Strategi Dakwah Kata “strategi” sangat banyak digunakan dalam organisasi, perusahaan ataupun perkumpulan bahkan Negara.

Selain itu kata strategi juga sering digunakan dalam rangka mencapai tujuan tertentu yang lebih besar. Dengan demikian perlu kiranya untuk mendefinisikannya kembali. Strategi berasal dari kata “strategos” bahasa yunani yang berarti jenderal dalam militer. Hal ini tidaklah mengherankan karena pada awalnya penggunaan kata “strategi” didominasi oleh kalangan militer yang tentunya juga untuk kepentingan militer saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutannya kata ini menjadi akrab dan berkembang ke berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga (misalnya sepak bola dan tenis), catur, ekonomi, pemasaran, perdagangan, manajemen strategi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, strategi didefinisikan sebagai: 1. Ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai 2. Ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul -- seorang perwira di medan perang 3. Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus 4. Tempat yang baik menurut siasat perang. Terdapat empat unsur penting yang harus diperhatikan dalam pengertian strategi, yaitu: kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Olehnya itu kata “Strategi” dibedakan dengan kata “taktik”. “Taktik” memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, meski pada umumnya orang sering kali orang tidak dapat membedakan keduanya. Untuk memahaminya perhatikan Contoh berikut, Kata "Strategi untuk memenangkan keseluruhan kejuaraan sedangkan “taktik“ untuk memenangkan satu pertandingan". Adapun kata “dakwah” diambil dari bahasa arab yaitu ‫وة‬ َ‫ع‬ ْ‫د‬ َ -‫و‬ ْ‫ع‬ ُ‫د‬ ْ‫ي‬ َ – ‫عا‬ َ‫د‬ َ yang berarti memanggil, mengundang, seruan, ajakan dan panggilan. Sehingga apapun yang bersifat mengajak, memanggil dan mengundang dapat diartikan sebagai dakwah, seperti undangan dalam bahasa arab disebut dengan nama da’wah. Keumuman kata dakwah dari segi bahasa ini juga dapat ditemukan dalam Al-Qur'an surat Fatir ayat 6, yang menunjukan bahwa kata dakwah juga dipergunakan tidak hanya untuk kebaikan akan tetapi juga dipergunakan dalam rangka mengajak kepada perbuatan dosa dan maksiat. Lihat Qur’an surat Fatir (35) : 6; Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2134916-strategi-dakwah/#ixzz1surtJKjr

PENGERTIAN STRATEGI DAKWAH
A. PENGERTIAN STRATEGI DAKWAH

Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan management untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi untuk mencpai tujuan tersebut, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana tekhnik (cara) operasionalnya. Dengan demikian strategi dakwah merupakan perpaduan dari perencanaan (planning) dan management dakwah untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam mencapai tujuan tersebut strategi dakwah harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara tekhnik (taktik) harus dilakukan, dalam arti kat bahwa pendekatan (approach) bias berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi.Untuk mantapnya strategi dakwah, maka segala sesuatunya harus dipertautkan dengan komponen-komponen yang merupakan jawaban terhadap pertanyaan dalam rumus Lasswell, yaitu: * * * * * In To With Who? Says Which Whom? what (Siapa What? Channel? (Siapa Effect? (Efek da'i (Pesan (Media Mad'unya apa atau penyampai apa apa atau yang pesan yang yang dakwahnya?) disampaikan?) digunakan?) pendengarnya?) diharapkan?)

Pertanyaan "efek apa yang diharapkan" secara emplisit mengandung pertanyaan lain yang perlu dijawab dengan seksama. Pertanyaan tersebut, yakni : > > > Why When How (Mengapa (Kapan (Bagaimana dilaksanakan dilaksanakannya?) melaksanakannya?) demikian?)

Tambahan pertanyaan tersebut dalam strategi dakwah sangat penting, karena pendekatan (approach) terhadap efek yang diharapkan dari suatu kegiatan > > > dakwah bisa Menyebarkan Melakukan Melaksanakan berjenis-jenis, yakni : Informasi Persuasi Instruksi.

B.

PENTINGNYA

STRATEGI

DAKWAH

Pentingnya strategi dakwah adalah untuk mencapai tujuan, sedangkan pentingnya suatu tujuan adalah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Fokus perhatian dari ahli dakwah memang penting untuk ditujukan kepada strategi dakwah, karena berhasil tidaknya kegiatan dakwah secara efektif banyak Dengan demikian ditentukan strategi dakwah, baik oleh secara makro strategi maupun secar dakwah mikro mempunyai itu funsi ganda, sendiri. yaitu :

a. Menyebarluaskan pesan-pesan dakwah yang bersifat informative, persuasive dan instruktif secara sistematik kepada sasaran untuk memperoleh

hasil

optimal.

b. Menjembatani "Cultur Gap" akibat kemudahan diperolehnya dan kemudahan dioperasionalkannya media yang begitu ampuh, yang jika dibiarkan akan merusak nilaii-nilai dan norma-norma agama maupun budaya.

Bahasan ini sifatnya sederhana saja, meskipun demikian diharapkan dapat menggugah perhatian para ahli dakwah dan para calon pendakwah yang sedang atau akan bergerak dalam kegiatan dakwah secara makro, untuk memperdalaminya.

Jika kita sudah tau dan memahami sifat-sifat mad'u, dan tahu pula efek apa yang kita kehendaki dari mereka, memilih cara mana yang kita ambil untuk berdakwah sangatlah penting, karena ini ada kitannya dengan media yang harus kita gunakan. Cara bagaimana kita menyampaikan pesan dakwah a. tersebut, Dakwah Dipergunakan Sewaktu apabila kita kita bias secara mengharapkan mengambil salah tatap efek perubahan umpan satu dari muka tingkah balik laku dua tatanan (face (behavior di bawah to change) (immediate dari ini : face) mad'u. feedback).

menyampaikan

memerlukan

langsung

- Dapat saling melihat secara langsung dan bisa mengetahui apakah mad'u memperhatikan kita dan mengerti apa yang kita sampaikan. Sehingga umpan b. Kelebihannya Pada Tidak umumnya begitu Kelemhannya dapat mencapai mad'u Kelemahannya mad'u balik yang dapat Dakwah banyak ampuh digunakan untuk diubah tetap tingkah lakunya relative, melalui untuk mengubah tidak dalam jumlah yang dakwah tingkah menyenangkan sejauh bisa berdialog kita. dengannya. media. informatife. laku. persuasive besar.

C.

PERANAN

DA'I

DALAM

STRATEGI

DAKWAH

Dalam strategi dakwah peranan dakwah sangatlah penting. Strategi dakwah harus luwes sedemikian rupa sehingga da'i sebagai pelaksana dapat segera mengadakan perubahan apabila ada suatu faktor yang mempengaruhi. Suatu pengaruh yang menghambat proses dakwah bisa datang sewaktuwaktu, lebih-lebih jika proses dakwah berlangsung melalui media.

Menurut konsep A.A Prosedure, bahwa dalam melancarkan komunikasi lebih baik mempergunakan pendekatan, apa yang disebut A-A Proceedure atau From A I D D A Maknanya Attention to Action Procedure yang di singkat AIDDA. Lengkapnya adalah sebagai berikut :

Attention Interest Desire Decision Action

(Perhatian) (Minat) (Hasrat) (keputusan) (Kegiatan) :

# Proses pentahapannya dimulai dengan membangkitkan perhatian (attention). Dalam hal ini pada diri seorang da'i harus menimbulkan daya tarik (source attactiveness).

# Sikap da'i berusaha menciptakan kesamaan atau menyamakan diri deengan mad'u sehingga menimbulkan simpati mad'u pada da'i. # Dalam membangkitkan perhatian hindarkan kemunculan himbauan (appeal) yang negative sehingga menumbuhkan kegelisahan dan rasa takut. # Apabila perhatian mad'u telah terbangkitkan, hendaknya disusul dengan upaya menumbuhkan minat (interest) yang merupakan derajat lebih tinggi dari perhatian.

# Minat adalah kelanjutan dari perhatian yang merupakan titik tolak bagi timbulnya hasrat (desire) untuk melakukan suatu kegiatan yang diharapkan mad'u. # Hasrat saja pada diri mad'u belum berarti apa-apa, sebab harus dilanjutkan dengan keputusan (decission), yakni keputusan untuk melakukan kegiatan (action) sebagaimana diharapkan da'i.

D.

STRATEGI

DAKWAH

Dengan strategi dakwah seorang da'i harus berfikir secara konseptual dan bertindak secara sistematik. Sebab komunikasi tersebut bersifat

§ § § § § § § § 5. Efek konatif . Dan tujuan pada paradigma tesebut . Hadits. pemimpin. § Efek yang tadinya bingung dengan menjadi merasa jelas. berita. yakni "mengubah sika. § § § Selektif dan kritis Komponen Sifatnya. Maksudnya. khususnya jika banyak dan berkaitan dengan meminta Surat Dan Film Publikasi Isinya Pesan Bahasanya Tidak dakwah Meyakinkan menggambarkan tema Media sesuai Sistematis ringan sesuai harus dengan tidak pesan secara dengan Para Para da'i da'i haus Da'i pandai harus memilih adalah Pesan dan situasi panjang Alqur'an dan dan Mengetahui cara Menggabungkan Menguasai berdakwah. yang tadinya tidak memahami. usaha yang cenderung menjadi suatu kegiatan atau tindakan. menyeluruh. perasaan Contohnya. kompleks. gembira. mengarahkan. sehingga timbul pada diri mad'u efek afektif. keraguan. judul. Mengevaluasi tanggapan efek dari mengarus umpan balik menjadi terseut umpan negative atau balik. efek kognitif. opini atau pandangan dan perilaku". § Efek konatif (efek behavioral). tajuk rencana. Dakwah objektif. setempat. § § § § § § 4. Dakwah Radio Mimbar Televisi lainnya Teater Majalah Reklame Kabar Mad'u perhatian. Efek Dakwah § Efek kognitif (cognitive effect). § § § § § § § 3. pengetahuan huukum Islam lainnya. kesal. baik. Paradigma adalah pola yang mencakup sejumlah komponen yang terkorelasikan secara fungsional untuk mencapai suatu tujuan. marah. mengawasi dan dan modern. dan efek konatif atau behavioral. kecewa. ibadah. positif. § Dalam menyusun strategi dakwah harus attitude. pesan yang sampai kepada mad'u efeknya dalam bentuk § 2. upaya. Dakwah proses komunikasi yang akan dilancarkan. muamalah. kondisi. berhubungan dengan pikiran atau penalaran. lebar. tekad. kepentingannya 6. dan dan menjauhkan imam berpenampilan yang membawa dan yang kepada dan pengetahuan lama bahasa pengajaran. Misalnya. mulia. afektif. berkaitan perasaan. Sejarah nabi. Da'i § Mendalami pengetahuan Alqur'an dan Hadits. bersangkutan deengan niat. meragukan. tidak "melurus" (linear). sehingga khalayak yang semula tidak tahu. Proses menghayati § Proses dakwah harus berlangsung secara "berputar"(circular). Suatu paradigma mengandung tujuan. benci artikel dan dan masih sebagainya. dan pengetahuan Islam lainnya. system pendidikan Berakhlak bijaksana. opinion and behavior).paradigmatik. banyak lagi. akhlak. memperhatikan suatu yang paling heterogen pesan dakwah. (to change the 1.

[9] Salahuddin Sanusi (1964) menyatakan bahwa: Dakwah ialah mendorong manusia agar berbuat kebaikan dan menuruti petunjuk menyuruh mereka berbuat kebajikan. Teori Dakwah dan Transformatif. seorang suami yang bertekad berkeluaga dengan dua anak saja merupakan efek konatif setelah ia menyaksikan fragmen acara televisi. menjadi baik sesuai Islam.[7] Syekh Ali Mahfudz (1970).[12] Dari sekian banyak pengertian dakwah yang dikemukakan oleh para ahli dakwah. pembinaan dan pembentukan masyarakat yang bahagia dunia dan akhirat melalui ajakan yang kontinyu kepada kebaikan serta mencegah mereka dari hal-hal yang mungkar. dan untuk mencapai keberhasilan dakwah. seruan. v Syihata.[3] Menurut ahli bahasa. ucapan dan perbuatan yang mengandung ajakan dan seruan. Jakarta: Depag. dikemas secara apik dan profesional serta dikembangkan secara terus menerus mengikuti irama dan dinamika perubahan zaman dan masyarakat. Effendy. dan melarang mereka dari perbuatan mungkar agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Misalnya.[13] 1. amar ma’ruf nahi munkar untuk mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat.[2] Sedangkan tujuan suatu strategi ialah untuk merebut kemenangan atau meraih suatu hasil yang diinginkan. Uchjana.[8] Prof. 1. 3.[11] Prof.[1] Di samping itu dapat pula berarti “kemampuan yang terampil dalam menangani dan merencanakan sesuatu”. Untuk memperoleh batasan terhadap pengertian strategi dakwah. LAKPESDAM Citra Aditya NU. Oleh sebab itulah. Bakti Pustaka 2006. Sehubungan dengan hal tersebut di atas. maka dapat disimpulkan bahwa: Dakwah pada hakekatnya adalah suatu kegiatan usaha atau aktivtias yang mengandung jakan. Toha Yahya Omar. maka terlebih dahulu kita berikan terhadap kata strategi dan lafadz dakwah secara terpisah. Filsafat Komunikas. 1. Daftar v v Hafidz. sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat. Pengertian Strategi Perkataan strategi pada mulanya dihubungkan dengan operasi militer dalam skala besar-besaran. 2003. 1994). panggilan. baik secara individu sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya masing-masing maupun secara berkelompok atau kelembagaan yang diorganisir secara rapi dan modern. Konsep Dasar Strategi Dakwah Dakwah pada dasarnya adalah suatu proses yang berkesinambungan yang merupakan aktivitas dinamis yang mengarah kepada kebaikan. (Salahuddin . maka efektifitas dan efisiensi dalam menyelenggarakan dakwah merupakan suatu hal yang harus mendapat perhatian dengan diproses melalui strategi dakwah yang mapan. A. Tujuan Dakwah yang artinya menyeru (mengajak kepada sesuatu). baik langsung atau tidak langsung ditujukan kepada orang perorangan. 16: 125). Hasyimi mendefinisikan bahwa dakwah yaitu mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariah Islam yang terlebih dahulu telah diyakini dan diamalkan oleh pendakwah (Dai) sendiri. strategi dapat berarti “ilmu tentang perencanaan dan pengarahan operasi militer secara besar-besaran”. Jakarta: Bandung: PP PT. Dakwah dengan arti seperti itu dapat dijumpai dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Abdullah Onong Cholis. 2. Dakwah Menurut Istilah Dakwah menurut istilah adalah: Segala sesuatu dan kegiatan yang disengaja dan berencana dalam wujud sikap. maka kegiatan dakwah merupakan kewajiban bagi umat Islam secara keseluruhan. dkk. dakwah adalah memperbaiki keadaan kaum muslimin dan memberi petunjuk kepada orang-orang kafir untuk memeluk Islam. Oleh sebab itu. betapa bahagianya beranak dua dan sebaliknya betapa repotnya beranak banyak. Abdullah. A. MA (1971) menyatakan bahwa dakwah menurut Islam adalah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar. kata dakwah di ambil dari perkataan “ ?????? ??? ?? ” Sanusi. dorongan dan panggilan kepada seluruh umat manusia untuk berbuat baik dan mengikuti petunjuk (kebenaran) dari Allah dan Rasul-Nya. Atau dapat juga didefinisikan dengan usaha untuk merubah keadaan yang tidak islami. memberi batasan mengenai: Dakwah adalah mendorong manusia agar berbuat kebaikan dan menuruti petunjuk. seruan. (QS.[6] Syekh Muhammad Abduh dan Mochtar Husein (1986). Dakwah Islamiyah. 1986. undangan atau mengajak. sebagai berikut: 1. Ilmu. Di antaranya surah an-Nahl ayat 125: í÷?$# 4?n<Î) È@?Î6y? y7În/u? ÏpyJõ3Ïtø:$$Î/ ÏpsàÏãöqyJø9$#ur ÏpuZ|¡ptø:$# ( Oßgø9Ï?»y_ur ÓÉL©9$$Î/ }?Ïd ß`|¡ômr& 4… Terjemahnya: Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. masyarakat atau golongan supaya tergugah jiwanya.[4] 1. [5] Adapun dakwah menurut para ahli adalah sebagai berikut: Al-Bahi Khuli (1979) menyatakan bahwa dakwah adalah memindahkan suatu situasi manusia kepada situasi yang lebih baik.[10] Hafidz Abdurrahman memberikan pengertian dakwah adalah: Seruan kepada orang lain agar melakukan kemakrufan dan mencegah daripada kemungkaran. menyuruh mereka berbuat kebajikan dan melarang mereka dari perbuatan kemungkaran agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Pengertian Dakwah 2. Dakwah Menurut Bahasa Kata dakwah berasal dari bahasa Arab dalam bentuk masdar dari kata kerja artinya ??? ? ???? ? ???? “ajakan.timbul setelah muncul efek kognitif dan afektif. memanggil atau menyeru”. terpanggil hatinya kepada ajaran Islam untuk selanjutnya mempelajari dan menghayati serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sasaran yang berhubungan dengan golongan masyarakat dilihat dari segi profesi atau pekerjaan. serta masyarakat di daerah. yaitu menyangkut tata cara berhubungan baik secara vertikal dengan Allah swt. siasat. Sayyid Abdullah bin Alwi al-Haddad (1980) menerangkan delapan macam-macam dakwah (golongan manusia). pendengar. yaitu meningkatnya hubungan seorang pengemban dakwah dengan Allah swt. dan tak mau beriman kepada Allah dan Rasulullah . kota besar dan kecil. semuanya sama saja. bahwa strategi dakwah adalah merupakan metode. mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh. tuna wisma. 3. Negara Pembagian ini untuk memudahkan pembagian bentuk aktifitas dakwah yang wajib dipikul oleh masing-masing kelompok. remaja dan orang tua. Baik kemungkaran yang dilakukan oleh pribadi.[20] 1. Sasaran yang berhubungan dengan golongan masyarakat dilihat dari segi tingkat usia. C. buruh. dengan jalan merubah orang. maupun secara horizontal dengan sesama manusia dan seluruh makhluk-makhluk Allah. seperti golongan petani. Obyek dan Materi Dakwah 1. pedagang. tuna karya. Sasaran yang menyangkut kelompok masyarakat dilihat dari segi sosiologis. Juga meliputi kema’rufan yang diserukan kepada pribadi. pegawai negeri dan lain-lain. 2. Sasaran yang menyangkut kelompok masyarakat dilihat dari segi jenis kelamin seperti laki-laki dan perempuan. yakni : Pertama Kedua Ketiga Keempat Kelima Keenam Ketujuh : Golongan para ulama : Golongan ahli Zuhud dan Ibadah : Golongan penguasa dan pemerintah : Golongan kaum pedagang dan pegawai : Golongan kaum lemah dan fakir miskin : Golongan keluarga dan para hamba : Golongan ahli taat dan durhaka dari orang-orang yang biasa Kedelapan : Golongan orang yang tak mau menerima dakwah Allah dan Rasulullah. Materi Dakwah Materi dakwah adalah pesan-pesan atau segala sesuatu yang harus disampaikan oleh subyek kepada obyek dakwah. kelompok. taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas atau kegiatan dakwah. Subyek. decorder atau komunikan yang menerima dakwah (Islam).[14] Adapun secara rinci tujuan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Azas Filosofis Azas ini terutama membicarakan masalah yang erat hubungannya dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam proses atau dalam aktivitas dakwah. 7.[17] 1. dapat pula dibagi menjadi: 1. misalnya masyarakat terasing. Menyeru orang kafir agar masuk Islam 2. 4. seperti golongan priyayi. Sebab. hukum syara telah menetapkan perbedaan yang wajib dipikul oleh masing-masing kelompok tersebut. Obyek Dakwah Obyek dakwah ialah sasaran. abangan dan santri. kelompok. baik yang menyangkut sikap mental maupun sikap lakunya dan sifat-sifat yang dimiliki. Aqidah.[15] Inilah yang digambarkan dan dimaksudkan oleh Allah swt. narapidana dan sebagainya. khususnya pada masyarakat Jawa. yaitu: 1. Sasaran yang menyangkut golongan masyarakat dilihat dari segi tingkat hidup sosial ekonomi seperti golongan orang kaya. 1. hubungan orang tersebut menjadi dekat dengan-Nya. 3. Menegakkan kema’rufan dan mencegah kemunkaran. ataukah perempuan. pembaca. pemirsa. Sasaran yang menyangkut golongan masyarakat dilihat dari segi struktur kelembagaan berupa masyarakat. pedesaan. B. Azas-Azas yang Menentukan Strategi Dakwah Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. yaitu orang Islam. menengah dan miskin. Sasaran yang berupa kelompok-kelompok masyarakat dilihat dari segi sosial kultural. sesuai dengan perintah dan larangan Allah. Dan ini juga menyangkut hubungan manusia dengan sesamanya (hablun minallah dan hablun minannas). seniman.[16] Adapun nilai yang ingin diwujudkan ketika melaksanakan aktivitas dakwah Islam adalah nilai spiritual. yang ada di dalam Kitabullah maupun sunnah Rasul-Nya. semua wajib memikul kewajiban dakwah. Sasaran yang berhubungan dengan golongan dilihat dari segi khusus. mana yang halal dan haram. 3.Tujuan dakwah Islam adalah “merubah keadaan yang tidak islami menjadi islami agar dapat mendekatkan diri kepada Allah swt”. 3. yang menyangkut sistem keimanan/kepercayaan terhadap Allah swt. Kelompok (jamaah) 3. pemerintah. 2. maupun negara. yang peranannya sangat menentukan sekali dalam proses pencapaian tujuan dakwah. dan keluarga. Akan tetapi untuk memudahkan pembagian tersebut. menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. yaitu rangkaian ajaran yang menyangkut aktivitas manusia muslim di dalam semua aspek hidup dan kehidupannya. merekalah orang-orang yang beruntung. Akhlaq. penerima. baligh dan berakal. kelompok atau negara yang rusak menjadi baik. yang meliputi semua bentuk kema’rufan dan semua bentuk kemunkaran. audience. Azas kemampuan dan keahlian dai (achievement and professional) . maupun masyarakat serta negara. maka operasionalisasi dakwah harus memperhatikan beberapa azas dakwah antara lain: 1. 2. Yang dengan begitu. seperti golongan anak-anak. Menyeru kepada orang Islam agar melaksanakan hukum Islam secara total. Apakah laki-laki. 8.[19] 1. 6. yang pada pokoknya mengandung tiga prinsip. Guna optimalisasi strategi dakwah dalam memenuhi target dan tujuan. dan ini menjadi landasan yang fundamental dalam keseluruhan aktifitas seorang muslim. keseluruhan ajaran Islam. Pribadi 2. 5. mana yang mubah dan sebagainya. khalayak. Subyek Dakwah Orang yang melaksanakan dakwah Islam adalah orang yang terkena taklif syar’i dakwah Islam. di dalam Al-Qur’an surah Ali-Imran Ayat 104 yang berbunyi: `ä3tFø9ur öNä3YÏiB ×p¨Bé& tbqããô?t? ?n<Î) Î?ös?ø:$# tbrããBù’t?ur Å$rã÷èpRùQ$$Î/ tböqyg÷Zt?ur Ç`tã ̍s3YßJø9$# 4 y7Í ´¯»s9′ré&ur ãNèd ?cqßsÎ=øÿßJø9$# ÇÊÉÍÈ Terjemahnya: Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan. seperti golongan masyarakat tuna susila. jamaah.[18] Adapun sasaran dakwah yang dimaksudkan adalah: 1. Syariat.

Sebab. Misalnya politik pemerintah setempat. yaitu: (a) Membiasakan diri belajar dan bekerja. Wahyuanto dan Taslim Suyitno menyatakan bahwa: “Pembinaan mental adalah pemberian pemahaman dan penghayatan dalam jiwa seseorang termasuk pikiran. dalam rangka pembinaan mental remaja diterapkan dalam berbagai bentuk pembinaan mental. E. (g) membiasakan diri bertanggung jawab. (j) membiasakan diri menjauhkan rasa benci atau dendam. (i) membiasakan mengendalikan atau menahan diri dan berhemat. pendidikan. pembinaan mental adalah suatu kegiatan untuk membantu seseorang (peserta) agar mengenal dan mengembangkan diri menurut gambaran dan cita-cita hidup yang sehat dan benar.[26] Pendapat di atas memberi gambaran bahwa bentuk pembinaan mental lebih ditekankan pada upaya membiasakan berperilaku yang baik dalam kehidupan. yaitu training yang berarti latihan. karena nilai-nilai mental dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri. mayoritas agama di daerah setempat. Sebagaimana dikemukakan oleh Jusuf Suit dan Almasdi. Pembinaan lebih menekankan perkembangan manusia pada segi praktis berupa pengembangan sikap mental. Sementara itu. biaya dan tenaga sedikit dapat mencapai hasil yang semaksimal mungkin atau setidak-tidaknya seimbang antara keduanya. pengetahuan dan kecakapan. waktu maupun tenaga yang dikeluarkan dengan pencapaian hasilnya. Sosio kultural sasaran dakwah dan sebagainya. (c) membiasakan diri berlaku jujur. Apalagi masalah agama. Dengan upaya pembinaan mental ini diharapkan tertanam prilaku yang baik serta pengamalan perilaku-perilaku yang baik tersebut dalam kehidupannya”. perasaan emosi dan kesadaran yang menggabung dalam kepribadian seseorang. yang timbul dari hati yang disertai pula oleh rasa tanggung jawab atas kelakuan atau tindakan tersebut. D. Untuk itu. Jadi. didikan dan arahan. datangnya dari keyakinan beragama. (b) membiasakan diri menghargai dan memanfaatkan waktu. misalnya ibadah. filosofis sasasaran dakwah. (2) mengarahkan agar rajin mengikuti pengajian-pengajian.[23] Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Zamaluddin Bukhari bahwa: “Pembinaan mental merupakan pembinaan kelakuan yang sesuai dengan ukuran-ukuran (nilai-nilai masyarakat). Ketenangan jiwa dapat pula dilakukan dengan beragama sungguh-sungguh. Pembinaan mental yang paling baik sebenarnya terdapat dalam ajaran agama. (d) membiasakan diri berjuang dan menghadapi tantangan. Selanjutnya Anwar Masy’ari mengatakan bahwa: Bentuk-bentuk pembinaan mental keislaman bagi remaja-remaja Islam dapat ditempuh melalui pengajian Al-Qur’an yang dapat dilakukan setiap saat guna menumbuhkembangkan kegemaran remaja membaca Al-Qur’an dan belajar (ceramah) dan diskusi tentang keislaman serta kegiatan-kegiatan sosial seperti peringatan hari-hari besar Islam dan mengarahkan remaja untuk terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan yang bercirikan Islam[28] . karena menjadi bagian dari kepribadian seseorang. 1.Azas ini membahas mengenai kepribadian seorang da’i yang pada dasarnya mencakup masalah sifat. begitupun sasaran dakwahnya yang memiliki karakteristik (kejiwaan) yang unik yakni berbeda satu sama lainnya. Selanjutnya. Konsep Pembinaan Mental Penekanan utama bangsa Indonesia dalam pembangunan adalah diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan di samping menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) juga harus memiliki mental (akhlak) yang benar demi terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya. menurut Zakiah Darajat. yang merupakan masalah idiologi atau kepercayaan (rohaniah) tak luput dari masalah-masalah psychology sebagai azas (dasar) dakwahnya. jaya atau suksesnya suatu dakwah sangat tergantung pada kepribadian dari pembawa dakwah itu sendiri. sehingga selayaknya sejak kecil seseorang dilatih dibimbing dan dibina mentalnya. karena ibadah dapat meluhurkan perbuatan manusia. Ketenangan jiwa dapat diupayakan melalui kegiatan bimbingan dan binaan. 1. sikap dan perasaan. Bagi umat Islam bentuk pembinaan anak dan remaja dapat dilakukan dengan memberi contoh dan membiasakan melakukan perbuatanperbuatan yang baik sesuai dengan ajaran-ajaran Islam. sehingga perlu diperhatikan hal-hal berupa contoh yang baik serta pembentukan tingkah laku yang baik pula. emosi. karena dalam kegiatan-kegiatan itu terkandung ajakan untuk selalu berbuat baik. (k) membiasakan diri berperilaku tertib dan sopan. Bentuk Pembinaan Mental Pembinaan mental diwujudkan dalam rangka menggali potensi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (f) membiasakan diri memberikan rasa kepedulian. Melalui tindakan inilah yang tercermin hasil terbinanya mental seseorang”. Seorang da’i adalah manusia. beliau mengungkapkan bahwa: “Pembinaan mental adalah pembinaan jiwa. pendidikan dan latihan mengenai hal-hal yang berkenaan dengan kepribadian dan mental atau jiwa seseorang yang hasilnya dapat berwujud dalam perilaku-perilaku yang baik dan terpuji.[21] 1. Untuk itulah diperlukan upaya pembinaan moral terutama pada kalangan remaja. Azas Efektifitas dan Efisiensi Azas ini maksudnya adalah di dalam aktivitas dakwah harus berusaha menyeimbangkan antara biaya. Azas Sosiologis Azas ini membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan situasi dan kondisi sasaran dakwah.[27] Pendapat di atas memberi gambaran bahwa bentuk-bentuk pembinaan mental lebih ditekankan pada pemberian arahan dan bimbingan dalam membentuk ajaran-ajaran agama. Mangunhardjana mengemukakan bahwa: “Pembinaan dimengerti sebagai terjemahan dari bahasa Inggris. ceramah-ceramah agama dan kegiatan keagamaan lainnya. 1. sikap dan kemampuan diri pribadi da’i yang ketiganya sudah dapat mencakup keseluruhan kepribadian yang harus dimilikinya. karena agama itu sendiri merupakan psikoterapi”. Dengan demikian pembinaan mental yang dimaksudkan adalah upaya pemberian bimbingan. pembinaan. Pembinaan mental meliputi berbagai unsur di antaranya adalah sikap. (h) membiasakan diri memelihara kesehatan. bahwa: pembinaan mental adalah terkait erat dengan pembinaan keyakinan.[25] Hal ini berarti bahwa pembinaan mental merupakan upaya untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman yang kemudian dihayati serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. pengajian-pengajian.[24] Dengan kata lain upaya pembinaan mental diarahkan pada tercapainya tingkah laku atau perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai atau norma yang berlaku dalam masyarakat. ceramah agama maupun kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. Azas Psychologis Azas ini membahas masalah-masalah yang erat hubungannya dengan kejiwaan manusia. dan (l) membiasakan diri menghargai hak dan pendapat orang lain.[22] Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa: “Pembinaan mental adalah pengembangan kepribadian (personality development training) atau pembinaan sikap (Attitude training)”. bahwa secara garis besar pembinaan sikap mental dapat dibagi dalam beberapa hal. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Mahjudin yang mengatakan bahwa: Menanamkan nilai-nilai akhlak/moral kepada anak remaja dapat dilakukan dalam bentuk: (1) mengarahkan dan mengajak untuk selalu mengerjakan ibadah. bahkan kalau bisa waktu. (e) membiasakan diri bersikap sungguh-sungguh. Muslimin Nurdin mengatakan bahwa: “Pembinaan berarti mengembangkan fitrah anak agar kebaikan yang masih berupa potensi dapat terpelihara dan ditingkatkan melalui pengetahuan dan penghayatan sehingga melahirkan keyakinan dan diimplimentasikan dalam perbuatan sehari-hari”.

dakwah dengan media elektronik DAKWAH DENGAN MEDIA ELEKTRONIK PENGERTIAN DAKWAH Pengertian dakwah bagi kalangan awam disalahartikan dengan pengertian yang sempit terbatas pada ceramah.. Jilid I.[29] Pendapat di atas memberi gambaran bahwa upaya pembinaan generasi muda masih terhambat dengan kurangnya sarana dan prasarana penunjang dan kurangnya acuan yang jelas tentang pembinaan serta belum adanya hubungan atau kerjasama yang baik antara orang tua. 76. Sejalan dengan itu. serta kurang aktifnya tenaga pembina. atau dengan kata lain pembinaan mental tersebut belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. khutbah atau pengajian saja. 1. 75. Pemahaman dan Pengamalan Dakwah (Surabaya: Al-Ikhlas. 32. [10]Zulkifli Musthan. h. [26]Jusuf Suit dan Almasdi.. [23]Muslimin Nurdin. [5]Zulkifli Musthan. 13. 1989). h. Hafi Anshari. 74.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa untuk membina mental remaja pada umumnya. [20]M. 1995). h. op. [25]Wahyuanto dan Taslim Suyitno. h.cit.. (2) tidak seimbangnya jumlah remaja (pemuda) dengan fasilitas (sarana/prasarana) pembinaan.. op. [2]Ibid. dari sebuah tempat paling indah di dunia. 1990). 1993). Islam Politik dan Spiritual (Cet. I.cit. Kata kerjanya da’aa yang berarti memanggil. (2) kurangnya kerjasama/perhatian orang tua. op. 1996). Pembinaan.cit. 13.cit. h. maka dapat dikatakan bahwa hambatan-hambatan dalam upaya pembinaan mental generasi muda. Berikut akan kita bahas pengertian dakwah secara etimologis dan pengertian dakwah secara terminologis. h. 1. op. Pentingnya Pembinaan Moral Generasi Muda dalam Pembangunan Bangsa. (Jakarta: Bulan Bintang.cit. 1991). [4]Departemen Agama RI. 231.. Aspek Sikap Mental dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. 964. Singapura: Lisan al-Haq. 97.. masyarakat termasuk pemerintah. Saya. [11]Hafidz Abdurrahman. Simanjuntak. [16]Departemen Agama RI. Abied. Membentuk Pribadi Muslim (Jakarta: Al-Maarif. antara lain adalah: (1) kekurangserasian hubungan antara lingkungan sosial. h. [9]Toha Yahya Omar. [3]Zulkifli Musthan. [14]Hafidz Abdurrahman. [13]Zulkifli Musthan. 4. Ilmu Dakwah (Cet. 3. 146. Membina Anak-anak (Surabaya: Al-Ikhlas. 233-234. 10. Menurut B. 233.. [19]Ibid. [1]Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. op. 2002). 964. yakni: (1) adanya kegiatan lain yang diikuti oleh pihak Pembina. 11. 1995). h. dapat ditempuh melalui beberapa bentuk pembinaan seperti melalui pengajian-pengajian. diskusi-diskusi serta melalui kegiatan sosial keagamaan yang memperkokoh keimanan dan memperluas pemahamannya tentang kehidupan bermasyarakat dan beragama. h. (Makassar: Yayasan Fatiya. (Jakarta: Ghalilea Indonesia. h. h. op. Kedudukan Agama dalam Keluarga Masa Depan (Jakarta: Sinar Harapan.cit. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda (Bandung: Tarsito. [12]M. Hafi Anshari. h. I. h. [27]Mahjuddin. 5. [21]Asmuni Syukir. Kamus Besar Bahasa Indonesia(Cet. h. [6]Ibid. masyarakat dan pemerintah. kurangnya kerjasama orang tua. 1987). Jakarta: Widjaya. 1980). mengundang atau mengajak. 1983). h.. adanya kegiatan lain yang diikuti.. [29]B. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al-Ikhlas.cit. [22]Mangunhardjana. Pengertian dakwah bisa kita lihat dari segi bahasa dan istilah. Ism fa’ilnya (red. Jakarta: Balai Pustaka. [24]Zamaluddin Bukhari. dan (3) kurangnya sarana dan prasarana penunjang”. Etimologis Kata dakwah adalah derivasi dari bahasa Arab “Da’wah”. h. h. 124. kurang sarana dan prasarana penunjang. Moral dan Kognisi Islam (Jakarta: CV. Di dalam kamus al-Munjid fi al-Lughoh wa al-a’lam disebutkan makna da’I sebagai orang yang . F. op.cit. 55. [15]Zulkifli Musthan.cit. Arti dan Metodenya (Yogyakarta: Kanisius. I.cit. 113. h. a. 1967). Simanjuntak mengemukakan bahwa: Secara umum hambatan dalam membina generasi muda. [17]Hafidz Abdurrahman. Al-Qur’an dan Terjemahnya (Semarang: Toha. ceramah agama. h. [18]Zulkifli Musthan. 1986). (3) belum adanya aturan perundang-undangan yang secara jelas mengatur tentang pembinaan remaja (generasi muda). [30]Anwar Masy’ari. h. orang tua dengan remaja (pemuda). yaitu belum profesionalnya tenaga pembina. h. loc. h. h.[30] Berdasarkan beberapa pendapat yang telah dikemukakan di atas. 1998). Rajawali. pelaku) adalah da’I yang berarti pendakwah. tentu tidak selamanya berjalan lancar. [8]Ibid. [28]Anwar Masy’ari. Anwar Masy’ari mengemukakan bahwa: ada beberapa hambatan dalam pembinaan pada lembaga-lembaga Islam. Hal ini terjadi karena masih ditemukan adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. op. 76. Hambatan Pembinaan Mental Dalam upaya pembinaan mental generasi muda. 93. 1995). h. h. [7]Ibid. op. 421. Ilmu Dakwah. h.

Mengajak adalah memanggil seseorang untuk mengikuti kita. dengan cara bijaksana. 3. 10. Merujuk pada Ahmad Warson Munawir dalam Ilmu Dakwah karangan Moh. menangisi dan meratapi. 4. Malaikat Israfil. kepada Islam sebagai jalan yang benar. mengundang adalah memanggil seseorang untuk menghadiri acara. mengundang. 6. mendoakan. Maka penyebaran Islam dengan pedang atau pun terror tidaklah bisa dikatakan sesusai dengan misi dakwah. Dakwah adalah menyampaikan dan mengajarkan agama Islam kepada seluruh manusia dan mempraktikkannya dalam kehidupan nyata (M. kebelum tahuan seseorang atau memang karena keengganan . meminta. Mengundang. adalah mengajak kepada agama Allah. Meminta.memangggil (mengajak) manusia kepada agamanya atau mazhabnya . 2. Abul Fath al-Bayanuni). Maka bila digeneralkan makna dakwah adalah memanggil. Mengadu. yaitu Islam. mendatangkan. karena sifatnya hanyalah panggilan dan seruan bukan paksaan. menyeru. menyuruh datang. melalui penyampaian ajaran Islam untuk dipraktekkan dalam kehidupan nyata agar bisa hidup damai di dunia dan bahagia di akhirat. 1971:6) Dakwah adalah menyeru manusia kepada kebajikan dan petunjuk serta menyuruh kepada kebajikan dan melarang kemungkaran agar mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat (Syekh Muhammad Al-Khadir Husain). mengadu adalah memanggil untuk menyampaikan keluh kesah. Menuduh). anak angkat adalah orang yang dipanggil sebagai anak kita walaupun bukan dari keturunan kita. mendorong. Terminologis Definisi dakwah dari literature yang ditulis oleh pakar-pakar dakwah antara lain adalah: Dakwah adalah perintah mengadakan seruan kepada sesama manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran Allah yang benar dengan penuh kebijaksanaan dan nasihat yang baik (Aboebakar Atjeh. Mendakwa (red. mendakwa/menuduh adalah memanggil orang dengan anggapan tidak baik. mengundang. Secara istilah pengertian dakwah Islam diartikan sebagai upaya atau usaha mengajak seseorang kepada ketaatan terhadap perintah dan ajaran Islam. ketidak pahaman seseorang. Masykur Amin) Dari defenisi para ahli di atas maka bisa kita simpulkan bahwa dakwah adalah kegiatan atau usaha memanggil orang muslim mau pun non-muslim. malaikat Israfil adalah yang memanggil manusia untuk berkumpul di padang Masyhar dengan tiupan Sangkakala. Gelar. Ajakan ini disebabkan karena ketidak tahuan seseorang. Setelah kita ketahui makna dakwah secara etimologis dan terminologis maka kita akan dapatkan semua makna dakwah tersebut membawa misi persuasive bukan represif. 7. Kata memanggil pun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia meliputi beberapa makna yang diberikan Al-Quran yaitu mengajak. Ali Aziz (2009:6). 8. Anak angkat. Dari makna yang berbeda tersebut sebenarnya semuanya tidak terlepas dari unsur aktifitas memanggil. menamakan. gelar adalah panggilan atau sebutan bagi seseorang. Singkatnya. dengan materi ajaran Islam. seperti yang ditulis Abdul Karim Zaidan. Pengertian dakwah secara bahasa berarti mengajak. Mengajak dan menyeru. minta tolong. menyebabkan. Berdo’a. kata da’a mempunyai beberapa makna antara lain memanggil. dakwah. berdoa adalah memanggil Tuhan agar mendengarkan dan mengabulkan permohonan kita. agar mereka mendapatkan kesejahteraan kini (dunia) dan kebahagiaan nanti (akhirat) (A. meminta. menyebut dan menamakan. 9. Memanggil. b. 5. memohon. meminta hampir sama dengan berdoa hanya saja objeknya lebih umum bukan hanya tuhan. Dakwah adalah suatu aktifitas yang mendorong manusia memeluk agama Islam melalui cara yang bijaksana. Dalam Al-Quran kata dakwah ditemukan tidak kurang dari 198 kali dengan makna yang berbeda-beda setidaknya ada 10 macam yaitu: 1. Hal ini bersesuaian dengan firman Allah (ayat la ikraha fiddin) bahwa tidak ada paksaan dalam agama.

dan hingga hari ini akan terus berjalan sampai pada masa yang telah Allah janjikan. ibadah. dakwah dipenuhi dengan berbagai macam hambatan dan rintangan. Ujian-ujian di jalan dakwah yang diberikan tak lain bertujuan untuk memuliakan orang-orang yang berdakwah. Jika seseorang tersebut sanggup melaluinya. Ujian dan rintangan tersebut dapat datang dari diri sendiri maupun orang lain. perbaikan akhlak dan kewajiban untuk melaksanakan jihad agama Allah. perantara. Media banyak ditempatkan sebagai alat untuk mencapai aneka macam tujuan orang-orang yang menggunakannya. Media merupakan ruang luas yang memiliki beragam potensi. fotografis atau elektronis untuk menagkap. kepentingan ekonomi. namun akan menyehatkan tubuh di masa yang akan datang. Banyak orang yang tidak suka jamu lantaran disebabkan alasan pahit yang ia rasakan disaat awal mencicipinya. namun juga karakteristik nyata dari dakwah itu sendiri. Setelah seseorang memiliki akidah yang murni bersumber pada Allah semata. baik harta. PENGERTIAN MEDIA Kata media berasal dari bahasa latin Medius yang secara harafiah berarti tengah. Media Dakwah dan Pengelolaannya Islam memandang dan memposisikan media massa sebagai salah satu sarana pemercepat kebangkitan gerakan Islam itu sendiri. Berani berdakwah berarti berani mendapatkan aneka ujian. selanjutnya dikenalkan pada ketaatan ibadah. Bersabar dengan segala macam hambatan tersebut akan menambah kualitas kemuliaan seseorang. kepentingan politik. memproses. Jalan dakwah adalah jalan yang penuh rintangan Sudah menjadi sunnatullah. jihad. KARAKTERISTIK DAKWAH Dakwah merupakan sebuah amal ibadah yang menjadi warisan panjang dan turun temurun. aspek akidah.seseorang untuk melaksanakan perintah dan syariat agama. keluarga mapun jiwa diri sendiri. Banyak orang yang tak mau ikut berdakwah karena justru mengetahui kesulitan yang akan ia hadapi saat ikut berdakwah. Dakwah Islam meliputi banyak aspek. Seseorang yang telah mengikrarkan dirinya siap untuk bergabung bersama barisan dakwah adalah mereka yang sudah siap untuk mendapatkan berbagai bentuk ujian di jalan dakwah tersebut. Orang-orang akan enggan dengan konskwensi yang harus ia laksanakan sebagai akibat bergabungnya ia ke dalam barisan dakwah. dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Oleh sebab itu jangan pernah lelah mengarungi jalan dakwah. maka akan bertambahlah kemuliaan diri seseorang tersebut. Demikianlah pengertian dakwah Islam itu dimaknai. Seperti itu pulalah dakwah. Oleh sebab itu pengertian dakwah Islam dan karakteristiknya perlu diketahui dan dipahami. Pengertian dakwah Islam pada masa Rasulullah merupakan upaya yang dilakukan Rasulullah untuk mengenalkan agama Allah yang pada awalnya menitik beratkan pada pemurnian aspek akidah seseorang. . waktu. namun penegertian media dalam proses pemebelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis. interaksi sosial di masyarakat dan sebagainya. intimidasi dan segala macam bentuk tribulasi atau hambatan lainnya. maka Allah telah mempersiapkan orang-orang yang akan menggantikan posisinya dengan kualitas keimanan yang lebih baik lagi. Perjalanan dakwah adalah perjalanan yang telah dirintis oleh Rasulullah. meda juga memiliki aneka fungsi sesuaikan tujuan yang ingin dicapai orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sebaliknya jika ia gagal atau justru menyebabkan ia berputus asa dari jalan dakwah. atau pengantar. Ketidak tahuan seseorang terhadap karakteristik sebuah jalan dakwah mengakibatkan banyaknya orang-orang yang akan berjatuhan saat melalui jalan dakwah tersebut. sebab jalan dakwah memanglah perjalanan jauh para pejuang Islam yang siap mengorbankan segala macam hal yang menjadi milik diri. Berikut ini beberapa macam karakteristik jalan dakwah: Jalan dakwah adalah perjalanan yang panjang Dakwah bukanlah pekerjaan sehari dua hari yang bakal selesai untuk dikerjakan. Dakwah berorientasi pada tertegaknya hukum-hukum Allah dan izzah ummat Islam di muka bumi. Dakwah memiliki beberapa karakter khas yang perlu dipahami dan diketahui oleh orang-orang yang akan menjalani dakwah tersebut. Hal ini agar menjadi pedoman bagi orang-orang yang akan melibatkan dirinya dengan aktivitas mulia ini. Di samping sebagai fungsi media sebagai alat kontrol sosial kehidupan bermasyarakat dan bernegara. akhlak. Ulama dan orang-orang sahleh dewasa ini merupakan generasi pewaris dakwah Islam. Jumlah orang yang mau berdakwah itu sedikit Dakwah ibarat jamu yang terasa pahit untuk dirasakan secara fisik. Misalnya untuk kepentingan bisnis. tidak hanya sekedar definisi.

3. dimana media di sini berfungsi semata-mata untuk kepentingan dakwah Islam. F. . majalah. koran. bedanya hanya terletak pada ideologi yang mendasarinya. Karena kita tahu. Internet memiliki tiga keunggulan : 1. Pemanfaatan Internet Untuk Berdakwah Semangat dakwah yang disebut diatas. binary dan digital. koran. Karena sifatnya yang never turn-off (tidak pernah dimatikan) dan unlimited access (dapat diakses tanpa batas). Padahal mereka ingin sekali berdiskusi dan mendapat bimbingan dari para ulama. tv dan radio mendapatkan komplementernya berupa text dan hypertext di Internet. Untuk itulah diantara kewajiban para pemimpin aliran-aliran dalam Islam agar berusaha semaksimal mungkin untuk dapat merukunkan dan meminimalisisir titik perbedaan dan berusaha mengedepankan titik persamaan. Setelah beratus tahun berselang sejak dakwah lisan dikumandangkan oleh Rasulullah. kebalikannya dengan email. yakni membutuhkan proses yang lebih panjang dan rumit kendati dari segi tampilan mungkin menarik. Ada media dakwah Islam cetak dan ada pula yang bersifat online. meskipun hanya satu ayat. Rata-rata media cetak sulit bertahan dengan mulai suramnya kondisi bisnis media cetak. hingga kini. Para ulama seharusnya dapat menggunakan internet sebagai media efektif untuk mencapai tujuan dakwahnya. majalah. atau penulisnya sudah wafat. Terlebih untuk media-media yang berbentuk cetak. pada masa kini dakwah telah menggunakan medium bit. jika di dalamnya terdapatnya unsur ajakan kepada yang hak dan memperingatkan akan yang bathil. hal ini sangat-sangat menjadi faktor kegagalan pengelolaan sebuah media dakwah. “Sesungguhnya tinta para ulama adalah lebih baik dari darahnya para syuhada”. Mengelola sebuah media dakwah Islam bukanlah perkara yang mudah. dan tulisan-tulisan yang mengandung pesan dakwah sangat penting dan efektif. Media-media tersebut meskipun disampaikan dengan aneka cara yang berbeda. Sementara Islam menempatkan media sebagai kepentingan dakwah dari nilai-nilai Islam itu sendiri. harus pula ada provider dan koneksivitas lebih dulu. Di samping itu. Dakwah dalam bentuk tulisan di buku. Internet memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk mengakses dalam kondisi dan situasi apapun. Internet hadir sebagai kawan (atau lawan) diskusi sekaligus pembimbing setia. namun bagi media-media amatiran dalam skala kecil misalnya di kampus. merupakan satu bentuk “tanggung jawab moril” yang sangat mengakar di kalangan umat Islam. Masalah kedua biasanya soal kualitas SDM pengelola. Yang pertama dan paling utama adalah soal dana finansial. Sementara itu ada sebagian orang yang ingin bertanya atau siap berdebat dengan para ulama untuk mencari kebenaran namun kondisi sering tidak memungkinkan. Media Islam senantiasa konsisten untuk menjaga sumber dana halal pengelolaan media tersebut. yakni lewat mailing list atau email dan penyaluran informasi melalui web-site. Meskipun hal ini tak seberapa berpengaruh. Ada beberapa hambatan klasikal yang terus membayang-bayangi pengelolaan sebuah media massa Islam. Ada dua komponen penerapan dakwah lewat internet bisa digunakan. serta kesungguhan mereka dalam meredam segala bentuk perpecahan dan perselisihan intern dalam ummat Islam sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya misi suci ini. Dan dari segi statistik pun. Membutuhkan banyak perjuangan dan energi untuk menjaga konsistensinya. 2. Menyangkut dakwah bit-Tadwim ini Rasulullah saw bersabda. Namun saat ini yang paling optimal adalah melalui email. buku. Biasanya pihak pengelola tidak akan menerima iklan-iklan yang bertentangan dengan visi misi sebuah media dakwah Islam. MACAM-MACAM MEDIA DAKWAH MELALUI INTERNET Kelebihan Internet Sebagai Media Dakwah Dibandingkan media dakwah yang lain. Ada banyak macam-macam media dakwah Islam. Internet merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin berdiskusi tentang pengalaman spiritual yang mungkin tidak rasional dan bila dibawa pada forum yang biasa akan mengurangi keterbukaannya. Keuntungan lain dari dakwah model ini tidak menjadi musnah meskipun sang da’i. Sama halnya dengan media pada umumnya.kepentingan sosial dan sebagainya. internet. Artinya kecakapan dan keikhlasan mereka dalam berdakwah via internet. populasi pengguna email sudah sangat banyak. Alhasil kondisi ini menuntut keberanian yang besar para pengelolanya untuk dapat bertahan dengan kondisi keminiman dana. Sedangkan bila kita menggunakan web-site atau situs-situs. namun pada hakikatnya memiliki tujuan yang sama yakni untuk kebangkitan dan tersebarnya nilai-nilai Islam. Dengan demikian terbentuklah apa yang disebut dengan media dakwah Islam. email tidak terlalu membutuhkan teknologi tinggi. Segala daya dan upaya untuk melakukan dakwah terus dilakukan. Sebagian orang yang memiliki keterbatasan dalam komunikasi sering kali mendapat kesulitan guna mengatasi dahaga spiritual mereka. Dapat disimpulkan bahwa metode ini termasuk jenis dakwah Dakwah bitTadwi yaitu pola dakwah (dakwah melalui tulisan) baik dengan menerbitkan kitab-kitab. Perlu diingat bahwa keefektifan media ini juga sangat tergantung pada umat Islam itu sendiri.

seni. Hal itu akan mempermudah dai dalam memilih kata dan menemukan metode apa yang harus digunakan. Untuk dapat mencapai tujuan yang tepat dan mendapatkan kebehasilan. belanja. Menurut Buxbaum memahami informasi berkaitan dengan keahlian teknologi informasi. Mengumpulkan umpan balik dan saran-saran dari para pelanggan dan rekan bisnis. database. setiap orang dalam berbagai profesi bisa melaksanakan da’wah. siasat. Internet sebagai sumber informasi memungkinkan semua orang untuk terus belajar seumur hidup. tetapi memberikan pengaruh yang lebih luas kepada individu. sehingga kecanggihan teknologi mau tidak mau akan menghadapi dan menjadi idaman dalam kehidupan masyarakat. aplikasi perangkat lunak. Sedangkan tujuan suatu strategi ialah untuk merebut kemenangan atau meraih suatu hasil yang diinginkan. Dan untuk kebutuhan belajar bagi setiap individu. Seiring dengan berkembangnya zaman. Informasi yang disebarkan lewat internet. Meminta dan memberikan bantuan dengan mengajukan permasalahan dan pertanyaan. Tingkat penggunaan komputer dan Internet dapat dianggap sebagai indikator standar hidup. Masyarakat masa kini adalah masyarakat plural yang berkembang dengan berbagai kebutuhan yang praktis. komunikasi lewat email. ketepatan akses dan kemampuan menyediakan berbagai kebutuhan informasi setiap orang. di kalangan akademisi telah memanfaatkan sarana internet secara optimal bagi pengembangan syiar agama. Sebab berda’wah dapat dilakukan dalam multidemiensi kehidupan.” (HR. silaturahmi dan lain-lain. sehingga kita perlu berlomba-lomba menguasai teknologi informasi serta mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. bi at-tadbir (manajemen/pengorganisasian) dan bi al-hal (aksi sosial). media . oleh karenanya penguasaan teknologi informasi mutlak diperlukan oleh umat Islam. perjalanan. berita. kapan dan dimanapun serta untuk keperluan apapun. Secara survey. sistem pendidikan. G. Diantara berbagai tujuan orang memanfaatkan Internet antara lain: Berbagi data penelitian dan pekerjaan diantara rekan sejawat dan individu-individu dalam profesi yang sama. maka seorang da’i harus pandai dalam memilih media dakwah. Umat Islam bisa memanfaatkan teknologi itu untuk kepentingan bisnis islami. Materi keislaman dan dakwah bisa disebarkan dengan cepat dan efisien. Seorang dai atau muballigh yang baik tidak hanya menguasai materi dakwah. olahraga. Strategi dakwah adalah merupakan metode. Internet tidak hanya menyediakan fasilitas penelusuran informasi tetapi juga komunikasi. Strategi Berdakwah Melalui Internet Perkataan strategi pada mulanya dihubungkan dengan operasi militer dalam skala besar-besaran. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Berbicaralah kepada manusia menurut kadar kecerdasan mereka. sejauh ini memang belum ada penelitian mengenai efektivitas pemanfaatan internet bagi kepentingan dakwah Islam. Tapi yang pasti. mailing list. Berdakwah merupakan kewajiban setiap manusia. dan masyarakat. dimana saja dan pada tingkat apa saja. Kemunculannya dengan kemajuan peradaban manusia menjadikan globalisasi sebagai sebuah ideologi bagi masyarakat masa kini yang juga disebut sebagai masyarakat informasi. Memasarkan dan mempublikasikan produk dan jasa. dan tujuan yang berkaitan dengan pekerjaan. Hampir semua bidang tugas manusia. kesehatan. Hal tersebut misalnya ditandai dengan banyak bermunculan situs baru bernuansakan Islam. Sebab itu. Sebagaimana telah diketahui bahwa dakwah Islam tidak hanya bi al-lisan (dengan ungkapan/kata-kata). Dengan demikian. Keahlian teknologi informasi membuat seseorang dapat menggunakan komputer. Oleh sebab itu. apapun jenisnya. dan lain sebagainya. dan teknologi lain untuk mencapai berbagai tujuan akademis. dapat dicari melalui Internet. Berkomunikasi dengan orang lain dan mengirim file melalui e-mail. strategi dapat berarti “ilmu tentang perencanaan dan pengarahan operasi militer secara besar-besaran”. melainkan juga menguntungkan bagi interaksi peradaban seluruh umat manusia. Muslim). globalisasi sebagai fenomena terbuka luasnya ruang dan waktu bukan hanya sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditampik. Individu yang memiliki kemampuan memahami informasi perlu mengembangkan beberapa keahlian teknologi. permainan. dapat menjangkau siapapun dan di manapun asalkan yang bersangkutan mengakses internet. Matthew DeBell dari The Education Statistics Services Institute (ESSI) mengatakan bahwa penggunaan komputer dan Internet dapat meningkatkan kualitas hidup orang setiap hari dan meningkatkan prospek pasar kerja mereka. Di samping itu dapat pula berarti “kemampuan yang terampil dalam menangani dan merencanakan sesuatu”. dan chating. Dari segi biaya pun menjadi sangat murah. melainkan juga harus memahami budaya masyarakat yang menjadi sasaran dakwahnya. kapan saja. pribadi. Dengan adanya globalisasi kompetisi akan semakin berat. bisa dikatakan dakwah melalui internet ini sangat efektif karena didukung oleh sifat internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas atau kegiatan dakwah. yang peranannya sangat menentukan sekali dalam proses pencapaian tujuan dakwah. Kecanggihan teknologi telah membuka sekat dan menghilangkan batas ruang dan waktu. bahkan artikel-artikel ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu. kecepatan. Berbagai informasi yang dapat diperoleh melalui Internet antara lain lapangan pekerjaan. melainkan juga bi al-kitab (sengan tulis-menulis).Internet adalah media dan sumber informasi yang paling canggih saat ini sebab teknologi ini menawarkan berbagai kemudahan. karena hal itu merupakan salah satu cara paling efektif guna menyampaikan informasi yang sebenarnya mengenai agama Islam. sehingga memilih dan menggunakan media dakwah yang tepat sudah merupakan keharusan dan tuntutan zaman.

www.id. H.com. eramuslim.id. situs seorang ulama bernama Salman Audah yang menjadi direktur situs dakwah Islam (www. Situs ini awalnya merupakan komunitas milis yang kemudian di-online-kan menjadi situs. Moslemworld. Situs pesantrenvirtual. membuka dan memperdalam wawasan.co. Sebuah situs seperti Youtube yang dikelola secara islami. direktori situs islam. da’i. diantaranya: cybermuslim atau cyberdakwah.id merupakan contoh situs Islam yang mendapat dukungan dana dari moslemworld.id.com.com dari Brunei Darussalam yang menyajikan berbagai referensi dan informasi Islam terkini. www. Dan jutaan remaja Islam mengenal agamanya dengan baik. Kecenderungan yang demikian tentunya menggembirakan bagi dunia Islam. ukhuwah. forum diskusi.eramuslim.com merupakan contoh lain situs yang lahir dari komunitas milis yang dikelola oleh Budayawan Emha Aiunun Najib.hidayatullah. kisdi. pesantren-online. Situs myquran.id. pesantrenvirtual. terpercaya.com menyediakan berbagai informasi dan perkembangan nasyid yang mengejutkan dunia seni suara di tanah air. Demikian juga pesantren. terbuka untuk didiskusikan dan tidak mengandung unsur-unsur lain yang dapat merusak makna dakwah itu sendiri.islamtoday. Pendakwah di zaman ini tidak lagi mapan dengan hanya kebolehan berpidato atau berceramah. cybernasyid.com.com. Disaat umat lain telah berupaya menyebarkan ajaran dan pandangannya menggunakan iklan-iklan di televisi.net. internet messenger. berita serta artikel dan berbagai sarana interaktif lainnya yang disumbangkan oleh para pengunjung dan anggotanya. tazkia. hidayatullah.com. republika.or. Inggris. islamlib.or. PadhangMbulan.com dan beberapa situs Islam lainnya dengan beraneka latar belakangnya. Situs Dakwah Islam.com. Tetapi pendakwah zaman ini adalah penyelidik dan penggerak kepada penyelesaian masalah semasa secara praktis.com yang dikelola oleh para santri virtual bimbingan KH.com menampilkan situs komunitas kolaboratif dimana pengunjung situs dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti Al Qur’an online.com). YoutubeIslam atau IslamTube. di komunitas maya menggunakan email. Myquran.dakwah merupakan wasilah bagi keberhasilan dakwah yang dilakukan.co. dan Mandarin. indohalal. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. Blog dan Jaringan sosial seperti: Facebook dan twitter. dan para pemimpin-pemimpin Islam sudah menyadari dan segera melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga dan mentarbiyah generasi-generasi muda kita agar siap dan matang dalam menghadapi serangan-serangan negatif dari media internet. iiman.com) dengan empat bahasa besar utama dunia. sampai yang ter-update saat ini (Facebook). Artinya dalam posisi ini mempunyai kesadaran dan telah menempatkan pada posisi startegis dengan menghadirkan dan mengikutsertakan teknologi informasi sebagai mitranya dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Ini baru menyebutkan beberapa situs Islam saja. Selain Salman. Masing-masing cyber tersebut menyajikan dan menawarkan informasi Islam dengan berbagai fasilitas dan metode yang beragam variasinya. Situs-situs Dakwah Di Indonesia situs-situs Islam mulai marak sekitar awal tahun 1999.id. MAD’U.com-nya (sekarang IslamTube. Prancis.id dan banyak lagi yang lainnya mulai menyemarakkan Internet dengan berbagai format sajian. Sebuah langkah yang baik telah banyak dilakukan oleh ulama-ulama di timur tengah dan para cendekiawan Islam di Eropa dan Amerika yang menyambut media internet sebagai senjata dakwah.com. Website. Di Indonesia.muslimdaily.com.co.net. Arab. Cybernasyid. Format penampilan pun berbeda-beda bahkan semakin tersegmentasi sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Mustopha Bisri merupakan contoh lain situs Islam yang menyajikan berbagai hasil konsultasi virtual dengan Pengelola Pesantren. Dari dakwahnyalah diketahui bahwa banyak ratusan bahkan ribuan orang kafir menerima dakwah islam. Seharusnya para ulama. masih ada sosok muallaf bernama Yusuf Estes yang terkenal dengan YoutubeIslam. Sasarannya adalah pemakai internet usia 17 sampai 35 tahun yang merupakan segmen pemakai Internet terbesar dewsa ini. An-Nahl. forum diskusi. Perkembangan yang lebih pesat sebenarnya terjadi di komunitas milis islam yang jumlahnya sekarang ini mencapai ribuan milis Islam dari Indonesia.com. telah tampil beberapa situs Islam terkemuka seperti www. Oleh karena itu informasi yang akan disampaikan dalam berdakwah ini harus bersifat valid. chatroom. al-islam.or. Sebagai contoh. Langkah-langkah untuk berdakwah melalui internet dapat dilakukan dengan membuat jaringanjaringan tentang Islam. Perkembangannya kemudian semakin pesat di tahun 2000-an dengan masuknya berbagai investasi asing di Indonesia yang berhubungan dengan Internet.125) . laskarjihad. Keberadaan internet sebagai media dakwah sudah bukan lagi pada tataran wacana lagi. MEDIA DAKWAH. mailing list.or. bukan sebuah fitnah. Yusuf juga diketahui mengelola banyak situs lainnya.” (QS. bersifat konstruktif. TUJUAN DAKWAH “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.com dan banyak lagi yang lainnya yang merupakan representasi dakwah islamiyah baik langsung maupun tidak langsung di Internet.

itulah sisi pertama dalam dakwah. Pengembangan metode dakwah tabligh sangat berkaitan media yang harus menyertainya.Media Dakwah Gerakan dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah adalah gerakan yang penuh berkah (ash-shahwah al-mubarakah). yaitu sasaran dakwah atau mad’u. dan lain sebagainya.2 Setiap melaksanakan dakwah. Lukisan. menunjukkan tujuan dakwah. internet. atau elektronik (radio. subtansi dan forma. yakni sisi bentuk. objective. dll) Media elektonik (Radio. Juga dapat disamakan sebagai alat dakwah yang menjadi kelengkapan dari metode. aim. Drama. komputer). setiap da’i harus selalu mengikuti prinsip gerakan dakwah Rasulullah saw. juru dakwah. Siapa kedua (whom).. Surat Kabar. purpose.Saluran (channel). televisi.Cara (how). berkesinambunag dan jauh dari unsur ekstrimisme (at-tatharruf). maka media dakwah terdiri dari : Media Fisik : Mimbar Panggung Media cetak (Majalah. yaitu menyangkut isi dan bentuk. seperti wayang. musik. yakni pranata sosial. Bisa dikutip dari sumbernya. gerakan yang penuh moderat (shahwah mu’tadilah). baik perseorangan atau kolektif atau kelompok. Juga dapat berupa saluran dalam jarak jauh seperti telepon. karena kemudian dakwah dilakukan dengan media dan metode yang sesuai. penceramah. 3. dakwah dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. dll) Media Kultural dan Struktural : Pranata sosial Seni (Wayang. dan wisata alam. Dalam hal ini subtansi dakwah adalah pesan keagamaan itu sendiri. tersebut. lukisan. laki-laki atau perempuan. merupakan media yang digunakan dalam berdakwah. Dakwah menyangkut kedua-duanya sekaligus dan tidak terpisahkan. media cetak. menunjukkan metode yang digunakan dalam kegiatan dakwah.Apa (what). ada dua segi dakwah yang tidak dapat dipisahkan. karena telah terbukti keberhasilannya dan merupakan bentuk kecintaan kita sebagai pewaris para Nabi kepada beliau saw. Seorang da’i harus mampu memilih media dakwah yang relevan denagn kondisi mad’u yang telah dipelajari secara komprehensif dan berkesinambungan. yaitu Al-Qur’an dan Hadits.1 Berdasarkan paparan singkat di atas.Siapa pertama (who). terkendali. forma. karya budaya. 5. esensi dan metode. Sisi kedua meskipun tidak kurang pentingnya dalam dakwah. radio. yakni : 1. dan esensi senantiasa mempunyai dimensi universal. adalah ajaran islam dengan berbagai dimensi dan substansinya. Internet. pesan dan cara penyampaiannya. demikian seterusnya. Sering juga disebut juga mubaligh. Ia adalah peserta dakwah. Kemudian dengan mengembangkan media atau metode kultural dan struktural. pesan. disebutkan dalam Alqur’an sebagai minhaj yang dapat berbeda-beda menurut tuntutan ruang dan waktu. Dengan penjelasan di atas. dan televise. yang tidak terikat oleh ruang dan waktu. dan sebagainya. Buletin. cerita/dongeng. Tujuan dapat dipilah dengan isltilah target.Dalam dakwah. drama. seni. dan goal (intermediate goal dan ultimate goal). Juga dengan mengembangkan dan mengakomodasikan metode dan media seni budaya masyarakat setempat yang relevan. 6. panggung. Musik. 4. terpada. yakni yang menyeru atau yang menyampaikan disebut da’i. Seorang da’i hendaklah memilih metode dan media yang dari masa ke masa terus berkembang. anak-anak ataupun dewasa. Kita akan membahas mengenai beberapa aspek dalam dakwah. Kegiatan dakwah yang dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi mad’u akan lebih memberikan dampak.Untuk (why). substansi. cara penyampaian dan metode. Televisi. perlu disadari bahwa isi. dll) Karya budaya . tetapi dapat dibedakan. Membicarakan media dakwah tidak lepas dari metode yang dilakukan dalam melakukan dakwah. Dikenal juga dengan materi atau pesan dakwah 2. seperti mimbar. Hanya saja. Ia dapat berupa tatap muka langsung (face to face).

Kaum yang keras hati (penentang). dzikir. tetapi sering lalai dan mengikuti hawa nafsu. mad’u dapat dibedakan menjadi : a.Kaum penentang dan zhalim. Pertama. antara lain melalui shalat. d.4 Menurut para ahli sosiologi. demikian seterusnya. laki-laki atau perempuan. dan goal (intermediate goal dan ultimate goal). karena dengan demikian ia telah membuat model mad’u yang dapat ditiru oleh mad’u yang lebih luas. Ia adalah peserta dakwah. b. Pemikir pertama pada zaman modern yang berbicara mengenai kesadaran atau cara berpikir manusia adalah August Comte.Kaum cendekiawan. c.Nasihat yang baik Berisi pengajaran Berisi pembinaan moral b. yaitu golongan yang dapat menerima penjelasan ilmu.5 Dengan adanya dakwah yang dilakukan dengan terencana dan rapih serta dilakukan terus-menerus. purpose. doa. Adalah sesuatu yang hendak dicapai dalam sebuah kegiatan. maka dakwah dilakukan dengan memberi nasihat yang baik (berupa motivasi dan ancaman).Wisata alam 2. Dari segi intelektualitas. bagi orang yang inkar dan kufur terhadap Allah dan rasul-Nya.Tujuan Dakwah Tujuan atau dalam bahasa Inggris dapat dipilah dengan isltilah target. anak-anak ataupun dewasa. aim. baik perseorangan maupun kolektif atau kelompok. objective. kepada mereka kita gunakan cara mujadalah yang baik dalam berdakwah.Memberi contoh-contoh bijak Kisah-kisah orang taat masa lalu dan kini Perumpamaan-perumpamaan yang berhikmah Melihat sifat orang-orang terpuji Mad’u utama bagi setiap da’i adalah keluarga dan kerabatnya yang terdekat. Baik yang akan ditimpakan juga yang telah menimpa orang terdahulu Diberi azab di akhirat kelak Siksa mental di hari kiamat Hukuman atas dosa yang bermacam-macam c. perkembangan dalam struktur atas atau kesadaran manusia tentang diri sendiri dan alam sekelilingnya. . Berikut ragam pesan dakwah yang berisi metode yang dapat disesuaikan dengan mad’u : a. berisi janji-janji Allah bagi manusia yang taat. maka mad’u (umat) akan masuk ke dalam suatu keadaan yang lebih baik dari keadaan sebelum mereka menerima dakwah. Dari prespektif Sosiologi.Kaum yang mengakui. perkembangan struktur bawah atau kondisi social dan material dalam kehidupan manusia. dan menerima kebenaran. namun dapat pula dengan menggunakan kekuatan sebagai cara pamungkas. Pesan serta metode dakwah harus disesuaikan dengan mad’u agar dakwah kita berhasil. Begitu pula dengan kegiatan dakwah.3 Kemudian seorang da’i harus mengkaji dan mempertimbangkan metode pendekatan spiritual dengan mad’u. 3. yang memiliki tujuan-tujuan yang hendak dicapai. amal. tujuan dakwah yaitu membawa masyarakat pada keadaan yang lebih baik dan lebih maju daripada keadaan sebelumnya.Memberi Motivasi dan Ancaman Memberi motivasi dan kabar gembira Dengan janji. silaturahim. Sehingga ada ikatan batin yang kuat dan pesan dakwah pun akan mudah diterima.Mad’u Mad’u adalah sasaran dakwah. dan penjelasan aqidah dengan pengajaran. dan sebagainya. teori tentang kemajuan selalu menyangkut dua lokus perkembangan. baik untuk di dunia maupun di akhirat Dengan menyertakan macam-macam bentuk ketaatan Memberi ancaman dan peringatan Diberi azab. Kedua. maka dakwah yang dilakukan adalah dengan mujadalah yang baik. serta tujuan dakwah dapat tercapai dengan paripurna.

31: 3) Fungsi Media Dakwah Beberapa fungsi dan peran utama sebuah media dakwah Islam dapat dirumuskan ke dalam poin-poin sebagai berikut.Mengestafetkan tugas kenabian dan kerasulan. Hal ini merupakan bagian dari karakteristik dakwah bil qolam itu sendiri. AdzDzariat. (QS. Ar-Rum. Al-An’am. 5: 107) 7. Namun setelah islam datang. dan sarana hidup. secara perlahan tapi pasti keadaan tersebut berbalik seratus delapan puluh derajat. (QS. Ar-Rum. 13: 70) 6. Menurut Syukriadi Sambas. Ash-Shaaf.6 tujuan dakwah islam. 42: 13). Al-Hasyr. An-Nisa. dan (QS. Demikian pula jika nuansa dakwah mampu dikemas secara menarik melalui media. Al-Baqarah. 2: 164) 3. 51: 56) 5. dan fiqhiyah. 21: 107) (QS. 61: 14) 7. jiwa. 30: 30) 2. Media merupakan sebuah ruang luas yang dapat menyebarkan informasi secara efektif dan berpengaruh bagi kehidupan sosial.Islam sebagai agama hati (qalb). 6: 83) 5. 59: 7) 6. 2: 170. 61: 9) Al-Qur’an menjelaskan islam sebagai pesan dakwah memiliki karakteristik unik dan selalu masa kini.Perjuangan memenangkan agama Allah atas agama lain.Islam sebagai agama ilmiah. 2: 138) 3. yaitu : 1.Merupakan upaya mengeluarkan manusia dari kegelapan hidup (zhulumat) pada cahaya kehidupan yang terang (nur). 4: 172). (QS. . 2: 269) 4. keluarga. At-Taubah. (QS. kecurangan dalam perdagangan. An-Nisa.Islam sebagai agama rasional dan pemikiran. (QS. 2: 257) 2. (QS.Menegakkan aktualisasi pemeliharaan agama. Media mewadahi sarana dakwah tulisan kepada para pendakwah. 30: 30) 4. Al-Anfal. Qaaf. Media Islam adalah media rujukan yang shahih bagi ummat Islam itu sendiri. terjadi perampokan di mana-mana. perjudian. 26: 88-89). (QS. (QS. (QS. Asyuura. (QS.Menegakkan sibghah Allah (celupan hidup dari Allah) dalam kehidupan makhluk Allah. maka keduanya saling menunjang. 4: 36). Tidak sembaranga mempercayai mediamedia yang memburuk-burukkan Islam. dan komunitas manusia. kesadaran (wijdan). (QS. Al-Baqarah. yang merujuk pada Al-Qur’an sebagai kitab dakwah. (QS. Luqman.Islam sebagai agama fitrah. 9: 31). Al-Baqarah. Al-Maidah. 8: 39). (QS. Karena pembinaan individu harus bersamaan dengan pembinaan masyarakat.(QS. kelompok. (QS. 256). Terciptanya khairul bariyyah dan khairul ummah adalah tujuan dilakukannya dakwah islam yang utama. 50: 37). Membantu percepatan gerak dakwah Islam Media Islam juga berfungsi sebagai katalisator atau pemercepat gerakan dakwah Islam. Dengan adanya media dakwah Islam diharapkan kepada ummat Islam itu sendiri untuk dapat menjadikan media Islam sebagai media rujukan dalam mendapatkan informasi yang benar.Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin. (QS. (QS. Al-Baqarah. hikmah. Al-Anbiya. dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Ash-Shaaf. Pribadi-pribadi tersebut menunjang terjadinya masyarakat dan masyarakat pun mewarnai pribadi-pribadi dengan warna yang dimilikinya. bahkan seluruh penduduk di jazirah Arab menjadi model masyarakat terbaik yang pernah ada di muka bumi. Al-Baqarah. 2: 21).Islam sebagai agama argumentative (hujjah) dan demonstrative (burhan). akal. Asy-Syu’ara. Sebagai media alternatif rujukan yang akurat Simpang siurnya arus informasi tentang identitas Islam di tengah-tengah media barat dan musuh-musuh Islam memberikan tuntutan kepada Islam untuk dapat menghadirkan media alternatif sebagai pelurus informasi dan rujukan yang benar terhadap tuduhan pihak-pihak yang tidak menyukai Islam. (QS.dengan pengamalan individu. pembunuhan. Ar-Ra’d. (QS. (QS. (QS.Islam sebagai agama kebebasan (huriyah) dan kemerdekaan (istiqlal). (QS. dan nurani (dhamir).Memproporsikan tugas ibadah manusia sebagai hamba Allah. 2. generasi. perzinaan. 1. Nilainya akan dapat dirasakan lebih efektif dan mengena.Menegakkan fitrah insaniah.Kondisi penduduk Makkah dan Madinah sebelum datangnya islam sungguh gelap. Al-Baqarah. Kehadiran media dakwah Islam ikut membantu penyiaran dakwah yang dilakukan secara lisan.

seharusnya menguasai medan dengan baik. memberikan hiburan secara live atau recorded.com/journal/item/7 http//www.com/2007/09/pengertian-internet.com/2008/04/internet-media-dakwah-alternatif. Koran dan lain. Inilah gunanya media dizaman sekarang Daftar pustaka http://fajardawn. sehingga mampu mengahsilkan alat-alat informasi. seperti media internet. dan Brunei. para pelaku dan pemilik program siaran keagamaan harus terlebih dahulu mengetahui strategi dan sasarannya. baik dipusat maupun didaerah.Oleh karena itu. Balkan. Persia dan Asia Barat Daya.wordpress. cetak atau eleoktronik diginal. Gujarat (India).blogspot. 21 Sya'ban 1420 Selasa. komunikasi dan transportasi sedemikian murahnya dan dalam waktu yang singkat. pengelola siaran agama.cc/2009/11/metode-dakwah-melalui-internet. Madagaskar.org/wiki/Sejarah_Internet http://ilpi.singcat. Di abad ke 20 globalisasi mengalami percepatan dengan dikembangnya teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi.com//internet/modul. Malaka.3. Dari Yaman perkembang jaringan ke Selatan dan Timur seperti ke Etiopia.wordpress. Tiongkok.php?page/ http://stikom-pti2007-kelompok9.blogspot. bukan saja siaran itu dapat membimbing umat Islam dalam pengamalan agama.com/index. PENUTUP Dakwah dalam islam tidak dibatasi secara lisan bisa melalui media.com/2009/05/media-dakwah-madu-tujuan-dakwah. Kemudian. .html https://zamrishabib.com/2010/01/09/pemanfaatan-ti-untuk-kemajuan-dakwah/ DAKWAH DAN MEDIA ELEKTRONIK Share 0 Tuesday.kamisama86. 30 November 1999 14:00 Embrio globalisasi sebenarnya sudah ada sejak abad ke enam di saat bangsa Quraisy di Makkah menjadi penghubung dua simbol perdagangan dunia yaitu Syam dan Yaman. Oleh sebab dengan itu. Dari Syam berkembang jaringan perdagangan ke arah Utara dan Barat seperti Romawi. Tak mengherankan kalau dunia entertaiment berkembang dengan pesat. teknologi industri dan teknologi transportasi.html http//www. Senjata melawan ghazwul fikri Ghazwul fikri atau perang pemikiran yang dilancarkan musuh-musuh Islam salah satunya dilakukan melalui senjata media. sehingga dengan demikian mereka dapat menyusun program-program siaran agama yang sesuai dengan kenyataan. Portugal.wikipedia. Perancis. on-stage maupun broadcasted. problem dan sasaran yang tepat. Spanyol.co.html http://mafazaif.blogspot.com/2010/01/09/pemanfaatan-ti-untuk-kemajuan-dakwah/ http://www. Indonesia.dhani. tugas kita semakin berat.html http://icus2ays. Keunggulan teknologi industri telah mencapai effisiensi yang belum pernah terjadi sebelumnya.com/2011/02/15/dakwah-melalui-dunia-maya/ Website http://mafazaif. serta juga harus mengetahui bagaimana melaksanakan prgram dengan sebaik-baiknya? Tentu saja harus mengetahui pula dengan baik kelompok-kelmpok yang menjadi sasarannya dan menguasai dengan baik materi-materi siaran agama yang disampaikan. tetapi juga memberikan motivasi kepada umat dan berupaya menggerakkannya agar meningkatkan partisipasinya secara maksimal dalam mensukseskan program-program pembinaan keagamaan.masjidkotabogor.multiply. majalah.php/news/view/107 http://id.wordpress. Afrika Selatan. Media dakwah Islam harus bangkit dan melawan arus serangan musuh ini.

agama adalah posisi keyakinan manusia pada konsep wujud untuk memperoleh petunjuk dalam mengetahui dan mengenal Allah. 3. berbangsa dan bernegara. Umat Islam berkewajiban meningkatkan kualitas umat Islam baik secara individu maupun kelompok. tenaga dan waktu. Melaksanakan dakwah melalui media elektronik adalah salah satu tugas suci yang diperintahkan Allah dalam Alqur’an dan hadist. Kehidupan bangsa Indonesia yang relijius perlu dibina dan dikembangkan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan dan kenegaraan. lembaga-lembaga pendidikan. material dan spiritual. kebaikan duniaakhirat sesuai doa yang selalu dipanjatkan kepada Allah. TV dan radio hampir tersebar merata keseluruh nusantara. keindahan dan keberkahan hidup. “Rabbana atinaa fiddun-ya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adzabannar”. Maka agama merupakan unsur pertama dan utama dalam kehidupan perorangan. yaitu. telah diatur garis–garis besar tentang teknik dan metodenya. Kegiatan masyarakat dalam kehidupan keagamaan sangat besar dan sudah tercermin dalam peran serta umat Islam dalam pembangunan tempat-tempat ibadah. memiliki daya tarik dan berhasil guna bagi audiens. Pembangunan Indonesia bukan hanya pembangunan fisiknya saja. Agama dapat memberi bentuk kepada arti dan kualitas hidup. tidak diperlukan lagi biaya besar untuk mendatangi kelompok tersebut melainkan cukup disampaikan melalui media baik TV dan radio. Tujuan ini harus ditanamkan dan disosialisasikan melalui berbagai cara dan kegiatan seperti melalui media elektronik. Islam tidak memisahkan antara kehidupan beragama dan bernegara. Umat Islam berkewajiban menyelamatkan Islam dan umatnya dari segala ancaman dan tindakan. Begitu pula suatu ide atau gagasan yang hendak disampaikan kepada kelompok masyarakat tertentu bahkan yang jauh dipelosok. maka kita akan kehilangan tujuan. Umat Islam berkewajiban melakukan dakwah Islamiyah sesuai ajaran tuntunan agama Islam. 2. untuk itulah penghayatan dan pengamalan agama perlu dibina dan dikembangkan sehingga umat beragama mampu membangun dirinya. Seorang mubaligh cukup berbicara di TV. media elektronika sudah bukan merupakan kebutuhan sekunder melainkan sudah menjadi kebutuhan primer. Program siaran keagamaan melalui media televisi dan radio dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta dapat menembus ruang tanpa batas ini perlu dikemas dengan baik bagaimana suatu siaran keagamaan atau dakwah yang menjadi panutan dan diterima masyarakat secara lugas dan menyenangkan. Agama bagi makhluk bukan terletak dalam substansinya sendiri melainkan dalam kondisinya sebagai objek usaha manusia yang merdeka. Sebab. bermasyarakat. Sisi lain dari peran elektronik adalah efektif dan efisien. Agama Islam jelas agama yang mempunyai motivasi yang kuat dalam usaha mewujudkan dan membina masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual. Sekurang-kurangnya ada tiga macam pendekatan yang harus dilakukan dalam menyampaikan siaran keagamaan agar mencapai hasil yang baik. . rohani dan jasmani. lembaga-lembaga sosial keagamaan dan lain-lain. dipelosok pedesaan dan wilayah terpencil. sebab kalau tidak demikian. Untuk lebih meningkatkan peranan siaran agama dalam dakwah. 1.Agama adalah bagian kehidupan manusia dan merupakan hubungan ketundukan yang diambil manusia sebagai makhluk bebas dalam kaitannya dengan Dzat Yang Maha Tinggi. terutama dalam hal biaya. Peranannya yang besar dan luas ini menempatkan posisinya begitu penting dan dibutuhkan manusia dalam kehidupannya. Media elektronika mempunyai peranan yang besar dan luas sekali sebagai alat penyampai informasi maupun sebagai alat komunikasi. umat Islam sekurang kurangnya memiliki tiga kewajiban pokok. yaitu. Melalui kedua media ini maka informasi dalam sekejap sudah merata dan diterima dalam waktu singkat. tetapi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. oleh karena itu motivasi agama merupakan alat yang ampuh dalam menggelorakan semangat masyarakat dalam kehidupannya. Bahkan dalam perkembangannya di Indonesia. radio atau website dalam waktu seketika informasi yang disampaikan sudah dapat dipantau oleh sekian puluh juta orang. yakni pembangunan lahir dan batin. Karena agama menduduki tempat tersendiri. membangun bangsa dan negara dan agamanya.

Dengan demikian secara etimologi dakwah merupakan suatu proses penyampaian (tabligh) pesan-pesan tertentu yang berupa ajakan atau seruan dengan tujuan agar orang lain memenuhi ajakan tersebut. dakwah adalah “proses penyelenggaraan suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan dengan sadar dan sengaja berupa ajakan kepada orang lain untuk beriman dan menaati Allah. karena hal ini berhubungan erat dengan transformasi pemikiran. kemana dan dengan siapapun kita berkomunikasi dapat kita lakukan dengan mengunakan fasilitas internet. ekonomi. Pendekatan Mujadalah (diskusi. Umat Muslim harus mampu menguasai dan memanfaatkan sebesar-besranya perkembangan teknologi informasi. namun penggunaan secara luas. Sejalan dengan pengertian dakwah sebagai nila-nilai Islam kedalam semua aspek kehidupan manusia. Media komunikasi cetak misalnya surat kabar. 3. Dakwah Islam sebagai konsep maupun sebagai aktifitas telah memasuki seluruh wilayah dan ruang lingkup kehidupan manusia. karena dakwah merupakan kegiatan yang bersifat universal yang menjangkau semua segi kehidupan manusia. amar ma’ruf dan nahi mungkar. Dengan trend digital life. kekeluargaan dan sebagainya. dan yang paling mutakhir adalah internet. dan pada tahun yang sama internet difungsikan sebagai media dakwah. Lebih lanjut ia tegas bahwa makna dakwah itu sendiri tidak hanya sebatas tabligh seperti yang berlangsung dan mendominasi aktifitas dakwah selama ini. penterjemahan dan pelaksanaan Islam dalam perikehidupan dan penghidupan manusia termasuk didalamnya politik. ketua Muslim Information Technology Association (MIFTA). Seiring dengan kemajuan teknologi. Media komunikasi pun terbagi menjadi dua yaitu. untuk menjalin hubungan antar muslim Indonesia di Kairo dan muslim di Kanada dan beberapa negara barat lainnya. Dalam konteks dakwah berarti saling tukar informasi antarumat. Pendekatan hikmah (filusuf) dan aqliyah (rasional). Singkatnya. Latar Belakang Masalah Teknologi di era globalisasi telah mengalami kemajuan yang begitu pesatnya. terutama pemerintah dalam hal ini Direktorat Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Departemen Agama yang menangani siaran keagamaan Islam melalui TV dan Radio. • Prof. kesenian. dimana segala bentuk dan macam informasi dapat diakses dengan mudah dan murah. Sementara mewujudkannya mulai dari tenaga. pikiran dan sumber daya manusia yang mengerti akan dakwah dan internet. Sesuai namanya. selembaran dan lain sebagainya. didukung dengan semakin menjamurnya warung internet yang memasang tarif murah. sosial. pendidikan. Dunia kini telah dan sedang berubah. Pengertian Dakwah Secara etimologi dakwah berasal dari bahasa Arab “da’wah” yang berarti: Seruan-Ajakan-Panggilan. televisi dan internet. Kesempatan yang dimaksud ialah bagaimana orang-orang yang peduli terhadap kemampuan dakwah maupun memanfaatkan media internet tersebut sebagai sarana dan media dakwah untuk menunjang proses dakwah Islamiyah. yang merupakan implikasi dari kemajuan teknologi. Suatu pesan atau berita dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dalam waktu yang relatif singkat. Hingga saat ini aktivitas dakwah di kalangan umat muslim masih tetap berlangsung dan perhatian pada dakwah semakin besar. Teknologi ini sudah ada sejak 10 tahun yang lalu dimanfaatkan. beragam macam media komunikasi bersaing dalam memberikan informasi yang tanpa batas. khusunya lagi upaya penyebaran informasi tentang agama Islam. dan tentunya akan memudahkan para da’i dalam melebarkan sayap-sayap dakwahnya. sebagai komunikasi abad modern telah berpengaruh luas. Pendekatan Mauu’izah (pengajaran). Konsep teknologi komunikasi canggih ini pertama kali digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sejak tahun 1980. sosial. Ada banyak pendapat dari beberapa ulama mengenai pengertian ilmu dakwah. internet dapat mempererat ikatan ukhuwah Islamiyah yang terkadang dibatasi lingkup wilayah. halaman web/situs. berpulang kepada kita semua. Dakwah tidak lagi dilakukan secara sederhana. dakwah Islam adalah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka dunia dan akhirat.” kata Dr. Kegiatan dakwah akan dapat berjalan secara efektif dan efisien harus menggunakan cara-cara yang strategis dan tepat dalam menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. Salah satu aspek yang bisa ditinjau adalah dari segi sarana dan prasarana dalam hal ini adalah media dakwah. sekolah dan lembaga formil lainnya. dan lain-lain yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Faktanya pula mereka adalah kalangan yang paling intens berinteraksi dengan dunia cyber (Internet) dan jumlahnya terus meningkat secara eksponensial. • Anwar Masy’ari. sesungguhnya kemudahan dari Allah SWT untuk nasyrul fikrah semakin terbuka lebar. kantor-kantor. kalangan ini selalu mencari tatanan terbaik yang akan meningkatkan kualitas masyarakat di masa depan. ”Dari sisi dakwah. bergulir dalam proses revolusi informasi dan komunikasi yang melahirkan peradaban baru sehingga mempermudah manusia untuk saling berhubungan serta meningkatkan mobilitas sosial. terutama di kalangan educated middle class sebagai elemen strategis dari unsur perubahan masyarakat. Jadi hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa dakwah bisa dilakukan melalui teknologi internet. Hal ini dapat diakses melalui berbagai fasilitas Internet seperti mailing list. ilmu pengetahuan. memanfaatkan jalur cetak atau konvenkuensi. Sedangkan media komunikasi elektronik misalnya pesawat televisi. Kehadiran media massa. Kalangan yang dijangkau bisa luas begitu pula dampak yang ditimbulkannya. Oleh karena itu. kekuatan internet sangat potensial untuk dimanfaatkan. bertukar fikiran) Semua itu. yaitu komunikasi yang dilakukan melalui tulisan yang bersifat langsung. Tapi seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi informasi penyebaran dakwah Islamiyah tersebar melalui media teknologi. Sejak itulah terbentuk cyber-cyber Islam media komunikasi dakwah. banyak manfaat dan kegunaan bila kemajuan teknologi internet ini bisa dioptimalkan oleh umat Islam secara luas. khususnya teknologi informasi seperti Internet. Anshari. Endang S. maka dalam penyampaiaannya pun harus dapat menyentuh semua lapisan atau tingkatan baik dari sudut budaya. pemdidikan dan kemajuan teknologi lainnya. majalah.1. terjadi pada setidaknya lima tahun lalu. ekonomi. Pada 1980 internet mulai digunakan untuk umum dan awal 1995 internet mulai merebak di Asia dan khususnya Indonesia. Seorang ahli telematika Roy Suryo Mengatakan bahwa. Fasilitas internet merupakan yang terlengkap dan terefisien. internet merupakan media komunikasi yang lahir di Era 60-an adalah fenomenal dan canggih. Selaku penggerak bagi perjalanan masyarakat. Komunitas cyber menstimulir seseorang untuk menjadi lebih sensitif dengan berbagai hal yang terjadi di seluruh pelosok negeri Islam. Penguasaan terhadap jaringan Internet adalah sebuah terobosan bagi efisiensi dan efektifitas dakwah. Thoha Yahya Omar MA. Kun Wardhana Abiyoto. internet merupakan konsep jaringan dan tukar menukar informasi satu sama lain. DAKWAH MELALUI DUNIA MAYA 1502 By Zamris Habib PENDAHULUAN 2011 A. seperti surat kabar. dakwah merupakan penjabaran. kini berdakwah mempunyai tantangan sendiri. . Dakwah bisa dilakukan melalui media massa dan diterima oleh orang banyak. radio. Lebih jauh menurutnya. Dakwah melalui internet merupakan suatu inovasi terbaru dalam syiar Islam. tetapi mulai memanfaatkan kemajuan teknologi. Penggunaan media internet sebagai media dakwah merupakan kesempatan dan tantangan untuk mengembangkan dan memperluas cakrawala dakwah Islamiyah. PEMBAHASAN A. Hal ini dilakukan agar segmen dakwah lebih meluas dan agar dakwah bisa dilakukan lebih insentif. Teknologi internet (International Networking) sebenernya bukanlah suatu teknologi yang baru berkembang. fasilitas tersebut biasa dikenal dengan istilah mailing list. diantaranya sebagai berikut: • H. sehingga seluruh aspek kehidupan tidak dapat dilepaskan dari sudut pandang dakwah itu sendiri. Karena sifatnya massal maka penerima pesan dakwah tidak hanya dikalangan tertentu saja. 2. sehingga cara berdakwah pun sekarang mengalami perkembangan. Dakwah tidak lagi dilakukan sebatas pemberian khutbah di masjid/mushalla. Selain itu ada pula yang bersifat elektronik.

membahas topik tertentu pada newsgroup. Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua. sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX. sumber daya informasi yang terdistribusi (world wide web). Didalam komunikasi mengharapkan adanya partisipasi dari komunikan atas idea-idea atau pesan-pesan yang disampaikan oleh pihak komunikator sehingga dengan pesan-pesan yang disampaikan tersebut terjadilah perubahan sikap dan tingkahlaku yang diharapkan. Perubahan positif ini diwujudkan dengan peningkatan iman. definisi dakwah yang dikemukakan para ahli menunjuk pada kegiatan yang bertujuan perubahan positif dalam diri manusia. Menurut artikel stikom-pti2007-kelompok9. C. Tak kurang dari 100. maupun perorangan. kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. mulai dari text. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah. menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain. Dakwah dalam Islam dapat ditinjau dari beberapa sudut. Santa Barbara. Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. tetapi tidak semua proses komunikasi merupakan proses dakwah. Pengertian dakwah tidak lain adalah komunikasi. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. organisasi. tulisan maupun pandangan) kepada para akar dan ulama yang mampu melaksanakan misi suci ini. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data. Dan fungsi internet merupakan media komunikasi dan informasi modern. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. satelit dan lainnya. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak. universitas-universitas. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan.Secara umum. mengingat sasaran dakwah adalah iman. Denmark dan Swedia. Setahun kemudian. Dakwah secara terang-terangan hanya dengan lisan saja. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet. yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Secara bahasa kata perkata internet berarti jaringan antara atau penghubung. faktual dan kontekstual. video. Dakwah merupakan proses komunikasi. Untuk itu dakwah harus dikemas dengan cara yang menarik dan tampil secara aktual. dan aneka layanan lainnya. kita bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan. 2. B. diantaranya dari sejarah awal penyebaran Islam oleh Nabi Muhammad SAW pembawa risalah Allah. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama. video. Pengertian Dunia Maya/Internet Istilah dunia maya biasa dikenal dengan nama internet. University of California. Internet merupakan jaringan global komputer dunia. jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.com Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon. Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Pada tahun yang sama. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute. website social networking dan lain-lain. kita harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah. dan juga tujuannya yaitu mengharapkan terjadinya perubahan/pembentukkan sikap dan tingkahlaku sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam. Tahun 1972. manakala manusia tidak dimanifestasikan dalam perbuatan amalia. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Internet (Inter-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik. Dakwah secara terang-terangan sekaligus memerangi kaum musyrik yang berlaku zalim dan menantang untuk berperang. Dakwah secara terang-terangan sekaligus memerangi setiap orang yang menolak untuk masuk Islam dan mencoba menghalau aktifitas dakwah dan proses ini berlanjut sampai tegaknya syari’at dan timbulnya hukum jihad dalam Islam. pemerintahan. kehandalan. yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda. maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain. Hadits tersebut menjelaskan tentang tahapan-tahapan untuk melawan kemungkaran dan secara otomatis mengajak pelakunya untuk kembali kepada jalan yang lurus. yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti. Dalam sunnah Rasul banyak sekali hadits-hadits yang menjelaskan tentang ungensinya aktifitas dakwah. audio. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email. Tom Truscott. akan tetapi Islam meliputi dan menyoroti semua persoalan hidup manusia secara total. dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link. Sejarah Internet Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet. melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10. Dakwah ini berlangsung sampai hijrah Rasulullah. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat. Pada kesempatan lain beliau berkata “Barang siapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pelakunya”. radio link. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet. Dari berbagai pengertian dapat dipahami bahwa internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telephone dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP. memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan.blogspot. maka dia masih bisa berdakwah dengan menjadi donatur (baik berupa harta. dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung. 4. sedangkan kontekstual dalam arti relevan dan menyangkut problema yang sedang dihadapi oleh masyarakat. mengirim dan menerima file dalam bentuk text. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. milis). Ciri khas yang membedakan adalah terletak pada pendekatanya yang dilakukan secara persuasive. Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976. menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. internet dapat menghubungkan jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa sehingga mereka dapat berkomunikasi. yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. komersil. Secara global dakwah Islamiyah pada zaman Rasul dapat dikategorikan kepada empat tahapan : 1. yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. University of Utah. Dakwah secara sembunyi-sembunyi. Agama Islam sebagai suatu ajaran tidaklah berarti. audio. Inggris. hanya saja yang secara khas dibedakan dari bentuk komunikasi yang lainnya terletak pada cara dan tujuan yang akan dicapai. jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Jim Ellis dan Steve Bellovin. besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi. bukanlah agama yang semata-mata menyoroti satu sisi dari kehidupan manusia saja. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada. chat). dan lainnya. icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Fase ini berlangsung sampai perjanjian perdamaian hudaibiyah. netzip dan sebagainya. Dakwah sering dipahami sebagai upaya untuk memberikan solusi Islam terhadap berbagai masalah dalam kehidupan. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan. diskusi (usen news. Seperti sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Tahun 1988. Setiap muslim hanya bertanggung jawab dalam hal dakwah sesuai dengan kedudukan dan kemampuannya. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email. Pada tahun yang sama. dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Rasul pun pernah bersabda “Sampaikan dari saya kepada mereka walaupun hanya satu ayat”. gambar. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Dakwah ini dilaksanakan Nabi selama tiga tahun. Seorang muballigh sebagai komunikator mengharapkan adanya partisipasi dari pihak komunikator dan kemudian berharap agar komunikannya dapat bersikap dan berbuat sesuai dengan isi pesan yang disampaikannya. Faktual berarti konkret dan nyata. Internet berasal dari bahasa latin yaitu ”inter” yang berarti ”antara”. seberapa besar informasi dapat dipindahkan. di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969. Ini dikarenakan agama tersebut.000 lebih.000 komputer kini membentuk . Tahun 1973. Pada 1979. Setahun kemudian. ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media. Dimana aktual berarti dapat memecahkan masalah-masalah yang kekinian dan hangat di tengah masyarakat. 3. dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar. dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Apabila seorang muslim tidak mampu melaksanakan kewajiban dakwah dengan sendirinya.

dan lain sebagainya. sejauh ini memang belum ada penelitian mengenai efektivitas pemanfaatan internet bagi kepentingan dakwah Islam. Keuntungan lain dari dakwah model ini tidak menjadi musnah meskipun sang da’i. belanja. dan teknologi lain untuk mencapai berbagai tujuan akademis. melainkan juga bi al-kitab (sengan tulis-menulis). Segala daya dan upaya untuk melakukan dakwah terus dilakukan. olahraga. Internet tidak hanya menyediakan fasilitas penelusuran informasi tetapi juga komunikasi. Sedangkan bila kita menggunakan web-site atau situs-situs. bisa dikatakan dakwah melalui internet ini sangat efektif karena didukung oleh sifat internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. Memasarkan dan mempublikasikan produk dan jasa. diantaranya : ¬ Mampu menembus batas ruang dan waktu dalam sekejap dengan biaya dan energi yang relatif terjangkau. yakni lewat mailing list atau email dan penyaluran informasi melalui web-site. Muslim). Padahal mereka ingin sekali berdiskusi dan mendapat bimbingan dari para ulama. pendidikan. melainkan juga harus memahami budaya masyarakat yang menjadi sasaran dakwahnya. komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer. Pemanfaatan Internet Untuk Berdakwah Semangat dakwah yang disebut diatas. baik untuk kepentingan pribadi. Untuk itulah diantara kewajiban para pemimpin aliran-aliran dalam Islam agar berusaha semaksimal mungkin untuk dapat merukunkan dan meminimalisisir titik perbedaan dan berusaha mengedepankan titik persamaan. . Tahun 1992. Pada hakekatnya ada metode lain yang bisa di sampaikan yaitu : ¬ Dengan menggunakan fasilitas website seperti yang telah dilakukan oleh banyak organisasi Islam maupun tokoh-tokoh ulama. Sebagaimana telah diketahui bahwa dakwah Islam tidak hanya bi al-lisan (dengan ungkapan/katakata). merupakan satu bentuk “tanggung jawab moril” yang sangat mengakar di kalangan umat Islam. komunikasi lewat email. internet. Berkomunikasi dengan orang lain dan mengirim file melalui e-mail. binary dan digital. ¬ Dakwah melalui internet telah menjadi salah satu pilihan masyarakat. Internet adalah media dan sumber informasi yang paling canggih saat ini sebab teknologi ini menawarkan berbagai kemudahan. Internet memberi keleluasaan kepada penggunanya untuk mengakses dalam kondisi dan situasi apapun. pada masa kini dakwah telah menggunakan medium bit. ¬ Dengan menggunakan fasilitas chatting yang memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung. jika di dalamnya terdapatnya unsur ajakan kepada yang hak dan memperingatkan akan yang bathil. Seorang dai atau muballigh yang baik tidak hanya menguasai materi dakwah. dimana saja dan pada tingkat apa saja. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan. ¬ Cara penyampaian yang variatif telah membuat dakwah Islamiyah via internet bisa menjangkau segmen yang luas. kapan dan dimanapun serta untuk keperluan apapun. Diantara berbagai tujuan orang memanfaatkan Internet antara lain: Berbagi data penelitian dan pekerjaan diantara rekan sejawat dan individu-individu dalam profesi yang sama. Karena kita tahu. Hal itu akan mempermudah dai dalam memilih kata dan menemukan metode apa yang harus digunakan. dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Meminta dan memberikan bantuan dengan mengajukan permasalahan dan pertanyaan. Karena sifatnya yang never turn-off (tidak pernah dimatikan) dan unlimited access (dapat diakses tanpa batas). ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya. hingga kini. Secara survey. Internet hadir sebagai kawan (atau lawan) diskusi sekaligus pembimbing setia. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Berbicaralah kepada manusia menurut kadar kecerdasan mereka. mailing list. dengan demikian pemaksaaan kehendak bisa dihindari. dan chating. tetapi memberikan pengaruh yang lebih luas kepada individu. kecepatan. membela dan memecahkan berbagai problema. D. dengan jenggot menghelai panjang. Dapat disimpulkan bahwa metode ini termasuk jenis dakwah Dakwah bitTadwi yaitu pola dakwah (dakwah melalui tulisan) baik dengan menerbitkan kitab-kitab. ¬ Para pakar dan ulama yang berada dibalik media dakwah via internet bisa lebih konsentrasi dalam menyikapi setiap wacana dan peristiwa yang menuntut status hukum syar’i. dan masyarakat.” (HR. atau World Wide Web. majalah. Sebab berda’wah dapat dilakukan dalam multidemiensi kehidupan. Dan dari segi statistik pun. Internet memiliki tiga keunggulan : 1. Internet merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin berdiskusi tentang pengalaman spiritual yang mungkin tidak rasional dan bila dibawa pada forum yang biasa akan mengurangi keterbukaannya. Dengan menggembar-gemborkan dakwah harus secara formalitas. situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman. seni. Berdakwah merupakan kewajiban setiap manusia. 2. maka sangat banyak informasi yang dapat dan layak diakses oleh masyarakat internasional. dapat dicari melalui Internet. F. Dakwah melalui jaringan internet dinilai sangat efektif dan potensial dengan berbagai alasan. Dan untuk kebutuhan belajar bagi setiap individu. Apabila dakwah itu sendiri tidak diartikan dengan makna yang sempit. Perlu diingat bahwa keefektifan media ini juga sangat tergantung pada umat Islam itu sendiri. dan tulisan-tulisan yang mengandung pesan dakwah sangat penting dan efektif. dan tujuan yang berkaitan dengan pekerjaan. bi at-tadbir (manajemen/pengorganisasian) dan bi al-hal (aksi sosial). Para ulama seharusnya dapat menggunakan internet sebagai media efektif untuk mencapai tujuan dakwahnya. ¬ Pengguna jasa internet setiap tahunnya meningkat drastis. hampir dari kebanyakan tokoh Islam merasa curiga dan khawatir akan efek dari temuan teknologi tersebut. Dunia langsung berubah. yakni membutuhkan proses yang lebih panjang dan rumit kendati dari segi tampilan mungkin menarik. Setelah beratus tahun berselang sejak dakwah lisan dikumandangkan oleh Rasulullah. Dakwah dalam bentuk tulisan di buku. Matthew DeBell dari The Education Statistics Services Institute (ESSI) mengatakan bahwa penggunaan komputer dan Internet dapat meningkatkan kualitas hidup orang setiap hari dan meningkatkan prospek pasar kerja mereka. Berbagai informasi yang dapat diperoleh melalui Internet antara lain lapangan pekerjaan. Menyangkut dakwah bitTadwim ini Rasulullah saw bersabda. aplikasi perangkat lunak. bahkan artikel-artikel ilmiah dalam berbagai disiplin ilmu. database. Tingkat penggunaan komputer dan Internet dapat dianggap sebagai indikator standar hidup. seperti yang telah diyakini oleh sebagian kalangan komunitas muslim. yang membentuk jaringan itu. Umat Islam bisa memanfaatkan teknologi itu untuk kepentingan bisnis islami. harus pula ada provider dan koneksivitas lebih dulu. 3. Muhammad Sa’id Ramadhan al-Buthi berkata: ternyata jaringan internet yang hampir menelan seluruh penjuru dunia adalah merupakan lahan luas yang disitu bertebaran podium-podium yang menyuarakan kepentingan Islam dengan memperkenalkan. sistem pendidikan. Dimana munculnya jaringan internet dianggap sebagai sebuah revolusi dalam dunia komunikasi dan informasi. Dari segi biaya pun menjadi sangat murah. mengajak (dakwah). dan untuk pertama kalinya virtualshopping atau e-retail muncul di internet. Sementara itu ada sebagian orang yang ingin bertanya atau siap berdebat dengan para ulama untuk mencari kebenaran namun kondisi sering tidak memungkinkan. meskipun hanya satu ayat. permainan. berita. seperti berpakaian gamis. Namun pemikir Islam adalah Syria Dr. Internet sebagai sumber informasi memungkinkan semua orang untuk terus belajar seumur hidup. kebalikannya dengan email. Ada dua komponen penerapan dakwah lewat internet bisa digunakan. tasbih menggayut ditangan kanan dan keliling berjalan kaki door to door. silaturahmi dan lain-lain. Dengan adanya akses internet. email tidak terlalu membutuhkan teknologi tinggi. Program inilah yang disebut www. dapat menjangkau siapapun dan di manapun asalkan yang bersangkutan mengakses internet. populasi pengguna email sudah sangat banyak. “Sesungguhnya tinta para ulama adalah lebih baik dari darahnya para syuhada”. ¬ Dengan cara tulisan yang diakses di internet dan nantinya disebarluaskan agar para komunitas internet bisa membacanya E. koran. Tapi yang pasti. Sebab itu. Informasi yang disebarkan lewat internet. apapun jenisnya. Kelebihan Internet Sebagai Media Dakwah Dibandingkan media dakwah yang lain. Tahun 1994. majalah. buku. Hal tersebut misalnya ditandai dengan banyak bermunculan situs baru bernuansakan Islam. Dakwah Melalui Internet Hadirnya akses internet merupakan media yang tidak bisa dihindari karena sudah menjadi peradaban baru dalam dunia informasi dan komunikasi tingkat global. koran. Di samping itu. Hampir semua bidang tugas manusia. Menurut Buxbaum memahami informasi berkaitan dengan keahlian teknologi informasi. tv dan radio mendapatkan komplementernya berupa text dan hypertext di Internet. kesehatan. Berbagai situs mereka bebas memilih materi dakwah yang mereka sukai. ¬ Dengan menggunakan fasilitas mailing list dengan mengajak diskusi keagamaan atau mengirim pesan-pesan moral kepada seluruh anggotanya.sebuah jaringan. setiap orang dalam berbagai profesi bisa melaksanakan da’wah. perjalanan. atau penulisnya sudah wafat. Keahlian teknologi informasi membuat seseorang dapat menggunakan komputer. Pada saat pertama kali internet diperkenalkan oleh para ilmuan barat. serta kesungguhan mereka dalam meredam segala bentuk perpecahan dan perselisihan intern dalam ummat Islam sangat berpengaruh dalam sukses tidaknya misi suci ini. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah. bisnis dan lain-lain. Materi keislaman dan dakwah bisa disebarkan dengan cepat dan efisien. Berdakwah dengan menggunakan fasilitas ini dianggap lebih fleksibel dan luas jika dibandingkan dengan dua fasilitas berikutnya. Individu yang memiliki kemampuan memahami informasi perlu mengembangkan beberapa keahlian teknologi. ketepatan akses dan kemampuan menyediakan berbagai kebutuhan informasi setiap orang. Namun saat ini yang paling optimal adalah melalui email. kopiyah menempel di atas kepala. Artinya kecakapan dan keikhlasan mereka dalam berdakwah via internet. Sebagian orang yang memiliki keterbatasan dalam komunikasi sering kali mendapat kesulitan guna mengatasi dahaga spiritual mereka. di kalangan akademisi telah memanfaatkan sarana internet secara optimal bagi pengembangan syiar agama. pribadi. kapan saja. Mengumpulkan umpan balik dan saran-saran dari para pelanggan dan rekan bisnis. ini berarti berpengaruh pula pada jumlah penyerap misi dakwah. yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

Arab. Islam Virtual. laskarjihad. informasi kekerasan.or. Jakarta: Balai Pustaka. al-islam. Dengan demikian berdakwah melalui internet atau dunia maya memiliki cakupan yang sangat luas. karena hal itu merupakan salah satu cara paling efektif guna menyampaikan informasi yang sebenarnya mengenai agama Islam.muslimdaily. Situs Dakwah Islam. Dan jutaan remaja Islam mengenal agamanya dengan baik. Keberadaan internet sebagai media dakwah sudah bukan lagi pada tataran wacana lagi. Seharusnya para ulama. Oktober Dennis Mc Quail. PENUTUP Internet memberikan banyak sekali manfaat.com. www. Langkah-langkah untuk berdakwah melalui internet dapat dilakukan dengan membuat jaringan-jaringan tentang Islam. Tetapi pendakwah zaman ini adalah penyelidik dan penggerak kepada penyelesaian masalah semasa secara praktis.com-nya (sekarang IslamTube. Seiring dengan berkembangnya zaman. Jakarta: UIN Jakarta Press. dan lain-lainnya yang negatif. Akan tetapi. Jakarta: Gaya Media Pratama. Format penampilan pun berbeda-beda bahkan semakin tersegmentasi sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat.com. terbuka untuk didiskusikan dan tidak mengandung unsur-unsur lain yang dapat merusak makna dakwah itu sendiri. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badjuri. Sebab semua yang bisa dikerjakan oleh manusia dan apa yang ada di muka bumi ini selagi tidak berbenturan dengan doktrin Islam.id. Anwar Study Tentang Ilmu Dakwah.id. sampai yang ter-update saat ini (Facebook). Jakarta: Usaha Enterprises. internet messenger. pesantren-online. Sebuah langkah yang baik telah banyak dilakukan oleh ulama-ulama di timur tengah dan para cendekiawan Islam di Eropa dan Amerika yang menyambut media internet sebagai senjata dakwah.com. Masy’ari. Kecanggihan teknologi telah membuka sekat dan menghilangkan batas ruang dan waktu. kisdi. Endang S. globalisasi sebagai fenomena terbuka luasnya ruang dan waktu bukan hanya sebuah keniscayaan yang tidak dapat ditampik. bisa sampai pada tahapan intenational bukan lagi nasional . terpercaya. Jakarta. ada kekurangan bila berdakwah melalui internet diantaranya sasarannya yang mungkin terbatas yaitu hanya bagi orang yang menggunakan internet dan mereka mampu untuk mengakses internet. Kuliah Umum Informatika.or. karena didukung oleh sifat internet yang tidak terbatas ruang dan waktu. Demikian juga pesantren. masih ada sosok muallaf bernama Yusuf Estes yang terkenal dengan YoutubeIslam. chatroom. mengirim dan menerima file dalam bentuk text. dan para pemimpinpemimpin Islam sudah menyadari dan segera melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga dan mentarbiyah generasi-generasi muda kita agar siap dan matang dalam menghadapi serangan-serangan negatif dari media internet. Wardi. G. pesantrenvirtual.com menyediakan berbagai informasi dan perkembangan nasyid yang mengejutkan dunia seni suara di tanah air. Moslemworld. yang peranannya sangat menentukan sekali dalam proses pencapaian tujuan dakwah. Sebagai contoh. Masing-masing cyber tersebut menyajikan dan menawarkan informasi Islam dengan berbagai fasilitas dan metode yang beragam variasinya.com. Mustopha Bisri merupakan contoh lain situs Islam yang menyajikan berbagai hasil konsultasi virtual dengan Pengelola Pesantren. sehingga kecanggihan teknologi mau tidak mau akan menghadapi dan menjadi idaman dalam kehidupan masyarakat. strategi dapat berarti “ilmu tentang perencanaan dan pengarahan operasi militer secara besar-besaran”. H.co. Jakarta: Erlangga. Informasi yang disebarkan lewat internet dapat menjangkau siapapun dan dimanapun asalkan yng bersangkutan mengakses internet. Surabaya: Bina Ilmu. Umat Islam bisa memanfaatkan teknologi itu untuk kepentingan bisnis islami. melainkan juga menguntungkan bagi interaksi peradaban seluruh umat manusia. Pada hakekatnya metode dan sarana untuk berdakwah sangat banyak dan luas atau bahkan mungkin tidak akan ada batasnya. republika. Masyarakat masa kini adalah masyarakat plural yang berkembang dengan berbagai kebutuhan yang praktis.or. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email. Sebuah situs seperti Youtube yang dikelola secara islami.com. Cybernasyid. ukhuwah. Materi keislaman dan dakwah bias disebarkan dengan cepat dan efisien. Inggris. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Komunikasi Dakwah.com yang dikelola oleh para santri virtual bimbingan KH. Anshari.id dan banyak lagi yang lainnya mulai menyemarakkan Internet dengan berbagai format sajian. Situs myquran. Di samping itu dapat pula berarti “kemampuan yang terampil dalam menangani dan merencanakan sesuatu”. Toto. Situs ini awalnya merupakan komunitas milis yang kemudian di-online-kan menjadi situs. maka hal itu boleh dijadikan sebagai metode dan sarana untuk berdakwah. telah tampil beberapa situs Islam terkemuka seperti www. Strategi Berdakwah Melalui Internet Perkataan strategi pada mulanya dihubungkan dengan operasi militer dalam skala besar-besaran. Tasmara. Pendakwah di zaman ini tidak lagi mapan dengan hanya kebolehan berpidato atau berceramah. Moh. Bachtiar. Jakarta: Kencana. bisa di kategorikan menengah ke atas. Santri Virtual. cybernasyid.com menampilkan situs komunitas kolaboratif dimana pengunjung situs dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti Al Qur’an online.id merupakan contoh situs Islam yang mendapat dukungan dana dari moslemworld.co. Di Indonesia. eramuslim. audio. membahas topik tertentu pada newsgroup. Situs pesantrenvirtual. maka seorang da’i harus pandai dalam memilih media dakwah. siasat. Armawati Dakwah dan komunikasi. membuka dan memperdalam wawasan. hidayatullah. oleh karenanya penguasaan teknologi informasi mutlak diperlukan oleh umat Islam. di komunitas maya menggunakan email. Untuk dapat mencapai tujuan yang tepat dan mendapatkan kebehasilan.com merupakan contoh lain situs yang lahir dari komunitas milis yang dikelola oleh Budayawan Emha Aiunun Najib. Sasarannya adalah pemakai internet usia 17 sampai 35 tahun yang merupakan segmen pemakai Internet terbesar dewsa ini. umat Muslim harus mampu menguasai dan memanfaatkan sebesar-besarnya perkembangan teknologi informasi. oleh sebab itu. menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain. Artinya dalam posisi ini mempunyai kesadaran dan telah menempatkan pada posisi startegis dengan menghadirkan dan mengikutsertakan teknologi informasi sebagai mitranya dalam dakwah amar ma’ruf nahi munkar. MIFTA.net. Oleh karena itu informasi yang akan disampaikan dalam berdakwah ini harus bersifat valid. Oleh sebab itu. Dari segi biaya pun menjadi sangat murah. Sedangkan orang-orang yang mempunyai internet. Disaat umat lain telah berupaya menyebarkan ajaran dan pandangannya menggunakan iklan-iklan di televisi. Situs-situs Dakwah Di Indonesia situs-situs Islam mulai marak sekitar awal tahun 1999. UIN Jakarta. Perkembangan yang lebih pesat sebenarnya terjadi di komunitas milis islam yang jumlahnya sekarang ini mencapai ribuan milis Islam dari Indonesia.id. sehingga memilih dan menggunakan media dakwah yang tepat sudah merupakan keharusan dan tuntutan zaman. islamlib.Dengan adanya globalisasi kompetisi akan semakin berat. PadhangMbulan. Kecenderungan yang demikian tentunya menggembirakan bagi dunia Islam. silaturahmi dan lain-lain. Pokok-Pokok Pikiran Tentang Islam. Myquran. website social networking dan lain-lain. www. YoutubeIslam atau IslamTube. forum diskusi.id.com). iiman.com. Pada akhirnya nilai positif atau negatif produk teknologi akan ditentukan oleh niat dan motivasi yang akan menjadi penentu apakah suatu alat akan menjadi bermanfaat atau mudharat.com. Website. Ini baru menyebutkan beberapa situs Islam saja. Keberadaan Dunia Islam Di Internet. Pemanfaatan Internet sebagai media berdakwah sangatlah efektif. dan Mandarin. Yusuf juga diketahui mengelola banyak situs lainnya. Sedangkan tujuan suatu strategi ialah untuk merebut kemenangan atau meraih suatu hasil yang diinginkan.com dari Brunei Darussalam yang menyajikan berbagai referensi dan informasi Islam terkini. Syarif. Metode Penelitian Ilmu Dakwah. bersifat konstruktif. media dakwah merupakan wasilah bagi keberhasilan dakwah yang dilakukan. berita serta artikel dan berbagai sarana interaktif lainnya yang disumbangkan oleh para pengunjung dan anggotanya.com dan beberapa situs Islam lainnya dengan beraneka latar belakangnya. Strategi dakwah adalah merupakan metode.com.(Oleh Zamris Habib dan Rosidatun M) DAFTAR PUSTAKA Ali Azis. sehingga kita perlu berlomba-lomba menguasai teknologi informasi serta mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya. Dari dakwahnyalah diketahui bahwa banyak ratusan bahkan ribuan orang kafir menerima dakwah islam. taktik atau manuver yang dipergunakan dalam aktivitas atau kegiatan dakwah. mailing list. video.com) dengan empat bahasa besar utama dunia. Prancis. Tak hanya konsep dakwah konvensional yang dapat diberikan melalui internet. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar.net.or. situs seorang ulama bernama Salman Audah yang menjadi direktur situs dakwah Islam (www. 2009 1976 2003 1997 2005 1994 1991 2004 1981 1997 . tazkia.eramuslim. Logos. Adi. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi.co. indohalal. Hidayatullah. da’i.com dan banyak lagi yang lainnya yang merupakan representasi dakwah islamiyah baik langsung maupun tidak langsung di Internet. Ilmu Dakwah Edisi Revisi. Blog dan Jaringan sosial seperti: Facebook dan twitter. forum diskusi. Kemunculannya dengan kemajuan peradaban manusia menjadikan globalisasi sebagai sebuah ideologi bagi masyarakat masa kini yang juga disebut sebagai masyarakat informasi.islamtoday. diantaranya: cybermuslim atau cyberdakwah. bukan sebuah fitnah.hidayatullah. Dengan demikian. direktori situs islam.com. Arbi. Selain Salman. ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Perkembangannya kemudian semakin pesat di tahun 2000-an dengan masuknya berbagai investasi asing di Indonesia yang berhubungan dengan Internet.id.

1983 Website http://mafazaif.html http//www.html http://mafazaif. Roy.com/2008/04/internet-media-dakwah-alternatif.com/index. Surabaya: Al-Ikhlas.com/2010/01/09/pemanfaatan-ti-untuk-kemajuan-dakwah/ .com/2010/01/09/pemanfaatan-ti-untuk-kemajuan-dakwah/ http://www.masjidkotabogor.dhani.html http://icus2ays.multiply.Suryo.wordpress.com/2007/09/pengertian-internet. 14 tahun ke-2 Januari 2006 http://ilpi.wikipedia.php/news/view/107 http://id. Asmuni Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam.php?page/ http://stikom-pti2007-kelompok9.singcat. Wawancara dengan majalah Az-Zahra.cc/2009/11/metode-dakwah-melalui-internet.kamisama86.blogspot. edisi Syukir.org/wiki/Sejarah_Internet no.wordpress.blogspot.co.com//internet/modul.com/journal/item/7 http//www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful