P. 1
Macam tarian

Macam tarian

|Views: 78|Likes:
Published by Ratna Puri
macam-macam tarian :)
macam-macam tarian :)

More info:

Published by: Ratna Puri on Mar 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2013

pdf

text

original

Macam - Macam Tarian Daerah Indonesia

1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh. Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam 2. Tari-tarian Daerah Bali Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati. Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa 3. Tari-tarian Daerah Bengkulu Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati. Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong. 4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung. Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara. 5. Tari-tarian Daerah Jambi Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi. 6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak. Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau. 7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan. Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan Tari Baksa Kembang. 14. sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa. Tari Radab rahayu. merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Tari Balean Dadas. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara . sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan. Tari-tarian Daerah JawaTimur Tari Remong. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat Tari Monong. Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis. adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. Tari Malinting. merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku. kepahlawanan.8. 9. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. 13. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung. Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat. kejantanan dan kegagahan. 11. di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Tari-tarian Daerah Lampung. merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga. Tari perang. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku. 15. Reog Ponorogo. Tari Cakalele. di pertunjukan pada upacara tepung tawar. merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi Tari Zapin Tembung. 12. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu. Tari Jangget. adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa. Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat 10. Tari-tarian Daerah Maluku Tari Lenso. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur Tari Gong. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah Tari Tambun dan bungai.

yang sangat populer dan disenangi 21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan Kipas. merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. 16. Tari-tarian Daerah Papua Timur Tari Selamat Datang. tari yang melambangkan kepahlawana. tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk . Tari Batunganga. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur Tari Perang. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai. tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Tari Perang. Tari Musyoh. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah Tari Lumense. 18. Bosara. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. 19. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat Tari Mpaa Lenggogo. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu. Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang. Tari-tarian Daerah Riau Tari Tandak. tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu. 17. tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. dan kegagahan rakyat Papua. dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari-tarian Daerah Papua Barat dan Tengah Tari Suanggi. adalah tari pergaulan muda-mudi. merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau. Tari Gareng Lameng. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes. Tori Joged Lambak.Tari Perang. tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian). sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tari Nahar Ilaa. 20. tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun. 22. sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sam. Tari Putri Bekhusek. Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk. 24. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara Tari Serampang Dua Belas. 26. termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta Tari Serimpi Sangu Pati. Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. Macam-macam Tarian Indonesia . Tari Dinggu. sang pria melindungi kepala sang wanita. merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat. melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan Tari Tanggal. adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara Tari Maengket. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati. Tari rakyat ini berasal dari Buton. Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan 27. Tari Peule Cinde. Tari Tor Tor. 25. 23.menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu. merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai. merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara Tari Balumpa. artinya sang putri yang sedang bermain. 28. Tari Bedaya. Tari Polopalo. sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasangpasangan.

Tari Gantar Tarian yang menggambarkan gerakan orang menanam padi. Tari Hudoq Tarian ini dilakukan dengan menggunakan topeng kayu yang menyerupai binatang buas serta menggunakan daun pisang atau daun kelapa sebagai penutup tubuh penari. penuh semangat dan kadang-kadang diikuti oleh pekikan si penari. burung yang dimuliakan oleh suku Dayak Kenyah karena dianggap sebagai tanda keagungan dan kepahlawanan. perisai dan baju perang. 3. Tarian ini ditarikan dengan diiringi nyanyian lagu 6.Dalam tari Kancet Pepatay. Tari Hudoq Kita' . Gerakan tarian ini sangat lincah.Tari ini dibawakan oleh seorang wanita dengan memakai pakaian tradisionil suku Dayak Kenyah dan pada kedua tangannya memegang rangkaian bulu-bulu ekor burung Enggang. Tarian ini erat hubungannya dengan upacara keagamaan dari kelompok suku Dayak Bahau dan Modang. namun si penari tidak mempergunakan gong dan bulu-bulu burung Enggang dan juga si penari banyak mempergunakan posisi merendah dan berjongkok atau duduk dengan lutut menyentuh lantai.Tari ini tidak hanya dikenal oleh suku Dayak Tunjung namun juga dikenal oleh suku Dayak Benuaq. Utan Along gadis suku Dayak Kenyah Leleng.Tari Leleng Tarian ini menceritakan dikawinkan secara paksa dicintainya. penari mempergunakan pakaian tradisional suku Dayak Kenyah dilengkapi dengan peralatan perang seperti mandau. sebaliknya Tari Kancet Ledo menggambarkan kelemahlembutan seorang gadis bagai sebatang padi yang meliuk-liuk lembut ditiup oleh angin. 4.Tari ini diiringi dengan lagu Sak Paku dan hanya menggunakan alat musik Sampe. 7.1. 2. Tari Kancet Papatai / Tari Perang Tarian ini menceritakan tentang seorang pahlawan Dayak Kenyah berperang melawan musuhnya. gesit. Tari Hudoq dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan dalam mengatasi gangguan hama perusak tanaman dan mengharapkan diberikan kesuburan dengan hasil panen yang banyak. Tarian ini lebih ditekankan pada gerakgerak burung Enggang ketika terbang melayang dan hinggap bertengger di dahan pohon. Tongkat menggambarkan kayu penumbuk sedangkan bambu serta biji-bijian didalamnya menggambarkan benih padi dan wadahnya. seorang gadis bernama Utan Along yang akan oleh orangtuanya dengan pemuda yang tak akhirnya melarikan diri kedalam hutan. Tarian ini dapat dibagi dalam tiga versi yaitu tari Gantar Rayat. sehingga Kancet Ledo disebut juga Tari Gong. Gantar Busai dan Gantar Senak/Gantar Kusak. Tari Kancet Lasan Menggambarkan kehidupan sehari-hari burung Enggang.Tarian ini cukup terkenal dan sering disajikan dalam penyambutan tamu dan acara-acara lainnya. Tari Kancet Ledo / Tari Gong Jika Tari Kancet Pepatay menggambarkan kejantanan dan keperkasaan pria Dayak Kenyah. 5. Biasanya tari ini ditarikan diatas sebuah gong. Tari Kancet Lasan merupakan tarian tunggal wanita suku Dayak Kenyah yang sama gerak dan posisinya seperti Tari Kancet Ledo.

Tarian dari suku Dayak Kenyah ini pada prinsipnya sama dengan Tari Hudoq dari suku Dayak Bahau dan Modang. Tari Ngerangkau Tari Ngerangkau adalah tarian adat dalam hal kematian dari suku Dayak Tunjung dan Benuaq. Bulungan) ke daerah Long Segar (Kab. gerakan tarinya dan iringan musiknya. membayar nazar dan lain sebagainya. Setelah diubah menjadi tarian. Seni tari suku Kutai dapat dibagi menjadi 2 jenis. yakni yang terbuat dari kayu dan yang berupa cadar terbuat dari manik-manik dengan ornamen Dayak Kenyah. Tari Kuyang Sebuah tarian Belian dari suku Dayak Benuaq untuk mengusir hantu-hantu yang menjaga pohon-pohon yang besar dan tinggi agar tidak mengganggu manusia atau orang yang menebang pohon tersebut. . tari bersama ini diciptakan oleh seorang kepala suku Dayak Kenyah di Apo Kayan yang bernama Nyik Selung. Tari Datun Tarian ini merupakan tarian bersama gadis suku Dayak Kenyah dengan jumlah tak pasti. sedangkan topengnya berbentuk wajah manusia biasa yang banyak dihiasi dengan ukiran khas Dayak Kenyah. Menurut riwayatnya. sebagai tanda syukur dan kegembiraan atas kelahiran seorang cucunya. Tari Belian Bawo Upacara Belian Bawo bertujuan untuk menolak penyakit. Tari Serumpai Tarian suku Dayak Benuaq ini dilakukan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit anjing gila. Tari Baraga' Bagantar Awalnya Baraga' Bagantar adalah upacara belian untuk merawat bayi dengan memohon bantuan dari Nayun Gantar. Kutai Barat) yang memakan waktu bertahun-tahun. 14. 11. 12. 10. yakni untuk upacara menyambut tahun tanam maupun untuk menyampaikan rasa terima kasih pada dewa yang telah memberikan hasil panen yang baik. Tarian ini merupakan tarian suku Dayak Benuaq. Ada dua jenis topeng dalam tari Hudoq Kita'. Kostum penari Hudoq Kita' menggunakan baju lengan panjang dari kain biasa dan memakai kain sarung. Tari Pecuk Kina Tarian ini menggambarkan perpindahan suku Dayak Kenyah yang berpindah dari daerah Apo Kayan (Kab. Disebut tarian Serumpai karena tarian diiringi alat musik Serumpai (sejenis seruling bambu). Perbedaan yang mencolok anatara Tari Hudoq Kita' dan Tari Hudoq ada pada kostum. tari ini sering disajikan pada acara-acara penerima tamu dan acara kesenian lainnya. Tarian ini mempergunakan alat-alat penumbuk padi yang dibentur-benturkan secara teratur dalam posisi mendatar sehingga menimbulkan irama tertentu. mengobati orang sakit. Kemudian tari ini berkembang ke segenap daerah suku Dayak Kenyah. Sekarang upacara ini sudah digubah menjadi sebuah tarian oleh suku Dayak Benuaq. topeng. 13. boleh 10 hingga 20 orang. Tari Belian Bawo 9. yakni Seni Tari Rakyat dan Seni Tari Klasik. 8.

tetapi dapat pula ditarikan secara tunggal. Tarian yang diiringi musik gamelan ini khusus dipersembahkan kepada tamu-tamu yang datang berkunjung ke Kutai dalam suatu upacara resmi.hampir di setiap kecamatan terdapat grup-grup Jepen sekaligus Tingkilan yang masing-masing memiliki gayanya sendiri-sendiri. Komposisi tariannya agak lebih bebas dan tidak terlalu ketat dengan suatu pola. namun gerak tari dan irama gamelan yang mengiringinya sedikit berbeda dengan yang terdapat di Kerajaan Singosari dan Kediri. 4. kelahiran dan khitanan keluarga kerajaan. Tari Ganjur Tari Ganjur merupakan tarian pria istana yang ditarikan secara berpasangan dengan menggunakan alat yang bernama Ganjur (gada yang terbuat dari kain dan memiliki tangkai untuk memegang). Yang termasuk dalam Seni Tari Rakyat adalah: 1. penyambutan tamu kerajaan. 2. sehingga tari ini berkembang pesat dengan munculnya kreasi-kreasi baru seperti Tari Jepen Tungku.demikian pula dengan kostum penarinya. 3. Tari Jepen ini diiringi oleh sebuah nyanyian dan irama musik khas Kutai yang disebut dengan Tingkilan. hanya saja tarian ini ditarikan oleh pria dan wanita dan gerakannya sedikit lebih lincah. Tari Topeng Kutai Tari ini asal mulanya memiliki hubungan dengan seni tari dalam Kerajaan Singosari dan Kediri. makin banyak penarinya dianggap bagus.Tari Jepen Gelombang.Seni Tari Rakyat Merupakan kreasi artistik yang timbul ditengah-tengah masyarakat umum.Tarian pergaulan ini biasanya ditarikan berpasang-pasangan. karena tarian ini juga untuk menghormati tamu dan termasuk sebagai tari pergaulan.Alat musiknya terdiri dari gambus (sejenis gitar berdawai 6) dan ketipung (semacam kendang kecil). Tarian ini diiringi oleh musik gamelan dan ditarikan pada upacara penobatan raja. Tari Kanjar dalam penyajiannya biasanya didahului oleh Tari Persembahan. sehingga tarian ini dapat disamakan seperti tari pergaulan. Penari tidak terbatas jumlahnya.Gerakan tarian rakyat ini menggabungkan unsur-unsur tarian yang ada pada tarian suku yang mendiami daerah pantai. namun akhirnya tarian ini boleh ditarikan siapa saja.Seni Tari Klasik Merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di kalangan Kraton Kutai Kartanegara pada masa lampau. Tari Jepen Jepen adalah kesenian rakyat Kutai yang dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam.Tari Jepen 29. pesta perkawinan. Kesenian ini sangat populer di kalangan rakyat yang menetap di pesisir sungai Mahakam maupun di daerah pantai.Populernya kesenian ini.Tari Jepen Sidabil dan Tari Jepen Tali. Yang termasuk dalam Seni Tari Klasik Kutai adalah: 1. B. Tarian ini banyak mendapat pengaruh dari unsur-unsur gerak tari Jawa (gaya Yogya dan Solo). Tari Persembahan Dahulu tarian ini adalah tarian wanita kraton Kutai Kartanegara. Tari Kanjar Tarian ini tidak jauh berbeda dengan Tari Ganjur. Sedangkan cerita yang dibawakan dalam tarian ini tidak begitu banyak perbedaannya.A. Tari Topeng Kutai terbagi dalam beberapa jenis sebagai berikut: .

11. 12. 09. 03. Tarian ini juga biasanya dipersembahkan pada acara penobatan raja. 08. disertai pula dengan bememang (membaca mantra) yang isinya meminta pada dewa agar dewa-dewa mengusir roh-roh jahat. 10. 07.01. 05. kesuburan. 04. 5. . kelahiran dan penyambutan tamu kraton. 06. sebagai hiburan keluarga dengan penari-penari tertentu. Tari Dewa Memanah Tarian ini dilakukan oleh kepala Ponggawa dengan mempergunakan sebuah busur dan anak panah yang berujung lima. perkawinan. Penembe Kemindhu Patih Temenggung Kelana Wirun Gunung Sari Panji Rangga Togoq Bota Tembam Tari Topeng Kutai hanya disajikan untuk kalangan kraton saja. dan meminta ketentraman. 02. Ponggawa mengelilingi tempat upacara diadakan sambil mengayunkan panah dan busurnya keatas dan kebawah. kesejahteraan untuk rakyat.

Tari Yopong. berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan. Tari Selampir Delapan.Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong. Tari-tarian Daerah Bali Tari legong.dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.merupakan tari persembahan. . di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta Tart Topeng. merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh Tari Seudati. Tari Kecak. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan.sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa. 6.>Selain itu juga< 1. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh. 3. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. Tari Merak. Tari-tarian Daerah Jambi Tari Sekapur Sirih.adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara. Tari Saman Meuseukat. terutama ajaran agama Islam 2.Ditarikan secara dinamis dan memikat hati. 4.merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta Raja dari lasem. Tari-tarian Daerah Bengkulu Tari Andun. 5. Tari Bidadari Teminang Anak. Tari-tarian Daerah Jawa Barat Tari Topeng Kuncaran. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan Tari Baksa Kembang. Tari-tarian Daerah JawaTimur Tari Remong. 11. di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Tari Blambangan Cakil.merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi Tari Zapin Tembung. Tari Radab rahayu. . agung dan menawan.di pertunjukan pada upacara tepung tawar. 10. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur Tari Gong.merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat Tari Monong.sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut.7. kejantanan dan kegagahan. Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. Reog Ponorogo. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku. 8. 9.Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah Tari Serimpi. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah Tari Tambun dan bungai. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu. Tari perang. Tari Balean Dadas.mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan. Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat. Sebuah perlambang penumpasan angkara murka. kepahlawanan.sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa. 12.

Tari Gareng Lameng.merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku.tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang. Tari Cakalele. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung. Tari-tarian Daerah Maluku Tari Lenso.tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun. dan kegagahan rakyat Papua. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Tari Batunganga.adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa. Tari-tarian Daerah Lampung. Tari Jangget. 18. merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. 16. Tari Malinting. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai. . Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat Tari Mpaa Lenggogo. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur Tari Perang.tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian). Tari-Tarian Daerah Maluku Utara Tari Perang. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.dipertunjukkan pada upacara khitanan. 17. 15.tari yang melambangkan kepahlawana. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung. adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan.13. 14.sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Tari Nahar Ilaa. Tari-tarian Daerah Papua Barat danTengah Tari Suanggi.tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata.sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tari Perang.

merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.29.tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah Tari Lumense. Tari Musyoh.merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. 23. . 22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara Tari Balumpa.merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasangpasangan. Tari Dinggu. Gerakangerakan badannya sangat luwes. Tari rakyat ini berasal dari Buton. Tari-tarian Daerah Riau Tari Tandak. Bosara. yang sangat populer dan disenangi 21. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara Tari Maengket. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo. Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan Kipas. Tari Polopalo. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu. 24. Tari Peule Cinde. Tori Joged Lambak.melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Tari-tarian Daerah Papua Timur Tari Selamat Datang. tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung. 20. termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. adalah tari pergaulan muda-mudi. tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

begalan dan lain-lain. sang pria melindungi kepala sang wanita. wayang kulit gagrak Banyumasan. angguk. Sedangkan di wilayah yang berbatasan langsung dengan daerah Jawa Barat lebih memiliki gaya budaya Pasundan seperti kesenian sisingaan. Tari Putri Bekhusek. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat Tari Piring. 26. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan Tari Tanggal. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan 27. Budaya Banyumasan juga diperkaya dengan masuknya gaya budaya Mataram (Yogya-Solo) dan Sunda (Pasundan/Priangan) dan kini mulai disisipi pernikpernik kontemporer. mengenakan mahkota dan sumping ditelinganya.Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. gendhing Banyumasan. gendang rampak. calung dan lain-lain. rengkong.Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta Tari Seri Kesenian Tradisional Banyumasan Seni dan Budaya khas Banyumasan tumbuh dan berkembang seusia dengan peradaban Jawa kuno. 28. Tari Payung. ada juga yang menamakannya jathilan (Yogyakarta) juga reog (Jawa Timur). Dari budaya Banyumasan ini lahir bentuk-bentuk kesenian tradisional yang juga berkarakter Banyumasan seperti ebeg. merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sam. Ebeg Ebeg' adalah jenis tarian rakyat yang berkembang di wilayah Banyumasan.Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.25. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara Tari Serampang Dua Belas. lengger-calung. Tari Tor Tor. Varian lain dari jenis kesenian ini di daerah lain dikenal dengan nama kuda lumping atau jaran kepang. artinya sang putri yang sedang bermain. Pada kedua pergelangan tangan dan kaki dipasangi gelanggelang kerincingan sehingga gerakan tangan dan kaki penari ebeg selalu .Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk. Tarian ini menggunakan “ebeg” yaitu anyaman bambu yang dibentuk menyerupai kuda berwarna hitam atau putih dan diberi kerincingan.Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan. Penarinya mengenakan celana panjang dilapisi kain batik sebatas lutut dan berkacamata hitam.

Dalam pertunjukannya. Laisan Laisan adalah jenis kesenian yang melekat pada kesenian ebeg. mereka harus berdandan sedemikian rupa sehingga kelihatan sangat menarik. Jumlah penari lengger antara 2 sampai 4 orang. dhedek (katul). seorang berperan sebagai pemimpin atau dalang. Untuk mengiringi tarian ini selalu digunakan lagu-lagu irama Banyumasan seperti ricik-ricik. Tarian ebeg termasuk jenis tari massal. gedheg dan lempar sampur.dibarengi dengan bunyi kerincingan. gong dan terompet. dan munculah pria tersebut dengan mengenakan pakaian wanita lengkap.jajanan pasar. biasanya kurungan ayam. pertunjukannya memerlukan tempat pagelaran yang cukup luas seperti lapangan atau pelataran/halaman rumah yang cukup luas. jadi satu grup ebeg bisa beranggotakan 16 orang atau lebih. dll. gerakan tariannya sangat dinamis dan lincah mengikuti irama calung. Jumlah penari ebeg 8 oarang atau lebih. 7 orang lagi sebagai penabuh gamelan. kelapa muda (dewegan). kurunganpun dibuka. Yang unik.Dulu penari lengger adalah pria yang berdandan seperti wanita.( crebonan). di dalam kurungan itulah Laisan berdandan seperti wanita. mengenakan kain/jarit dan stagen. lung gadung. Dalam penyajiannya calung diiringi vokalis yang lebih dikenal sebagai sinden. Laisan muncul di tengah pertunjukan ebeg. Pada pertunjukan ebeg komersial. Setelah terlebih dulu dimantra-mantara. ebeg diiringi oleh gamelan yang lazim disebut bendhe. Lengger-Calung Kesenian tradisional lengger-calung tumbuh dan berkembang di wilayah ini. saron. ada juga ubarampe (sesaji) yang mesti disediakan berupa : bunga-bungaan. Waktu pertunjukan umumnya siang hari dengan durasi antara 1 – 4 jam. Laisan juga dikenal di wilayah lain (wetan) dan mereka biasa menyebutnya Sintren. . Semua penari menggunakan alat bantu ebeg sedangkan penthul-tembem memakai topeng. Diantara gerakan khas tarian lengger antara lain gerakan geyol. demikian pula pemain yang manaiki kuda kepang menggambarkan kegagahan prajurit berkuda dengan segala atraksinya. saat trans (kerasukan/mendem) para pemainnya biasa memakan pecahan kaca (beling) atau barang tajam lainnya. kini penarinya umumnya wanita cantik sedangkan penari prianya hanyalah sebagai badut pelengkap yang berfungsi untuk memeriahkan suasana. Peralatan gamelan calung terdiri dari gambang barung. disaat pagelaran. sehingga menunjukkan kekuatannya Satria. Selain peralatan Gendhing dan tari. sampur atau selendang biasanya dikalungkan dibahu. tarian lengger-calung terdiri dari lengger (penari) dan calung (gamelan bambu). pisang raja dan pisang mas. Laisan dilakukan oleh seorang pemain pria yang sedang mendem. dan lain-lain. Lengger menari mengikuti irama khas Banyumasan yang lincah dan dinamis dengan didominasi oleh gerakan pinggul sehingga terlihat sangat menggemaskan. kenong. bara api. Peralatan untuk Gendhing pengiring yang dipergunakan antara lain kendang. makan padi dari tangkainya. rambut kepala disanggul. badannya ditindih dengan lesung terus dimasukkan ke dalam kurungan. gudril. gambang penerus. mengupas kelapa dengan gigi. leher sampai dada bagian atas biasanya terbuka. Biasanya dalam pertunjukan ebeg dilengkapi dengan atraksi barongan. Sesuai namanya. dhendhem. dua orang berperan sebagai penthul-tembem. penthul dan cepet. badut biasanya hadir pada pertengahan pertunjukan.dll. blendrong. sedangkan kendang atau gendang sama seperti gendang biasa. kenong dan gong yang semuanya terbuat dari bambu wulung (hitam). salah seorang pemain biasanya melakukan thole-thole yaitu menari berkeliling arena sambil membawa tampah untuk mendapatkan sumbangan.

ntara 2 sampai 4 orang. serta memakai topi pet berwarna hitam. bedug. Bentuk lain dari kesenian angguk adalah “aplang”. Peralatan gamelan calung terdiri dari gambang barung. dhendhem. Tarian ini disebut angguk karena penarinya sering memainkan gerakan mengangguk-anggukan kepala. mengenakan kain/jarit dan stagen. Gending Banyumasan . Sayangnya jenis kesenian ini sekarang semakin jarang dipentaskan. masyarakat Banyumasan juga gemar menonton pertunjukan wayang kulit. Tokoh Bawor adalah maskotnya masyarakat Banyumas. Pertunjukan wayang kulit di wilayah Banyumas lebih cenderung mengikuti pedalangan “gagrag” atau gaya pedalangan khas Banyumasan. sampur atau selendang biasanya dikalungkan di bahu. Pakaian para penari umumnya berwarna hitam lengan panjang dengan garis-garis merah dan kuning di bagian dada/punggung sebagai hiasan. suluk maupun sabetannya. leher sampai dada bagian atas biasanya terbuka. Tokoh pedalangan untuk Wayang Kulit Gagrag Banyumasan yang terkenal saat ini antara lain Ki Sugito Purbacarito.Satu grup calung minimal memerlukan 7 orang anggota terdiri dari penabuh gamelan dan penari/lengger. hanya beberapa nama tokoh yang berbeda seperti Bagong (Solo) menjadi Bawor atau Carub. Satu grup calung minimal memerlukan 7 orang anggota terdiri dari penabuh gamelan dan penari/lengger. Lengger menari mengikuti irama khas Banyumasan yang lincah dan dinamis dengan didominasi oleh gerakan pinggul sehingga terlihat sangat menggemaskan. Angguk Tarian jenis ini sudah ada sejak abad ke 17 dibawa para mubalig penyebar agama Islam yang datang dari wilayah Mataram-Bagelen. Angguk dimainkan sedikitnya oleh 10 orang penari anak laki-laki berusia sekitar 12 tahun. sedangkan kendang atau gendang sama seperti gendang biasa. Ki Sugino Siswacarito. hanya bahasa para punakawan diucapkan dengan bahasa Banyumasan. Nama-nama tokoh wayang umumnya sama. tambur. dalam versi Banyumas menjadi anak tertua. mereka harus berdandan sedemikian rupa sehingga kelihatan sangat menarik. Celana panjang sampai lutut dengan hiasan garis merah pula. terbang (rebana besar) dan angklung.Ciri utama dari wayang kulit gagrag Banyumasan adalah nafas kerakyatannya yang begitu kental dan Ki Dalang memang berupaya menampilkan realitas dinamika kehidupan yang ada di masyarakat. Menurut model Yogya-Solo. Dalam penyajiannya calung diiringi vokalis yang lebih dikenal sebagai sinden. Syair lagu-lagu tari angguk diambil dari kitab Barzanji sehingga syair-syair angguk pada awalnya memang menggunakan bahasa Arab tetapi akhir-akhir ini gerak tari dan syairnya mulai dimodifikasi dengan menyisipkan gerak tari serta bahasa khas Banyumasan tanpa merobah corak aslinya. 2 rebana. bedanya bila angguk dimainkan oleh remaja pria maka “aplang” atau “daeng” dimainkan oleh remaja putri. gambang penerus. Perangkat musiknya terdiri dari kendang. kenong dan gong yang semuanya terbuat dari bambu wulung (hitam). kencreng. Seni pedalangan gagrag Banyumasan sebenarnya mirip gaya Yogya-Solo bercampur Kedu baik dalam hal cerita. bahasa yang dipergunakanpun tetap mengikuti bahasa pedalangan layaknya. Bagong merupakan putra bungsu Ki Semar. Kesenian angguk yang bercorak Islam ini mulanya berfungsi sebagai salah satu alat untuk menyiarkan agama Islam. rambut kepala disanggul. mengenakan kaos kaki panjang sebatas lutut tanpa sepatu. Ki Suwarjono dan lain-lain. Wayang Kulit Gagrag Banyumasan Sebagaimana masyarakat Jawa pada umumnya.

Begalan merupakan kombinasi antara seni tari dan seni tutur atau seni lawak dengan iringan gending. apalagi dengan berbagai hasil kreasi barunya yang mampu menampilkan irama Banyumasan serta dialek Banyumasan. seorang lagi bertindak sebagai pembegal/perampok. Pembegal biasanya membawa pedang kayu. Seperti irama gending Jawa pada umumnya. Rengkong Rengkong adalah kesenian yang menyajikan bunyi-bunyian khas bagai suara kodok mengorek secara serempak yang dihasilkan dari permainan pikulan bambu. Upacara ini diadakan apabila mempelai laki-laki merupakan putra sulung. penonton juga disuguhi dialog-dialog menarik yang penuh humor. Selain menikmati kebolehan atraksi tari begalan dan irama gending. menggambarkan keadaan daerah Banyumas serta berisi kritik-kritik sosial kemasyarakatan. irus. gerak tarinya tak begitu terikat pada patokan tertentu yang penting gerak tarinya selaras dengan irama gending. saringan ampas. Kostum pemain cukup sederhana. Sebagai layaknya tari klasik. Sayangnya pertunjukan begalan ini tidak boleh dipentaskan terlalu lama karena masih termasuk dalam rangkaian panjang upacara pengantin. tampah. Dua ikat padi seberat ± 15 kg digayutkan dengan tali ijuk mengalungi sonari (badan rengkong bambu di tempat yang diraut). contohnya ilir yaitu kipas anyaman bambu diartikan sebagai peringatan bagi suami-isteri untuk membedakan baik buruk. humor. Yang menarik adalah dialog-dialog antara yang dibegal dengan sipembegal biasanya berisi kritikan dan petuah bagi calon pengantin dan disampaikan dengan gaya yang jenaka penuh humor. ian. Kukusan adalah alat memasak atau menanak nasi. bahkan dapat dikatakan menjadi ciri khasnya. umumnya mereka mengenakan busana Jawa. Ujung atas sunduk bambu . Centhing. centhong. siwur. irama gending Banyumasan mengenal juga laras slendro dan pelog. Disebut begalan karena atraksi ini mirip perampokan yang dalam bahasa Jawa disebut begal. Begalan Begalan adalah jenis kesenian yang biasanya dipentaskan dalam rangkaian upacara perkawinan yaitu saat calon pengantin pria beserta rombongannya memasuki pelataran rumah pengantin wanita. ini melambangkan bahwa setelah berumah tangga cara berpikirnya harus masak/matang. sekeliling bambu melintasi lobang tersebut diraut sekedar tempat bertengger tali penggantung ikatan padi. Barang bawaan ini biasa disebut brenong kepang. Di tengah masing-masing ikatan padi ada sunduk (tusuk) bambu sepanjang hampir 2 meter.6 meter. cething. Pikulan bambu tersebut berukuran besar dan kuat tetapi ringan karena dibuat dari bambu yang sudah cukup tua. seorang bertindak sebagai pembawa barang-barang (peralatan dapur). biasanya menggunakan bambu tali dengan panjang sekitar 2. Biasanya usai pertunjukan. Ciri-ciri khas lainnya antara lain mengandung parikan yaitu semacam pantun berisi sindiran jenaka. kendhil dan wangkring. Jumlah penari 2 orang. tempat nasi artinya bahwa hidup itu memerlukan wadah yang memiliki tatanan tertentu jadi tidak boleh berbuat semau-maunya sendiri. Barang-barang yang dibawa antara lain ilir. Dialog yang disampaikan kedua pemain berupa bahasa lambang yang diterjemahkan dari nama-nama jenis barang yang dibawa. Isi-isi syairnya umumnya mengandung nasihat. kukusan. barang-barang yang dipikul diperebutkan para penonton. Pada kedua ujung bambu dibuat lobang persegi panjang selebar 1 cm. Lagu-lagu gending Banyumasan dapat dimainkan dengan gamelan biasa maupun gamelan calung bambu.Gending khas lagu-lagu Banyumasan sangat mewarnai berbagai kesenian tradisional Banyumasan. sorokan. iramanya yang lebih dinamis dibanding irama Yogya-Solo bahkan lebih mendekati irama Sunda.

Kesenian tradisional para petani ini biasanya diadakan pada pesta perayaan panen atau pada hari-hari besar nasional. Salwatan Jawa Salawatan Jawa adalah salah satu seni musik bernafaskan Islam dengan perangkat musik berupa trebang jawa. 3 (lu). Tali ijuk dengan beban padi yang menggantung pada badan bambu rengkong pun bergerak-gerak. khas alam petani. Upacara ini dilakukan bila hujan tidak turun dalam waktu yang sudah cukup lama. 1. Dalam pertunjukannya kesenian ini menyajikan lagu-lagu yang diambil dari kitab Barzanzi. terlebih bila dimainkan dengan berbaris berarak-arakan maka suasananya akan lebih semarak. Kalau ada beberapa rengkong yang dimainkan serempak maka akan timbul suara yang mengasyikan. Para pemain buncis selain menjadi penari juga menjadi pemusik serta vokalis. Cowongan/ Nini Cowong Cowongan adalah upacara “meminta hujan”. sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut. merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai . hanya terdiri dari satu jenis instrumen dengan empat bilah berlaras slendro. Dalam pertunjukannya diiringi dengan perangkat musik angklung. Kesenian lainnya di Wilayah Banyumasan Kesenian . pikulan bambu rengkong yang berisi muatan padi diletakkan pada bahu kanan (dipikul). Cara memainkannya. Tari Bedaya. Wujud Nini Cowong seperti jaelangkung. Nada-nadanya 2 (ro). Aksimuda Aksimuda adalah kesenian bernafas Islam yang disajikan dalam bentuk atraksi pencak silat yang digabung dengan tari-tarian. Mpu Sangu Pati.dimasukkan ke badan bambu rengkong dekat gantungan tali ijuk. Buncis Buncis adalah perpaduan antara seni musik dengan seni tari yang dimainkan oleh 8 orang pemain. Pemikul mengayun-ayunkan ke kiri dan ke kanan dengan mantap dan teratur. gesekan tali ijuk yang keras inilah yang menimbulkan suara berderit-derit nyaring. 6 (nem). 2.kesenian lainnya (termasuk kesenian serapan) yang tumbuh berkembang di wilayah Banyumasan antara lain adalah: Bongkel Bongkel adalah musik tradisional Banyumasan yang mirip dengan angklung. 5 (mo).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->