P. 1
Membuat Manisan Dari Belimbing Wuluh

Membuat Manisan Dari Belimbing Wuluh

|Views: 95|Likes:
Published by Catur Eko Raharjo

More info:

Published by: Catur Eko Raharjo on Mar 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2013

pdf

text

original

Membuat Manisan Dari Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh biasa digunakan sebagai penambah rasa asam pada olahan masakan, penghilang bau amis pada bahan pangan dan mungkin buah satu ini dianggap mempunyai nilai ekonomi rendah. Betapa tidak dianggap begitu, karena dilihat dari bentuk dan juga rasa tidak banyak orang yang menyukainya. Hal tersebut dapat memacu penyia-nyiaan bahan pangan. Untuk menghindari penyia-nyiaan, dapat “disiasati” menjadi produk olahan yang mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi di banding dalam bentuk mentah. Salah satunya adalah mengolahnya dalam bentuk manisan. Manisan merupakan cara untuk mengawetkan komoditi pangan dengan menggunakan gula dan bentuk makanan olahan yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang manis bercampur dengan rasa khas buah sangat cocok untuk dinikmati diberbagai kesempatan. Produk pangan yang mengandung kadar gula tinggi yaitu produk manisan yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama. Bahan yang digunakan dalam membuat manisan belimbing wuluh adalah belimbing wuluh segar, kapur sirih, air matang, gula pasir dan natrium metabisulfit. Sedangkan alat yang digunakan adalah pisau, timbangan, saringan, toples, plastik yang sudah disterilkan atau plastik, talenan, panci dan waskom. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut : 1. Pilih belimbing yang baik, tidak rusak dan tidak busuk; 2. Cuci belimbing dengan air mengalir kemudian tiriskan; 3. Rendam kapur sirih dengan 2 lt air, biarkan mengendap, gunakan air bagian atas yang bening tambahkan garam natrium metabisulfit sebanyak 2 gram perliter air. Aduk rata. 4. Iris tipis bagian pangkal belimbing, agar air kapur sirih dan natrium metabisulfit dapat meresap ke dalamnya. 5. Rendam belimbing dengan air campuran kapur sirih dan natrium metabisulfit sedikitnya 2 jam. Cuci. 6. Didihkan air, blanching belimbing selama 3 -5 menit, tiriskan. 7. Masak 500 gr gula dengan 1 lt air hingga mendidih, matikan api. 8. Masukkan belimbing wuluh saat air gula masih panas. Biarkan terendam sehari. Tiriskan. 9. Didihkan kembali air gula, tambahkan 500 gr gula dan biarkan mendidih lagi hingga beberapa saat. Matikan api, masukkan belimbing diamkan satu malam, kemas dalam topples dan simpan dalam lemari pendingin jadilah manisan basah. 10. Jika ingin membuat manisan kering maka kembali masukkan belimbing saat air gula masih panas. Rendam sehari. 11. Lakukan proses yang sama sekali lagi. Tiriskan. 12. Siapkan tampah atau loyang datar yang bersih, jemur belimbing di panas matahari sekitar 2 hari. 13. Kemas manisan kering belimbing wuluh sehingga menarik. 14. Manisan belimbing wuluh siap dikomersilkan. Pada proses penggaraman, buah segar yang tadinya berwarna hijau muda berubah menjadi sedikit layu dan berubah menjadi kekuning-kuningan (seperti sudah matang). Hal ini disebabkan terjadi reaksi antara buah yang bersifat asam dengan garam yang bersifat basa.

2 gram per 1 liter air. wadah yang digunakan haruslah rapat dan disimpan dalam lemari pendingin agar rasa. .Dalam proses penggulaan dilakukan sebanyak dua kali atau lebih karena pada penggulaan yang pertama air dan buahnya terasa asin. mutu terjaga dan dapat juga menambahkan natrium benzoat pada saat air gula masih hangat sebanyak 1. Namun dapat pula manisan basah ini dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari selama 2 hari atau kabinet dryer. Untuk menjaga agar manisan basah belimbing wuluh ini tahan lama maka selama proses perendaman dan penyimpanan. Setelah dilakukan penggulaan yang kedua dan didiamkan dengan perlakuan selama 1 x 24 jam sudah didapat rasa manisan yang enak dan segar.

