Nama Produk : Susu fermentasi ‘ Yakult ‘

 Komparasi Harga Bahan Baku Produk Pakan ternak sapi perah per Rp. 7000; per plot isi 5 biji. Rp. 1500; per biji. hari Rp.30.000,sudah Dengan isi 65 ml. termasuk kosentrat per hari Jika 500 ml dibagi menjadi 65 ml, akan menghasilkan 7 sampai 8 botol menghasilkan susu 12 Liter kecil yang berisis 65ml. Susu. Jadi 1 liter susu adalah Rp.2.500,- Jika di hitung per 500 Mili adalah Rp.1.250,Added value adalah Harga

susu/500 Mili- harga susu awal. Rp.3.500 – Rp.1.250 = Rp.2.250/500 mili susu murni.  Kualitas : Mekanis 1. Warna Produk yakult berwarna putih kekuningan. Warna putih berasal dari warna susu yang menjadi bahan dasarnya dan warna kuning berasal dari hasil fermentasi bakteri. 2. Rasa Produk yakult mempunyai rasa asam. Ini juga merupakan dampak dari proses fermentasi susu. Rasa asam merupakan cirri khas dari rasa susu fermentasi atau yoghurt 3. Aroma Produk yakult beraroma asam namun tidak terlalu tajam. Hal tersebut menunjukkan kualitas aroma dari produk ini masih terjaga dan masih layak dikonsumsi 4. Kepadatan Produk yakult berbentuk cair sehingga harus disimpan di suhu yang rendah. Suhu yang dianjurkan adalah 6o C >. Apabila disimpan di suhu yang lebih tinggi maka akan mengurangi keawetannya.

Sedangkan kalsium (30 mg) merupakan nutrisi utama pada tulang. Karbohidrat Mengandung 11. Kekentalan Produk yakult tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Indek glycemic merupakan penilaian terhadap peningkatan kadar gula darah setelah kita mengkonsumsi bahan makanan tersebut. 4.5. Natrium (14 mg) dibutuhkan tubuh untuk menstabilkan ion tubuh. Bahan makanan dengan indeks glycemic rendah relative aman dikonsumsi bagi penderita Diabetes (kencing manis)  Konsumen Susu murni dari segi bahan baku ini sendiri juga mendapatkan pelanggan tetap untuk dikonsumsi secara Produk yang bisa dikonsumsi oleh konsumen itu sendiri bisa berupa olahan bermacam – macam. Protein Mengandung 0. Protein ini berasal dari bahan dasar pembuatan yoghurt yaitu susu.5% dari angka keutuhan gizi (AKG) orang dewasa.3 gram karbohidrat. Lemak Mengandung 0. Lain – lain Indeks glycemic pada produk ini adalah 46 (rendah). Kalori Mengandung 50 kalori setiap kemasan atau memenuhi 2. Karbohidrat ini berasal dari susu dan gula sebagai bahan tambahan pada produk ini 5. 3. seperti : susu yang memiliki beberapa rasa. sesuai dengan karakteritik yoghurt pada umumnya Kimia 1.0 gram lemak. 2. . 6. sehingga aman dikonsumsi bagi konsumen yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.8 gram protein setiap kemasan. Mineral Produk ini mengandung natrium dan kalsium.

 Manfaat langsung atau tanpa diberi bahan kimia. Susu fermentasi ini sangat membantu untuk sistem pencernaan kita. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan. meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus. Mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare. Bahan baku ini sendiri juga bisa langsung dikonsumsi atau bisa juga di panaskan terlebih dahulu. warna dan aroma atau susu UHT. Mengurangi racun dalam usus. Meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada batasan umur. tergantung pada selera konsumen. Dapat dikonsumsi semua untuk semua umur. . Asam laktat yang dihasilkan akan menurunkan derajat keasaman (pH) dalam usus sehingga menghambat pertumbuhan bakteri merugikan dalam sistem pencernaan.

Kandungan lemak pada keju kraft termasuk tinggi. 3.700. Keju kraft merupakan keju jenis cheddar olahan 2. 2.3 gram lemak per 100 gram keju. Kimia 1. Warna tersebut sesuai dengan karaktreristik keju cheddar pada umumnya.Nama Prodak : Keju ‘ Kraf’ Komparasi Harga Kualitas : Mekanis Bahan Baku Produk Rp. Rasa Keju kraft punya rasa yang gurih dan kuat. 3. Lemak Mengandung 22. Ada kemungkinan menurunkan daya terima konsumen terutama yang bukan penggemar keju 4. Kepadatan Keju kraft berbntuk padat sehingga mempunyai daya simpan yang relatif lama pada suhu ruang 25 o C. . Protein ini berasal dari bahan dasar pembuatan keju yaitu susu. per bungkus. Warna Produk keju kraft berwarna kuning pucat. Aroma Aroma dari produk ini masih tergolong ringan dibandingkan dengan jenis keju yang lain. karena dalam bentuk keju olahan.8 gram protein setiap 100 gram bahan. 3. Netto : 35g 1. Rasa gurih ini dikarenakan kandungan lemak dan garam natrium yang tinggi pada produk tersebut. Kalori Mengandung 326 kalori/ 100 gram atau memenuhi sekitar 16% dari angka kebutuhan gizi (AKG) orang dewasa. Walau demikian menurut saya aroma dari produk ini kurang sedap. Protein Mengandung 22.

diperlukan sekitar 10 liter susu cair. diolah dengan makanan ( untuk membuat kue atau penyedap rasa pada kue) Sebagai informasi. Kurang dianjurkan dikonsumsi bagi golongan usia lanjut atau yang mempunyai kadar cholesterol darah yang tinggi 4. Karbohidrat Mengandung 13. Keju produk dan dipasarkan dengan nilai jual yang lebih tinggi dapat dikonsumsi dengan mudah dan dapat dijadikan olahan dalam makanan. zat besi. Konsumsi Keju Kraft secara rutin akan membantu asupan protein dan garam-garam mineral yang diperlukan oleh tubuh. lemak.0 gram karbohidrat per 100 gram bahan. Dari segi nilai gizi. dan fosfor. keju juga tinggi karbohidrat. Dengan keadaan seperti ini.Konsumen Manfaat Selain mengandung nutrisi. ini merupakan dampak dari proses fermentasi. khususnya glukosa. Bagus untuk golongan usia balita maupun yang masih dalam masa pertumbuhan. untuk menghasilkan 1 kg Keju Mentah. Itu yang menyebabkan produk ini mempunyai rasa yang kurang begitu manis 5. Mineral Kandungan Natrium pada keju kraft termauk tinggi. lemak. keju sangat tinggi kadar proteinnya dan kaya akan mineral. Konsumen dapat memakan langsung keju tersebut. . Dapat memperkuat mineralisasi email pada gigi. seperti layaknya keju yang lain. Untuk ukuran ini bisa dinyatakan bahwa keju kraft mempunyai kadar karbohidrat yang rendah. konsumsi keju yang berlebih kurang baik untuk penderita hipertensi (darah tinggi).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful