Tradisi Sejarah Masyarakat di Indonesia

.Jejak Sejarah Jejak Benda (Material) Tertulis Prasasti dan dokumen Tak tertulis Candi. monumen. dll Jejak Bukan Benda (Immaterial) Adat istiadat Kepercay aan Legenda Mantra dll.

.

.

nenek moyang kita telah menciptakan berbagai bentuk budaya.Tradisi Pada Masa Praaksara  Praaksara berasal dari kata Pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. kesenian tradisional.  Sebelum mengenal aksara. kepercayaan dll. mulai dari bangunan.temurun kepada anak cucunya. kerajinan. . Mereka menyampaikan hasil kebudayaan tersebut secara turun.

.Pewarisan melalui keluarga  Peran keluarga dalam pewarisan budaya :  Kesempatan berinteraksi dalam keluarga lebih besar  Hubungan dalam keluarga bersifat intim dan langgeng • Cara pewarisan budaya ditempuh dengan cara bertahap dari yang sederhana sampai kepada halhal yang komplek. benar dan diinginkan. • Pokok utama pewarisan budaya melalui sosialisasi keluarga adalah kebudayaan nonmaterial. • Nilai yang diwariskan lebih mengacu pada hal yang abstrak mengenai apa yang dianggap baik.

.hasil budaya yang diwariskan: dilakukan turun – temurun dan menyatu dalam perilaku kehidupan masyarakat.Pewarisan melalui masyarakat  Hasil.  Adat istiadat : tata kelakuan yang sifatnya tetap. batik.hasil budaya yang diwariskan terdiri dari berbagai aspek yang mencakup bidang kemasyarakatan yang berguna mengatur kehidupan bersama dalam kelompok. contoh: upacara Kasodo di lereng Gunung Bromo  Kesenian : sebagai penghibur untuk mengisi waktu senggang.  hasil. contoh: wayang.

Petuah 4. Kepercayaan :  Animisme : kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Legenda .  Tradisi lisan memiliki banyak kelemahan karena bersifat nonfaktual. Dongeng 6. Mitologi 3.  Dinamisme: kepercayaan terhadap bendabenda seperti dengan adanya bangunan megalitikum yang dianggap memiliki kekuatan.  Berita atau cerita secara lisan yang  Tradisi lisan : disampaikan dari generasi ke generasi.  Beberapa bentuk tradisi lisan: 1. Folklore 2. Kisah 5.

 Melalui gambar dan relief nenek moyang berusaha mengisahkan sejarah sebagai bukti dengan cara membuat gambar dan relief pada dinding-dinding gua. Selain itu mereka juga sudah mengenal teknik pengecoran logam: 1.  Pertanian dan teknologi Zaman ini dimulai pada zaman batu baru dimana manusia purba mulai hidup menetap.untuk membuat benda.benda besar  Kemampuan berlayar Kemampuan nenek moyang yang berhubungan erat dengan sistem ekonomi masa praaksara . Teknik a cire perdue – untuk membuat bendabenda kecil 2. Teknik bivalvia.

 Sistem bahasa perbedaan wilayah menyebabkan adanya perbedaan bahasa dan dialek.  Sistem ekonomi Pemenuhan kebutuhan dilakukan melalui kegiatan barter atau tukar menukar barang. Bahasa yang tersebar di Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa melayu austronesia dan melayu kepulauan. .

 Sebutkan Pembagian Jejak Sejarah!  Apa perbedaan antara Animisme dan Dinamisme?  Sebutkan teknik pembuatan benda pada masa Praaksara!  Berikan contoh jejak tertulis dalam jejak sejarah!  Berikan contoh adat istiadat dalam masyarakat Suku Tengger (penduduk sekitar gunung Bromo)! .

Perkembangan Masa Hindu hingga Islam .

seperti:Arjunawiwaha oleh Mpu Kanwa .batu  Naskah yang ditemukan berasal dari kerajaan terakhir seperti Mataram dan Majapahit  Istana sentris  Menghasilkan kitab keagamaan.Masa Hindu  Karakteristik penulisan sejarah:  Ditulis pada batu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful