P. 1
Tipe Data Pascal

Tipe Data Pascal

3.0

|Views: 263|Likes:
Published by Indra Saysdenim
Tipe Data Pascal
Tipe Data Pascal

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Indra Saysdenim on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2015

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR PEMROGRAMAN TIPE DATA

Nama Kelompok Asisten

: 1. Indra Saputra Kurniawan (125100301111003) 2. Erwin Arya Winanto : 77 : Dwi Febrilia Anjarwati Rahayu (125100301111017)

LABORATORIUM KOMPUTASI DAN ANALISIS SISTEM JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2013

Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis. Dengan mengetahui dasar-dasar dari Pascal maka dapat dengan mudah memahami program-program selanjutnya yang lebih sulit lagi. Secara singkat dapat dikatakan bahwa sebuah program pasti terdapat alur logika yang menyebabkan program tersebut dapat bekerja dengan benar. Program penerjemah atau compiler untuk Bahasa. Blaise Pascal. Yang akan kita gunakan untuk mempelajari Bahasa Pascal adalah Turbo Pascal. Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dibuat oleh Profesor Niklaus Wirth. Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman computer kepada mahasiswanya. Selain itu. Dengan mempelajari Variabel dan Type Data maka kita dapat membantu dalam memahami atau menggunakan Pascal. alasan untuk mempelajari algoritma dan pemrograman adalah untuk memahami lebih dalam tentang turbo pascal sebagai dasar pemrograman. Sebelum membuat suatu program harus mengerti tentang elemen atau dasar-dasar dalam Turbo Pascal yaitu Variabel dan Type data. hanya dengan klik dan drag saja. Bahkan pemakaiannya sudah sangat mudah. seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Pascal banyak contohnya. tetap saja programmer harus menuliskan kode-kode program agar objek-objek yang sudah mereka buat dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.1 Latar Belakang Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sehingga mempunyai urutan logika yang benar untuk menyelesaikan suatu persoalan. Saat ini perberkembang bahasa pemrograman sudah canggih. Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangankekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Untuk itulah. Meskipun demikian. Microsoft Pascal dan lain sebagainya. yang pertama kali menciptakan mesin penghitung. dengan memahami dan menguasai dasar pemrograman maka untuk . diantaranya Turbo Pascal (Borland).BAB I PENDAHULUAN 1.

melangkah ke pembuatan program-program dengan menggunakan master-master pemrograman yang sudah ada kami tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pengkerjaan program tertentu yang kami buat. Serta dapat mengerti dan mengetahui tentang struktur dalam program pascal. . tipe data tersruktur. 1. tipe data standar.2 Tujuan Dalam Praktikum Dasar Pemograman Tipe Data kali ini bertujuan untuk para Praktikan lebih memahami tentang tipe data yang terbagi menjadi tiga yakni. tipe data penunjuk.

TURBO Pascal has eight basic data types which are predefined and can be used anywhere in a program provided you use them properly. Anda menggunakannya dengan benar. TURBO Pascal memiliki delapan tipe data dasar yang telah ditetapkan dan dapat digunakan dimana saja dalam program yang disediakan. dan dalam beberapa bahasa pemrograman popular lainnya. word. and longint) are not a part of the standard Pascal definition but are included as extensions to the TURBO Pascal compiler (Bloom & Fawcett. and by illustrating the operations that can be done to variables of these types. dan longint) bukan . This chapter is devoted to illustrating the use of these eight data types by defining the allowable range of values that can be assigned to them. Please note that four of these types of data (char. dan dengan menggambarkan operasi yang dapat dilakukan untuk variable jenis ini. shortint. and it also defines a set of operations that are permissible to be performed on variables of that type. shortint. Perlu diketahui bahwa empat jenis data (char. dan juga mendefinisikan seperangkatoperasi yang diperbolehkan untuk dilakukan pada variable dari tipe tersebut. 2004).1 Tipe Data  THE SIMPLE PASCAL DATA TYPE A type in Pascal.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. mendefinisikan variable sedemikian rupa sehingga mendefinisikan suatu rentang nilai variabel yang mampu menyimpan. Suatu jenis dalam Pascal. WHAT IS A DATA TYPE? defines a variable in such a way that it defines a range of values which the variable is capable of storing. Bab ini dikhususkan untuk menggambarkan penggunaan dari delapan tipe data dengan mendefinisikan rentang yang diijinkan nilai-nilai yang dapat ditugaskan kepada mereka. kata. and in several other popular programming languages.

