P. 1
BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Pascal

BAHASA PEMROGRAMAN Dasar Pemrograman Pascal

4.33

|Views: 4,582|Likes:
Published by hanz_skyblue

More info:

Published by: hanz_skyblue on Mar 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

Dasar Pemrograman Pascal

TUJUAN
 1. Praktikan memahami dasar dasar pemograman pascal  2. Praktikan mampu menulis, mengkompilasi program,memperbaiki program, menguji program dan menyimpan program sesuai dengan dasar pemrograman Pascal.

LAPORAN PENDAHULUAN
1. 2. 3. Apa yang anda ketahui tentang Pascal? Jelaskan! Jelaskan Struktur Umum Pemrograman Pascal! Sebutkan dan jelaskan secara rinci deklarasideklarasi dalam Pascal!

TEORI PENUNJANG
 Bahasa PASCAL merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan teknik pemrograman terstruktur  Prinsip utama dari pemrograman terstruktur : – jika suatu proses telah sampai pada suatu titik tertentu, maka proses selanjutnya tidak boleh melompat lagi ke baris sebelumnya, kecuali untuk proses berulang.

 Pascal dirancang : Prof.Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal.  Standar pascal : yang didefenisikan oleh K.Jensen dan Niklaus Wirth.  Versi Pascal : – UCSD Pascal (University of California at San Diego pascal) – MS – Pascal – Apple Pascal – Turbo Pascal  Kompilernya bersifat interpreter  Bahasa PASCAL mampu mengkompilasi program sehingga dihasilkan executable program (dengan extension.EXE).

Struktur suatu program pascal
 1.  2. Judul Program Tubuh Program Judul Program Bagian Deklarasi

Bagian Pernyataan

1. Judul Program Judul program ini digunakan untuk memberi nama program dan sifatnya optional. Jika ditulis harus terletak pada awal program dan diakhiri dengan titik koma(;). 2. Tubuh Program Tubuh program dibagi menjadi dua bagian utama : I. Bagian Deklarasi Bagian ini menjelaskan / memperkenalkan secara rinci semua data yang akan digunakan pada suatu program. Dalam penulisannya tidak boleh sama dengan kata-kata cadangan (reserved word) dan selalu diakhiri dengan titik koma (;).

Bagian Deklarasi…  Deklarasi Unit Unit adalah suatu pustaka/library yang umumnya berupa prosedur atau fungsi yang dapat dikompilasi secara terpisah dari turbo pascal. Macam unit yang dapat digunakan antara lain: System : Untuk fungsi aritmatika,alokasi memori dinamis,fasilitas I/O Crt : Fasilitas pengaturan layer,speaker,tombol keyboard Dos : Akses Sistem (misal Tanggal,jam) Graph : Digunakan untuk membuat grafik. Overlay : Digunakan untuk membuat overlay Printer : Memudahkan percetakan ke printer.

Bagian Deklarasi…  Deklarasi Label Label adalah suatu nama tertentu (dapat terdiri dari angka atau huruf atau kombinasinya), yang dalam program nanti akan digunakan untuk meloncatkan eksekusi program menggunakan perintah GOTO (Pernyataan ini TIDAK DIANJURKAN karena struktur program menjadi tidak jelas)  Deklarasi Konstanta Konstanta adalah nilai data yang sifatnya tetap selama program dijalankan. Deklarasi ini digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah dalam program.

Bagian Deklarasi…  Deklarasi tipe Deklarasi tipe data dipakai apabila kita mendefinisikan suatu tipe data diluar tipe data standard pascal. Tipe data menentukan jangkauan nilai yang mungkin dari data yang digunakan (dijelaskan lebih lanjut pada modul berikutnya)  Deklarasi Variabel/Perubah Variabel di pascal harus di deklarasikan terlebih dahulu. Variabel ini berisi data data yang sifatnya berubah ubah nilainya didalam program. Data bisa ditugasi langsung dengan perintah titik dua sama dengan (:=) atau dibaca dari key board. Deklarasi variable harus diletakan setelah deklarasi tipe data (jika ada).

Bagian Deklarasi…  Deklarasi prosedur dan Fungsi Program dapat dibagi menjadi beberapa bagian/subprogram yang terdiri dari satu program utama dan satu/lebih program bagian (bisa berupa prosedur atau fungsi). Deklarasi prosedur / fungsi terletak pada subprogram yang menggunakannya.

I.

Bagian Pernyataan/Terproses Bagian ini adalah bagian yang akan terproses dan terdapat dalam suatu blok yang diawali dengan BEGIN dan diakhiri dengan END. Bagian ini berisi pernyataan / statement yang merupakan instruksi program. Setiap statement diakhiri dengan tanda titik koma (;). Baris-baris komentar untuk memperjelas program diletakkan diantara tanda (* dan *) atau “{ “ dan “ }”

MATERI PRAKTIKUM
Program Contoh; Begin writeln (‘Selamat datang di Pascal’); writeln (‘----------------------------------’); End.

LAPORAN AKHIR
1. 2. Sebutkan langkah-langkah pembuatan program Pascal! Terangkan langkah-langkah penyimpanan, pemanggilan, pengeditan dan menjalankan program Pascal! Bagaimana cara mengcompile program Pascal menjadi program .EXE? Buatlah kesimpulan dari praktikum!

3. 4.

Laporan Pendahuluan Pertemuan II
1. 2. 3. Jelaskan Pembagian tipe data pada PASCAL Apa yang dimaksud dengan Array? Buat Program sederhana cetak nama,nim.jurusan dan kelas dengan program PASCAL

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->