BERTANAM JAGUNG

BAB I. PENDAHULUAN
1. ARTI TENTANG JAGUNG
Jagung merupakan tanaman yang penting di Indonesia. Sebab sebagai makanan pokok ia menduduki tempat kedua, sesudah padi. Beberapa tempat di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura jagung adalah makanan pokok bagi penduduknya. Di daerah lain seperti Jawa Barat maka jagung ini penting sekali yaitu sebagai makanan tambahan pada masa-masa paceklik panjang. Pentingnya tanaman jagung ini dapat dilihat dari luas tanaman jagung yang meliputi 25% dari areal tanah pertanian di Jawa dan Madura. Setiap tahun tanaman ini mencapi luas ± 2.000.000 ha (Jawa Timur 1.2000.000 ha. Jawa Tengah 750.000 ha dan Jawa Barat 50.000 ha)

2. ASAL TANAMAN JAGUNG
Menurut para ahli tanaman jagung berasal dari Amerika. Disini orang-orang Indian telah lama menanamnya waktu orang-orang Eropa datang Dengan melalui Eropa, tanaman jagung menyebar ke Asia dan Afrika. Pada abad ke-16 tanaman jagung ini oleh orang-orang Portugis dibawa ke Pakistan, Tiongkok dan Indonesia. Orang-orang Belanda menamakan jagung ini “mais” dan orang-orang Inggris “corn”

BAB II. JENIS
1. PEMBAGIAN MENURUT UMUR
Menurut umumnya jagung dapat dibagi menjadi 2 golongan : 1) Yang berumur pendek (genjah) : 75-90 hari. 2) Yang berumur panjang : lebih dari 90 hari. Pada umumnya yang ditanam di Indonesia adalah yang berumur pendek. Seperti Genjah Warangan, Tongkol. Di pegunungan umur jagung bertambah panjang, sampai 6-7 bulan. Sebagian besar jagung ini untuk makanan manusia.

2. PEMBAGIAN MENURUT BENTUK BIJINYA
Seperti telah di uraikan, bahwa bentuk biji jagung berbeda-beda. Pada pokoknya jagung ini hanya dibagi 2 jenis yaitu : a. Jenis “flint” atau mutiara. b. Jenis “dent” atau gigi kuda. Dari kedua jenis timbul varitas-varitas sehingga berdasarkan bentuk biji ini jagung dibagi 7 golongan yaitu : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Jagung Mutiara. Jagung Gigi Kuda. Jagung Madura. Jagung Lembek. Jagung Letus. Jagung Bungkus. Jagung Gula.

Maksudnya untuk menghindari berjangkitnya hama dan penyakit. nantinya yang dipelihara 1 tanaman per lubang. jadi 1 rombongan ini terdiri dari 4 orang.tengah lapangan. MEMELIHARA TANAMAN a) Mengairi Mengairi pada tanaman jagung hanya berlaku untuk daerah-daerah yang mendapatkan air pengairan yang baik dan hanya pada musim kemarau saja. PENDAHULUAN Pekerjaan-pekerjaan bertanam jagung dapat dibagi-bagi sebagai berikut : 1. pohon yang masih berdiri harus dirobohkan terlebih dahulu. Apakah disisi lapangan. Pada tanah-tanah bekas hutan. MENYEDIAKAN BIBIT Cara memilih bibit ada 2 macam yaitu : a) Memilih tongkol yang masih ada di lapangan. 3. 2. Dipilih tongkol-tongkol dari pohon-pohon yang baik dan besar. . pupuk hijau dan sebagainya. 5. Memungut hasil. Benih yang masih muda ditanam akan menjadi tanaman yang lemah b) Memilih tongkol yang sudah dipungut Disini memilihnya dengan cara dibanding-bandingkan mana yang baik. 5. MENANAM Menanam ini 1 rombongan terdiri dari 2 orang. Dapat pula menanam memakai bajak kecil. Kalau kurang dari 4 bulan kurang baik. di musim labuhan dan marengan. 4. di musim labuhan dan awal kemarau. b) Di sawah. tapi diselingi dengan tanaman lain. Caranya sebagai berikut : 1. Mengerjakan tanah. sepeti kacang-kacangan. 1 orang menugal dan 1 orang lagi menanam sambil menutup lubang. 4. sebab ada kemungkinan diserbuki oleh jenis-jenis jagung lain 2. Setelah tongkol-tongkol itu dipilih lalu di jemur sampai kering mati. tidak diketahui. Menyediakan bibit. Sebab tanaman jagung harus cukup mendapatkan sinar matahari 3. BERTANAM JAGUNG 1. c) Di ladang. di musim labuhan dan marengan. baru disimpan. Dipilih tongkol-tongkol yang murni. Menanam.sehat dan kuat itulah yang diambil untuk bibit Jeleknya cara ini ialah. MENGERJAKAN TANAH Jagung dapat ditanam ditempat-tempat sebagai berikut : a) Di tegalan. 2. Tongkol yang murni adalah yang ada di tengah. lebih dari 1 tahun juga jelek. tongkol yang ada di pohon – pohon disisi lapangan jangan di ambil. Lamanya menyimpan benih ini antara 4 bulan sampai 1 tahun. apakah di tengah-tengah. Memelihara. Dipilih tongkol-tongkol yang sudah masak benar di pohon. 3. Kadang-kadang petani menutupnya pakai pupuk kandang. Tanah yang sudah di Tanami jagung sebaiknya jangan di tanami jagung lagi. Kalau pakai tugal berganda 3. tidak diketahui bekas tempat asal tongkol jagung itu. Jarak tanam dalam barisan dikira-kira saja.BAB III. Orang yang menanam mengikuti jalannya sambil menutupnya.

juga kupu-kupunya. UNTUK MAKANAN Jagung muda dapat di sayur. Pada malam hari dimakannya tanaman yang sedang berkecambah atau tanaman-tanaman muda pada pangkal batangnya. jagung dibuat dahulu beras jagung atau di buat tepung dengan cara di tumbuk. e) Menimbun Menimbun maksudnya ialah memperkokoh tegak tanaman. Untuk ini sebelumnya dimasak. Tepung yang keluar dari penggerek adalah berwarna coklat. Siang harinya bersembunyi. kadanga-kadang ruas bagian bawahnya dengan jalan digerek bagian dalamnya. BAB IV. sebab akan terlambat pertumbuhannya. UNTUK INDUSTRI Dibuat tepung maizena. Pemberantasan : 1) Dalam waktu 2 bulan jangan ada tanaman jagung 2) Disemprot dengan obat-obatan waktu ulat-ulat belum masuk ke dalam batang jagung. barangkali ada yang tidak tumbuh. dengan ditimbun tumbuhlah akar-akar baru. HAMA 1. sebagai penutup lubang tanaman. Hidup didalam tanah atau di atas tanah. Selain jagung juga menyerang padi gogo.b) Menyulam Selama 3-5 hari sesudah tanam. Setelah selesai. d) Memupuk Pupuk ini diberikan bersamaan pada waktu menanam. biasanya tumbuhlah jagung itu. atau dibakar untuk dihidangkan. Disini dipelihara lebih lanjut. Sesudah umur 7 hari dilakukan penyulaman. Pemberantasan : 1) Membunuh ulatnya setiap dijumpai 2) Menggenangi air kebun-kebun yang diserang 3) Disemprot dengan DDT 2. Maksud penyiangan ini adalah mematikan rumput-rumput dan menggemburkan tanah. lalu diangkut ke rumah. kentang. Telurnya diletakkan pada tanaman muda atau rumput-rumputan. PENGGEREK BATANG JAGUNG Hama ini adalah ulat menyerang tanaman-tanaman jagung di Amerika dan Indonesia. Ulatnya berwarna coklat kelabu atau hitam. Jagung kering untuk makanan pokok di beberapa daerah tertentu. 6. Sekaligus memperbanyak akar-akar jagung. agar tidak mudah roboh oleh angin. Yang diserang adalah daun-daun yang paling atas dan ruas batang paling atas. BAB V. 2. Sesudah umur 15 hari jangan di adakan penyulaman lagi. ULAT TANAH Ulat ini menyerang tanaman jagung waktu masih kecil. Alat yang dipakai adalah pacul dan garpu kecil. c) Menyiangi Menyiangi yang pertama dilakukan pada jagung umur 15 hari. Kerugian yang diakibatkan dapat besar. sekali seminggu . KEGUNAAN JAGUNG 1. Petani biasanya memupuk tanaman jagungnya dengan memakai pupuk kandang yang sudah tua. sayuran. MEMUNGUT HASIL Cara memungut jagung adalah : Buah dipungut pakai tangan lalu dikumpulkan di kebun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful