Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www.banksoal.web.

id

1. Kalimat penutup surat yang tepat adalah....
a. Atas perhatian Anda, kami haturkan terima kasih. b. Atas kedatangannya, saya ucapkan terima kasih. c. Atas kerja sama Saudara, kami ucapkan banyak terima kasih. d. Atas partisipasi Bapak, saya ucapkan terima kasih.

2. Yang termasuk bagian-bagian surat resmi dan surat pribadi adalah a. alamat yang dituju, salam pembuka, nomor b. kepala surat, paragraf isi, lampiran c. salam pembuka, tembusan, inisial d. alamat yang dituju, paragraf pembuka, salam penutup

3. Wak Haji : “Hai, mengapa kalian berkelahi?” Dadang : “Anu...eng..anu...”

Wak Haji : “Anu, apa heh.” Juhana Wak Haji : “Si Dadang...Wak Haji.... : “Ada apa dengan si Dadang? Aku tahu kalian Mengeroyoknya. Mengapa sampai begitu?” Rojali :”..................” Jawaban yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah.... a. “Dia yang minta, Wak Haji.” b. “Dia ingin mentraktir kami.” c. “Biarlah, Wak Haji. Itu kesukaaan dia.” d. “Habis dia ikut campur urusan orang lain, Wak!”

4.

(1) Dipesta itu banyak tua muda sedang asyik menikmati hidangan. lain.

(2) Mereka

berpakaian mewah supaya menarik perhatian orang pikuk dan berdesakan.

(3) Suasana saat itu begitu hiruk

1

Hati-hati ada tikungan tajam di jalan itu. gurindam d... Yth.. Yth. Ibu H. Fatimah Jalan Kebaktian Dalam RT 05/08 No.. Makanan apa pun akan dilahapnya. Kalimat yang berantonim terdapat dalam kalimat nomor. b. 8..id (4) Mereka tidak peduli akan hal itu. a.banksoal. a. Asam kandis asam gelugur Kedua asam siriang-riang Menangis badan di dalam kubur Teringat badan tidak sembahyang Puisi lama di atas termasuk.. a. a. Penulisan alamat surat yang tepat adalah. Kalimat yang bermajas pars prototo terdapat dalam kalimat. syair c. pantun b. d. Kalau pulang malam-malam aku takut melewati kuburan...web.. Makna imbuhan –an pada kata kuburan sama dengan makna akhiran –an pada kalimat. 123 Bandung c. Sejak dari kemarin aku belum melihatnya. Bapak Rahman Jalan Bima/ 11A Bandung b. karmina 6.Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www. H. a. 1 b. Timbangan itu harus sudah diganti. Yth. Dra.. 2 c.. Sularso Jalan Jatinegara 5B Bandung.. 2 . Karanganmu sangat menarik dibaca. 7. c. 4 5... Kepada Yth. 3 d. Direktur PT Makmur Sejahtera Jalan Padaringan 32 Bandung d..

Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang dating membayang Batang usiaku sudah tinggi Makna penggalan puisi di atas adalah…. petang yang datang membayang c. c. 9. c. a. Marzuki secara terus-menerus. berbagai kalangan mendesak perlunya peningkatan komunikasi dan keimanan di kalangan masyarakat dan juga penanaman nilai-nilai agama Itishom. Kami ingin menjadi pengajar yang profesional. Silakan makan ala kadarnya. b. pagi yang bergerak menuju siang b..yang bermakna sama dengan kalimat di atas adalah. SMP Nurul Syifa memenangkan perlombaan itu. Jangan kausepelekan orang pendiam itu! 3 .Untuk mencegah tindak kekerasan ini. Pedagang itu sedang melamun karena sepi pengunjung. 10.. d. pagi yang hilang digantikan dengan petang 11.. d. Silakan kau ambil pembersih dulu. Aku ingin berbicara denganmu empat mata setelah pelajaran ini usai.. kekerasan semakin merajalela b.id b. komunikasi di kalangan masyarakat perlu ditingkatkan c. a. aksi kekerasan dan tawuran dapat dicegah jika pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan sejak dini pada anak-anak. Kalimat yang mengandung imbuhan pe.banksoal. Pengasuh pondok pesantren Al Arman Abdul mengutarakan aksi kekerasan dan dan nilai keimanan tawuran dapat dihindari jika pendidikan agama ditanamkan sejak dini pada anak-anak.Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www. Aksi kekerasan dan tawuran kini semakin marak dan memprihatinkan berbagai pihak. Isi berita tersebut adalah. a...web. penanaman nilai agama dan keimanan harus ditanamkan sejak dini d. Mereka seorang pendaki gunung. aku sudah tua d.

... a.. 2 c. menjadikan keong ini mudah untuk dikenali. (1) Sudah sepantasnya Adrian menerima perlakuan kasar dari temannya.. tidak banyak yang mengetahui bahwa tutut dapat menjadi penyebar penyakit cacingan pada tubuh manusia bila tidak diolah dengan benar. Mampirlah dulu di toko buku c.... (3) Selama ini Adrian tidak pernah menyadari kesalahannya itu.... Perasaan orang tua harus selalu kita jaga. berwarna hijau kehitaman... Berhenti dulu di tukang dodol d. dan pinggir sungai kecil. d. 14.. Sesama teman jangan saling mengeluarkan kata-kata jorok. keempat 15. 3 d.. 4 dalam kalimat 4 .. pinggir danau.. Jangan lupa membeli sepatu b.. a.. meruncing ke belakang.web. a.. ketiga d.... (3) Pemanfaatan tutut untuk dikonsumsi manusia bukanlah hal baru di Indonesia mengingat protein tinggi yang dikandungnya serta harganya yang jauh lebih murah dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Kalimat yang mengandung sinestesia terdapat dalam kalimat nomor.. kedua c. a.. Jalan-jalan ke Pasar Baru .... (1) Tutut (keong/ Bellamya javanica/ Viviparus javanica) adalah sejenis keong air tawar yang hidup di perairan dangkal berdasar lumpur dan ditumbuhi rerumputan air.. Jangan lupa membaca buku Hadapi UAN dengan pasti Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah. dengan aliran air jernih yang lamban seperti sawah... Memberi lebih mulia daripada meminta...... c... Membeli sepatu dan sikat gigi 13.. kesatu b.. kejadian itu sekarang mengubah perilakunya...banksoal..Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www. (4) Namun demikian... Kalimat yang menyatakan fakta pada paragraf di atas terdapat nomor... Yang mengandung majas eufemisme terdapat pada kalimat. b. (4) Memang.. Sudah seharusnya orang itu kita hormati walaupun dia hilang ingatan..id 12. (2) Adrian sering menyakiti perasaan temannya dengan perkataannya yang pedas. (2) Bentuk tutut yang seperti kerucut.. 1 b.

.. 2. Senangnya melewati hari-hariku bersama teman-teman d. a. 2 4 2 4 Suku kata 8-12 8-14 8-12 8-14 Rima a-a a-b-a-b a-a a-a-a-a Ciri-ciri syair terdapat pada nomor..itu merasa sakit.id 16... gatal kaki c. Semburan awan panas yang diikuti hujan abu-abu kerikil terus menyebar ke daerah di sekitarnya. 3 c. . Sungguh menyenangkan hidup di dunia ini.. menengok teman-teman yang sakit. 3.. Sehari saja tidak mengejek-ejek orang. gatal mulut b. Panasnya mencapai ratusan derajat celcius. Ia menggantungkan cita-citanya setinggi bintang di langit. 1.. 4. Hari-hariku selalu dipenuhi dengan keceriaan. 4 19.. Kami pun selalu kompak... Alangkah bahagia hatiku c.. gatal mata 18... bahkan bermain di mall selalu kami lakukan bersama. Setiap daerah yang dilaluinya hangus 5 . Semangat anak muda itu keras bagaikan baja. a. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah. Jadi. 2 d. 2. betapa bahagia hidup di dunia ini 20. Perhatikan tabel di bawah ini! nomor Baris per bait 1. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf pada buku harian di atas adalah. Teman-temanku di sekolah selalu membuatku tertawa.. 3 d.. 1 17. 1 b.banksoal.Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www. Burung-burung itu bersiul-siul menyambut sinar raja siang. Yang menggunakan majas perumpamaan terdapat pada kalimat.. b. 4 b. a. Mereka mulai mendayung bahtera rumah tangga. Belajar kelompok. 3. 2 c. 4. perempuan yang ..web. gatal tangan d. a.

Penduduk berseliweran.. Asap panas tergulung-gulung seolah-olah terus mengejar.Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www.banksoal... Jerit tangis terdengar di mana-mana. gulungan asap panas terus mengejar 6 .id terbakar. berlari menyelamatkan diri. Pokok pikiran paragraf di atas adalah. awan panas menyebar ke mana-mana b. penduduk mencari tempat yang aman d. daerah yang dilalui awan panas hangus terbakar c. a.web.

id NO.Soal dan kunci jawaban ini didownload dari www.banksoal. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 KUNCI D D D A A C D C D C NO.web. 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 KUNCI B D A B A A A C C A 7 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.