P. 1
sap ANC 2

sap ANC 2

|Views: 126|Likes:
Published by mehndut
anc
anc

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: mehndut on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2015

pdf

text

original

LEMBAR PERSETUJUAN Makalah Satuan Penyuluhan dengan judul “Antenatal Care pada ibu hamil” ini telah disetujui

oleh Pembimbing akademik dan Pembimbing Klinik Keperawatan 1 Akademi Keperawatan Pandan Harum Banjarmasin

Menyetujui, Pembimbing Klinik PKK 1 Pembimbing Akademik Akper Pandan Harum

(.......................................)

(....................................)

Mengetahui,

Koordinator PKK 1 Akper Pandan Harum Banjarmasin

(.....................................)

Tujuan Umum Setelah dilakukan penyuluhan. Menjelaskan tujuan dari antenatal care 3.00-10. keluarga pasien mampu : 1. tujuan Antenatal care. Menjelaskan pengertian dari antenatal care 2.30 : Cempaka (nipas) : Keluarga Pasien : Mahasiswa AKPER PANDAN HARUM Tingkat II I. Menjelaskan waktu kunjungan antenatal care 7.SATUAN ACARA PENYULUHAN “ANTENATAL CARE” Topik Sub topik : Antenatal care :Pengertian Antenatal care. Hari/Tanggal :Rabu. Menejelaskan sasaran antenatal care 5. diharapkan keluarga pasien mengetahui tentang pelayanan Antenatal care (ANC) pada ibu hamil. frekuensi kunjungan Antenatal care. Menjelaskan tentang 7T pada antenatal care . Menjelaskan tentang tempat pelayanan antenatal care 4. II. Menjelaskan jadwal antenatal care 6. Tujuan Khusus Setelah diberikan penyuluhan selama 30 menit. 03 April 2012 Waktu/Jam Tempat Peserta Penyuluh : 30 Menit / 10.

Materi 1. Metode Ceramah dan tanya jawab.leaflet VI. sasaran antenatal care 5. 7T pada antenatal care IV. No Kegiatan Pembukaan dan Waktu Penyaji Sasaran 5 Menit memberi salam memperkenalkan diri dan kelompok membalas salam mendengarkan mempertahankan kontak mata 1. tempat pelayanan antenatal care 4. Kegiatan.laptop.III. sampah 10 Menit - pre test menjelaskan pengertian antenatal care menjelaskan tujuan dari antenatal care menjelaskan tempat pelayanan ANC keluarga pasienmendengarka n penjelasan dengan baik . waktu kunjungan antenatal care 7. jadwal antenatal care 6. Perkenalan Isi atau penyajian bahan tentang 2. Media Lcd . V. tujuan dari antenatal care 3. pengertian dari antenatal care 2.

apakah peserta dapat menjelaskan kembali penkes dengan cara bertanya - Prosedur : post test.. Jenis test : pertanyaan secara lisan - Diharapkan 30% peserta dapat memahami materi 5 4. Evaluasi Menit - menyampaikan kesimpulan tentang materi Evaluasi kepada peserta. waktu kunjungan dan 7T pada aANC 10 3. Penutup Menit - penyaji mengucapkan terima kasih mengucapkan salam penutup .- menjelaskan sasaran ANC menjelaskan jadwal .

Pengorganisasian a. Nurul huda Tugas : Menyediakan fasilitas pendukung proses penyuluhan. Fasilitator : Wahyu Santoso. Aida Sari Tugas : Mengamati jalannya proses penyuluhan sesuai dengan SAP e. Pola Penyuluhan layar Penyaji Notulen Moderator LCD Operator Laptop Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Peserta Lampiran :materi penyuluhan Peserta . Nuril Aulia Rahmi. Noni Hafiza .VII. Moderator : Ehda Khairina Tugas b. Ahmad Sya’ib H . Penyaji Tugas : Memimpin jalannya acara dan proses penyuluhan : Fatimah : Menyampaikan materi penyuluhan c. Notulen Tugas : Aprilliana Jhorghy : Mencatat pertanyaan dari peserta d. Observer : Puteri Dwi Yanti.

Pengertian ANC(antenatal care) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu dan janin secara berkala. (Dep. Mengembangkan persiapan persalinan serta rencana kesiagaan menghadapi komplikasi 4. yang diikuti dengan untuk koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Pelayanan antenatal adalah pelayanan kesehatan oleh pelayanan kesehatan oleh tenaga professional (dokter spesialis kebidanan.Kes RI. menjalankan puerperium normal.“ANTENATAL CARE” A. Membantu menyiapkan ibu untuk menyusui dengan sukses. sesuai dengan standard minimal pelayanan antenatal. Mempromosikan dan menjaga kesehatan fisik dan mental ibu dan bayi dengan memberikan pendidikan gizi. 2. Mufdlilah (2009) mengatakan antenatal care adalah suatu program yang terencana berupa observasi. dan merawat anak secara fisik. kebersihan diri dan proses kelahiran bayi. bedah ataupun obstetri selama kehamilan 3. 1996). bidan. B. edukasi dan penanganan medik pada ibu hamil. untuk memperoleh suatu proses kehamilan dan persalinan yang aman dan memuaskan. Tujuan Mufdlilah (2009) menyatakan bahwa tujuan pelayanan antenatal antara lain : 1. psikologis dan sosial . Mendeteksi dan menatalaksana komplikasi medis. dokter umum. perawat) untuk ibu selama masa kehamilannya.

Pertambahan berat badan hanya sedikit menghasilkan rata-rata berat badan lahir bayi yang lebih rendah dan risiko yang lebih tinggi untuk terjadinya bayi BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah) dan kematian bayi. diharapkan dapat menghindari terjadinya tetanus neonatorum dan tetanus pada ibu bersalin dan nifas. 5) Melaksanakan palpasi abdominal setiap kunjungan untuk mengetahui usia kehamilan. Standar Antenatal Care Standar pelayanan antenatal yang berkualitas ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI dalam Mufdlilah (2009). pandangan kabur atau oedema pada ekstremitas atas. 2) Melakukan penimbangan berat badan ibu hamil dan pengukuran lingkar lengan atas (LILA) secara teratur mempunyai arti klinis penting. pertambahan berat badan ibu selama kehamilan dapat digunakan sebagai indikator pertumbuhan janin dalam rahim 3) Penimbangan berat badan dan pengukuran tekanan darah harus dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap terjadinya tiga gejala preeklamsi. tinggi fundus uteri dapat juga mendeteksi secara dini terhadap terjadinya molahidatidosa. janin ganda atau hidramnion yang ketiganya dapat mempengaruhi terjadinya kematian maternal. satu kali pada trimester I. 8) Memberikan tablet zat besi. karena ada hubungan yang erat antara pertambahan berat badan selama kehamilan dengan berat badan lahir bayi. letak punggung. 90 tablet selama 3 bulan.C. protein urine positif. suami/keluarga . 7) Pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada kunjungan pertama dan pada kehamilan 30 minggu. dan dua kali pada trimester III untuk memantau keadaan ibu dan janin dengan seksama sehingga dapat mendeteksi secara dini dan dapat memberikan intervensi secara cepat dan tepat. diminum setiap hari. meliputi : 1) Memberikan pelayanan kepada ibu hamil minimal empat kali. satu kali pada trimester II. 6) Pemberian imunisasi tetanus toxoid (TT) kepada ibu hamil sebanyak 2 kali dengan jarak minimal 4 minggu. menentukan denyut jantung janin untuk menentukan asuhan selanjutnya. letak. ingatkan ibu hamil tidak minum dengan teh dan kopi. 4) Pengukuran tinggi fundus uteri (TFU) dilakukan secara rutin dengan tujuan mendeteksi secara dini terhadap berat badan janin. bagian terendah. Tekanan darah tinggi. Indikator pertumbuhan berat janin intrauterine.

beri nasehat dan rujuk bila diperlukan. aman dan suasana yang menyenangkan. suami/ keluarga pada trimester III. Polindes atau bidan desa 3. Rumah sakit 6. Praktek swasta bidan atau dokter E. pemeriksaan penyakit-penyakit infeksi (HIV/AIDS dan PMS). Sasaran Menurut Depkes RI. Posyandu bila ada bidan 2. persiapan transportasi dan biaya untuk merujuk. obat-obatan yang diperlukan. D. Suami 3. Masyarakat . Ibu Hamil 2.hendaknya selalu dilibatkan selama ibu mengkonsumsi zat besi untuk meyakinkan bahwa tablet zat besi betul-betul diminum. 9) Pemeriksaan urin jika ada indikasi (tes protein dan glukosa). 12) Tersedianya alat-alat pelayanan kehamilan dalam keadaan baik dan dapat digunakan. tanda bahaya pada kehamilan dan pada janin sehingga ibu dan keluarga dapat segera mengambil keputusan dalam perawatan selanjutnya dan mendengarkan keluhan yang disampaikan oleh ibu dengan penuh minat. 10) Memberikan penyuluhan tentang perawatan diri selama hamil. 11) Bicarakan tentang persalinan kepada ibu hamil. Tempat ANC Oleh Bidan/Dokter : 1. gizi ibu selama hamil. perawatan payudara. Keluarga 4. waktu pencatatan kehamilan dan mencatat semua temuan pada kartu menuju sehat (KMS) ibu hamil untuk menentukan tindakan selanjutnya. memastikan bahwa persiapan persalinan bersih. 2001 1. Puskesmas pembantu bila ada 4. Puskesmas 5.

3. Satu kali kunjungan pertama (K1) selama trimester pertama 2. (Timbang) berat badan Ukuran berat badan dalam kg tanpa sepatu dan memakai pakaian yang seringan-ringannya. Ukur (tinggi) fundus uteri Pemeriksaan abdominal secara seksama dan melakukan palpasi untuk memperkirakan usia kehamilan. Menurut Mufdlilah (2009b). . Satu kali kunjungan kedua (K2) selama trimester kedua 3. frekuensi Pelayanan Antenatal oleh WHO ditetapkan 4 kali kunjungan ibu hamil dalam pelayanan Antenatal. Berat badan kurang dari 45 kg pada trimester III dinyatakan ibu kurus kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah 2. memeriksa posisi. bagian terendah janin dan masuknya kepala janin ke dalam rongga panggul. Standar Minimal ANC “7 T” 1. Frekuensi/ Jadwal ANC Mufdlilah (2009a) mengatakan. 0 sampai 28 minggu 2. untuk mencari kelainan serta melakukan rujukan tepat waktu. selama kehamilan dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Dua kali kunjungan ketiga dan keempat (K3 dan K4) selama trimester ketiga Bila ibu hamil mengalami masalah. 28-36 minggu Di atas 36 minggu : 4 minggu sekali : 2 minggu sekali : 1 minggu sekali kecuali jika ditemukan G. tanda bahaya atau jika merasa khawatir dapat sewaktu-waktu melakukan kunjungan ulang. serta mengambil tindakan yang tepat dan merujuknya 3. serta bila umur kehamilan bertambah.F. Perencanaan jadwal pemeriksaan (usia kehamilan dari hari pertama haid terakhir) / waktu kunjungan ANCyang ideal adalah sebagai berikut: 1. Ukur (tekanan) darah Untuk mengetahui setiap kenaikan tekanan darah pada kehamilan dan mengenali tanda-tanda serta gejala preeklamsia lainnya.

Beritahu ibu tentang makanan berkalsium & jumlah kalsium yang dibutuhkan (1. suami serta keluarganya tentang tanda-tanda resiko kehamilan. (Tes) terhadap penyakit menular seksual Melakukan pemantauan terhadap adanya PMS agar perkembangan janin berlangsung normal. .Jelaskan akibat dari defisiensi protein  Kalsium : .Jelaskan akibat dari defisiensi kalsium  Zat besi .Beritahu ibu tentang makanan cukup kalori & jumlah kalori yang dibutuhkan bumil (2500 kal/hari). Mendiskusikan perubahan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu selama hamil  Kalori : . Pendidikan ANC 1. Pemberian (tablet besi) minimnal 90 tablet selama kehamilan 6. 5.5 gr/hari)‫‏‬ .Anjurkan BB tidak lebih 10-12 kg  Protein : . 2001:23) H. (Temu) wicara dalam rangka pensiapan rujukan. 7. Memberikan saran yang tepat kepada ibu hamil.Beritahu ibu tentang jumlah zat besi yang dibutuhkan (30 mg/hari) & manfaat zat besi .Beritahu ibu tentang makanan berprotein tinggi & jumlah protein yang dibutuhkan (85 gr/hari)‫‏‬ .Jelaskan akibat dari defisiensi zat besi  Asam folat .4. (Depkes RI. Pemberian imunisasai (Tetanus Toksoid) TT lengkap Untuk mencegah tetanus neonatorum.

. Puting susu yg normal akan menonjol keluar.  Latihan kaki juga penting untuk meningkatkan sirkulasi dan menghindari kram otot yang merupakan sesuatu yang biasa dalam kehamilan b. Perawatan payudara  Umur kehamilan 3 bulan Periksa puting susu utk mengetahui apakah puting susu datar atau masuk ke dalam dgn cara memijat dasar puting susu secara perlahan. Anjurkan untuk melakukan senam hamil 3.  latihan-latihan yang paling menguntungkan bagi wanita hamil adalah latihan dengan gerakan yang menguatkan dinding perut untuk membantu menopang uterus dan otot pinggul yang akan anda butuhkan untuk mendorong.Beritahu ibu tentang jumlah asam folat yang dibutuhkan (400 mikrogram/hari)‫‏‬ .Jelaskan akibat dari defisiensi asam folat 2. Apabila puting susu . Mendiskusikan cara menjaga kebersihan diri selama kehamilan a. Mendiskusikan jenis latihan /olahraga yang baik untuk bumil a.

4. Jangan membersihkan dgn alkohol atau yg lain yg bersifat iritasi krn dapat menyebabkan puting susu lecet. Dilakukan sehari dua kali selama 6 menit.Disuria .   Pijat kedua areola mamae hingga keluar 1-2 tetas.  Kedua puting susu dipegang lalu ditarik diputar ke arah dlm dan ke arah luar .tetap datar atau masuk kembali ke dlm payudara mk sejak hamil 3 bulan harus dilakukan perbaikan agar bisa menonjol.Muntah berlebihan .Menggigil atau demam . Menasehati bumil & keluarga untuk mencari pertolongan segera jika mendapati tanda-tanda bahaya  Menjelaskan tanda-tanda bahaya yang sering terjadi . Tujuan utk memperlunak kotoran atau kerak yg menempel pada puting susu sehingga mudah dibersihkan.  Pangkal payudara dipegang dgn kedua tangan lalu diurut ke arah puting susu sebanyak 30 kali sehari.Preeklampsi  Menjelaskan gejala dan tanda yang harus diwaspadai .  Pakailah BH yg tdk ketat dan bersifat menopang payudara jangan memakai BH yg ketat dan menekan payudara. Kedua puting susu dan sekitar dibersihkan dgn handuk kering dan bersih. Cara adl dgn menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari daerah di sekitar puting susu diurut ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara.Perdarahan . Puting susu sampai areola mamae dikompres dgn minyak kelapa selama 2-3 menit.  Umur kehamilan 6-9 bulan   Kedua telapak tangan dibasahi dgn minyak kelapa.

Menjelaskan pola seksualitas.  Makanan kecil dimakan setiap 3 jam sampai waktu tidur.Obat-obatan dalam kehamilan  tidak ada obat-obatan yang diresepkan pada bumil  12 minggu kehamilan sebaiknya menghindari konsumsi obat 7.  Lebih sering makan karbohidrat rendah. .Mual-mual (Morning sick)‫‏‬ Merupakan suatu hal yang fisiologis atau biasa tejadi pada ibu hamil. perubahan struktur tubuh & ketidaknyamanan yang dialami oleh bumil.. Contoh : biscuit.Ketuban pecah dini .Uterus lebih besar atau lebih kecil dari usia kehamilan 5.terjadi dalam 12 minggu pertama kehamilan cara sederhana mengatasi mual-mual:  Komposisi makanan disesuaikan dengan tidak memakan yang banyak mengandung lemak.  mendiskusikan perubahan dalam hasrat seksual TM I : dorongan seksual menurun TM II: dorongan seksual meningkat kembali TM III: dorongan seksual dapat menurun kembali 6.

//wikepedia.html http://senamhamil.com/2010/10/antenatal-care-anc.com/2009/11/antenatal-care.blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://4skripsi.html http.html .com/2009/8/gerakan-senam-hamil.

SATUAN ACARA PENYULUHAN JUDUL “ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL” Oleh Nama Nim Tingkat : Aprilliana Jhorghy : 712003S10008 : II A YAYASAN ABDI KALIMANTAN AKADEMI KEPERAWATAN PANDAN HARUM BANJARMASIN 2012 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->