Oleh: Drs.Mangapul P.Tambunan,M.Sc.

Departemen Geografi
FMIPA UI E-mail:mptgeoui@hotmail.com

MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI

Pendahuluan Tipe ekosistem dapat dikelompokan berdasarkan sistem energi.1. Pelajari Hukum Termodinamika !! MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . Energi yang ditransfer dari satu organisme ke organisme lainnya adalah konstan. Energi radiasi matahari merupakan faktor utama yang mengendalikan ekosistem. Dengan adanya energi radiasi matahari kelestarian siklus biogeokimia dan siklus hidrologi dapat dipertahankan.

siklus nitrogen. Siklus Biogeokimia Siklus Biogeokimia cenderung mempunyai mekanisme umpan-balik yang dapat mengatur sendiri (self regulating) yang menjaga siklus itu dalam keseimbangan.2. MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . Siklus Biogeokimia yang terpenting adalah siklus karbon dan oksigen. dan siklus fosfor yang berperan terhadap lingkungan tanaman.

Bahan organik hasil fotosintesa berpindah ke herbivora dan pemangsa (karnivora) dan kembali ke cadangan melalui respirasi dan kegiatan bakteri (figure 7).1. MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . Karbon diikat oleh tanaman dalam proses fotosintesa dan dihasilkan bahan organik.2. Siklus Karbon dan Oksigen Karbon tersimpan dalam bentuk molekul karbondioksida (CO2) dan oksigen terdapat dalam bentuk molekul oksigen (O2).

Dalam udara terdapat sekitar 78 %. Siklus Nitrogen Udara merupakan cadangan nitrogen utama dalam siklus nitrogen.2. menunjukkan peredaran nitrogen di alam. Figure 8. NO2 tidak digunakan oleh tanaman tetapi harus dikonversi melalui bakteri atau ganggang kedalam bentuk Nitrat. Nitrit atau Amonium oleh tanaman leguminosa. MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI .2. Campur tangan manusia dalam siklus nitrogen dapat melestarikan jumlah nitrogen di alam melalui budidaya tanaman kacang-kacangan.

3. Cadangan utama fosfor adalah batuan fosfat (misal apatit). berfungsi sebagai penyusun protoplasma sel dan sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesa. Figure 9. Siklus Fosfor Fosfor terdapat pada setiap tanaman. Siklus Fosfor MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . serta dalam bentuk fosfor organik. Unsur fosfor diabsorpsi tanaman dalam bentuk piro fosfat dan metafosfat.2. yaitu dalam pembentukan ATP pada fotofosforilasi dan fosforilasi oksidatif.

pada waktu tertentu selalu sama dengan jumlah air yang turun dari atmosfer dalam bentuk presipitasi. Sirkulasi air yang berlangsung secara kontinu antara air laut.3. Siklus Hidrologi Jumlah air yang meninggalkan permukaan tanah dan badan air dalam bentuk uap. MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . air daratan dan air yang terdapat di daratan atau Pola Sirkulasi air dalam ekosistem disebut dengan siklus hidrologi (figure 10). walaupun pengaruh topografi dan latitude tetap ada. Mekanisme sirkulasi air dikendalikan oleh energi radiasi matahari.

Tipologi Ekosistem Diagram Alir Tipologi Ekosistem berdasarkan Ruang Lautan/Oceanik Perairan (Aquatik) Sungai Rawa & Situ Danau Ekosistem Ketinggian & Lereng Daratan (Teresterial) Lintang & Bujur MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI .

Contoh Ekosistem Lautan: • Eustaria • Mangrove • Terumbu Karang • Padang Lamun • Atoll Contoh Ekosistem Daratan berdasarkan Lintang & Bujur: • Tropis • Subtropis • Gurun • Tundra • Kutub MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI .

Ekosistem Laut Ekosistem Darat Ekosistem Alami Ekosistem Pesisir Ekosistem Danau Ekosistem Pegunungan Ekosistem Kutub MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . • Ekosistem Buatan (Artificial Ecosystem).Tipe Ekosistem berdasarkan komponen pembentuk: • Ekosistem Alami (Natural Ecosystem).

Pedesaan Ekosistem Buatan Peralihan Perkotaan MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI .

adat istiadat. kesempatan kerja dan berusaha. air dan udara. tingkat pendapatan. proses sosial di masyarakat. kelembagaan masyarakat. sarana sosial. meliputi komponen tanah dan batuan. MPT/TIPE EKOSISTEM/GEOUI . stratigrafi masyarakat. sikap dan persepsi kesehatan masyarakat.Lingkungan Alami. Lingkungan Sosial mencakup kependudukan. tempat usaha. Lingkungan buatan meliputi komponen bangunan perumahan. dan prasarana lingkungan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful