SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP II TA.

2012/2013 PROGRAM D III KEBIDANAN AKKES SWAKARSA JAKARTA

MATA AJAR HARI/TANGGAL WAKTU KOORDINATOR

: Etikolegal dalam Pelayanan Kebidanan : Kamis, 14 Januari 2013 : 50 Menit : Bellia LM, SST

Petunjuk pengisian pilihan ganda bervariasi : Jawaban A bila option 1, 2 dan 3 benar Jawaban B bila option 1 dan 3 benar Jawaban C bila option 2 dan 4 benar Jawaban D bila option 4 benar Jawaban E bila option 1, 2, 3, 4 benar
1. Nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang / kelompok dalam mengatur tingkah lakunya atau hal-hal yang dianggap baik atau buruk oleh masyarakat disebut……… a. Kode etik b. Moral c. Nilai d. Etika e. Etiket 2. Norma-norma yang harus diindahkan tiap profesi dalam melaksanan tugas profesinya dan di dalam hidupnya di masyarakat disebut ....... a. Kode etik b. Moral c. Nilai d. Etika e. Etiket 3. Ilmu yang mempelajari kebaikan dan keburukan dalam hidup manusia khususnya perbuatan manusia yang didorong oleh kehendak dengan didasari pikiran yang jernih dengan pertimbangan perasaan disebut ..... a. Etik b. Etika c. Etiket d. Moral e. Nilai 4. Etika yang menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri disebut .... a. Etika Umum d. Etika Lingkungan Hidup b. Etika Individual e. Etika Keluarga c. Etika Sosial 5. Etika yang berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia disebut ..... a. Etika Umum d. Etika Lingkungan Hidup b. Etika Individual e. Etika Keluarga c. Etika Sosial 6. Sopan santun yang mengatur perilaku manusia secara normatif disebut ...... a. Etik b. Hukum c. Etiket d. Moral e. Nilai 7. Hanya memandang manusia dari segi lahiriah saja merupakan ..... a. Etik b. Hukum c. Etiket d. Moral e. Nilai 8. Moral yang tidak berdasarkan pada ajaran agama dan hanya bersifat duniawi semata-mata disebut..... a. Moral Agama d. Moral Adat b. Moral Sekuler e. Moral Individu c. Moral Keluarga 9. Himpunan petunjuk atas kaidah/norma yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat jika dilanggar akan mendapat sanksi disebut ...... a. Etik b. Hukum c. Etiket d. Moral e. Nilai

.. Menolak keinginan pasien/klien dan keluarga yang bertentangan dengan peraturan perundangan dan kode etik profesi. 16. Pancasila memegang peranan dalam perwujudan sebuah sistem etika yang baik. 4. Norma individual 13. Satu b. Kewajiban bidan diantaranya : 1. Norma kesopanan 2. Kode etik bidan pertama kali disusun pada tahun .10. Merujuk pasien dengan penyulit kepada dokter yang mempunyai kemampuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan pasien 17. Berkaitan dengan subyek 2. Lima 14. a. Memilih dokter dan kelas perawatan. Mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya. 1986 b.. 1989 e. Etika Deskriptif b. 1987 c.. Berkaitan erat dengan kenyataan bahwa manusia mempunyai kesadaran 12. Etika Normatif d. 4. 1990 . bidan dan perawat. Bidan wajib memberikan pelayanan asuhan kebidanan sesuai dengan standar profesi dengan menghormati hak-hak pasien. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir dan jabatan yang sesuai 4. a. Mendapat pendampingan suami atau keluarga selama proses persalinan. 4. Etika Individual c. a. Mentaati segala peraturan dan tata tertib RS atau institusi pelayanan kesehatan. Etika yang memberikan gambaran dan ilustrasi tentang tingkah laku manusia ditinjau dari nilai baik dan buruk yang dianut oleh masyarakat disebut …. Bidan wajib mematuhi peraturan RS sesuai dengan hubungan hukum antara bidan tersebut dengan RS bersalin dan sarana pelayanan dimana ia bekerja.. Etika Lahiriah e. Norma moral 4. Meminta konsultasi kepada dokter lain yang terdaftar di RS 15. Dua c. 3. 3. yaitu sila ke . Kewajiban pasien diantaranya : 1. Norma umum meliputi : 1. Norma hukum 3. Hak pasien diantaranya: 1. Ciri nilai : 1. 2. Hak bidan diantaranya : 1. 2. Dirawat oleh dokter yang secara bebas menentukan pendapat kritis dan pendapat etisnya tanpa campur tangan dari pihak luar. Melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan RS atau institusi pelayanan kesehatan.. Tiga d. Bekerja sesuai dengan standar profesi pada setiap tingkat jenjang pelayanan kesehatan.. Tampil dalam suatu nilai yang praktis karena subyek ingin membuat sesuatu 3. keluarga maupun profesi lain 2. 3. dokter. Menerima atau menolak bimbingan moril maupun spiritual. Empat e. 1988 d. 18. Menjalankan ibadah sesuai agama/kepercayaan yang dianutnya. Etika Rohaniah 11. 3.. 2. Menuntut apabila nama baiknya dicemarkan baik oleh pasien. Nilai menyangkut pada sifat yang ditambah oleh subyek pada sifat yang dimiliki obyek 4.

Tujuan dilakukannya lisensi yaitu…… 1. Anggota profesi dan sesama anggota profesi 23. Memberikan kejelasan batas wewenang 2. Meyakinkan klien 4. Anggota profesi dan profesi kesehatan 4. Menjaga kerahasiaan 24. Proses pendaftaran. e. Ijazah b. Prinsip kode etik.. Moral b. Fotokopi ijasah bidan yang dilegalisir 2. Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap profesi didalam melaksanakan tugas profesinya dan didalam hidupnya dimasyarakat merupakan…… a. Sertifikat c. Legislasi d. Etika d. Mencegah tindakan yang dapat merugikan. Mendapatkan informasi tentang hal yang sebenarnya 22. Lisensi 26.. 5 tahun c. Fungsi etika dan moralitas. Dimensi kode etik terdiri dari…… 1. SIB/ STR (Surat Tanda Registrasi) berlaku selama…… a. Kode etik b. Etiket e. Ijazah b. 1. Biologi d. 3. 2 tahun e. Registrasi e. yaitu… 1. Pemberian ijin praktek sebelum diperkenankan melakukan pekerjaan yang telah ditetapkan (IBI) disebut…… a. Ekonomi c. 2. Lisensi 25. c. Melakukan tindakan yang salah b. a. 1 tahun d. Registrasi e. Memperpanjang ijin 27. Mengarahkan pola pikir seseorang dalam bertindak atau dalam menganalisis suatu masalah 3.. Memberlakukan manusia dengan adil. d. Legislasi d. 4 tahun b. Menghasilkan tindakan yang benar 4. Anggota profesi dan Klien/ Pasien. Menepati janji yang telah disepakati. kecuali ……… a..19. Moral c. Etika ialah suatu cabang ilmu …. Norma 21. Anggota profesi dan sistem kesehatan. Fotokopi Transkrip nilai akademik 3. Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar 28. Fisika e. 3 tahun . Menetapkan sarana dan prasarana 3. Filsafat 20. Sertifikat c. Surat keterangan sehat dari dokter 4. pendokumentasian dan pengakuan terhadap bidan merupakan…… a. Syarat pembuatan SIB/STR adalah…. Dengan etik kita mengetahui apakah suatu tindakan itu dapat diterima dan apa alasannya 2.

Yang menerima hukuman apabila terjadi abortus provocatus criminalis adalah . 1. Teori moral mencoba menformulasikan suatu prosedur dan mekanisme untuk pemecahan masalah etik disebut .... Hal-hal yang diinformasikan pada klien diantaranya : 1. Kegagalan dalam proses persalinan. Wajib b. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kewajiban bidan terhadap . Ibu yang melakukan aborsi 3. a. Moral b. Dibawah ini merupakan contoh masalah etik yang berhubungan dengan teknologi : a. Analisis 3.. Keyakinan individu bahwa sesuatu adalah mutlak baik.. Tidak langsung c. Ketika keinginan pasien untuk mati telah diketahui kemudian permintaannya dipenuhi lalu mengakibatkan kematian disebut euthanasia . a. Risiko 3. atau buruk walaupun situasi berbeda. Konsep normal pelayanan kebidanan . Konflik 33.. Aplikasi 4. Hukum 36. Profesinya 31. Suami yang melakukan aborsi 4. Pasif d.29. Keluarga pasien 34. Norma c. Teman sejawat c. Identifikasi 2. Hasil pemeriksaan 2. Empat b.. a. Lima c. Langsung 35.. c. Etika d. Dokter atau bidan yang menolong 2.. d. Satu d. Tugasnya e. Klien dan masyarakat b.... Etik e. Tiga 30. Perawatan intensif pada bayi b. Pelaksanan USG dalam kehamilan. Sukarela e. Langkah-langkah penyelesaian masalah diantaranya : 1. a. Diri sendiri d. Alternatif 4. Prognosis 32.. Kewajiban bidan terhadap sejawat dan tenaga kesehatan merupakan kode etik ke . Dua e.

.37. Dasar dalam otonomi pelayanan kebidanan tentang registrasi dan praktik Bidan adalah . Menurunkan kualitas pelayanan -SELAMAT MENGERJAKAN- . Uji kompetensi 38.. Standar Pelayanan Kebidanan c. Akreditasi d. Mempertahankan kualitas pelayanan b. a... Akreditasi d. Memberikan kewenangan c. PP No 32/ Tahun 1996 e. Meningkatkan profesionalisme e. Kepmenkes 900/Menkes/SK/VII/2002 b. Proses pembuatan UU atau penyempurnaan perangkat hukum yang sudah ada melalui serangkaian sertifikasi (pengaturan kompetensi).. Bentuk perlindungan tersebut antara lain kecuali . UU Kesehatan No. Tujuan legislasi adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan.. Lisensi c.. Kepmenkes 1277/Menkes/SK/XI/2001 39. a. Sertifikasi e.. Menjamin perlindungan hukum d. a. Pengembangan ilmu dan teknologi dalam kebidanan c. Pendidikan dan pelatihan berkelanjutan b. 23 Tahun 1992 d. a. Sertifikasi b. Registrasi 40. Praktek kebidanan merupakan inti dari berbagai kegiatan bidan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan yang harus terus-menerus ditingkatkan mutunya melalui . registrasi (pengaturan kemenangan) dan lisensi (pengaturan penyelenggaraan kewenangan) disebut .