Modul #1 Modul #2 Modul #3 Modul #4 Modul #5 Modul #6 Modul #7 Modul #8 Modul #9

PENGERTIAN DAN INSTRUMEN PASAR MODAL RETURN YANG DIHARAPKAN DAN RESIKO PORTOFOLIO MODEL-MODEL KESEIMBANGAN PENILAIAN SAHAM OBLIGASI PENILAIAN OBLIGASI SEKURITAS DERIVATIF SERTIFIKAT DERIVATIF LANJUTAN FUTURES

TUTORIAL #1
24 FEB 2013
UTKOREA E Byan Wahyu R

Pengertian Pasar Modal

 Pasar Modal secara umum : Suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk di dalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara di bidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar  Pasar Modal secara sempit : Suatu pasar (tempat atau gedung) yang disiapkan untuk dipergunakan atau dipakai dalam rangka memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya denganmempergunakan jasa perantara pedagang efek (broker) atau pialang surat berharga

yang secara keseluruhan akan meningkatkan kemakmuran . Pengertian Pasar Modal Alasan di bentuknya Pasar Modal • Fungsi Ekonomi  Pasar modal menyediakan fasilitas untuk memindahkan dana dari lender ke borrower  Dengan menginvestasikan kelebihan dana yang dimilikinya. Proses ini diharapkan akan terjadi peningkatan produksi. lenders mengharapkan imbalan dari penyerahan dana tersebut  Dari sisi borrower adanya dana dari pihak luar memungkinkan dilakukan investasi tanpa harus menunggu dana hasil operasi perusahaan.

• Beberapa daya tarik Pasar Modal  Diharapkan pasar modal akan menjadi alternatif perhimpunan dana selain sistem perbankan . Pengertian Pasar Modal Alasan di bentuknya Pasar Modal • Fungsi Keuangan  Fungsi keuangan dilakukan dengan menyediakan dana yang diperlukan oleh para borrowers dan lenders menyediakan dana tanpa harus terlibat langsung dalam kepemilikan aktiva riil yang diperlukan untuk investasi tersebut.

 Pengertian Pasar Modal • Beberapa daya tarik Pasar Modal  Pasar modal memungkinkan perusahaan menerbitkan sekuritas yang berupa surat tanda hutang (obligasi) ataupun surat tanda kepemilikan(saham)  Perusahaan bisa terhindar dari kondisi debt to equity ratio (yaitu perbandingan antara hutang dengan modal sendiri) yang terlalu tinggi sehingga cost of capital of the firm tidak lagi minimal  Pasar Modal memungkinkan para pemodal mempunyai berbagai pilihan investasi yang sesuai dengan preferensi resiko mereka .

 Pengertian Pasar Modal • Beberapa daya tarik Pasar Modal  Para pemodal dapat melakukan diversifikasi investasi. hubungan positif antara resiko dan keuntungan yang diharapkan akan terjadi  Dari sisi perusahaan yang memerlukan dana. membentuk portfolio sesuai dengan resiko yang mereka bersedia tanggung dan tingkat keuntungan yang mereka harapkan  Dalam keadaan pasar modal yang efisien. seringkali pasar modal merupakan alternative pendanaan eksternal dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem perbankan .

 Pengertian Pasar Modal Pasar Modal terdiri dari  Pasar Perdana  Pasar Sekunder  Pasar Lelang (Auction Market)  Pasar Negosiasi (Negotiated Market) .

 Pengertian Pasar Modal • Pasar Perdana  Pasar perdana terjadi saat perusahaan emiten menjual sekuritasnya kepada investor umum untuk pertama kalinya  Proses itu disebut dengan istilah Initial Public Offering (IPO) atau penawaran umum  Sebelum menawarkan saham di pasar perdana. perusahaan emiten sebelumnya akan mengeluarkan informasi mengenai perusahaan secara detail (disebut Prospektus) .

Profesional dan lembaga pendukung pasar modal membantu emiten menyiapkan penawaran umum. Pengertian Pasar Modal • Proses penawaran umum di pasar perdana 2 Profesional dan lembaga pendukung pasar modal 1 E M I T E N BAPEPAM 3 4 Pasar Perdana 1. Emiten berserta profesional dan lembaga pendukung melakukan penawaran umum di pasar perdana Sumber : Jakarta Stock Exchange . Pernyataan pendaftaran dinyatakan efektif oleh BAPEPAM 4. Emiten menyerahkan pernyataan pendaftaran kepada BAPEPAM 3. 2.

obligasi. saham preferen. Pengertian Pasar Modal • Pasar Sekunder  Pasar sekunder adalah pasar yang terjadi setelah pasar perdana.  Proses transaksi yang terjadi tidak lagi antara emiten dengan investor. waran maupun sekuritas derivatif (opsi atau futures) . tetapi sudah antar investor  Pasar sekunder biasanya dimanfaatkan untuk perdaganan saham biasa.

Pasar Lelang (Auction Market)  Adalah pasar sekuritas yang melibatkan proses pelelangan (penawaran) padasebuah lokasi fisik  Transaksi antara pembeli dan penjual menggunakan perantara broker yang mewakili masing-masing pihak pembeli dan penjual . Pengertian Pasar Modal a.

Pasar Negosiasi (Negotiated Market/Over the Counter Market)/ Pasar Paralel  Pasar negosiasi terdiri dari jaringan berbagai dealer yang menciptakan pasar tersendiri di luar lantai bursa bagi sekuritas. dengan membeli dari dan menjual ke investor  Dealer mendapatkan return dari selisih harga jual beli yang dilakukan . Pengertian Pasar Modal b.

kelancara dan ketertiban pasar modal (Kustodian Sentral Efek Indonesia dan Kliring Penjamin Efek Indonesia). investor. Para Pelaku Pasar Modal Para pelaku pasar modal terdiri dari 3 kelompok:  Badan yang bertugas mengawasi jalannya pasar modal. Penanggung jawab (Guarantor) dan Wali Amanat (Trustee) . di Indonesia tanggung jawab ini dipegang oleh BAPEPAM  Pihak-pihak yang secara langsung terlibat dalam perdagangan sekuritas: emiten. badan pengelola bursa dan perantara/pedagang sekuritas  Pihak yang mendukung kepastian.

.

Reksa Dana. Penasihat Investasi dan Biro Administrasi Efek. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. Lembaga Kliring dan Penjaminan. Pengaturan dan Pengawasan Pasar Modal dilaksanakan oleh Bapepam dengan tujuan mewujudkan terciptanya kegiatan Pasar Modal yang teratur.  Untuk melaksanakan ketentuan tersebut diatas. maka Bapepam berwenang untuk: • Memberi Izin usaha kepada Bursa Efek. Wakil Perantara Pedagang Efek dan Wakil Manajer Investasi. Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengawas Pasar Modal  Pembinaan. Memberi Izin orang perorangan bagi Wakil Penjamin Emisi Efek. • . wajar dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal dan masyarakat. Perusahan Efek.

Menetapkan persyaratan dan tata cara Pernyataan Pendaftaran serta menyatakan. • . Lembaga Kliring dan Penjaminan serta Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian sampai dengan dipilihnya Komisaris dan atau Direktur yang baru. menunda atau membatalkan efektifnya Pernyataan Pendaftaran. Menetapkan persyaratan dan tata cara pencalonan dan memberhentikan untuk sementara waktu Komisaris dan atau Direktur serta menunjuk manajemen sementara Bursa Efek. Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengawas Pasar Modal • • • Memberi Persetujuan bagi Bank Kustodian. Mewajibkan Pendaftaran Profesi Penunjang Pasar Modal dan Wali Amanat.

 Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengawas Pasar Modal • Mengadakan pemeriksaan dan penyidikan terhadap setiap pihak dalam hal terjadi peristiwa yang diduga merupakan pelanggaran terhadap Undang-undang dan atau peraturan pelaksanaannya. Melakukan pemeriksaan terhadap. Mewajibkan setiap pihak untuk: o Menghentikan atau memperbaiki iklan atau promosi yang berhubungan dengan kegiatan di Pasar Modal atau o Mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi akibat yang timbul dari iklan atau promosi dimaksud. o Setiap emiten atau Perusahaan Publik yang telah atau diwajibkan menyampaikan Pernyataan Perndaftaran kepada Bapepam atau • • .

izin orang perorangan. • • • . Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengawas Pasar Modal o Pihak yang dipersyaratkan memiliki izin usaha. persetujuan atau pendaftaran profesi berdasarkan Undang-undang Menunjuk pihak lain untuk melakukan pemeriksaan tertentu dalam rangka pelaksanaan wewenang Bapepam serta mengumumkan hasil pemeriksaan. Menghentikan kegiatan perdagangan Bursa Efek untuk jangka waktu tertentu dalam hal keadaaan darurat. Membekukan atau membatalkan pencatatan suatu efek pada Bursa Efek atau menghentikan Transaksi Bursa atau efek tertentu untuk jangka waktu tertentu guna melindungi kepentingan Pemodal.

Menetapkan instrumen lain sebagai Efek selain yang telah ditentukan saat ini. Melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mencegah kerugian masyarakat sebagai akibat pelanggaran atas ketentuan di bidang PasarModal. pemeriksaan dan penelitian serta biaya lain dalam rangka kegiatan Pasar Modal. Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengawas Pasar Modal • Memeriksa keberatan yang diajukan oleh Pihak yang dikenakan sanksi oleh Bursa Efek. Lembaga Kliring dan Penjaminan atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian serta memberikan keputusan membatalkan atau menguatkan pengenaaan sanksi dimaksud. pendaftaran. persetujuan. • • • . Menetapkan biaya perizinan.

 Para Pelaku Pasar Modal Emiten  Merupakan suatu perusahaan yang memperoleh dananya melalui pasar modal dengen menjual sekuritas/efek kepada masyarakat. asuransi. Investor  Merupakan pihak yang memasok dana ke pasar modal sehingga mempunyai peranan penting dalam kemajuan pasar modal  Investor dapat berupa suatu lembaga seperti dana pensiun. reksa dana dsb. atau berupa individu/perorangan .

 Para Pelaku Pasar Modal Penjamin Emisi (Underwriter)  Perusahan yang menjamin dan membantu perusahaan emiten yang memerlukan bantuan dalam menawarkan sekuritasnya dalam pasar modal  Penjamin Emiten membantu dalam penentuan jenis sekuritas yang sebaiknya di tawarkan. lokasi bursa yang cocok dsb  Penjamin Emiten dapat menjamin resiko tidak terjualnya sekuritas yang ditawarkan . penentuan waktu penawaran.

• BEST EFFORT COMMITMENT Penjamin Emisi akan berusaha sebaik mungkin untuk menjual saham atau obligasinya dan apabila tidak terjual maka dikembalikan kepada Emiten. Para Pelaku Pasar Modal  Bentuk Penjaminan Emisi antara lain. • STANDBY COMMITMENT Penjamin Emisi akan membeli sisa saham atau obligasi yang tidak terjual dengan harga dibawah dari harga penawaran di Pasar . • FULL COMMITMENT Penjaminan Emisi mengambil seluruh resiko tidak terjualnya saham atau obligasi pada batas waktu yang telah ditentukan sesuai dengan harga penawaran di Pasar.

• ALL or NONE COMMITMENT Merupakan kesanggupan semua atau tidak sama sekali. artinya jika hasil penjualan saham tidak memenuhi target maka emiten dapat menolak atau membatalkan dengan cara mengembalikan saham yang sudah dibeli. . Para Pelaku Pasar Modal  Bentuk Penjaminan Emisi antara lain.

untuk itu keuntungan yang di peroleh dari pialing juga berdasarkan kesepakatan dari investor dan pialang Pedagang sekuritas (dealer)  Perusahaan yang membeli sekuritas untuk kepentingan sendiri.  Dapat pula berfungsi sebagai perantara . oleh kerena permintaan investor maka harga sekuritas juga ditentukan antara pialang dan investor. Para Pelaku Pasar Modal Perantara perdagangan sekuritas pialang/broker)  Perusahan yang membeli dan menjual sekuritas di bursa atas permintaan investor. sehingga resiko ditanggung sendiri.

 Para Pelaku Pasar Modal Perusahaan sekuritas (security house)  Perusahaan yang aktivitas utamanya mencakup fungsi sebagai penjamin emisi. perantara. pedagang sekuritas dan sebagai pengelola dana investasi di pasar modal  Harus berbentuk perseroan terbatas dengan jumlah modal disetor yang sesuai dengan luasnya cakupan usaha .

menindak. dan mencata anggota bursa Mebuat penyelesaian transaksi yang tepat waktu dan efektif . Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengelola Bursa  Merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab dalam menjalankan dan mengoperasionalkan Bursa  DiIndonesia : BEJ (Bursa Efek Jakarta) & BES (Bursa Efek Surabaya)  Kewenangan Badan Pengelola Bursa: • • • • Mengadakan pemeriksaan terhadap aktivitas perdagangan sekuritas Membuat persyaratan bagi perusahan publik untuk mengungkapkan informasi keuangan dan lainnya Mengadakan pengawasan.

 Para Pelaku Pasar Modal Badan Pengelola Bursa • • • Mengatur pencatatan dan pengeluaran sekuritas di dalam Bursa Menguatkan praktek bisnis anggota bursa termasuk praktek-praktek pendukungnya dan akunting Membuat persyaratan standar bagi keanggotaan Kustodian  Yang dapat menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian. Perusahaan Efek atau Bank Umum yang telah mendapat persetujuan Bapepam .

 Kegiatan wali amanat biasanya meliputi. • • • • • • Menilai kekayaan emiten Menganalisis kemampuan emiten Melakukan pengawasan dan perkembangan emiten Memberi nasehat kepada para investor dlm hal yg berkaitan dengan emiten Memonitor pembayaran bunga dan pokok obligasi Bertindak sebagai agen pembayaran . Para Pelaku Pasar Modal Wali amanat (Trustee)  Kegiatan usaha sebagai wali amanat dapat dilakukan oleh Bank Umum dan Pihak lain yg ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

 Para Pelaku Pasar Modal Profesi Penunjang Pasar Modal  AKUNTAN • • • • • Untuk melakukan penilaian dan kelayakan atas Laporan Keuangan Perusahaan (Emiten). Pendapat Akuntan tersebut dapat digolongan sbb: Wajar Tanpa Syarat (Unqualified Opinion) Pendapatan Kualifikasi (Qualified Opinion) Pendapat tidak Setuju (Adverse) Menolak (Decline of Opinion)  KONSULTAN HUKUM • Untuk memberikan pernyataan-pernyataan tentang keabsahan dari dokumen dokumen yang diajukan (termasuk tuntutan-tuntutan hukum atas Emiten) .

 PENILAI • Untuk melakukan penilaian terhadap Harta-harta Perusahaan. . sehingga memperoleh Nilai yang wajar. Para Pelaku Pasar Modal Profesi Penunjang Pasar Modal  NOTARIS • Jasa Notaris diperlukan untuk mencatat / membuat Berita Acara RUPS dan melakukan penelitian terhadap anggaran dasar berikut dgn perubahannya.

.

 Instrumen Pasar Modal .

saham. dan setiap derivatif dari efek.  Instrumen PM dapat dibedakan atas: Surat yg bersifat utang (bonds atau obligasi) dan Surat berharga yang bersifat pemilikan (saham atau equity) . tanda bukti utang. Instrumen Pasar Modal Definisi Efek  Efek adalah surat berharga. obligasi. unit penyertaan Kontrak Investasi Kolektif (KIK). surat berharga komersial. yaitu surat pengakuan utang. kontrak berjangka atas efek.

 Instrumen Pasar Modal Saham  Merupakan surat bukti bahwa kepemilikan atas aset-aset perusahaan yang menerbitkan saham. Dengan memiliki saham suatu perusahaan. setelah dikurangi dengan pembayaran semua kewajiban perusahaan  Saham dapat dibedakan menjadi dua: • Saham biasa • Saham preferen . maka investor akan mempunyai hak terhadap pedapatan dan kekayaan perusahaan.

 Instrumen Pasar Modal Saham  Saham biasa adalah sekuritas yang menunjukkan bahwa pemegang saham biasa tersebut mempunyai hak kepemilikan atas aset-aset perusahaan. Oleh karena itu pemegang saham mempunyai hak suara (voting rights) untuk memilih direktur ataupun manajemenperusahaan dan ikut berperan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) .

dan juga mendapatkan hak kepemilikan seperti pada saham biasa  Saham preferen tidak memiliki hak suara untuk memilih direksi ataupun manajemen perusahaan seperti layaknya saham biasa . karena saham preferen memberikan pendapatan yang tetap seperti obligasi. Instrumen Pasar Modal Saham  Saham preferen adalah saham yang mempunyai kombinasi karakteristik gabungan dari obligasi maupun saham biasa.

 Instrumen Pasar Modal Obligasi  Merupakan surat pengakuan utang atas pinjaman yang diterima oleh perusahaan penerbit obligasi dari masyarakat. jangka waktu obligasi telah ditetapkan dan disertai dengan pemberian imbalan bunga yang jumlah dan saat pembayarannya juga telah ditetapkan dalam perjanjian  Harga jual sebelum jatuh tempo ditentukan oleh suku bunga yang berlaku  Pembayaran bunga tergantung pada jumlah kupon yang ditetapkan oleh penerbit kecuali zero coupon bond .

 Instrumen Pasar Modal Obligasi  Obligasi dapat dilunasi oleh penerbit sebelum jatuh tempo (call provision)  Dapat ditukarkan dengan sejumlah saham (obligasi konversi) .

menengah. Terbatas waktunya (maturity date): pendek. jangka waktunya selama perusahaan beroperasi. Deviden ditambah kemungkinan capital gain atau capital loss Resiko relatif lebih besar Bunga tetap (suku bunga tahunan) Resiko relatif lebih kecil Hak suara dalam rapat dimana pemilik saham turut serta menentukan kebijakan perusahaan Dalam hal likuidasi pemilik saham mempunyai hak klaim terakhir terhadap asset perusahaan Dasar perikatan ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan Hak pemegang Obligasi dalam Rapat Umum Pemegang Obligasi terbatas pada lahan pinjaman saja Dalam hal likuidasi pemilik obligasi mempunyai hak klaim untuk didahulukan terhadap pemilik saham (senior right) Dasar Perikatan ditentukan dalam perwaliamanatan trust agreement/indenture . Penanaman dana tidak terbatas. Instrumen Pasar Modal SAHAM OBLIGASI Bukti pengakuan utang/pinjaman uang dari masyarakat. Pemilik Saham adalah pemilik Perusahaan. Pemegang obligasi adalah Kreditur. Bagian penyertaan dalam modal dasar PT. jangka panjang.

untuk digunakan sebagai modal berinvestasi baik di pasar modal maupun di pasar uang  Perusahaan reksadana akan menghimpun dana dari investor untuk kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio yang dibentuk oleh manager investasi  Reksa dana dapat di bedakan menjadi: • • Reksa dana tertutup (close-ended) Reksa dana terbuka (open-ended) . Instrumen Pasar Modal Reksadana  Sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan sejumlah dana kepada perusahaan reksa dana.

Investor dapat menambah maupun menarik dananya selama reksa dana tersebut masih aktif  Berdasarkan kelembagaannya : • • Reksa dana berbentuk perusahaan (company type) Reksa dana berbentuk kontrak (contractual type) . Instrumen Pasar Modal Reksadana  Reksa dana tertutup (close-ended). Investor tidak dapat menarik kembali dana yang telah diinvestasikan  Reksa dana terbuka (open-ended). reksa dana akan ditutup setelah sejumlah dana terkumpul.

 Instrumen Pasar Modal Reksadana  Manfaat reksa dana : • • • • Pembentukan portofolio secara tidak langsung Memperoleh dividen atau bunga dari perusahaan reksa dana Memperoleh capital gain dari bunga penjualan portofolio reksa dana Memperoleh peningkatan nilai aktiva bersih dengan menjual reksa dana di pasar sekunder (untuk reksa dana berbentuk perusahaan) atau menjual kembali kepada perusahaan reksa dana yang menerbitkannya (reksa dana terbuka) .

 Instrumen Pasar Modal Instrumen derivatif  Merupakan sekuritas yang nilainya merupakan turunan dari suatu sekuritas lain. sehingga nilainya sangat tergantung dari harga sekuritas dasar  Waran (Warrant) • Opsi yang diterbitkan oleh perusahaan untuk membeli saham dalam jumlah dan harga yang telah ditentukan dalam jangka waktu tertentu. biasanya dalam beberapa tahun. Memberikan hak bagi pemiliknya untuk membeli sejumlah saham baru yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan harga tertentu (no dividen) Untuk mempertahankan proposi kepemilikan saham dan mengurangi biaya penerbitan emisi baru  Right Issue • • .

untuk mengurangi resiko gagalnya pelaksanaan kontrak Dapat berfungsi sebagai hedging (lindung nilai)  Futures • . pembeli di perbolehkan untuk tidak melaksanakan haknya Kontrak futures adalah perjanjian antara penjual dan pembeli. Instrumen Pasar Modal Instrumen derivatif  Opsi (Option) • • • • • • Hak untuk menjual atau membeli saham tertentu pada harga yang telah ditentukan Dapat berupa Call Option atau Put Option Memiliki karakteristik yang sama dengan opsi Perbedaannya pada instrumen opsi. Penjual akan memberikan asset yang ditunjuk pada waktu yang telah ditentukan dengan sejumlah dana (margin).

harga saham di perkecil dengan maksud agar pasar lebih luas karena harga menjadi lebih terjangkau  Saham Dividen • • •  Saham Bonus • . selama waktu tertentu pula dengan perbandingan atau harga tertentu. dapat ditukarkan menjadi saham dari perusahaan emiten Dividen diberikan dalam bentuk saham baru Untuk menahan laba untuk modal kerja Perusahaan menerbitkan saham bonus untuk pemegang saham lama Dimaksudkan untuk memperkecil harga saham yang bersangkutan. Instrumen Pasar Modal Instrumen derivatif  Obligasi Convertible • Obligasi yang setelah jangka waktu tertentu.