bebas mengalami percepatan tetap. Galileo yakin bahwa udara berperan sebagai hambatan untuk benda-benda yang sangat ringan yang memiliki permukaan yang luas. maka gelas plastik tidak akan leleh. Galileo mendalilkan bahwa semua benda akan jatuh dengan percepatan yang sama apabila tidak ada udara atau hambatan lainnya.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Galileo menegaskan bahwa semua benda. panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang tiitk leleh plastik.

Maka gelas yang berisi air yang banyak akan menghasilkan suara yang lebih nyaring. akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh. dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Kemudian. waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampi suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama. maka frekuensinya kaan semakin kecil. dengan menggunakan sedotan. Hal itu merupakan karena perbedaan ketinggian kolom udara. Jadi besarnya frekuensi akan berbanding terbalik dengan panjang kolom udaranya. kemudian ketiganya dipukul dengan sendok. 2013 Gambar 5. sehingga menyerupai sebuah jembatan. Ini merupakan salah satu bentuk dari pipa organa tertutup.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Semakin besar kolom udaranya. Anifatul Gelas yang berisi air dengan ketinggian yang berbeda Tiga gelas berisi air dengan ketinggian air yang beragam. Uswatul Kertas diatas dua buku yang sejajar Penerapan Letakkanlah selembar kertas diantara dua buah buku. maka frekuensinya akan semakin kecil.11 Air Dalam Gelas Yang Dipanaskan Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air. Dan pastikan bentuk kertasnya tidak melengkung. Bila dituliskan persamaan pada pipa organa tertutup sebagai berikut : Penerapan Fisika :  Resonansi 𝝀𝒏 = 𝟒𝑳 𝟐𝒏 + 𝟏 Sehingga frekuensi nadanya memenuhi persamaan : 𝒇𝒏 = 𝒗 𝒗 = (𝟐𝒏 + 𝟏) 𝝀𝒏 𝟒𝑳 Jadi semakin besar kolom udaranya atau L nya semakin panjang. tiuplah bagian bawah kertas yang berada diantara dua AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Karena kalor jenis air tinggi. maka ketika nya akan menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. begitu pula sebaliknya.

Hal tersebut merupakan perubahan wujud zat padat. Jika pada keadaan cair. Gambar 5. maka jarak antarpartikel zat tersebut akan semakin renggang seiring dengan semakin tingginya suhu. Pada dasarnya.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Dalam hal ini.perubahan suhu zat akan menyebabkan terjadinya perubahan susunan partikel-partikel zat tersebut. Pada suhu tertentu. suhu zat terus dinaikkan melalui pemanasan. 2013 Fisika :  Perbedaan Tekanan buku. maka jarak antarpartikel zat tersebut akan sangat renggang. Namun. kamu membuat tekanan udara dibawah kertas menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan tekanan udara diatas kertas. Sehingga tekanan udara diatas kertas akan menekan kertas kebawah. Ketika kamu meniup. Suatu zat tidak selalu tetap berada dalam wujudnya.12 Lilin Yang Mencair Zat dapat berubah wujud karena adanya pengaruh suhu. Maka kertas akan melengkung kebawah. jika suatu zat padat dipanaskan hingga mempunyai suhu yang tinggi. suatu ketika zat dapat mengalami perubahan wujud menjadi wujud lain. Ketika kamu meniup di bagian bawah kertas.susunan partikel zat tersebut menyebabkan zat berubah menjadi cair. kemudian dipanaskan maka akan meleleh. Aviv Lilin yang mengalami perubahan menjadi meleleh Penerapan Fisika :  Perubahan wujud Sebuah lilin yang awalnya padat. Tidak terbang atau tertiup keluar. dan bentuk kertas akan melengkung mendekati sedotan dan tidak terbang keatas. dan AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . kamu akan melihat kertas akan melengkung kedalam mendekati sedotan.

tekanan udara dalam bagian pipet itu menjadi lebih kecil. lilin akan mencair atau meleleh ketika dibakar. atau titik lebur. udara dalam bagian pipet yang dekat dengan AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 .[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. udara dalam pipet yang nempel ke mulut kita mempunyai laju lebih tinggi. ketika kita mengisap alias menyedot air menggunakan sedotan. Proses mencair atau meleleh juga sering disebut dengan istilah lain. Mencair Mencair atau meleleh adalah proses perubahan wujud suatu zat dari padat menjadi cair. 2013 memungkinkan zat tersebut berubah wujud menjadi gas. sebenarnya kita membuat udara dalam sedotan bergerak lebih cepat. Pada lilin yang dipanaskan maka akan mencair. Nah. es yang dibiarkan di udara terbuka akan mencair. yang paling umum digunakan adalah titik lebur. Dalam hal ini. titik leleh. Akan tetapi. Gambar 5.13 Minum dengan Sedotan Prinsip Bernoulli berlaku untuk kasus ini. yaitu melebur. Sebagai contoh. Suhu ketika suatu zat mulai mencair disebut dengan titik cair. Natalia Minum air dalam gelas dengan sedotan Penerapan Fisika :  Perbedaan Tekanan Dirimu pernah minum air menggunakan pipet alias penyedot-kah ? cairan apapun yang kita minum bisa masuk ke dalam mulut bukan karena kita menyedot. Akibatnya.

Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air. Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Dalam hal ini. kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama. maka tekanannya lebih besar. Namun ketika dalam sedotan diisi air. cairan itu bergerak dari bagian pipet yang tekanan udara-nya tinggi menuju bagian pipet yang tekanan udara-nya rendah. akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh. 2013 minuman mempunyai laju yang lebih kecil. dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. alur penghantaran panas dapat dilihat pada gambar. maka sedotan tersebut tidak akan meleleh. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasus sedotan plastik kosong. Karena kalor jenis air tinggi. Namun. justru air yang malah menjadi panas.14 Sedotan Berisi Air Yang Dibakar Pada saat kita memanaskan langsung sedotan berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). Secara skematis. panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang tiitk leleh plastik. hal tersebut merupakan penerapan dari Perambatan Kalor Penerapan Fisika :  Perambatan Kalor Gambar 5. Perbedaan tekanan udara ini yang membuat air atau minuman yang kita minum mengalir masuk ke dalam mulut kita. AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Karena lajunya kecil. Nindha Sedotan Berisi Air dipanaskan Ketika sebuah sedotan yang berisi air dipanaskan dengan api. bukannya sedotan meleleh karena panas yang ditimbulkan.

Tekanan udara dalam pipa 2 lebih tinggi. udara yang meluncur dari dalam bola karet mendorongnya keluar. Akibatnya. Karenanya. 2013 Tania Penyemprot Parfum Penerapan Fisika :  Hukum Bernoulli Bagaimana air yang berada dibawah bisa naik dan menyembur keluar? Hal ini merupakan penerapan dari hukum Bernoulli. Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida. udara yang ada di dalam bola karet meluncur keluar melalui pipa 1. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. maka tekanan udara pada pipa 1 menjadi rendah. Karena laju udara tinggi. AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . cairan parfum didorong ke atas. Sebaliknya. kalau luas penampang pipa besar. Ketika cairan parfum tiba di pipa 1. Ini menggunakan persamaan kontinuitas. jika luas penampang kecil. Ketika bola karet diremas. Biasanya lubang berukuran kecil. udara dalam pipa 1 mempunyai laju yang lebih tinggi. peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Sebaliknya.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. cairan parfum akhirnya menyembur membasahi tubuh. maka fluida bergerak pelan. udara dalam pipa 2 mempunyai laju yang lebih rendah. maka fluida bergerak lebih cepat. sehingga parfum meluncur dengan cepat.

Karena molekul cairan saling tarik menarik satu dengan lainnya. molekul cairan yang terletak dipermukaan ditarik oleh molekul cairan yang berada di samping dan bawahnya. Di bagian dalam cairan. Gambar 5. Megapa hal itu terjadi ? Karena adanya tegangan permukaan. Apabila F = gaya (newton) dan L = panjang (m). dengan menyusut AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Karena adanya gaya total yang arahnya ke bawah. hanya ada molekul-molekul cairan di samping dan di bawah. S dapat ditulis sebagai S = F/L. maka cairan yang terletak di permukaan cenderung memperkecil luas permukaannya. tegangan permukaan dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi antara molekul air. setiap molekul cairan dikelilingi oleh molekul-molekul lain di setiap sisinya. tetapi di permukaan cairan. Akibatnya. Gambar Molekul Cairan Saling Tarik Menarik. maka tegangan-permukaan. 2013 Arinta Clip dan dalam Gelas Penerapan Fisika :  Tegangan Permukaan Air Jarum yang diletakkan diatas air tidak akan tenggelam.15 Jarum Tidak Tenggelam Dalam Air Tegangan permukaan adalah gaya yang diakibatkan oleh suatu benda yang bekerja pada permukaan zat cair sepanjang permukaan yang menyentuh benda itu. maka terdapat gaya total yang besarnya nol pada molekul yang berada di bagian dalam cairan.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Di bagian atas tidak ada molekul cairan lainnya. pada permukaan cairan terdapat gaya total yang berarah ke bawah. Sebaliknya.

Contoh: alumunium. Gambar Clip Berdasarkan kemagnetannya. Fenomena ini kita kenal dengan istilah Tegangan Permukaan. kobalt. Contoh: baja. tembaga  Diamagnetik: Diamagnetik yaitu benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet kuat. Betti Benda-benda feromagnetik Dari ketiga benda tersebut magnet hanya dapt menarik jarum saja. benda dapat digolongkan menjadi dua. alkomak. seng. Sedangkan kertas dan plastik tidak dapat ditarik magnet karena benda non magnetik.  Gambar Jarum Benda bukan Magnetik (non magnetik) Terbagi menjadi:  Paramagnet: Paramagnetik yaitu benda yang dapat sedikit ditarik oleh magnet kuat. kobalt.yaitu:  Benda magnetik (Feromagnetik) Benda magnetik yaitu benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan cukup kuat.  Magnet keras : adalah benda yang sukar dijadikan magnet. Contoh: merkuri. 2013 sekuat mungkin. mengapa hal itu bisa terjadi ? Magnet atau kemagnetan adalah kemampuan suatu benda untuk menarik benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Gambar Kertas Karena jarum adalah feromagnetik. Contoh: besi. platina. maka dapat ditarik oleh magnet. clip dan kertas tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh: besi. sifat kemagnetannya tersimpan lama. baja.  Magnet lunak adalah benda yang mudah dijadikan magnet tetapi tidak menyimpan lama sifat kemagnetannya. nikel.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Nurhadi penerapan Fisika :  Hukum Pascal AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Hal ini yang menyebabkan lapisan cairan pada permukaan seolah-olah tertutup oleh selaput elastis yang tipis. bismut. emas. tetapi setelah menjadi magnet.

[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Apa yang terjadi jika penghisap pada siring kecil kita tekan? Ternyata jika penghisap kecil kita tekan. Kenapa demikian? Mari kita telusuri kenapa gaya yang kecil dapat mengangkat gaya berat beban yang lebih besar? Hukum Pascal menyatakan “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar(sama rata)” AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . maka air akan mendorong penghisap siring besar naik ke atas. Ternyata hasilnya pun sama. Bagaimana jika pada bagian atas penghisap siring besar kita letakkan sebuah beban yang cukup berat dan kita lakukan hal yang sama yaitu menekan penghisap kecil ke bawah. yaitu air mendorong penghisap siring besar ke atas sehingga beban yang diletakkan di atasnya terangkat ke atas.16 Set Percobaan Hukum Pascal Pada gambar di samping terlihat rancangan alat sederhana berupa siring (alat suntik) dengan diameter berbeda yang dihubungkan dengan selang plastik yang didalamnya telah diisi dengan air berwarna. 2013 Gambar 5.

maka tiap bagian yang dipukul akan menghasilkan bunyi yang berbedabeda. Tekanan ini menimbulkan gaya pada luas bidang tekan penghisap kedua (A2) sebesar F2 sehingga dapat dituliskan persamaan sebagai berikut : P1 = P2 𝑭𝟏 𝑭𝟐 = 𝑨𝟏 𝑨𝟐 Yessy Gamelan Penerapan Fisika :  Bunyi  Resonansi Ketika gamelan dipukul dengan pemukulnya. akibatnya timbul tekanan sebesar P1. Dengan demikian pada penghisap besar akan terjadi tekanan yang besarnya sama dengan P1. Gamelan tersebut bisa menghasilkan bunyi karena adanya benda yang menggetarkan sumber bunyi tersebut(pemukul).[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Sumber bunyi adalah semua benda yang bergetar dan menghasilkan suara merambat melaui medium atau zat perantara sampai ketelinga. Menurut Pascal. AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . tekanan ini akan diteruskan ke penghisap besar dengan sama besar. Hal tersebut merupakan penerapan dari resonansi. Gambar Gamelan Evan Minum air dalam botol dengan sedotan Kamu barangkali tidak menaruh banyak perhatian terhadap apa yang sedang kamu lakukan pada saat kamu minum melalui sebuah sedotan. Namun apa yang sesungguhnya kamu lakukan pada saat minum dengan menggunakan sedotan. 2013 Ketika penghisap kecil kita dorong maka penghisap tersebut diberikan gaya sebesar F1 terhadap luas bidang A1. seperti gambar di bawah ini adalah menyedot sebagian besar udara di dalam sedotan.

Tekanan udara luar sekarang lebih besar daripada tekanan udara di dalam sedotan sehingga mendorong permukaan minumanmu ke bawah. Prinsip yang memungkinkan kamu minum melalui sedotan merupakan sifat penting yang dimiliki fluida. Mengapa hal ini terjadi? Berikut penjelasan fenomena ini.Lilin padam karena oksigen yang ada di dalam gelas tidak cukup lagi untuk “membantu” proses pembakaran (ingat oksigen diperlukan pada saat proses pembakaran). kemudian teteskan pewarna makanan ke dalam air tersebut sambil diaduk. dan kemudian masuk ke dalam mulutmu. Desita Penerapan Fisika :  Perbedaan aliran udara Tuangkan air ke dalam piring. Fluida akan bergerak dari daerah bertekanan lebih tinggi menuju daerah bertekanan lebih rendah. 2013 Penerapan Fisika :  Perbedaan tekanan Gambar Minum Air Dengan Sedotan Penyedotan itu menyebabkan tekanan udara di dalam sedotan menurun. Setelah beberapa saat ternyata lilin padam. kemudian air yang ada di dalam gelas bertambah tinggi. Nyalakan lilin dan letakan di atas piring. Oksigen (molekul) yang berkurang menyebabkan AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Ambil gelas dan tutup lilin tersebut.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Dorongan ini memberikan gaya kepada minuman dan naik melalui sedotan.

Gambar Pensil Dan Orotan Evaluasi Diri a) Pengalaman Belajar Pembuatan Lembar Kerja Siwa (LKS) Dasar filosofis atau teoritik Pada pembelajran IPA hendaknya siswa aktif. Ekspansi  penerapan konsep dalam kehidupan nyata Format LKS eksperimen :  Judul  Tujuan  Tidak mencantumkan KD  Alat dan bahan  Prosedur  Data pengamatan  Pembahasan  Kesimpulan  Tugas-tugas Format LKS non-eksperimen :  Judul  Tujuan AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . siswa tidak hanya diberikan materi tetapi juga “menemukan”  inquiri Mencocokkan tidak sama dengan menemukan  media untuk menemukan rumus Dalam mencocokkan itu ada rumus tinggal digunakan saja. maka lama-kelamaan ujung pensil akan menjadi lebih runcing dari pada sebelumnya. akibatnya air yang berada di luar gelas masuk ke dalam gelas. Hal itu dikarenakan menggunakan prinsip Gesekan. Riska Orotan pensil Penerapan Fisika :  Gesekan Pensil yang dioroti dengan menggunkana serutan pensil.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. Tekanan di luar gelas lebih besar dibandingkan dengan tekanan di dalam gelas. 2013 tekanan yang ada di dalam gelas juga berkurang. akibatnya terjadi perbedaan tekanan di dalam dengan di luar gelas.

di ruang praktek.. memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan. memproses sendiri dengan bimbingan guru untuk mendapatperolehannya.  b) Materi yang telah saya pahami Lembar kerja siswa adalah lembaran yang berisi pedoman bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang terprogram.. Lembar Kerja Siswa ( LKS) bisa diartikan lembaran-lembaran yang digunakan peserta didik sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.. serta melatih siswa memecahkan masalah. sikap dan ketrampilan pada siswa. menerapkan pengetahuan. Penggunaan LKS memungkinkan guru mengajar lebih optimal. Peran LKS dalam proses pembelajaran adalah sebagai alat untuk memberikan pengetahuan.  Pertanyaan. karena siswa tinggal melaksanakan praktikum. 2013  Tugas 1  Pertanyaan. maupun di luar kelas.  Dari sudut pandang guru Melalui lembar kerja siswa dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 .[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. d) Usaha / cara mengatasi Fungsi Lembar kerja siswa ( LKS ) dalam proses belajar mengajar ada dua sudut pandang.. Apakah LKS akan memberikan kemudahan atau mengurangi beban guru dalam mengajar. melatih ketrampilan. yaitu:  Dari Sudut Pandang Peserta Didik Fungsi LKS sebagai sarana belajar baik di kelas.. c) Materi yang belum saya pahami Bagaimanakah fungsi LKS bila dilihat dari sudut pandang siswa dan juga guru.. memberi penguatan. Lembar kerja siswa merupakan bahan pembelajaran cetak yang yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi ajar tetapi pada pengembangan soal-soalnya serta latihan Selain itu LKS sebagai penunjang untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar dapat mengoptimalkan hasilbelajar. dan guru hanya mengawasi saja...... Tugas 1  Pertanyaan. serta berisi tugas yang dikerjakan oleh siswa baik berupa soal maupun kegiatan yang akan dilakukan peserta didik.. LKS mengandung permasalahan (problem solving) sehingga siswa dapat mengembangkan pola pikir mereka dengan memecahkan permasalahan tersebut. Sehingga siswa berpeluang besar untuk mengambangkan kemampuan.  Pertanyaan.

Guru tidak memberi jawaban akan tetapi siswa diharapkan dapat menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada dalam LKS tersebut dengan bimbingan atau petunjuk dari guru.  Lembar kerja dst. dengan kadar keaktifan peserta didik yang tinggi.  Daftar pustaka AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 . Komponen.macam lembar kerja siswa dibagi menjadi dua yaitu LKS terbuka dan LKS tertutup. e) Upaya pengembangan Macam. biasanya setelah guru menyampaikan materi maka siswa diberikan lembar kerja yang harus diselesaikan oleh peserta didik.  LKS terbuka Yaitu lembar kegiatan siswa yang di dalamnya tidak terikat dengan aturan-aturan. Karena dengan LKS siswa akan merasa diberi tanggung jawab moril untuk menyelesaikan suatu tugas dan merasa harus mengerjakannya.  Bab 2 berisi tentang ringkasan materi/penekanan materi dari pokok bahasan tersebut. guru bisa menggunakan lembar kerja siswa tertutup ini.komponen LKS sebagai berikut :  Kata pengantar  Daftar isi  Pendahuluan ( berisi analisis / daftar dari tujuan pembelajaran dan indikator ketercapaian berdasarkan hasil analisis dari GBPP)  Bab 1 berisi tentang ringkasan materi/penekanan materi dari pokok bahasan tersebut. LKS merupana salah satu dari sekian banyak media yang digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah.  Lembar kerja : berisi berbagai soal ataupun penugasan yang akan dikerjakan oleh siswa.[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. media LKS banyak digunakan untuk memancing aktivitas belajar siswa. Dalam pengajaran mata pelajaran. Jadi. siswa disuruh menyelesaikan masalah yang ada di dalam LKS ini dengan caranya sendiri beserta dengan petunjuk guru. Contohnya. yaitu:  LKS tertutup Lembaran kegiatan siswa yang digunakan dalam pembelajaran di kelas secara teratur dan sistematis. 2013 sudah menerapkan metode membelajarkan siswa. terlebih lagi apabila guru memberikan perhatian penuh terhadap hasil pekerjaan siswa dalam LKS tersebut.

[TUGAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA ] March 5. 2013 AYU SURYA AGUSTIN |100321400869 .