Laporan Hasil Praktikum Biologi Sistem Saraf

Kelompok 3 Amatullah Nafisah U Dena Destianti Fahmi Pratama Harni Mutia Sara Humaira Tartila

Selaput mielin tersebut dibungkusoleh selselsachwann yang akan membentuk suatu jaringan yang dapat menyediakanmakananuntukneuritdanmembantupembentukan neurit.Bagian ini disebut dengan nodus ranvier dan berfungsimempercepatjalannya rangsangan. . dan badan nisel. lisosom.dendrit. badan golgi. Di dalam neurit terdapat benang-benang halus yang disebut neurofibril. sentrosom. Adatigamacam sel saraf yang dikelompokkan berdasarkan strukturdan fungsinya. Lapisan mielin sebelah luar disebutneurilemma yang melindungi akson dari kerusakan.Sel saraf sensorik. untuk Dendrit dan merupakanperluasan c. adalah sel saraf yang berfungsi menerima rangsangan dari reseptor yaitu alat indera. yaitu: a. sitoplasma. dan akson. Neurit adalah serabut sel saraf panjang yangmerupakan perjuluransitoplasma badan sel.Pada badan sel sarafterdapat inti sel. badan sel. Akson Akson disebut neurit. Badan sel Badan sel saraf merupakan bagian yang paling besar dari sel saraf Badan sel berfungsiuntuk menerima rangsangan dari dendrit dan meneruskannya ke akson. Dendrit Dendrit adalah serabut dari sel saraf pendek dan bercabang-cabang.Neurofibril dibungkus oleh beberapa lapisselaput mielin yang banyak mengandung zat lemakdan berfungsi untuk mempercepat jalannya rangsangan. Satu sel saraf tersusun dari badan sel. Bagian neurit ada yang tidak dibungkusoleh lapisan mielin. b.Dendrit berfungsi menerima mengantarkanrangsangan kebadan sel. a.Tujuan : Untuk Mengetahui seberapa peka panca indra dapat menerima rangsangan 1. Neuron bergabung membentuksuatu jaringan untuk mengantarkan impuls (rangsangan).Badan nisel merupakan kumpulan retikulum endoplasma tempat transportasi sintesis protein.Sel Saraf (Neuron) Sistem saraf terdiri atas sel-sel saraf yang disebut neuron. mitokondria.

Suatu benda yang menarik perhatian. Bentuk sinapsis sepertibenjolandengan kantung-kantung yang berisi zat kimia sepertiasetilkolin (Ach) dan enzim kolinesterase. . Sinapsis initerletak antara dendrit dan neurit.Zat-zat tersebutberperan dalam mentransfer impuls pada sinapsis. d.Sel saraf penghubung. adalah sel saraf yang berfungsi mengantarkan rangsangan ke efektor yaitu otot dan kelenjar. Impuls dapat juga dikatakan sebagai serangkaian pulsa elektrik yang menjalari serabut saraf.Rangsangan yang diantarkan berasal atau diterima dariotak dan sumsum tulang belakang.Berbagai macam aroma yang tercium oleh hidung. b. Contoh rangsangan adalah sebagai berikut.Hubungan antara saraf tersebutdisebut sinapsis. c. Saraf yang satu dengan saraf lainnya saling berhubungan. a. 2. adalah sel saraf yang berfungsi menghubungkan sel saraf satu dengan sel saraf lainnya.Sel saraf motorik. c. kemudian dibawa oleh neuron.Perubahan dari tidak ada tekanan pada kulit menjadi adatekanan. Sel sarafini banyak ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang. Impuls Impuls adalah rangsangan atau pesan yang diterima olehreseptor dari lingkungan luar.Perubahan dari dingin menjadi panas.b.Sel saraf yang dihubungkan adalah sel saraf sensorik dansel saraf motorik.

Impuls yang diterima oleh reseptor dan disampaikan keefektor akan menyebabkan terjadinya gerakan atau perubahanpada efektor. f.e. Suara bising. Gerak refleks Gerak refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau tidak disadari. Impuls yang menyebabkangerakanini disampaikan melalui jalan yang sangat singkat dan tidak melewati yang menyebabkangerakan ini disampaikan melalui jalanyang panjang. Gerakan tersebut adalah sebagai berikut.Rasa asam. manis. asin dan pahit pada makanan.Impuls b.Bagannyaadalah sebagai berikut. Gerak sadar Gerak sadar atau gerak biasa adalah gerak yang terjadikarena disengaja atau disadari. . a.

Sistem saraf pusat Otak Otak merupakan alat tubuh yang sangat penting dansebagai pusat pengatur dari segala kegiatan manusia. Bagian utama otakadalah otak besar (Cerebrum). otak kecil (Cerebellum). yaitu belahankanandanbelahankiri Masing-masing belahan pada otak tersebut disebuthemister.Susunan Sistem Saraf Susunan sistem saraf manusia tersusun dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. beratnyalebih kurang 1/50 dariberat badan.danbatang otak. Batang otak terletak didepan otak kecil. sedangkanotak belahan kiri mengaturdan mengendalikan bagiantubuh sebelah kanan.Gerakan menutup kelopak mata dengan cepat jika adabenda asing yang masuk ke mata. dan menjadi penghubung antaraotak besar dan otakkecil. a.di bawah otak besar. Otak kecilterdiri atas dua lapisan. yaitu lapisan dalam danluar berwarna kelabu karena . Otak kecil terletak di bagian belakang otak besar.Gerakan tangan melepaskan benda yang bersuhu tinggi 3. e. Contoh gerak refleks adalah sebagai berikut.Gerakan tangan menangkap benda yang tiba-tibaterjatuh.Otak terletak di dalam rongga tengkorak. pons. Batangotakterbagi menjadi dua lapis. Sedangkan sistem saraftepi terdiri atassistem saraf somatis dan sistem saraf otonom. a. c. d.yaitu belahan kiri dan belahan kanan yang dihubungkanoleh jembatan varol. danotak tengah.Menutup hidung pada waktu mencium bau yang sangat busuk. Batang otak disebut dengansumsum lanjutan atau sumsum penghubung. Batang otak tersusun dari medula oblangata. Sistemsaraf pusat terdiriatas otak dan sumsum tulang belakang.Otak kecil dibagi menjadi dua bagian.Terangkatnya kaki jika terinjak sesuatu b.otak. Otakbesarmerupakanpusat pengendali kegiatan tubuh yang disadari.yaitu lapisan luar berwarna kelabu dan lapisan dalamberwarna putih. Otakkecil berfungsi sebagai pengatur keseimbangan tubuhdanmengkoordinasikan kerja otot ketika seseorangakan melakukan kegiatan. tepatnyadi bawah otak besar. Otak besar dibagi menjadi dua belahan. Bagannya sebagai berikut.Otak besar belahan kananmengatur dan mengendalikan kegiatan tubuh sebelah kiri.

hidung. Lapisan luar berwarna putih. darah.tekanan. b. isyaratdari telinga akan sampai ke otak. denyut jantung.Sistem Saraf Tepi Sistem saraf tepi tersusun dari semua saraf yang membawapesan dari dan ke sistem sarafpusat. Sumsum tulang belakang Sumsum tulang belakang terletak memanjang di dalam rongga tulang belakang. Saraf-saraf dari sistem somatis menghantarkan informasi antara kulit.banyakmengandungneuron. Fungsi dari batangotak adalah mengatur refleksfisiologis. dibedakan menjadi sistemsaraf somatis dan sistem saraf otonom. berarti kamudapat memutuskanuntuk menggerakkan atau tidakmenggerakkan bagian-bagian tubuh di bawah pengaruhsistemini. Contoh dari sistem saraf somatis adalah sebagai berikut. misalnya mata. berisi neurit dandendrit. Proses ini dipengaruhi saraf sadar. Sistem saraf somatis Sistem saraf somatisterdiri dari 12 pasang saraf kranial dan 31 pasang sarafsumsumtulang belakang. saraf motorik. antara lainkaki. Kerjasama antarasistem pusat dan sistem saraf tepi Sistem membentuk saraf ini perubahancepatdalamtubuhuntukmeresponrangsangandarilingkunganmu. Lapisan luar mengandung serabutsaraf dan lapisan dalam mengandung badansaraf. yaitu lapisan luar berwana putih dan lapisan dalamberwarna kelabu.Fungsinya adalah sebagai penghantar impuls dari otakdan ke otak serta sebagaipusat pengatur gerak refleks. mulaidari ruas-ruastulang leher sampai ruas-ruas tulang pinggang yangkedua. dan kegiatan lain yangtidak disadari. telinga. Sumsum tulangbelakang terbagi menjadi dualapis. sistem sarafpusat. Otak menterjemah-kan pesan tersebut dan mengirimkan isyarat kekaki untuk berjalan mendekati pintu dan meng-isyaratkan ke tangan untuk membukakan pintu. dan . dan otot-ototrangka. tangan. seperti kecepatan napas. Di dalam sumsum tulang belakang terdapat saraf sensorik. ototlurik.  Ketika kita mendengar bel rumah berbunyi. dan sarafpenghubung.suhu tubuh. dan kulit. Saraf sumsum tulang belakangkeluar melalui sela-sela ruas tulangbelakangdanberhubungan dengan bagian-bagiantubuh. Kedua belas pasang sarafotak akan menuju ke organ tertentu.

. Ketika kita merasakan udara di sekitar kita panas.kulit akan menyampaikan informasi tersebut keotak. • Alat dan bahan o Alat   Sepasang sendok Kertas dorslah/kertas wajit Koin Rp 100. Kemudian otak mengisyaratkan pada tanganuntuk menghidupkan kipas angin.lama Penutup mata Senter kecil Palu Tusuk gigi      Bahan         Cikur Kunyit Jahe Laja Batrawali Jeruk Gula Garam .

Hasil Pengamatan No 1 Jenis indera Atas Bawah Pendengaran Depan Belakang Kanan kiri Nama siswa Amatullah + + + + + + Dena + + + + Fahmi + + + + + + + Harni + + + + Humaira + + + + + + - 2 Reflex 1 .

2 3 4 5 Lutut kaki 3 Kana n Kiri + + + + + + + + + + + + 14 + + + + + + + + + + + + 15 + + + + + + + + + + + + + 17 + + + + + + + + + + + + + 16 + + + + + + + + + + + + + + 16 + + Cikur Koneng Cium Jahe Laja Batrawali 4 Pahit (batrawali) Rasa Manis (gula) Asam (jeruk) Asin (garam) 5 6 Raba(kertas wajit) Lihat Kanan Kiri Kesimpulan : .

pada tubuh manusia terdapat 5 macam panca indera yaitu. pendengaran. Dari percobaan diatas kita bias mengetahui seberapa pekanya system saraf yang ada pada tubuh kita dengan cara memberi rangsangan dari luar. peraba. indra pengelihatan. penciuman perasa . . memonitor organ.Sistem saraf adalah sistem organ pada manusia yang terdiri atas sel neuron yang mengkoordinasikan aktivitas otot. tidak lah sama kepekaan satu sama lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful