P. 1
Naskah Drama Si Pitung kebudayaan betawi atau jakarta tempo dulu.

Naskah Drama Si Pitung kebudayaan betawi atau jakarta tempo dulu.

|Views: 3,196|Likes:
Published by Florencia Pangestu
naskah drama si Pitung dari kesenian kebudayaan bersejarah Jakarta tempo dulu, naskah drama ini diciptakan untuk praktek penerapan kebudayaan Jakarta, dapat dibaca oleh murid SD, SMP, SMA, SMK, maupun perguruan tinggi. Drama ini merupakan penerapan sastra sederhana yang akan memudahkan pelajar untuk mengerti dan memahami bagaimana sejarah dan peristiwa yang terjadi pada Betawi tempo dulu. drama ini berlatarkan betawi tempo dulu dengan si Pitung dikenal sebagai Robin Hood Jakarta yaitu pahlawan yg mengambil uang kompeni dan membagi-bagikannya kepada rakyat miskin
naskah drama si Pitung dari kesenian kebudayaan bersejarah Jakarta tempo dulu, naskah drama ini diciptakan untuk praktek penerapan kebudayaan Jakarta, dapat dibaca oleh murid SD, SMP, SMA, SMK, maupun perguruan tinggi. Drama ini merupakan penerapan sastra sederhana yang akan memudahkan pelajar untuk mengerti dan memahami bagaimana sejarah dan peristiwa yang terjadi pada Betawi tempo dulu. drama ini berlatarkan betawi tempo dulu dengan si Pitung dikenal sebagai Robin Hood Jakarta yaitu pahlawan yg mengambil uang kompeni dan membagi-bagikannya kepada rakyat miskin

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Florencia Pangestu on Mar 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

02/12/2014

$4.99

USD

pdf

text

original

Naskah Drama Si Pitung

Pemeran: Si Pitung Udin Kompeni Guru Si Pitung Narator Prajurit :Novi :Floren :Cliff :William :Zarra :William,Floren,dan Zarra

Pada abad ke 18 hiduplah seorang pendekar yang kebal dibacok ataupun ditembak oleh peluru,namanya ialah Si Pitung.Si Pitung sangat disukai oleh masyarakat Betawi karena ia menggunakan kesaktiannya untuk merampok harta benda para kompeni serta para saudagar kaya.Seluruh masyarakat betawi sangat menyukai Pitung namun para kompeni,lintah darat,dan saudagar kaya sangat membenci Si Pitung karena Si Pitung selalu merugikan mereka dan oleh karena itu para kompeni,lintah darat,serta saudagar kaya selalu mencari cara untuk membunuh Si Pitung.

Udin. Si Pitung:”Aduh panas bener nih hari…kayeknye sedep nih kalo aye motong rabut aye dulu… aha!!!mending aye ke tempat Si Udin aje yee kali aje aye dikasih gratis gitu…” Sesampainya di kedai cukur Udin… Si Pitung:”Udin…Udin…Din ente dimane Din aye mau motong rambut nih Din..” Udin :”Iye…iye… aye dateng nih… Tung, ente mau rambut gaya ape ?gaya rambutnye pak lurah ato gaya rambutnye pak RT??aye pasti bisa,Tung!!” Si Pitung :”Ah.. digunting pendek dikit aje deh..ntar kalo pak rt ato pak lurah aye ntar jadi kayak udah tua gitu..” Udin :”Loh ente kan emang dah tua..hahahaha” Udin pun memulai memotong rambutnya Si Pitung.Walaupun Udin mencoba memotong rambut Si Pitung tetap saja tidak bisa. Udin :”Aduh Tung aye heran nih gunting aye yang ngak tajem ato rambut ente yang keras tapi perasaan aye baru pake gunting ini kemaren deh masa udah tumpul?? Si Pitung:”Mana mungkin Din gunting ente kali yang kagak tajem..coba aje lagi” Udin pun mencoba lagi tetapi hasilnya tetap sama

Pada suatu siang,Si Pitung ingin memotong rambutnya ke sahabatnya,yaitu

.abis itu coba deh ente gunting rambut aye lagi.Ok. Udin:”wah kebetulan bener nih.alright ini I berikan you imbalan tapi you harus mengawasi Si Pitung itu ya…dan ingat kalu sampai informasi yang you berikan salah you orang akan masuk penjara khusus orang pribumi seperti you.” Udin:”Baik tuan... Udin:”tuan. thank you ya.” Udin pun melakukan tugas yang diberikan kompeni kepadanya dan tepat pada suatu hari ketika Udin pulang dari kedainya cukurnya. Udin:”Widih....” Setelah tiba di tepi sungai… Kompeni:”Itu di Si Pitung ayo cepat siapakan senjata kalian dengan peluru emas kalian!!dengarkan aba-aba saya!!siap… tembak!!!” Si Pitung:”Arg…” ..” Kompeni:”Ok. Sesampainya di tempat kompeni… Udin:”permisi tuan kompeni.I akan mengirimkan pasukan I. Si Pitung lagi mandi ame ngelepas jimatnya aye kasih tau tuan kompeni dulu deh…” Sesampainya di tempat kompeni..canggih bener....tuan.. aye pengen kasih tau informasi tentang rahasianye Si Pitung pada tuan” Kompeni:”You orang punya informasi apa buat I?” Udin:”Gini tuan aye dikasih tau ama Si Pitung kalo dia ngak bakal kebal lagi ame peluru kalo dia lepasin jimatnye tuan.ente kan temen aye nih Din aye mau kasih tau ente rahasia nih tapi janji yee cumin ente doank nih yang boleh tau rahasia ini… aye lepas jimat gue dulu ye.Dia memberi tahu rahasia Si Pitung kepada kompeni.ia melihat Si Pitung sedang mandi di sungai dan melepas jimatnya. Setelah Si Pitung melepas jimatnya Udin pun mencoba memotong rambutnya Si Pitung sekali lagi dan akhirnya berhasil. aye punya laporan buat nyonya Si Pitung lagi mandi di pinggir sungai ame dia ngelepasin jimatnye tuan..Udin:”Aduh Tung aye nyerah aye ankat tangan kalo perlu angkat kaki dah kagak bise… Si Pitung:”Hehehehe sori deh sori… Din... aye jadi bise gunting rambut ente dengan lancar… Namun Udin menggunakan rahasia Si Pitung untuk menguntungkan dirinya sendiri.” Kompeni:”ooo alright…..

Guru Si Pitung:” tuan kompeni aye pingen kasih tau rahasianye Si Pitung.Kayaknye Udin dah bocorin rahasia aye…tapi untungnye aye gak kasih tau semue rahasie aye.. Sepertinya aye diserang mendingan aye lari dulu deh.” Namun ternyata setelah ditembak Si Pitung tidak juga mati.. Guru Si Pitung:”Waduh kayeknye murid aye satu ini dah mulai menjadi-jadi nih. Kompeni:”tapi you salah!!” Udin pun di masukkan ke dalam penjara..Si Pitung:”Wah.ok tapi setelah you dipenjara!! Udin:”apa??ada apa ini aye kan telah kasih tau rahasia Si Pitung tuan... Prajurit:Lapor tuan!tadi aye berhasil nembak Si Pitung tapi ia berhasil kabur tuan! Kompeni:WHAT?! Prajurit:(loncat) Kompeni:why you jumping-jumping? Prajurit:enggak tuan kaget doank Kompeni:sudahlah pokoknya udin telah menipu kita...” Kompeni:”Baiklah thank you for the information ya.tapi tuan harus ngak berbuat semena-mena lagi ke rakyat miskin ape tuan mau? Kompeni:”Baiklah apa kalau begitu rahasianya Si Pitung?” Guru Si Pitung:” ini rahasianye Si Pitung bakal mati kalo tuan lemparin dia telor busuk trus ditembak tuan.tapi ingat kau orang pribumi awas kalau informasimu salah.” Sesampainya di tempat kompeni. Kompeni:ok.janjinya juga udah dilanggar semua gimana nih cara buat nyadarin dia?apa aye kasih tau aje ke kompeni rahasianye Si Pitung?udah deh aye kasih tau aje.tuan aye mau minta fulus lagi donk…fulus aye dah abis tuan.Kompeni amat marah kepada Udin..Perilaku Si Pitung semakin menjadi-jadi.Prajurit bila you ketemu dengan udin you harus memasukkan dia ke dalam penjara!! Prajurit:baik tuan! Tidak lama kemudian Udin pun dating.. Udin:”Tuan.” .Walupun rakyat senang tetapi guru Si Pitung sangat marah karena Si Pitung telah banyak menyeleweng dari ilmu yang di ajarkan dan mengingkari janji-janijnya..... Si Pitung pun kembali pada kebiasaannya yaitu merampok harta para kompeni dan lintah darat...

dan saudagar kaya yang tujuannya ialah bejanji untuk tidak bertindak kejam lagi kepada penduduk miskin.Para kompeni pun memutuskan untuk mengundang Si Pitung ke suatu acara yang dihadiri oleh para kompeni.lintah dara. Prajurit:”Oh.Tapi para kompeni tetap mengingat dan menepati janji mereka pada gurunya Si Pitung.tuan!” Si Pitung:”Argh………” Si Pitung pun akhirnya meninggal dan para kompeni sangat senang. Dalam acara tersebut… Kompeni:”Hai prajurit berikan minuman ini kepada Si Pitung.ape alkholol gitu. . Si Pitung pun percaya.murid kesayangannya telah tidak ada.Namun guru Si Pitung sangat menyesal karena Si Pitung.” Prajurit:”Ok…” Si Pitung:”wah ternyata enak juga yee!” Akhirnya Si Pitung pun mabuk lalu lupa diri kesempatan itu pun tidak disia-siakan oleh para kompeni...” Dan Si Pitung pun meniggal dengan dikenal sebagai pahlawan kezaliman..ntar aye bisa-bisa mabok..Kompeni yang telah mengetahui rahasianya Si Pitung pun mencari cara agar Si Pitung mau menghadiri acara kompeni untuk menjebaknya..Sejak saat itu pun tanh Betawi menjadi aman dan tenteram. Kompeni:”Pasukan lepaskan jimat Si Pitung dan ambilkan telur busuk lalu lemparkan ke Si Pitung dan tembak dia!” Pasukan:”Siap. Guru Si Pitung:”Aye bener-bener nyesel udah laporin Si Pitung padahalkan kalo aye gak laporin dia pasti masih idup udah deh aye doain aja biar dia diterima di sisi yang maha kuasa.” Prajurit:”Siap tuan!!” Prajurit:”Hai Pitung ini silakan minum minuman ini ini khusus dari tuan kompeni lo…” Si Pitung:”Ngak aye ngak suka yang ape tu namenye alokol.tenang saja ini hanya sedikit mengandung alkohol kok…” Si Pitung:”Boleh deh tapi dikit aje ye.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->