PENGERTIAN KEKUATAN PUASA

Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Detailnya, puasa adalah menjaga dari pekerjaanpekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama pada sepanjang hari tersebut (sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala. (Disunting dari al-Shiyâm fî 'l-Islam, karya Dr. Ahmad Umar Hasyim. Penyunting dan alih bahasa: Yessi Afdiani NA.)

Pemurnian jiwa menyiratkan kebebasan dari kebencian. zakat berarti "menyucikan".Ketentuan yang demikian adalah dari Allah dan Allah Maha Mengetahui dan Bijaksana. egoisme. Pemurnian kekayaan menunjukkan mobilisasi aset untuk tujuan keuangan dibenarkan untuk pertumbuhan dan distribusi. Quran menyebutkan juga mencakup pemurnian dosa. iri hati. Ini merujuk pada pemurnian orang yang beriman dari kekayaan dan jiwa. Kemudian zakat dibagikan kepada penerima yang telah ditentukan(Sedekah zakat itu hanyalah untuk : orang fakir miskin.urusan memerdekakan budak . kegelisahan dan keserakahan.PENGERTIAN KEKUATAN ZAKAT Zakat adalah salah satu kewajiban yang paling utama dalam Islam.pengurus zakat . Ba‟raah 60) dan demi kesejahteraan dan infrastruktur masyarakat yang adil pada umumnya. .orang-orang yang berhutang. Kontribusi ini dibayarkan oleh seorang muslim setiap tahun sekali.orang-orang yang tengah dijinakkan hatinya.kepentingan sabilillah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Secara harfiah. Zakat adalah proporsi yang ditetapkan untuk dikumpulkan dari kelebihan kekayaan dan pendapatan orang yang beriman.

(www.Lanjutan : Zakat dibayarkan pada saldo bersih setelah seorang muslim telah mengeluarkan hartanya untuk kebutuhan dasar. Setiap muslim laki-laki atau perempuan pada akhir tahun Hijriah dalam kepemilikannya setara dengan 85 gram emas atau bentuk tunai/uang atau barang dari perdagangan.com) . Zakat memiliki asas kemanusiaan yang mendalam dan nilai-nilai sosial politik. Yang membayar zakat juga membantu memurnikan jiwa seseorang dan mendorong seseorang untuk memiliki rasa syukur terhadap karunia Allah. hutang.5 persen. biaya keluarga.binasakinah. Hal ini untuk mencegah penimbunan kekayaan dan menggalang solidaritas dengan manusia karena kekayaan yang berlebihan harus didistribusikan untuk orang miskin. semua itu harus dibayarkan zakatnya pada tingkat minimal 2. sumbangan dan pajak.

Zakat dibayarkan oleh aghniya. orang yang dipandang kaya menurut aturan syara‟ wajib membayar zakat (muzakki) yang di ketegori sasikan dalam 8 (delapan) golongan penerima (mustahik).PROBLEMATIKA KEKUATAN ZAKAT Zakat merupakan rukun Islam ke empat yang sangat penting bagi kesejahteraan dan tegaknya keadilan social ekonomi umat. . Pembayaran zakat bukan hanya menunjukkan kesalehan individual tetapi juga mencerminkan kesalehan social. Zakat merupakan sumber dana potensial dalam program pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat level bawah.

Hal ini sesuai dengan ayat al-Quran. “Pungutlah zakat dari kekayaan mereka. Shalat berdimensi vertikal-ketuhanan. Dalam alQuran seringkali kata zakat dipakai bersamaan dengan kata shalat.” (sonhajibabeh. Begitu mendasarnya.” Hal ini menegaskan adanya kaitan komplementer antara ibadah shalat dan zakat. perintah zakat dalam al-Quran sering disertai dengan ancaman yang tegas. “Dan dirikanlah shaat dan tunaikan zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan darimu. Zakat juga menempati rukun Islam ketiga. diharapkan hati dan jiwa orang yang menunaikan kewajiban zakat itu menjadi bersih. tentu kamu akan mendapatkan pahalanya di sisi Allah.Lanjutan : Potret Pengelolaan Zakat di Indonesia. sementara zakat berdimensi horizontal-kemanusiaan. kedudukan zakat dalam Islam sangat mendasar dan fundamental. Dengan mengeluarkan zakat.blogspot. engkau bersihkan dan sucikan mereka dengannya (QS al-Taubah [19]: 103). Sesungguhnya Allah itu Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan (QS alBaqarah [2]:110). setelah syahadat dan shalat. tentu kamu akan mendapatkan pahalanya dari kebaikan darimu.com) .

maka benar-benar dia telah dengan sengaja membuat kemurkaan Tuhannya. . Barangsiapa yang menentangnya. maka benar-benar dia telah mendurhakai Allah dan Rasul-Nya. maka benar-benar dia telah mengkufuri nikmatNya. dan kembali kepada Tuhannya. atau sengaja tidak mau melakukannya tanpa ada udzur (alasan) yang dibenarkan oleh agama Islam atau karena sakit. Barangsiapa yang sengaja mengurangi imannya dan tidak mau bertaubat. Barangsiapa yang sengaja membuat kemarahan Tuhannya.PROBLEMATIKA KEKUATAN PUASA Puasa adalah rukun yang keempat bagi agama Islam. atau mengingkarinya. dan imannya berkurang. maka sesungguhnya Allah adalah Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang. Barangsiapa yang bertaubat dan memperbaiki kelakuannya. Maha Pengampun lagi Maha Dermawan.

telah bersabda: ‫لِكل شيْ ء زكاةٌ وزكاةُ الجسد الصَّوم‬ ِ َ َ ْ َ َ َ َ َ ٍ َ ِّ ُ ُ ْ َّ ُ ُ ْ ‫ِانما الصَّوم جنة‬ َ َّ ٌٌHanyasanya puasa itu adalah benteng.: Setiap sesuatu itu ada zakatnya. yaitu Syaithan dan Nafsu.Lanjutan : Puasa itu. dengan niat yang murni hanya karena mematuhi perintah Allah swt. Artinya penjagaan yang dapat menjaga manusia dari kejahatan dua musuhnya. bersetubuh. sedangkan zakat dari jasad adalah puasa. minum. dan dari setiap hal yang membatalkan puasa. . mulai dari terbit fajar sampai dengan terbenam matahari. sebagaimana definisi yang telah dikemukakan oleh para ahli fiqih. berdasarkan sabda Nabi saw. adalah menahan diri dari makan. Puasa itu adalah zakat (pembersih) bagi badan. Nabi Muhammad saw.

mensyukuri nikmat-Nya. Sebagai perwujudan iman kepada Allah SWT. menumbuhkan ketenangan hidup. disebabkan karena di dalam ibadah ini terkandung berbagai hikmah dan manfaat yang demikian besar dan mulia. . menghilangkan sifat kikir dan rakus. antara lain tersimpul sebagai berikut : Pertama. sekaligus mengembangkan harta yang dimiliki. bagi muzakki (orang yang harus berzakat). mustahik maupun masyarakat keseluruhan. menumbuhkan akhlak mulia dengan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. baik.HIKMAH KEKUATAN ZAKAT Kewajiban zakat dan dorongan untuk terus menerus berinfaq dan bershadaqah yang demikian mutlak dan tegas itu.

seperti saran ibadah. sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak. kesehatan. sekaligus memeberantas sifat iri. Ketiga. Untuk mewujudkan keseimbangan dalam kepemilikan dan dist harta. ( Disunting oleh Bapak wag . terhindar da bahaya kekufuran. Keempat. Sebagai sumber dana bagi pembangunan sarana maupun prasar yang dibutuhkan oleh ummat Islam. sekaligus sarana pengembangan kualita sumber daya manusia (SDM) muslim. dengki dan hasad ya mungkin timbul ketika mereka (orang-orang fakir miskin) melihat orang ka yang berkecukupan hidupnya tidak memperdulikan mereka. sosial dan ekonomi. Kelima. dapat beribadah kepada Allah SWT. pendidikan. Menolong. membantu dan membina kaum dhuafa (orang yang le secara ekonomi) maupun mustahik lainnya kearah kehidupannnya yang baik dan lebih sejahtera.Lanjutan : Kedua. Menyebarkan dan memasyarakatkan etika bisnis yang baik dan benar. sehingga diharapkan akan lahir masyarakat marhammah diatas pr ukhuwah Islamiyyah dan takaful ijtima'i.

Di antaranya adalah. maka hendaknya kita senantiasa menjaga diri kita agar tidak mengambil milik orang lain. Menahan Diri dari Mengambil Barang yang Bukan Miliknya Jika kita ketika puasa tidak mau memakan makanan milik sendiri dan tidak mau meminum minuman kita sendiri. Jika ada yang tetap mencuri. korupsi. berarti dia belum menjalankan hikmah puasa. Tapi agar kita jadi manusia yang bertakwa. mengambil komisi yang tidak wajar/suap. Puasa itu sekedar latihan agar kita bisa menjalankan nilai-nilai/hikmah puasa di bulan-bulan lainnya. . Takwa itu artinya menjalankan seluruh perintah Allah dan menjauhi semua larangannya.HIKMAH KEKUATAN PUASA “Hai orang-orang yang beriman. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orangorang sebelum kamu agar kamu bertakwa” [Al Baqarah:183] Dari ayat di atas kita ketahui bahwa tujuan berpuasa itu bukan sekedar menahan lapar dan haus.

apalagi dengan istri/suami orang lain. Kita juga harus berusaha agar hikmah puasa ini bisa kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari di bulan-bulan lainnya.Lanjutan : “Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim. Dan suatu jalan yang buruk. “Dan janganlah kamu mendekati zina. Pelajaran yang kita dapat dan harus praktekkan adalah jika dengan istri/suami kita sendiri kita bisa menahan nafsu. maka puasanya sia-sia. supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa. . Orang yang puasanya benar tidak akan melakukan selingkuh/zina dengan orang yang bukan suami/istrinya. Selain itu kita harus menghindari perbuatan buruk lainnya.” [Al Israa‟:32] Tidak Berbohong dan Berbuat Buruk Salah satu tujuan puasa adalah untuk mendidik ummat Islam agar tidak berka bohong/dusta. sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.” [Al Baqarah:188] Menjauhi Zina dan Perselingkuhan Saat puasa kita diharuskan untuk tidak melakukan hubungan intim dengan istri/suami kita sendiri. padahal kamu mengetahui. Tundukan pandangan dari hal-hal yang mendekatkan kita kepada zina. Jika itu dilakukan.

Bahkan jika ada orang lain mengajak kita bertengkar/berkelahi. sebaiknya kita menghindari dengan mengucapkan: “Aku berpuasa. „Barangsiapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan buruk. ia bergembira.a. sungguh bau mulut oran yang berpuasa di sisi Allah adalah lebih harum daripada bau kasturi. maka Allah tidak memerlukan ia meninggalkan makan dan minunmya.” Tidak sepantasnya seorang Muslim yang telah berpuasa. Yaitu. maka hendaklah ia mengatakan. „Allah berfirman.Lanjutan : Abu Hurairah r. dan Aku yang membalasnya. “Setiap amal anak Adam itu untuknya sendiri selain puasa.‟ Demi Zat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya. „Sesungguhnya saya sedang berpuasa. tapi lisan/tangannya tetap menyakiti orang lain: Abu Hurairah r. Apabila ada seseorang di antaramu berpuasa pada suatu hari. “Rasulullah bersabda. apabila berbuka. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang dirasakannya. ia bergembira karena puasanya itu. berkata. berkata. “Rasulullah bersabda.” [HR Bukhari] . maka janganlah berkata kotor dan jangan berteriak-teriak Jika ada seseorang yang mencaci makinya atau memeranginya (mengajaknya bertengkar). dan apabila ia bertemu denga Tuhannya. Puasa itu perisai.‟ [HR Bukhari] Tidak Suka Mencaci dan Menzhalimi Orang Lain Satu hikmah puasa adalah melatih kita untuk tidak menyakiti orang lain ba secara lisan atau pun fisik.a. sesungguhnya puasa itu untuk Ku.

orang yang meminta-minta. [HR. musafir. NTT. maka orang miskin bisa jadi tidak sahur. Yang harus kita ingat adalah jika kita puasa kita bisa Sahur sebelum Subuh dan berbuka ketika Maghrib. anak-anak yatim. dan juga Papua. tidak buka. dan akhirnya mati kelaparan seperti beberapa saudara kita di Aceh. Al Bazzaar] Sesungguhnya satu kebaikan itu adalah memberikan harta yang kita cintai kepada kerabat. orang-orang miskin. dan sebagainya: .Lanjutan : Merasakan Penderitaan Fakir/Miskin dan Menolong Mereka Satu hikmah dari puasa adalah kita berusaha turut merasakan lapar dan hausnya orang miskin sehingga kita mempunyai kepedulian terhadap mereka. Tidaklah beriman orang yang tidur dengan perut kenyang sementara tetangganya kelaparan: Nabi SAW: Tiada beriman kepadaku orang yang tidur dengan perut kenyang sementara tetangganya lapar padahal dia mengetahui hal itu. Untuk itulah sebelum shalat „Ied kita diwajibkan untuk membayar zakat Fitrah agar seluruh ummat Islam baik kaya dan miskin bisa bergembira bersama.

Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya). mendirikan shalat. hari kemudian. kitab-kitab. Orang Islam yang tidak peduli sesama dan hanya memperkaya diri/kelompoknya saja. orang-orang miskin. malaikat-malaikat. dan (memerdekakan) hamba sahaya. maka dia bukanlah termasuk orang yang beriman. dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji. . penderitaan dan dalam peperangan. nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya. dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan. akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah. dan menunaikan zakat. anak-anak yatim. musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta.Lanjutan : Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan.

ْ ْ ‫صُومُوا ًتصحُّ ْوا‬ ِ “Berpuasalah niscaya kamu sehat” [Ibnu „Adi] Salah satu sumber penyakit adalah dari makanan/perut. (www. Umumnya orang yang berpuasa berat badannya turun 2-5 kg dalam sebulan sehingga terhindar dari over-weight atau kegemukan yang bisa mendatangkan berbagai penyakit (minimal badan jadi lekas capek). Bahkan satu terapi yang dipakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit adalah diet yang mirip dengan puasa untuk mengurangi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan berpuasa.Lanjutan : Membuat Badan Sehat Meski hadits di bawah dari sisi sanad dha‟if. Kelebihan makanan sering membuat kadar kolesterol dan zat-zat membahayakan lainnya begitu tinggi dan berbahaya bagi tubuh kita. Media-Islam. namun dari sisi isi/matan bisa kita rasakan kebenarannya. selain makanan kita lebih terjaga juga mengistirahatkan perut dan usus kita sejenak dari kegiatan rutin.com) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful