Yakult ( Yakuruto?

) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk "yoghurt". Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. ( Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha?) (TYO: 2267) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan. Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol terbesar di Jepang, Tokyo Yakult Swallows. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.

perisa.Kesehatan dan Nutrisi Kandungan gizi Kalori Protein Lemak Karbohidrat Kolesterol Kalsium Natrium Indeks glycaemic 50 kcal 0.8 g 0. air. susu bubuk skim. Tanpa bahan pewarna maupun bahan pengawet.3 g tidak terdeteksi 30 mg 14 mg 46 ( rendah ) Gizi Kalori Protein Lemak Karbohidrat Kolesterol Kalsium Natrium Indeks Glycaemic Jumlah kandungan 50 kcal 0. . sukrosa.8 g 0. glukosa.0 g 11.0 g 11.3 g Tidak terdeteksi 30 mg 14 mg 46 ( rendah ) Bahan-bahan Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain.

Dalam proses pencernaan . metabolisme dan kegiatan. Karbohidrat Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Protein Protein digunakan untuk pertumbuhan. gula sederhana. Karbohidrat dari makanan yang ber IG rendah lebih lambat diserap ke dalam peredaran darah sehingga membantu terjaganya kestabilan kadar gula darah.Energi Energi diukur dalam kilojoules atau kilo kalori. Indeks Glycaemic Indeks Glycaemic (IG) adalah suatu cara untuk mengukur pengaruh sejumlah tertentu karbohidrat dalam makanan terhadap kadar gula darah. Adalah suatu hal yang . Apabila kita tidak mendapatkan cukup energi. kita akan menjadi lesu dan kehilangan berat badan. sedang atau tinggi. Karbohidrat ini merupakan sumber energi yang paling mudah dimanfaatkan dan juga paling mudah untuk diubah menjadi cadangan energi. pemeliharaan dan peremajaan sel-sel tubuh. Berdasarkan nilai IG. karbohidrat akan diuraikan menjadi komponen penyusunnya. IG dari suatu makanan merupakan petunjuk yang lebih tepat terhadap pengaruh makanan tersebut terhadap peningkatan kadar gula darah. makanan dikelompokkan dalam IG rendah. Penting bagi kita untuk menjaga agar jumlah energi dari makanan yang kita konsumsi seimbang dengan jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Energi yang tidak dimanfaatkan oleh tubuh disimpan dalam bentuk lemak untuk digunakan kembali pada saat diperlukan. Dibanding dengan nilai kandungan gula. Tubuh kita membutuhkan energi untuk pertumbuhan.

telur. tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Makanan yang kaya protein termasuk daging merah. Petunjuk diet seringkali menganjurkan kita membatasi konsumsi lemak. kacang dan biji-bijian. akan tetapi seringkali kita mengkonsumsi garam lebih dari yang dibutuhkan. ayam. Kolesterol Kolesterol adalah salah satu pembentuk membran sel dan beberapa hormon. Karena itu lemak memberikan kontribusi yang paling besar terhadap peningkatan berat badan. Tubuh kita memang memerlukan natrium untuk dapat bekerja dengan baik. Yakult tidak mengandung kolesterol. Lemak Lemak dapat dikelompokkan sebagai jenuh. . Berlebihan dalam pemasukan kolesterol cenderung mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Sebagai sumber energi. produk susu. Natrium Natrium adalah komponen utama garam. Sejumlah kecil lemak tak jenuh akan mencukupi kebutuhan akan asam lemak esensial dan vitamin-vitamin yang larut lemak. Kita tidak perlu mengkonsumsi kolesterol karena tubuh kita memproduksi kolesterol dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kita.mendasar bahwa kebutuhan akan protein terpenuhi untuk berfungsinya tubuh dengan sehat. khususnya lemak jenuh. lemak menghasilkan energi yang besar dibanding karbohidrat dan protein dalam berat yang sama. polong-polongan. Dalam hal ini Yakult tidak mengandung lemak. ikan.

yang ringan. 1992) Pembuatan yakult menurut Kurman (1992) adalah dengan cara susu disterilisasi terlebih C selama 3 sampai 4 detik. Pemilihan bentuk wadah derupa botol dengan tujuan untuk memudahkan konsumen dalam mengkonsumsi yakult.1%. Lactobacillus acidophillus. . perubahan ribosa diinduksi oleh faseketolase (Kurman.3%.9%. Tidak seperti kebanyakan ditemukan bakteri dalam yoghurt normal. bakteri probiotik mampu bertahan lingkungan asam lambung dan mencapai usus hidup. jenis plastic ini memiliki sifat transparansi yang tinggi dan daya serap air yang rendah juga termasuk kedalam kemasan food grade. Lactobacillus casei berbentuk batang tunggal dan termasuk golongan bakteri heterofermentatif. lemak 0. Botol yakult ini terbuat dari plastik.5%.5 miliar bakteri Probiotik (ramah) . dan Lactobacillus helveticus. Kecepatan pertumbuhan bakteri ini berkisar 50 laktat setelah 48 jam. Selain itu. Nilai gizi yakult yaitu proteinr(Strain shirota) diinkubasi pada suhu 37 1. mineral 0. Pengemas produk yakult berupa wadah gelas dengan leher sempit yang disebut botol. kemudian ditanamkan Lactobacillus caseirdahulu pada suhu 140 C selama empat hari. membantu untuk mengembalikan keseimbangan bakteri bersahabat dalam usus.5% asamrLactobacillus casei. jenis plastik ini aman untuk sekali pakai dan menunjukkan warna alami yang dimiliki produk. Menurut Margawani (1995). aman.2%. karbohidrat 16. Lactobacilllus casei adalah galur unggul yang mudah dan cocok untuk dikembangbiakkan dalam minuman dasar susu. Jenis plastik yang digunakan untuk membuat botol produk yaitu PS (Polistirena resin). fakultatif. Lactobacillus casei akan merubah ribosa menjadi asam laktat dan asam asetat. mesofilik. Menurut Bachriansyah (1997). Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung lebih dari 6.Yakult merupakan produk susu fermentasi dengan menggunakan starter tunggal yaitu Dornic atau 0. air 81.Lactobacillus casei Shirota strain. dan nilai kalori tiap 100 g. mudah didaur ulang dan mudah dipakai untuk transportasi. dan berukuran lebih kecil dari pada Lactobacillus bulgaricus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful