Tipe Sistem Informasi Dalam bagian ini kita akan menjelaskan kategori-kategori spesifik dari sistem yang

melayani tiap level organisasi. Ada 6 tipe sistem informasi yaitu : 1. Transaction processing systems (TPS) adalah sistem terkomputerisasi yang menjalankan dan menyimpan transaksi rutin sehari-hari untuk menjalankan bisnis. Sistem ini bekerja pada level operasional. Input pada level ini adalah transaksi dan kejadian. Proses dalam sistem ini meliputi pengurutan data, melihat data, memperbaharui data. Sedangkan outputnya adalah laporan yang detail, daftar lengkap dan ringkasan.
Manajemen & SIM2 Dasar Sistem Informasi Bisnis Hal : 5

2. Knowledge work systems (KWS) adalah sistem informasi yang membuat dan mengintegrasikan pengetahuan baru ke organisasi. 3. Office Automation Systems (OAS) adalah sistem komputer seperti pengolah kata, email, dan sistem penjadwalan, yang didesain untuk meningkatkan produktifitas dari data workers di organisasi. Nomor 2 dan 3 melayani knowledge level. 4. Management Information Systems adalah sistem informasi pada management-level sebuah organisasi yang melayani fungsi-fungsi perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan yang dibuat dengan menyediakan ringkasan rutin dan laporan periodik. 5. Decision-support systems (DSS) adalah sistem informasi di management-level sebuah organisasi yang mengkombinasikan data dan model analitis yang rumit untuk mendukung pengambilan keputusan yang terstruktur dan semi terstruktur. 6. Executive support systems (ESS) adalah sistem informasi pada strategic-level sebuah organisasi yang dirancang untuk tujuan pengambilan keputusan yang tidak terstruktur.

1. Executive Support System (ESS) ESS dirancang untuk membantu manajemen senior membuat keputusan strategis. Sistem tersebut mengumpulkan, menganalisa dan merangkum informasi internal dan eksternal utama yang digunakan dalam bisnis. ESS biasanya melibatkan banyak analisis data dan modelling tools seperti analisa "what-if" untuk membantu pengambilan keputusan strategis. 2. Management Information System (MIS) MIS berkaitan dengan sumber-sumber informasi internal. MIS biasanya mengambil data dari transaction prosessing system kemudian merangkumnya menjadi serangkaian laporan manajemen. laporan MIS biasanya digunakan oleh manajemen menengah dan supervisor operasional.

seperti memproses data dan informasi.yang kemudian dapat digunakan bersama oleh orang lain dalam organisasi untuk mendapatkan keuntungan komersial.Sistem Billing untuk mengirim faktur kepada pelanggan . analisis.Sistem untuk menghitung gaji mingguan dan bulanan dan pembayaran pajak . spreadsheet.shvoong. Sebagai contoh. pengetahuan itu sendiri mungkin terkandung dalam dokumen pengolah kata. kantor akuntan dan konsultan manajemen.com/internet-and-technologies/software/2168593-tipe-sisteminformasi/#ixzz2752KYqFw 1. Transaction Processing System (TPS) Transaction Processing System adalah aplikasi sistem informasi yang mengambil atau mengumpulkan dan mengolah data tentang transaksi suatu proses bisnis. presentasi PowerPoint. DSS sering melibatkan penggunaan spreadsheet yang rumit dan database untuk membuat model "what if”. TPS dapat terus berkembang karena perkembangan dunia bisnis akan terus berkembang.3. KMS dibangun dengan sistem yang memungkinkan kategorisasi efisien dan distribusi pengetahuan. halaman internet atau apapun.sistem kontrol persediaan Office Automation Systems (OAS) adalah sistem yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Salah satu dimensi TPS adalah data maintenance yang dapat meng-update data yang diperlukan. Sistem Pemrosesan Transaksi Transaction Processing Systems (TPS) TPS dirancang untuk memproses transaksi rutin efisien dan akurat. Ini biasanya digunakan di perusahaan di mana karyawan menciptakan pengetahuan dan keahlian baru . Decision Support System (DSS) DSS secara khusus dirancang untuk membantu manajemen membuat keputusan dalam situasi di mana terdapat ketidakpastian tentang hasil yang mungkin terjadi akibat keputusan-keputusan tersebut. Perkembangan bisnis ini disebut Bisnis process redesign yaitu sebuah study. Sistem Manajemen Pengetahuan 4.Produksi dan pembelian sistem untuk menghitung kebutuhan bahan baku . dan . Sebuah bisnis biasanya memeiliki beberapa TPS. Baik untuk lawfirm. Perkembangan bisnis akan memerlukan sistem yang terus berkembang pula. Contohnya Microsoft Office XP) atau sistem yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah. misalnya: . KMS menggunakan sistem kolaborasi kelompok seperti intranet. Knowledge Management System (KMS) digunakan untuk membuat dan berbagi informasi. Sumber: http://id. Untuk berbagi pengetahuan.

DSS fokus pada penyediaan informasi yang berguna untuk mendukung pengambilan keputusan. Jika pengguna DSS adalah seorang manajemen. Contoh TPS adalah: 1. termasuk didalamanya Transaction Processing System. Decision Support System (DSS) Decision Support System adalah salah satu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan informasi yang mendukung pengambilan keputusan kepada penggunanya.redesign proses bisnis yang mendasar untuk mengurnagi ongkos atau meningkatkan nilai tambah yang dihasilkan. DSS menyediakan alat bagi pengguna untuk meng-akses data . 6. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan oleh karena itu pengembangan MIS akan terus dapat berlanjut. 5. 5. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber. rangkuman informasi dan informasi terpilih. Contoh Management Information System adalah: 1. Airline reservation Bank deposit Customer returns Inventory procurement Order processing Payroll 2. 4. 3. 4. 3. maka program ini disebut Executive Information System (EIS). Budget forecasting and analysis Financial reporting Inventory reporting Material requirement planning Salary analysis 3. MIS menyajikan informasi yang detail. 2. 2. Management Information System (MIS) MIS adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen.

Hal itu dibutuhkan agar orang lain yang bukan seorang ahli dapat mengetahui pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh seorang ahli. Office Automation and Work Group System . Simulasi dari keputusan dan hasil yang akan diberikan. profesional dan para teknisi. Identifikasi masalah Identifikasi beberapa alternatif solusi Akses informasi yang dibutuhkan utnuk memecahkan masalah atau pengambilan keputusan.dan menganalisisnya untuk pengambilan keputusannya. Analisis beberapa keputusan atau variabel yang akan mempengaruhi keputusan. Expert system ditujukan untuk menduplikasi keahlian dari seorang problem solver. 3. 5. 2. 4. yang biasa disebut ”what if-analysis”. Expert system adalah suatu sistem informasi pengambilan keputusan yang mengambil dan meniru pengetahuan serta keahlian dari seorang expert problem solving atau decision maker dan kemudian berpikir dan bereaksi sesuai dengan seorang expert tadi. Berikut adalah contoh dari penggunaan expert system : Industri makanan menggunakan expert system untuk menyimpan keahlian dari seorang ahli yang sudah mendekati masa pensiun 5. Beberapa pertimbangan yang diberikan oleh DSS adalah sebagai berikut: 1. Para tenaga ahli ini sering menguasai pengetahuan dan keahlian yang tidak bisa dengan mudah diikuti dan digantikan oleh sembarang orang dalam sebuah organisasi. Expert Systems Expert system merupakan perluasan dari decision support system. 4. Expert system meniru logika dan pemikiran dari seorang ahli dalam bidang mereka masing-masing. manajer.

elctronic message. IBM’s Lotus Notes/Domino. work group computing. Personal information system dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari single user. Contoh dari work group information systems adalah Microsoft’s Exchange and Outlook. and work flow management. Office automation system dirancang baik untuk individu maupun kelompok. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dari suatu kelompok kerja. dll. Contoh dari personal information system adalah Microsoft’s Office Professional. facsimile processing. biasanya digunakan untuk meningkatkan aliran pekerjaan dan komunikasi antar sesama pekerja. Office automation berfungsi dalam word processing. work group scheduling. Work group information systems dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari sebuah kelompok kerja. atau Novell’s GroupWise. tidak peduli apakah pekerja tadi berada di satu lokasi yang sama ataupun tidak. IBM’s Lotus SmartSuite.Office Automation (OA) System mendukung pekerjaan pada suatu perusahaan secara luas. Corel’s PerfectOffice. imaging and electronic documents. Transaction Processing System (TPS) Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal Beberapa contoh yang ada pada TPS ialah : Payroll : pembayaran upah / gaji karyawan Order Entry / order processing : mencatat pembelian untuk konsumen Invoicing : menghasilkan faktur Inventory : mengelola barang supaya selalu tersedia Shipping : menyerahkan barang dari perusahaan sampai diterima oleh konsumen Accounts receivable : mengelola file konsumen & menyerahkan tagihan ke konsumen Purchasing : mengkoordinasi pembelian barang kepada konsumen Receiving : menerima barang dari pemasok/supplier pengembalian barang (retur) dari konsumen Account Payable : mengelola pembayaran tagihan kepada pemasok / supplier General Ledger : mengikat subsistem diatas menjadi satu & menghasilkan satu laporan Penginputan data ke dalam sistem informasi dapat melalui beragam cara: • Dengan merekam data ke dalam sebuah formulir • Dengan menginputkan data langsung ke dalam computer a) b) c) d) e) f) g) h) i) j) . Office automation system digunakan untuk mendapatkan semua informasi bagi yang membutuhkannya. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas individu.

System proses control dalam membuat peralatan motor 8. System proses control untuk mamanaskan suhu kamar 6. system e-mail 3. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan contoh : 1) Budget forecasting and analysis 2) Financial reporting 3) Inventory reporting 4) analisis penjualan 5) kinerja produksi . System pada akun google 10. System proses control dalam smart house serba otomatis 10. system video conference 5. System proses control pembuatan kertas 3. System proses control penyulingna minyak 2. System proses control pembuatan bahan kimia 4. Di tempat pengeboran minyak menggunakan sensor elektronik yang dihubungkan ke komputer untuk secara terus menerus memonitor proses kimia dan membuat adjustment atau penyesuaian secara real-time yang mengontrol proses pengeboran 2. System pada web blogspot 7.• Dengan sms • Dengan menginputkan data di internet • Dengan barcode scanner • scanner yang lain Process Control Systems Mengawasi dan mengendalikan berbagai operasi industrial Example : 1. System pada akun yahoomail 4. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber. system chat room 6. System proses control pembuatan besi 7. Contoh : 1. termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. System pada kartu handphone Manajemen Information System Adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. System proses control dalam pembuatan ban mobil Enterprise Collaboration Systems Sistem pengatur proses melakukan monitor dan pengaturan proses fisik. MIS menyajikan informasi yang detail. System proses control dalam pabrik industry 9. System proses controlpembangkit listrik 5. rangkuman informasi dan informasi terpilih. Sytem pada twitter 8. System pada seluruh jejaring social 9.

DSS untuk menganalisis biaya pengeluaran suatu perguruan tinggi Executive Information Systems EIS adalah sistem berbasis komputer untuk mendukung manajer puncak dalam mengakses informasi (dalam dan luar) secara mudah dan relevan dengan CSF (Critical Success Factor) organisasi untuk hal tersebut EIS perlu dilengkapi dengan metode komunikasi data modern. Kecamatan Garut Kota. spreadsheet. DSS biasanya terdiri dari bahasa query / SQL.6) sistem pelaporan tren biaya 7) informasi mengenai aktivitas operasi yang dilakukan organisasi 8) System informasi dan management 9) System informasi dan management pemasaran 10) System informasi dan management pelayanan pelanggan Decisions Support Systems (Sistem Pendukung Keputusan) Adalah system yang dirancang untuk membantu manager suatu organisasi untuk mengambil keputusan melalui proses penyimpulan atau perbandingan data dari berbagai macam sumber data yang berbeda. Perancangan executive information system untuk engontrol capital adequacy ratio (CAR) pada suatu bank: studi kasus Bank "X". 4. 1. Sistem analisis resiko 3. 4. Penetapan harga produk. Kabupaten Garut . DSS dibidang ekonomi 9. penyimpanan dan pengaksesan data secara luas dan interface yang friendliness. Kawan-kawan Kita Sejahtera (K3S) Partisipasi masyarakat dalam program tanggung jawab sosial perusahaan PT Pertamina Geothermal Energy: studi kasus pada pelaksanaan program kemitraan perajin kulit mitra binaan area kamojang di Kelurahan Kota Wetan. 2. DSS di bidang Kesehatan 7. 5. Dampak pengaturan cairan pada pasien yang mendapat terapi cairan intravena di ruang untensif care unit Rumah Sakit Denkesyah Bandar Lampung. Contoh : 1. DSS untuk penanganan jalan lintas timur sumatera 6.Jawa Barat. DSS untuk penggunaan jembatan suramadu di Surabaya-Madura 10. Nilai dan budaya yang mempengaruhi perilaku konsumsi tablet besi pada ibu hamil suku Madura di desa Bintoro Kabupaten Banyumas Jember: studi etnografi Perancangan aplikasi sistem pengecekan status kendaraan berbasis teknologi short message service(SMS) pada bengkelbody repair and paint studi kasus: PT. . DSS untuk proses pemilihan presiden 11. Perkiraan tingkat laba. 3. dan grafik-grafik untuk membantu pengambil keputusan didalam mengevaluasi keputusannya. DSS di bidang industri 8. data grafik. DSS berbasis spreadsheet untuk menganalisis biaya penyelenggaraan pendidikan 5. kemampuan analisis secara statistik. 2.

Operations Support System a. Sistem pemrosesan transaksi pendataan anggota. Hubungan pengarahan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Budhi Asih Jakarta 10. a) Perancanaan system pemrosesan transaksi terhadap online Banking : Lewat SMS biasa. yang digunakan untuk mendata keperluan dan distribusi barang dan pustaka organisasi yang dimiliki. Sistem pemrosesan transaksi inventori b. 8. Perencanaan dan perancangan web portal iklan dan informasi nyodok. yakni menu sudah terimplementasi pada suatu SIM card. 2. 5. M3Access. 6. studi fenomenologi. 7. Sistem pemrosesan transaksi pelaporan kesekretariatan. Indosat. Lingga Fidam Indonesia (LFI) 9. Persepsi masyarakat terhadap citra perawat di Balkesmas Sint Carolus Kelurahan Paseban Jakarta Pusat tahun 2009. Misalnya: satelindo. Process Control System . Kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Kebutuhan Sistem informasi eksekutif Sistem pemrosesan transaksi akuntansi Sistem pemrosesan transaksi pencatatan penjualan 10. Sistem Pemrosesan transaksi inventaris pustaka. transaksi dilakukan melalui pesan SMS dengan kode tertentu kenomor khusus yang telah disediakan oleh bank. Analisis optimasi hasil implementasi "Global FrequencyPlanning" pada jaringan GSM paska migrasi frekuensi CDMA Starone: studi kasus PT. SPT ini dilakukan oleh SektUm yang dibantu KetUm serta departemen Sumber Daya Manusia (DSDM). 3. 4. Transaction Procession System Example : 1.com studi kasus: PT. dengan pemrosesan terhadap suatu masuk dan keluar pada struktur organisasi. 7. Sistem pemrosesan transaksi administrative. 8. b) Lewat menu SIM toolkit. yaitu berisi cakupan transaksi laporan pada system pemrosesan transaksi yang dilakukan oleh SektUm. Analisis hubungan aspirasi karir terhadap pengembangan kepemimpinan pemuda . 9.6. perangkat telephone selular nasabah harus berteknologi java dan terlebih dahulu harus menginstal aplikasinya yang disediakan oleh bank yang bersangkutan. Life in han (Pro-XL). Navigator 64 ( Telkomsel) c) Lewat aplikasi java.

3. System proses control dalam pembuatan ban mobil c. 9. 8. 3. 9. 7. a. 6. 2. 5. System informasi dan management perancanaan pembangunan Negara System informasi dan management perencanaan tata ruang kota System informasi dan management akuntansi .Example : 1. 2. 8. 5. System pada kartu telephone selular B. 2. System proses control penyulingna minyak System proses control pembuatan kertas System proses control pembuatan bahan kimia System proses controlpembangkit listrik System proses control untuk mamanaskan suhu kamar System proses control pembuatan besi System proses control dalam membuat peralatan motor System proses control dalam pabrik industry System proses control dalam smart house serba otomatis 10. 6. Management Support System Management Information System Example : 1. Enterprise Collaboration System Example : 1. 4. 3. 7. System e-mail Videoconferencing System perusahaan TELKOM System pada facebook Sytem pada twitter System pada web blogspot System pada seluruh jejaring social System pada akun google System pada akun yahoomail 10. 4.

3. X c. Executive Information System Example : 1. misalnya cara pemilihan karyawan yang sesuai dengan criteria yang ada pada suatu jabatan tertentu 2. 4. System informasi dan management keuangan System informasi dan management pemasaran System informasi dan management pelayanan pelanggan System informasi dan management akademik disuatu sekolah System informasi dan management di suatu organisasi tertentu System informasi dan management penerimaan siswa baru disekolah 10.4. 8. 6. 6. 8. 2. 5. 7. 5. DSS untuk penggunaan jembatan suramadu di Surabaya-Madura DSS untuk proses pemilihan presiden DSS untuk menganalisis biaya pengeluaran suatu perguruan tinggi DSS untuk menganalisis biaya pembangunan di Universitas Negeri Padang 10. DSS untuk proses kenaikan jabatan dan perencanaan karir pada PT. System informasi dan management penjualan suatu barang b. 7. 9. 9. Sistem informasi eksekutif dalam manufaktur Sistem informasi eksekutif untuk pemasaran Sistem informasi eksekutif untuk keuangan Sistem informasi eksekutif untuk akuntansi Sistem informasi eksekutif dalam penjualan suatu produk Sistem informasi eksekutif untuk suatu organisasi tertentu . X. Decision Support System (DSS) Example : 1. DSS berbasis streadsheet untuk menganalisis biaya penyelenggaraan pendidikan DSS untuk penangan jalan lintas timur Sumatera DSS untuk kelayakan proposal kredit Bank rakyat Indonesia DSS untuk peningkatan produktivitas hotel bintang 3 di Surabaya menggunakan AHP dan OMAX 6. 4. 3. DSS untuk peningkatan produktivitas PT. 5.

misalnya pada sistem otomatisasi mesin. Sistem Pengendalian Proses. sedangkan online. Sistem online masih terbagi lagi kedalam dua jenis: online batched dan online real-time. Sistem yang dipakai untuk meningkatkan kolaborasi serta kerja tim di dalam perusahaan.7. Sistem Pendukung Keputusan. 3. 2. biasa terbagi menjadi dua proses: Sistem Offline dan Sistem Online. Sistem Informasi Manajemen. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk mengelola informasi atau bahkan mengelola sistem informasi yang ada di dalam organisasi. untuk melakukan peramalan penjualan atau bahkan peramalan demand. Sistem Informasi Eksekutif. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk membantu di dalam pengambilan keputusan atas masalah-masalah yang terstruktur. misalnya penggunaan forum atau email atau media komunikasi lainnya. Sistem Pemrosesan Transaksi. 2. Sistem yang dipakai untuk mengendalikan proses secara fisik. Misalnya. Sistem informasi eksekutif untuk membuat cara belajar yang lebih efektif . Biasanya dapat menggunakan metode analisis What-If. Sistem yang mengintegrasikan informasi internal dan eksternal organisasi untuk dapat dilihat dan dianalisis oleh eksekutif perusahaan. Offline. 1. 3. Sistem Pendukung Manajemen terdiri dari: 1. Sistem yang dipakai untuk mengintegrasikan proses transaksi di dalam organisasi. Sistem Informasi Lainnya . Sistem Kolaborasi Perusahaan. apabila pemrosesan data langsung masuk ke dalam sistem. apabila pemrosesan data dengan menyalin data manual terlebih dahulu.

Tipe Sistem Informasi Maret 8. Sistem yang mendukung operasi serta manajemen organisasi untuk pencapaian keunggulan kompetitif atas produk. jasa. Sistem Informasi Strategis.1. pembuatan. maupun kemampuannya. serta pendistribusian pengetahuan di dalam organisasi. Sistem yang mendukung penyimpanan. 2012 Transaction Processing System (TPS) Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lilngkungan eksternal Beberapa contoh yang ada pada TPS ialah : a) b) c) d) e) f) g) Payroll : pembayaran upah / gaji karyawan Order Entry / order processing : mencatat pembelian untuk konsumen Invoicing : menghasilkan faktur Inventory : mengelola barang supaya selalu tersedia Shipping : menyerahkan barang dari perusahaan sampai diterima oleh konsumen Accounts receivable : mengelola file konsumen & menyerahkan tagihan ke konsumen Purchasing : mengkoordinasi pembelian barang kepada konsumen h) Receiving : menerima barang dari pemasok/supplier pengembalian barang (retur) dari konsumen . 2. 4. Sistem Ahli. 3. pajak. Sistem Manajemen Pengetahuan. Sistem Bisnis Fungsional. hukum. pasar. dll) untuk suatu pengambilan keputusan. Sistem yang terfokus pada kegiatan oleh satu jenis fungsi. Sistem yang mampu menyediakan hasil analisis ahli (keuangan.

2. 5. System proses control dalam pembuatan ban mobil Enterprise Collaboration Systems Sistem pengatur proses melakukan monitor dan pengaturan proses fisik.i) Account Payable : mengelola pembayaran tagihan kepada pemasok / supplier j) General Ledger : mengikat subsistem diatas menjadi satu & menghasilkan satu laporan Penginputan data ke dalam sistem informasi dapat melalui beragam cara:       • Dengan merekam data ke dalam sebuah formulir • Dengan menginputkan data langsung ke dalam computer • Dengan sms • Dengan menginputkan data di internet\ • Dengan barcode scanner • scanner yang lain Process Control Systems Mengawasi dan mengendalikan berbagai operasi industrial Example : 1. 4. 3. 9. 6. 7. 8. System proses control penyulingna minyak System proses control pembuatan kertas System proses control pembuatan bahan kimia System proses controlpembangkit listrik System proses control untuk mamanaskan suhu kamar System proses control pembuatan besi System proses control dalam membuat peralatan motor System proses control dalam pabrik industry System proses control dalam smart house serba otomatis 10. Contoh : .

System pada kartu handphone Manajemen Information System adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS menyajikan informasi yang detail. System pada seluruh jejaring social 9. termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber. System pada akun yahoomail 4. System pada web blogspot 7. rangkuman informasi dan informasi terpilih. system video conference 5. Sytem pada twitter 8. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan contoh : 1) Budget forecasting and analysis 2) Financial reporting 3) Inventory reporting 4) analisis penjualan 5) kinerja produksi 6) sistem pelaporan tren biaya 7) informasi mengenai aktivitas operasi yang dilakukan organisasi 8) System informasi dan management 9) System informasi dan management pemasaran 10) System informasi dan management pelayanan pelanggan Decisions Support Systems (Sistem Pendukung Keputusan) .1. Di tempat pengeboran minyak menggunakan sensor elektronik yang dihubungkan ke komputer untuk secara terus menerus memonitor proses kimia dan membuat adjustment atau penyesuaian secara real-time yang mengontrol proses pengeboran 2. System pada akun google 10. system e-mail 3. system chat room 6.

Sistem analisis resiko 3. DSS berbasis spreadsheet untuk menganalisis biaya penyelenggaraan pendidikan 5. penyimpanan dan pengaksesan data secara luas dan interface yang friendliness. DSS di bidang Kesehatan 7. Perencanaan dan perancangan web portal iklan dan informasi nyodok. Analisis optimasi hasil implementasi “Global FrequencyPlanning” pada jaringan GSM paska migrasi frekuensi CDMA Starone: studi kasus PT. Nilai dan budaya yang mempengaruhi perilaku konsumsi tablet besi pada ibu hamil suku Madura di desa Bintoro Kabupaten Banyumas Jember: studi etnografi 3. studi fenomenologi. DSS di bidang industri 8. DSS dibidang ekonomi 9. DSS untuk proses pemilihan presiden 11. Lingga Fidam Indonesia (LFI) . 2. Contoh : 1. Perancangan executive information system untuk engontrol capital adequacy ratio (CAR) pada suatu bank: studi kasus Bank “X”. 7. Kawankawan Kita Sejahtera (K3S) 4.Adalah system yang dirancang untuk membantu manager suatu organisasi untuk mengambil keputusan melalui proses penyimpulan atau perbandingan data dari berbagai macam sumber data yang berbeda.com studi kasus: PT. Perancangan aplikasi sistem pengecekan status kendaraan berbasis teknologi short message service(SMS) pada bengkelbody repair and paint studi kasus: PT. DSS untuk penanganan jalan lintas timur sumatera 6. Penetapan harga produk. 5. spreadsheet. 6. DSS untuk menganalisis biaya pengeluaran suatu perguruan tinggi Executive Information Systems EIS adalah sistem berbasis komputer untuk mendukung manajer puncak dalam mengakses informasi (dalam dan luar) secara mudah dan relevan dengan CSF (Critical Success Factor) organisasi untuk hal tersebut EIS perlu dilengkapi dengan metode komunikasi data modern. DSS biasanya terdiri dari bahasa query / SQL. 8. 1. 4. kemampuan analisis secara statistik. Dampak pengaturan cairan pada pasien yang mendapat terapi cairan intravena di ruang untensif care unit Rumah Sakit Denkesyah Bandar Lampung. dan grafik-grafik untuk membantu pengambil keputusan didalam mengevaluasi keputusannya. DSS untuk penggunaan jembatan suramadu di Surabaya-Madura 10. 2. Partisipasi masyarakat dalam program tanggung jawab sosial perusahaan PT Pertamina Geothermal Energy: studi kasus pada pelaksanaan program kemitraan perajin kulit mitra binaan area kamojang di Kelurahan Kota Wetan. Kabupaten Garut – Jawa Barat. data grafik. Perkiraan tingkat laba. Persepsi masyarakat terhadap citra perawat di Balkesmas Sint Carolus Kelurahan Paseban Jakarta Pusat tahun 2009. Kecamatan Garut Kota. Indosat.

Hubungan pengarahan kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Budhi Asih Jakarta 10. Analisis hubungan aspirasi karir terhadap pengembangan kepemimpinan pemuda .9.