P. 1
HAM

HAM

|Views: 9|Likes:
Published by Yus Kusaeri
Dewasa ini hak asasi manusia tidak lagi dipandang sekadar sebagai perwujudan paham individualisme dan liberalisme seperti dahulu. Hak asasi manusia lebih dipahami secara humanistik sebagai hak-hak yang inheren dengan harkat martabat kemanusiaan, apa pun latar belakang ras, etnik, agama, warna kulit, jenis kelamin dan pekerjaannya. Konsep tentang hak asasi manusia dalam konteks modern dilatarbelakangi oleh pembacaan yang lebih manusiawi tersebut, sehingga konsep HAM diartikan sebagai berikut:
Dewasa ini hak asasi manusia tidak lagi dipandang sekadar sebagai perwujudan paham individualisme dan liberalisme seperti dahulu. Hak asasi manusia lebih dipahami secara humanistik sebagai hak-hak yang inheren dengan harkat martabat kemanusiaan, apa pun latar belakang ras, etnik, agama, warna kulit, jenis kelamin dan pekerjaannya. Konsep tentang hak asasi manusia dalam konteks modern dilatarbelakangi oleh pembacaan yang lebih manusiawi tersebut, sehingga konsep HAM diartikan sebagai berikut:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yus Kusaeri on Mar 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

I.

Latar Belakang Masalah Dewasa ini hak asasi manusia tidak lagi dipandang sekadar sebagai perwujudan

paham individualisme dan liberalisme seperti dahulu. Hak asasi manusia lebih dipahami secara humanistik sebagai hak-hak yang inheren dengan harkat martabat kemanusiaan, apa pun latar belakang ras, etnik, agama, warna kulit, jenis kelamin dan pekerjaannya. Konsep tentang hak asasi manusia dalam konteks modern dilatarbelakangi oleh pembacaan yang lebih manusiawi tersebut, sehingga konsep HAM diartikan sebagai berikut: “Human rights could generally be defined as those rights which are inherent in our nature and without which we cannot live as human beings” Dengan pemahaman seperti itu, konsep hak asasi manusia disifatkan sebagai suatu common standard of achivement for all people and all nations, yaitu sebagai tolok ukur bersama tentang prestasi kemanusiaan yang perlu dicapai oleh seluruh masyarakat dan negara di dunia.

II.

Batasan Masalah Wawancara Penyusun laporan hasil wawancara memberikan batasan masalah hanya pada

ruang lingkup HAM yang di tentukan dengan pertanyaan sebagai berikut: 1. Apa yang anda ketahui tentang HAM? 2. Sebutkan contoh –contoh dari HAM? 3. Sebutkan contoh-contoh pelanggaran HAM? 4. Apa faktor minimnya Penegakan HAM di Indonesia? 5. Apa faktor penghambat penegakan HAM?

Hak Azasi Manusia

Narasumber Nama Jenis Kelamin Usia Pekerjaan Waktu Tempat : Asep Zafar Sidik Noer : Laki-laki : 20 tahun : Mahasiswa : 24 Oktober 2009 : Pondok Pesantren Al-Ihsan. sebagaimana ditunjukan oleh pemaparan bahasannya. Metode Pembahasan Dalam membuat laporan ini. penyusun menggunakan metode deskritif. Cileunyi Bandung III. Pembahasan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat akan tahu atau tidaknya HAM yang sedang menjalani realita di zaman yang dimotori oleh monopoli kaum eksekutif ini. Hak Azasi Manusia .

2. diantaranya sebagi berikut: 1. Kerusuhan Mahasiswa. Apa yang anda ketahui tentang HAM? Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia lahir dan tidak boleh di ganggu gugat oleh orang lain yang merupakan pemberian dari yang maha kuasa. Peristiwa ini dikenal dengan kerusuhan Tasikmalaya. (26 Desember 1996). 3. 4. Sebutkan contoh –contoh dari HAM?     Hak untuk hidup. Sengketa antara penduduk setempat. Selain pelenggaran HAM yang berupa kekerasan terhadap perempuan ada juga pelanggaran HAM yang berkaitan dengan persoalan-persoalan politik di Indonesia dan beberapa sebab yang lain yang sebenarnya sudah sangat melampui batas. Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa Trisakti di Jakarta. dua hari sebelum kerusuhan Mei Hak Azasi Manusia .BAB II ISI I. puluhan Fasilitas umam di rusak. Hasil Wawancara Hasil wawancara yang penyusun dapatkan adalah dari proses pengajuan pertanyaan yang disampaikan kepada Narasumber. Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Keluar Kepres tentang Monopoli perdagangan oleh perusahaan Tommy Suharto. 5. 3. 2. Hak untuk memperoleh pendidikan. Kasus Pambantaian Poso dan Aceh. Hal ini bukanlah satu hal yang asing dikalangan rakyat Indonesia. Sebutkan contoh-contoh pelanggaran HAM? Pelanggaran HAM sering terjadi pada semua aspek kehidupan. Diantaranya: 1. Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain. sebut saja salah satu contoh kekerasan terhadap perempuan. Kerusuhan anti Kristen di Tasikmalaya. 6.

2. dan lain-lain. 5. 4. Pembunuhan terhadap beberapa mahasiswa dalam demontrasi menentang Sidang Istimewa 1998. Masih kurangnya pengalaman dalam penegakan tentang HAM. Contoh-contoh di atas hanyalah sebagian kecil pelanggaran HAM yang ada di Indonesia. 3. Aparat hukum yang berlaku sewenang-wenang. Kurang adanya penegakan hukum yang benar. Kemiskinan Kurangnya. 3. Peristiwa ini terjadi pada 13-14 November 1998 dan dikenal dengan Tragedi Semanggi. Keterbelakangan. masih banyak contoh-contoh lain yang tidak dapat semuanya dipaparkan disini. Apa faktor minimnya Penegakan HAM di Indonesia? Sangat minimnya penegakan HAM di Indonesia bisa disebabkan oleh beberapa faktor. antara lain : 1. 2. Telah terjadi krisis moral di Indonesia. Hak Azasi Manusia . pemahaman tentang HAM yang kurang. 4.7. Apa faktor penghambat penegakan HAM? Diantara faktor penghambat penegakan HAM: 1.

HAK AZASI MANUSIA LAPORAN HASIL WAWANCARA Dibuat Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat dalam mengikuti Ujian Tengah Semester Pada Mata Kuliah PKn Tahun Akademik 2009-2010 Disusun Oleh: IMAM TAUFIK NIM 1209703018 UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 2009 Hak Azasi Manusia .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->