P. 1
Tradisi Sejarah Masyarakat Di Indonesia-Kb

Tradisi Sejarah Masyarakat Di Indonesia-Kb

|Views: 12|Likes:
Published by denina_bobo

More info:

Published by: denina_bobo on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

Tradisi Sejarah Masyarakat di Indonesia

dll Jejak Bukan Benda (Immaterial) Adat istiadat Kepercay aan Legenda Mantra dll. monumen.Jejak Sejarah Jejak Benda (Material) Tertulis Prasasti dan dokumen Tak tertulis Candi. .

.

.

. kepercayaan dll. nenek moyang kita telah menciptakan berbagai bentuk budaya. mulai dari bangunan. Mereka menyampaikan hasil kebudayaan tersebut secara turun. kerajinan.Tradisi Pada Masa Praaksara  Praaksara berasal dari kata Pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan.temurun kepada anak cucunya. kesenian tradisional.  Sebelum mengenal aksara.

.Pewarisan melalui keluarga  Peran keluarga dalam pewarisan budaya :  Kesempatan berinteraksi dalam keluarga lebih besar  Hubungan dalam keluarga bersifat intim dan langgeng • Cara pewarisan budaya ditempuh dengan cara bertahap dari yang sederhana sampai kepada halhal yang komplek. • Pokok utama pewarisan budaya melalui sosialisasi keluarga adalah kebudayaan nonmaterial. • Nilai yang diwariskan lebih mengacu pada hal yang abstrak mengenai apa yang dianggap baik. benar dan diinginkan.

hasil budaya yang diwariskan terdiri dari berbagai aspek yang mencakup bidang kemasyarakatan yang berguna mengatur kehidupan bersama dalam kelompok. contoh: upacara Kasodo di lereng Gunung Bromo  Kesenian : sebagai penghibur untuk mengisi waktu senggang. contoh: wayang.Pewarisan melalui masyarakat  Hasil.hasil budaya yang diwariskan: dilakukan turun – temurun dan menyatu dalam perilaku kehidupan masyarakat. batik.  Adat istiadat : tata kelakuan yang sifatnya tetap. .  hasil.

 Beberapa bentuk tradisi lisan: 1. Kisah 5.  Berita atau cerita secara lisan yang  Tradisi lisan : disampaikan dari generasi ke generasi.  Dinamisme: kepercayaan terhadap bendabenda seperti dengan adanya bangunan megalitikum yang dianggap memiliki kekuatan. Petuah 4.  Tradisi lisan memiliki banyak kelemahan karena bersifat nonfaktual. Legenda . Kepercayaan :  Animisme : kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Mitologi 3. Folklore 2. Dongeng 6.

 Pertanian dan teknologi Zaman ini dimulai pada zaman batu baru dimana manusia purba mulai hidup menetap. Selain itu mereka juga sudah mengenal teknik pengecoran logam: 1. Teknik a cire perdue – untuk membuat bendabenda kecil 2. Teknik bivalvia. Melalui gambar dan relief nenek moyang berusaha mengisahkan sejarah sebagai bukti dengan cara membuat gambar dan relief pada dinding-dinding gua.benda besar  Kemampuan berlayar Kemampuan nenek moyang yang berhubungan erat dengan sistem ekonomi masa praaksara .untuk membuat benda.

Bahasa yang tersebar di Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa melayu austronesia dan melayu kepulauan. Sistem bahasa perbedaan wilayah menyebabkan adanya perbedaan bahasa dan dialek. .  Sistem ekonomi Pemenuhan kebutuhan dilakukan melalui kegiatan barter atau tukar menukar barang.

 Sebutkan Pembagian Jejak Sejarah!  Apa perbedaan antara Animisme dan Dinamisme?  Sebutkan teknik pembuatan benda pada masa Praaksara!  Berikan contoh jejak tertulis dalam jejak sejarah!  Berikan contoh adat istiadat dalam masyarakat Suku Tengger (penduduk sekitar gunung Bromo)! .

Perkembangan Masa Hindu hingga Islam .

Masa Hindu  Karakteristik penulisan sejarah:  Ditulis pada batu.batu  Naskah yang ditemukan berasal dari kerajaan terakhir seperti Mataram dan Majapahit  Istana sentris  Menghasilkan kitab keagamaan. seperti:Arjunawiwaha oleh Mpu Kanwa .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->