.127 -32768. tipe string dan tipe Boolean. diantaranya : Tabel 1.. 2.32767 0. diantaranya : a.1 Tipe Data Standar Tipe data sederhana juga didefinisikan sebagai tipe data standar dan juga disebut dengan tipe data saklar. 2004).. Dalam tipe data ini bahwa dalam sebuah perubah hanya dimungkinkan untuk menyimpan sebuah nilai data.255 -128. Dalam bahasa pemrograman pascal hanya digit yang bias muncul sebagai integer.65535 -2147483648.1. tipe char. yakni bahwa tipe data saklar menunjukkan untuk data tersebut nilainya terbentuk menurut urutan suatu data tertentu. tipe real.. Jenis data ini dibagi atas beberapa bagian. yaitu tipe integer. tidak boleh ada character lain termasuk koma kecuali + dan -. Tipe data integer merupakan tipe data yang nilainya tidak memiliki titik decimal atau disebut bilangan bulat.2147483647 b. Jenis data integer Tipe BYTE SHORTINT INTEGER WORD LONGINT Ukuran memori (dalam byte) 1 1 2 2 4 Jangkauan nilai 0.. Tipe real merupakan suatu bilangan yang berisi titik decimal. Tipe standar terbagi atas lima point penting.merupakan bagian dari definisi Pascal standar tetapi dimasukkan sebagai ekstensi untuk compiler Pascal TURBO (Bloom & Fawcett. Dalam bahasa pemrograman pascal minimal harus ada satu .

Dapat dinyatakan dalam bentuk eksponsial dengan notasi E. extended dan comp. -. c. Ada empat fungsi yang telah didefinisikan data digunakan untuk memanipulasi data tipe char. Tipe data string merupakan data yang derisi sederet karakter yang banyaknya bias berubah – ubah sesuai kebutuhan.7543E-4. double. sains dimana derajat ketelitian sangat diperhatikan. Penggunaan tipe data real ini adalah perhitungan matematika. Tidak diperbolehkan ada koma dan nilainya bias positif atau negative. misalnya ‘B’ ‘I’ ‘L’ ‘A’ ‘4’ ‘5’. Bentuk umum penulisan data ini adalah : Type pengenal= Pengenal Panjang = = string [pajang]. Operator matematika yang digunakan adalah +. dengan nama tipe data bilangan bulat yang menunjukkan jumlah karakter Sebagai contoh : . dan perlu diingat bahwa data tipe char hanya terdiri satu karakter seperti ‘FAUZIAH RIZKY AMALIA’ atau ‘AMIK BINA SARANA INFORMATIKA’ yang merupakan tipe data char yang lebih kompleks sehingga disebut dengan string. fungsi karakter. sebagai contoh : 0. Terdapat lima macam data dalam tipe ini. fungsi pendahulu. fungsi penerus. dengan besarnya antara 1 sampai dengan 225 karakter.00017543 adalah 1. yaitu fungsi ordinal. single. d. nilai data tipe char ditulis diantara tanda petik.digit sebelum titik decimal. yaitu real. Tipe data char merupakan tipe data yang digunakan untuk mendefinisikan tipe data yang nilainya merupakan himpunan karakter yang dikenal kmputer seperti dalam tabel ASCII. *. /. Dalam program pascal.

Nama2 : Kata. yaitu larik. OR atau NOT (Saniman. Operator yang digunakan dalam tipe ini adalah AND.Tipe kata = string[50] Var Nama1. Posisi masingmasing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index.2 Tipe Data Terstruktur Pada tipe data terstruktur ini setiap perubah dapat menyimpan lebih dari satu nilai data yang masing-masing nilai data disebut komponen. 2008). Tipe larik (aray tipe). Operator string menggunakan prosedur standard dan fungsi standar (Hougaard. Ukuran tipe terstruktur dalam bahasa pemrograman Turbo Pascal maksimal 65520 byte. Pada tipe ini ada empat buah tipe data terstruktur.1. 2003) e. Karakteristik tipe data terstruktur ini adalah ditentukan dberdasarkan cara penstrukturan dan tipe masing – masing komponen. Karena pada tipe ini data akan mempunyai dua nilai. rekaman. yaitu benar atau salah. dengan nama tipe data tipe data untuk tiap nomor index tipe data komponen . Tipe Boolean ini merupakan nilai data yang sangat penting untuk pengambilan suatu keputusan dalam suatu program. himpunan dan berkas. 2. tipe ini merupakan tipe terstruktur yang mempunyai komponen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. a. Bentuk umum penulsannya : Type pengenal Pengenal Tipe index Tipe = = = = array[tipe index] of tipe.

Parameter tiap index akan menentukan banyaknya komponen larik/ array tersebut. Akan menunjukkan bahwa vek adalah tipe data yang berupa larik / array yang komponennya bertipe integer dan banyaknya adalah 100 buah. ie according to the needs at the time of an executable program. Tipe set atau himpunan yang merupakan kumpulan obyek yag mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan. Dan adapula array / larik yang berdimensi banyak. Pada larik. sebagai contoh : Type vek = array [1. data stored in the change order shall not exceed the already declared. variables. Setiap objek dalam suatu set disebut anggota atau elemen himpunan. b. Understanding pointer is a data type that can be used to allocate and mendealokasikan (pick up / reduce) reminder dynamically. tipe ini merupakan kumpulan sejumlah komponen yang bertipe sama yang jumlahya tidak tentu dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpanan luar (Damayanti. d. 2. Data type of pointer is a facility owned pernrograrnan Pascal language to overcome the static data types. Tipe file atau berkas.1. Node can be declared as a record field . Data type of pointer is marked by placing signs in front of the name ^ knots in its declaration. 2005).3 Tipe Data Penunjuk Pointer Data Types The data structure is meant here is the data structure used in the data type pointer. .100] of integer. Selanjutnya adalah tipe record yang merupakan kumpulan data yang yang setiap elemennya bias mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lainnya. semua elemen harus bertipe sama.. c. arrays of whiskers in a reminder of limited storage. Deklarasi yang disbutkan diatas disebut deklarasi array dimensi satu atau bias disebut vektor.

Dalam pemrograman bahasa Pascal. yaitu sesuai dengan kebutuhan pada saat suatu program dieksekusi. data yang tersimpan dalam perubah tidak boleh melebihi pesanan yang telah dideklarasikan. Data bertipe pointer ditandai dengan meletakkan tanda ^ didepan nama simpul pada deklarasinya. yaitu bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement). Struktur data yang dimaksud disini adalah struktur data yang digunakan dalam data bertipe pointer. 2. 2003). Kegunaan yang utarna dari data bertipe pointer adalah untuk mengatasi kekurangan yang terdapat pada data yang bertipe larik (Barnes. Struktur Program Judul Program PROGRAM nama-program. 1. dkk. Data bertipe pointer merupakan suatu fasilitas yang dimiliki pernrograrnan bahasa Pascal untuk mengatasi tipe data yang bersifat statis.2 Struktur Program Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Simpul bisa dideklarasikan sebagai sebuah record yang berisi field field data yang bertipe selain pointer dan field field yang bertipe pointer. Badan program dibagi lagi menjadi dua bagian. 2003). dkk. Blok Program Bagian deklarasi . misaInya data bertipe larik yang penyimpanannya dalam pengingat terbatas. Utarna usability of the data type is a pointer to address the deficiencies found in the data array of type (Barnes. Pengertian pointer adalah suatu tipe data yang dapat digunakan untuk mengalokasikan dan mendealokasikan (mengambil / mengurangi) pengingat secara dinamis. In the programming language Pascal.that contains the field data type and field in addition to a pointer of type pointer field. struktur data bertipe pointer yang bersifat dinamis berbeda dengan tipe data lainnya yang besifat statis. pointer-type data structure that is dynamic in contrast to other data types that besifat static.

. deklarasi konstanta CONST………….. deklarasi tipe TYPE ……………. ………….. Kalau suatu program menggunakan identifier.. Beberapa aturan dalam program Pascal :  Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.) setelah END yang paling akhir. Bagian deklarasi digunakan bila di dalam program digunakan pengenal ( identifier). …………………………. konstanta. harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma.. deklarasi variabel VAR ……………. prosedur dan fungsi. . Judul program sifatnya adalah optional. tipe.  Tanda titik koma (. variabel.. deklarasi fungsi FUNCTION nama-fungsi. Pascal menuntut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan. dan bila ditulis. deklarasi prosedur PROCEDURE nama-prosedur.deklarasi label LABEL nama-label. ………………………………. Identifier dapat berupa label.. end. Bagian Pernyataan Begin (statement) …………. yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini..

New York Bloom and Fawcett. DAFTAR PUSTAKA Barnes. The Basic of Pascal. 2009).A. Bandung Hougaard. Jurnal SAINTIKOM. C. Gramedia. Inc. Pascal Program. W.2009. 4(1): 120-130 .F and Ville. Grafindo Media Pratama. An Algorithm For Pascal. Ole. Putri. New York Damayanti. Ahmad . Pengantar Algoritma dan Pemrograman. I. Jurnal Type Inference Of Turbo Pascal. Walker. R.D. 2003. 5-9 Sudarsono. 2005. Michael I & Hosein Askari. 2004. 2008. Dasar-dasar Pemrograman. 2003. Jakarta Saniman & Muhammad Fathoni. CBS College Publishing. Bahasa Pascal.)  Baris komentar diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda {dan} (Sudarsono. Champman & Hall. Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titik koma (.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->