Memarkan buah belimbing wuluh tersebut dengan cara ditekan-tekan atau ditusuk-tusuk menggunakan garpu. . 4. Manisan belimbing wuluh memang banyak manfaatnya bukan? Andapun bisa menjadikan manisan belimbing wuluh ini sebagai hidangan pembuka untuk buka puasa Anda di bulan Ramadhan yang sebentar lagi datang. Bila kita menginginkan bisnis rumahan yang menguntungkan.Bersihkan terlebih dahulu buah belimbing wuluh agar higienis.Resep Manisan Belimbing Wuluh Posted on August 13. maka kita bisa mencoba mengkonsumsi manisan belimbing wuluh. Jadi. kita bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan sekaligus bisa merasakan rasanya yang nikmat dan mantap. manisan belimbing wuluh bisa digunakan sebagai teman perjalanan yang menghangatkan. khasiatnya juga banyak. 2011 by Liang Teh Cap Panda Bila kita adalah salah satu penderita tekanan darah tinggi namun tidak menyukai obat-obatan yang mengandung bahan kimia dan lebih suka dengan obat-obatan herbal. Saat kita bepergian. Karena saat ini manisan belimbing wuluh banyak dijumpai di mana-mana. Manisan belimbing wuluh bisa dipergunakan sebagai obat bisa juga dipergunakan sebagai kudapan manis yang bisa dinikmati bersama keluarga besar. 3. Selain rasanya yang enak. kita dapat saja membelinya. 2. Tetapi mungkin mencoba membuatnya sendiri manisan ini akan terasa lebih nikmat dan puas. ketika kita mengkonsumsinya. Untuk anak-anak.2 jam. Bagaimana cara membuat manisan belimbing wuluh? 1. manisan belimbing wuluh juga akan terasa sangat nikmat karena rasanya yang manis. Membuat manisan belimbing wuluh sendiri juga bisa Anda lakukan terutama untuk pengobatan bagi penderita tekanan darah tinggi. Namun alangkah baiknya bila kita membersihkan pinggirnya. manisan belimbing wuluh akan membantu mereka menurunkan tekanan darah tinggi. terutama ketika kita menyajikannya untuk keluarga tercinta sambil berbuka puasa bersama. mungkin berbisnis manisan belimbing wuluh bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan karena manisan belimbing wuluh banyak dicari orang untuk berbagai macam kebutuhan.Kita bisa menghilangkan bagian pinggir dari belimbing wuluh bisa juga tidak. Sedangkan untuk orang tua.Belimbing yang sudah dimemarkan tersebut kemudian direndam di air garam dan tunggulah hingga 1.

Belimbing wuluh yang selesai direndam langsung dimasukkan ke dalam air gula yang mendidih. Di mana kita bisa mendapatkan belimbing wuluh 1.Sementara menunggu belimbing wuluh direndam. manisan belimbing wuluhpun siap dinikmati. selanjutnya adalah membersihkan belimbing tersebut hingga rasa garamnya hilang untuk kemudian direndam kembali selama dua belas jam di air kapur sirih.Setelah merendam belimbing wuluh dalam larutan air dan garam.Manisan belimbing wuluh bisa juga simpan di plastic-plastik kecil.Kita bisa langsung membelinya dari petani belimbing wuluh bila kita akan memproduksinya dalam jumlah besar. Selamat mencoba! . panaskan air gula yang nantinya akan dicampur dengan belimbing wuluh.Manisan belimbing wuluh bisa disajikan di toples 2. sehingga ketika ingin mengambilnya. 8.Setelah semua proses dilalui.5. Setelah meresap.Kita bisa membelinya di supermarket atau swalayan 2. Selanjutnya. dinginkan. bagaimana cara penyajian belimbing wuluh? 1. Aduk secara rata hingga gulanya meresap ke dalam belimbing wuluh.Setelah kering. 9. 6. maka langkah terakhir adalah meniriskan dan menjemur belimbing wuluh tersebut hingga kering. Ulangi cara tersebut keesokan harinya untuk membuat rasa manis gula semakin meresap ke belimbing wuluh. kita bisa mengambil sekaligus plastic berukuran kecil. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->