TES SIKLUS I (PRETEST) Soal Pilihan Ganda 1.

Gerakan pada lapisan kulit bumi secara horizontal maupun vertical akibat pengangkatan dan penurunan permukaan bumi yang terjadi sangat lambat dan meliputi wilayah yang sangat luas disebut… a. epirogenesa positif b. epirigenesa negatif c. epirogenesa d. orogenesa 2. Berikut ini adalah sumber gas (ekskalasi), kecuali… a. solfatar b. fumarol c. mofet d. depresi 3. Aktifitas magma di dalam litosfera, memotong atau menyisip litosfer dan tidak mencapai permukaan bumi disebut… a. intrusi magma b. erupsi magma c. ekstrusi magma d. ekstrusi areal 4. Tenaga endogen yang mendatar dan bersifat liat (plastis) sehingga permukaan bumi mengalam pengerutan disebut… a. lipatan b. patahan c. sesar d. bock mountain 5. Erosi yang disebabkan oleh tenaga angin yang mengikis permukaan bumi disebut… a. glasial b. korasi c. deflasi d. abrasi

Bentuk material yang timbul akibat erosi air adalah sebagai berikut. pergeseran c. Gejala alam tektonisme dapat berupa beberapa proses berikut ini.6. penimbunan d. gang d. dangkal b. sangat dalam 8. Gempa bumi yamg kedalaman hiposentrumnya antara 60 km-300 km. erosi parit c. gempa tektonik d. erosi sungai . erosi lembah d. erosi percikan b. pengangkatan 10. apofira b. sill 7. blok mountain b. Gempa yang mengiringi gerakan tektonik (retakan dan patahan) secara mendadak disebut… a. menengah c. gempa buatan c. gempa runtuhan b. gempa vulkanik 9. termasuk gempa… a. dalam d. pelipatan b. Berikut ini yang termasuk ke dalam jenis-jenis patahan adalah… a. kecuali… a. kecuali… a.

tektonisme dan vulkanisme b. sedimen dan klastis c. Tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun relief permukaan bumi disebut… a. lakolit .TES SIKLUS I (POSTTEST) Tes Pilihan Ganda 1. tenaga endogen d. antiklinal dan sunklinal 3. pergunungan b. lipatan tegak c. lipatan rebah 5. tenaga eksogen c. Berikut ini yang termasuk tenaga endogen adalah… a. lipatan menutup d. orogenesa 4. plato d. lipatan miring b. Gerakan pada lapisan kulit bumi secara horizontal maupun vertikal akibat pengangkatan dan penurunan permukaan bumi yang terjadi sangat lambat dan meliputi wilayah yang sangat luas disebut… a. tenaga teknonisme b. epirogenesa d. Berikut ini yang termasuk bentuk muka bumi dari bentuk patahan dan lipatan kecuali… a. divergen dan kovergen d. tenaga tektonisme 2. epirigenesa negatif c. dataran tinggi c. epirogenesa positif b. Lipatan yang terjadi karena pengaruh tenaga horizontal sama atau tenaga radial sama dengan tenaga tangensial disebut… a.

sumber bahan tambang dan sumber daya mineral b. eksarasi . dalam d. glasial b. gempa vulkanik. Berdasarkan faktor penyebabnya gempa bumi dibedakan atas… a. gempa tektonik. deflasi d. korasi c. gempa tektonik. gempa vulkanik d. termasuk gempa bumi… a. gempa runtuhan. memotong atau menyisip litosfer dan tidak mencapi permukaan bumi disebut… a. gempa bumi b. gempa buatan 7. gempa vulkanik. kesuburan tanah makin berkurang akibat erosi 10. gempa runtuhan. ekstrusi areal 8.6. ekstrusi magma d. menengah c. gempa bumi. gempa tektonik. Gempa bumi yang hiposentrumnya kurang dari 60 km. gempa runtuhan. gempa bumi. kecuali… a. dangkal b. sangat dalam 9. erupsi magma c. tempat pariwisata dan labolatorium alam d. tempat habitat berbagai jenis flora fauna c. Erosi yang disebabkan oleh gerakan es yang mencair atau gletser disebut… a. intrusi magma b. Aktifitas magma di dalam litosfera. gempa tektonik. Dampak positif tenaga endogen bagi kehidupan. gempa buatan c. gempa vulkanik.

suhu. gempa sentral dan gempa dalam b. Berikut ini yang termasuk ke dalam kerak bumi adalah… a. kerak benua dan kerak pasifik d. residual c. konstruktif d. gempa linear dan gempa dangkal d. makhluk hidup. kerak benua dan kerak samudera b. angin.TES SIKLUS II (PRETEST) Tes Pilihan Ganda 1. depositional 4. angin dan gletser d. gletser dan sinar matahari c. gempa linear dan gempa dalam 5. tenaga endogen berasal dari magma yang bersifat… a. angin. Gempa berdasarkan bentuk episentrum jarak pusat gempa dipermukaan bumi meliputi… a. sinar matahari. diastropisme b. gempa sentral dan gempa linear c. kerak benua dan kerak hindia 3. kerak benua dan kerak atlantik c. makhluk hidup. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tenaga endogen meliputi… a.dan gletser b. air. kelembaban. makhluk hidup dan sinar matahari 2. gempa vulkanik c. Gempa yang mengiringi gerakan tektonik (gerakan dan patahan) secara mendadak disebut… a. tanah. air. gempa tektonik b. gempa runtuhan d. gempa buatan . air.

batholit d. diatrema c. erosi lembah d. geoantiklinal . sedangkan alasnya rata disebut… a. apofira b. batholit d. erosi sungai 7. kecuali… a. antiklinal c. lakolit 8. gang c. Gempa yang terjadi di tepi kerak atau lempeng samudera maupun lempeng benua disebut… a. erosi percikan b. geosinklinal d. sinklinal b. terjadi karena penurunan suhu yang lambat disebut… a. gempa menengah 10. Bentuk material yang timbul akibat erosi air adalah sebagai berikut. Magma yang menyusup antara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sehingga cembung. gempa episentrum b. Batuan beku yang terbentuk dari dapur magma. lakolit 9. Bagian punggung lipatan yang terlipat ke atas dinamakan… a. erosi parit c. gempa dangkal d. gempa hiposentrum c.6. sill b.

lakolit . batholit d. Di bawah ini adalah jenis-jenis patahan. tenaga tektonisme d. pergeseran c. Magma yang menyusup antara lapisan batuan yang menyebabkan lapisan batuan di atasnya terangkat sehingga cembung. sesar 4. penimbunan d. Gejala alam tektonisme dapat berupa beberapa proses berikut ini. tenaga vulkanisme 2. ekstrusi plato d. sedangkan alasnya rata disebut… a. tanah naik b. Tenaga yang berasal dari luar bumi yang bersifat merusak bentuk relief muka bumi disebut… a. tenaga endogen c. ekstrusi self c. gang c. pelipatan b. tenaga eksogen b. Berikut ini yang termasuk ekstrusi magma menurut bentuknya adalah… a. sill d. tanah turun c. kecuali… a. ekstrusi sentral b. ekstrusi diatrema 5. sill b.TES SIKLUS II (PROTEST) Tes Pilihan Ganda 1. pengangkatan 3. kecuali… a.

deflasi b. pelapukan biologis. Proses pelapukan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu… a.6. gempa dalam d. erosi sungai 9. glasial d. pelapukan fisik. Gempa bumi yang kedalaman hiposentrumnya lebih dari 300 km. pelapukan batuan b. termasuk gempa… a. erosi percikan b. gempa menengah c. abrasi c. Erosi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang mengikis pantai disebut… a. pelapukan fisik. pelapukan tanah d. gempa hiposentrum c. Gempa yang terjadi di tepi kerak atau lempeng samudra maupun lempeng benua disebut… a. gempa dangkal d. gempa dangkal b. pelapukan biologis . erosi lembah d. Bentuk material yang timbul akibat erosi air adalah sebagai berikut. korasi 10. pelapukan biologis c. pelapukan fisik.kecuali… a. pelapukan fisik. pelapukan batuan. gempa episentrum b. pelapukan kimiawi. gempa menengah 8. gempa menengah 7. erosi parit c. pelapukan kimiawi.

B 5. D . D 2. A 8. A 9. D 6. C 8. B 7. A 4. C 6. A 7. C 4.KUNCI JAWABAN SIKLUS POST-TES SIKLUS I 1. D 3. C 9. D 10. C 10. D KUNCI JAWABAN SIKLUS POST-TES SIKLUS II 1. A 5. B 2. A 3.