EKONOMI KOPERASI Arti, Pengertian, Definisi, Fungsi dan Peranan Koperasi / Koprasi Indonesia dan Dunia – Ilmu Ekonomi

Koperasi / Ekop Koperasi adalah merupakan singkatan dari kata ko / co dan operasi / operation. Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Berikut di bawah ini adalah landasan koperasi indonesia yang melandasi aktifitas koprasi di indonesia. - Landasan Idiil = Pancasila - Landasan Mental = Setia kawan dan kesadaran diri sendiri - Landasan Struktural dan gerak = UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1 A. Fungsi Koperasi / Koprasi 1. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian indonesia 2. Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi indonesia 3. Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara indonesia 4. Memperkokoh perekonomian rakyat indonesia dengan jalan pembinaan koperasi B. Peran dan Tugas Koperasi / Koprasi 1. Meningkatkan tarah hidup sederhana masyarakat indonesia 2. Mengembangkan demokrasi ekonomi di indonesia 3. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina, dan mengembangkan setiap potensi yang ada

Definisi Ekonomi Koperasi
Posted in Softskill 4 EB at 2:59 pm by Andami Fardela

Secara Garis Besar, Pengertian/Definisi Koperasi adalah jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum.

dengan menggunakan sistem manajemen usaha sbg badan usaha bisnis : profit maksimal. Koperasi adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama.Landasan Mental = Setia kawan dan kesadaran diri sendiri . 25 tahun 1992 Pasal 5 disebutkan prinsip koperasi. 3. Koperasi Sebagai Lembaga Ekonomi. badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.Landasan Struktural dan gerak = UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1 Fungsi dan Peran Koperasi Menurut Undang-undang No. 5. Koperasi Konsumen adalah koperasi beranggotakan para konsumen dengan menjalankan kegiatannya jual beli menjual barang konsumsi.Landasan Idiil = Pancasila . yaitu orang yang secara sukarela menjadi anggota koperasi. brand koperasi maksimal. Perorangan. 2. . Koperasi menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967. 2. merupakan badan usaha yang mampu menghasilkan keuntungan & pengembangan organisasi & usahanya. biaya minimal. 4. yaitu suatu koperasi yang menjadi anggota koperasi yang memiliki lingkup lebih luas. Berdasarkan pengertian tersebut. koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang. Menurut UU No.Koperasi adalah merupakan singkatan dari kata ko / co dan operasi / operation. Berikut di bawah ini adalah landasan koperasi indonesia yang melandasi aktifitas koprasi di indonesia. Badan hukum koperasi. Koperasi Produsen adalah koperasi beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dengan menjalankan kegiatan pengadaan bahan baku dan penolong untuk anggotanya. yaitu : 1. Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman. yang dapat menjadi anggota koperasi yaitu: 1. Koperasi Jasa adalah Koperasi yang bergerak di bidang usaha jasa lainnya. Koperasi melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi Pemasaran adalah koperasi yang menjalankan kegiatan penjualan produk/jasa koperasinya atau anggotanya. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa fungsi dan peran koperasi sebagai berikut: .

Keterlibatan anggota dalam koperasi dapat ditunjukkan dalam bentuk partisipasi anggota yang merupakan aktivitas yang mendorong kreativitas anggota. 4. Timbangan berarti keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya. 6. 2. 2. 3. Bintang dalam perisai artinya Pancasila. yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. 7. Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara indonesia. 5. Warna merah dan putih menggambarkan sifat nasional I Kekuatan dan Kelemahan Koperasi Untuk mencapai tujuan dan menjalankan fungsi dan peran tersebut. . Pohon beringin menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.1. Organisasi koperasi adalah suatu sistem yang menunjukkan mekanisme dan hubungan kerja sama antara perangkat organisasi yang ada di dalamnya. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi indonesia. 8. 8. Logo Koperasi Indonesia Lambang gerakan koperasi Indonesia memiliki arti sebagai berikut : 1. Sebagai urat nadi kegiatan perekonomian indonesia. Koperasi Indonesia menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia. Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. 4. 3. Kapas dan padi berarti menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi. Rantai melambangkan persatuan dan persahabatan yang kokoh. Roda bergigi menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus menerus. Kekuatan-kekuatan yang dimiliki kopersi Indonesia adalah sebagai berikut 1. 5. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional. kopersi memerlukan wadah berupa organisasi. merupakan landasan ideal koperasi. 7. 6.

. 6. Walaupun secar konstitusional koperasi cukup mendapat tempat dan kedudukan yang penting dalam perekonomian Indonesia. 2. Sering kali ditemukan kasus-kasus peyelewengan dan penyimpangan pengelolaan koperasi yang akhirnya membuat masyarakat menjadi antipati terhadap gerakan koperasi. Kumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan bersama sehingga akan muncul dukungan dalam bentuk partisipasi merupakan satu potensi untuk bersama-sama mengembangkan koperasi. Koperasi merupakan bagian integral dari perjuangan bangsa sejak kebangkitan nasional. 6. namun banyak masyarakat yang menganggap koperasi bukanlah salah satu usaha yang dapat menguntungkan secara ekonomi. Koperasi merupakan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang merupakan salah satu sumber hukum di Indonesia. dan untuk anggota. namun keinginan masyarakat untuk menjadi anggota koperasi masih rendah. 3. Kelemahan yang dimiliki oleh koperasi sebagai berikut 1. Sangat sedikitnya dukungan atau keberpihakan pemerintah dan lembaga keuangan untuk memajukan koperasi dibandingkan dengan dukungan yang diberikan kepada bentuk badan usaha yang lain. Keseimbangan pemanfaatan hak dan penekanan kewajiban yang harus dilakukan seluruh anggota karena koperasi milik semua anggota dan menjadi tanggung jawab bersama. Koperasi sering diidentikkan dengan standar hidup yang rendah karena sebagian besar anggota berasal dari kalangan menengah kebawah. Hal ini mencerminkan transparansi pengelolaan.2. 4. Anggota yang terhimpun merupakan konsumen yang potensial sekaligus sebagai produsen potensial. 5. 4. oleh. Belum tumbuh dan tertata dengan baik kerja sama dengan badan usaha-badan usaha lainnya dalam bentuk jaringan yang sifatnya saling mengisi dan saling menunjang sehingga koperasi sulit berkembang. 5. 3. Koperasi merupakan organisasi dari. dan secara ideologis dan normatif Pembukaan UndangUndang Dasar 1945 merupakan jiwa dari perekonomian Indonesia dan sistem perekonomian Indonesia.

Kelebihan Koperasi Yaitu:     Prinsip pengelolaan bertujuan memupuk laba untuk kepentingan anggota. Bersifat terbuka dan sukarela. Kekurangan Koperasi Yaitu:     Keterbatasan dibidang permodalan. Daya saing lemah. Setiap anggota memiliki hak suara yang sama. menyalurkan barang dan lain sebagainya. 3. 2. Dasar sukarela.Kelebihan koperasi di Indonesia antara lain: 1. Mengutamakan kepentingan Anggota. Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Kapitalisme Kapitalisme adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian seperti memproduksi baang. Dalam perekonomian kapitalis setiap warga dapat mengatur nasibnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis-jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara seperti air. bukan berdasarkan besarnya modal 4. Rendahnya kesaran berkoperasi pada anggota. listrik. Misalnya koperasi pertanian mendirikan pabik pengilingan padi. Anggota koperasi berperan sebagai konsumen dan produsen. Besarnya simpanan pokok dan simpanan wajib tidak memberatkan anggota. orang terhimpun dalam koperasi atau masuk menjadi anggota dengan dasar sukarela. gas lng. Semua orang bebas malakukan kompetisi untuk memenangkan persaingan bebas dengan berbagai cara. Dalam sistem ini pemerintah bisa turut ambil bagian untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan kegiatan perekonomian yang berjalan. 2. Bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan sematamata mencari keuntungan. dan lain sebagainya. telekomunikasi. . Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Sosialisme Sosialisme adalah suatu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah. Kemampuan tenaga professional dalam pengelolaan koperasi. tetapi bisa juga pemerintah tidak ikut campur dalam ekonomi. manjual barang. Semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba sebesarbesarnya.

juga penulis wacana yang menjadi dasar pembentukan sistem ekonomi sosial Ciri-ciri sistem ekonomi sosialis 1.Alat-alat produksi dan kebijaksanaan ekonomi semuanya diatur oleh negara 3. Faktor-faktor yang mendorong lahirnya sosialisme : 1. Lebih mengutamakan kebersamaan . 3. 2. dan diawasi oleh pemerintah secara terpusat. Pemerintah mengatur berbagai hal dalam ekonomi untuk menjamin kesejahteraan seluruh masyarakat. Namun tujuan sistem komunis tersebut belum pernah sampai ke tahap yang maju. .Pemerintah bertindak aktif mulai dari perencanaan. Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga 4. Sistem Perekonomian / Tata Ekonomi Komunisme Komunisme adalah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian. . sosialisme merupakan tahap persiapan ke komunisme.Tidak ada pengakuan atas hak-hak pribadi (individu) dalam sistem sosialis. mekanisme pasar dalam hal permintaan dan penawaran terhadap harga dan kuantitas masih berlaku. Adanya tuntutan-tuntutan berlakunya demokrasi dari hasil Revolusi Perancis Karl Max merupakan tokoh pengkritik kapitalisme di eropa dan penggugah perlawanan kaum buruh terhadap kapitalisme. sedangkan individu-individu fiksi belaka.Masyarakat dianggap sebagai satu-satunya kenyataan sosial. sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. Peran pemerintah sangat kuat . Munculnya pemikiran-pemikiran baru yang lebih terpelajar dan lebih rasional terhadap kehidupan manusia dan masyarakat 4. sehingga banyak negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut Sistem Ekonomi Sosialis Sistem Ekonomi sosialis yaitu sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya direncanakan.Pola produksi (aset dikuasai masyarakat) melahirkan kesadaran kolektivisme (masyarakat sosialis) . Jarang terjadi krisis ekonomi Kelemahan sistem ekonomi sosialis . Sifat manusia ditentukan oleh pola produksi . Setiap orang tidak diperbolehkan memiliki kekayaan pribadi. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan 5. pelaksanaan hingga tahap pengawasan. Pasar barang dalam negeri berjalan lancar 3. pengangguran dan masalah ekonomi lainnya 2. Karena bangkitnya kaum borjuis (majikan) dan kaum proletar (buruh) 3. dilaksanakan. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil hingga yang besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan pemerataan ekonomi dan kebersamaan.Dalam sistem ekonomi sosialisme atau sosialis.Pola produksi (aset dikuasai individu) melahirkan kesadaran individualisme (masyarakat kapitalis) Kelebihan sistem ekonomi sosialis 1. Karena adanya revolusi industri 2. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi. Sistem ekonomi sosialis tidak sama dengan sistem ekonomi komunis.

2) Mengakibatkan munculnya monopoli dalam masyarakat. Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya Negara yang menganut sistem ekonomi sosialis 1. dapat diperhatikan ciri-ciri sistem ekonomi liberal berikut ini. Mematikan inisiatif individu untuk maju 2. Uni Soviet Gambaran secara menyeluruh mengenai sistem ekonomi liberal. Vietnam 4. 1) Setiap orang bebas memiliki alat-alat produksi. Kuba 3. 4) Para produsen bebas menentukan apa dan berapa yang akan diproduksikan. Kekurangan sistem ekonomi liberal 1) Muncul kesenjangan yang besar antara yang kaya dan miskin. Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat 3. Individu Adanya memilih lapangan pekerjaan dari menyebabkan kreativitas berkembang. 2) Adanya kebebasan berusaha dan kebebasan bersaing. sendiri. 3) Kebebasan mudah disalahgunakan oleh yang kuat untuk memeras pihak yang lemah. 4) Produksi barang dan jasa didasarkan pada kebutuhan masyarakat.1. 4) Sulit terjadi pemerataan pendapatan. 5) Harga-harga dibentuk di pasar bebas. Berdasarkan ciri-ciri di atas. . sistem ekonomi liberal memiliki kelebihan dan kekurangan. 3) Campur tangan pemerintah dibatasi. Korea Utara 2. Kelebihan sistem ekonomi liberal 1) 2) 3) Setiap individu bebas persaingan diberi kebebasan memiliki kekayaan dan dan setiap sumber bidang individu daya usaha dapat produksi. 6) Produksi dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan laba serta semua kegiatan ekonomi didorong oleh prinsip laba. RRC (sudah mulai mengendur) 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful