Pendidikan Agama

1. Pengertian Agama A: tidak, gama: pergi

 Setiap pemeluknya meyakini bahwa agama merupakan petunjuk menuju jalan dan ridho-Nya. Din : menguasai, menunduk, hutang, balasan, dsb. Agama itu tidak bisa dinalar (resonable) Agama itu seperti rambu-rambu lalu lintas. Ada merah yang berarti berhenti/larangan, kuning yang berarti berhati-hati, dan hijau yang berarti jalan. agama Reword (pahala) punishment (siksa)

2.

Unsur-unsur penting dalam agama 1. Kekuatan ghaib 2. Keyakinan manusia bahwa kesejahteraannya di dunia dan akhirat bergantung kepada hubungan baik dengan kekuatan ghaib tersebut. 3. Respon yang bersifat emosional dari manusia:  Perasaan takut (primitif)  Perasaan cinta (monotheisme)  Penyembahan, pemujaan, dst. 4. Paham adanya yang kudus/suci Tempat suci Kitab suci Agama primitif  Dinamisme kekuatan ghaib  Animisme roh  Polytheisme keyakinan adanya banyak dewa/Tuhan Non primitif Monotheisme : keyakinan kepada satu tuhan Islam (tauhid) Yahudi → nabi musa Nashrani → nabi isa (terkontaminasi(trinitas)) hindu → tri murti Agama kuno islam (lattta, uzza, manata) Imanen : kekuatan ghaib disekitar kita Transendental : tuhan itu kita yakini sebagai sesuatu di atas kita, ada batas di antara manusia dan tuhan.
1

Basyar.Agama Kitab suci al-qur‟an Hadist/sunnah Manusia Human.” ( Q. Al-Isra’: 70 ) 3. Dzurriyatu Adam. sisi Jasmani → tanah → kecenderungan negatif: kekuatan syaitoni => Fujur Rohani → roh dari tuhan → kecenderungan baik: kekuatan malaikati => taqwa 2. Tapi manusia menggunakan akalnya untuk mengelolah sesuatu (makanan. Makhluk dwi dimensi Ruang.S. Makhluk sosial 2 . At-Tin: 4) Artinya : “Dan sesungguhnya kami memuliahkan anak cucu Adam. baju. Makhluk berakal ( Homo Sapiens ) Manusia dan hewan mempunyai akal yang sama. Makhluk paling sempurna Artinya : “Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. dan kami angkat mereka di darat dan di laut. dll.S. dll) dengan sebaik mungkin . sedangkan hewan tidak menggunakan akal dalam melakukan sesuatu. Bani Adam. 4.” ( Q. Al-Insan. 1. dan kami beri mereka rezeky dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka di atap banyak makhluk yang kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna. An-Nas.

Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa.S. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha teliti. Manusia Manusia dibedakan menjadi: 1. Kepada sesame 3 . Al-Hujurat:13 ) 5. Hamba Allah (hubungan vertikal) 2.” ( Q. Khalifah (hubungan horizontal) wakil Allah di bumi → untuk memakmurkan bumi Manusia memiliki 3 tanggung jawab : 1. Kepada Allah 2. sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang peenpuan.Artinya : “Wahai manusia. Kepada diri sendiri 3. kemudian kami jadikan kamu berbangsabangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.

Akhlak bersifat universal/anytime/anywhere. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar. kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad. paksaan. dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. AlQalam: 4 ) Artinya: “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka.S. dan ucapan tanpa adanya keraguaan. Karena itu. tindakan. tindakan. Moral bersumber pada adat istiadat atau kebiasaan. maka bertawakallah kepada Allah.” ( Q. yaitu:   Moral bersifat lokal Apa yang dianggap baik oleh kita belum tentu dianggap baik oleh orang lain Moral bersifat temporal (bersifat sementara) Contoh: cipika-cipiki → di luar negeri cipika-cipiki adalah hal yang biasa tetapi tidak dengan negara indonesia. ucapan yang didasarkan pada adat istiadat atau kebiasaan dalam suatu masyarakat. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. Akhlak bersifat abstrak. dan tulus ikhlas karena Allah yang di dasarkan pada Qur‟an dan Hadist. pemikiran.Agama sebagai Moral dan Akhlak Mulia dalam Kehidupan Moral adalah ukuran atau penilaian baik buruknya perbuatan.” ( Q. maksudnya akhlak itu sesuatu yang tidak berwujud dan mendarah daging dalam hidupnya. mohonkanlah ampun bagi mereka.Imran: 159) Etika merupakan akal atau pemikiran 4 . Artinya: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.S. Akhlak adalah keadaan dalam jiwa yang tertanam secara sangat kuat dan yang mendarah daging yang mendorong timbulnya perbuatan. tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Sifat-sifat moral ada 2. maafkanlah mereka. Al.

Reliogisme : Aliran yang memandang bahwa kebaikan adalah segala sesuatu yang didasarkan pada apa yang ditetapkan oleh agama. manfaat.Aliran-aliran yang berkaitan dengan penentuan nilai baik. Contoh: kerukunan umat beragama. Hedonisme : Aliran yang memandang bahwa kebaikan itu bersumber dari kenikmatan dan kelezatan. Utilitarianisme : Aliran yang memandang bahwa kebaikan itu adalah segala sesuatu yang dapat mendatangkan kegunaan. peranan agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan. 5 . dan keperkasaan. Vitalisme : Aliran yang memandang bahwa kebaikan itu adalah segala sesuatu yang bisa menimbulkan kekuasaan. Contoh: pelaksanaan ospek 4. Contoh: berfoya-foya 2. kaidah. Sosiologisme : Aliran yang memandang bahwa kebaikan itu adalah segala sesuatu yang ditetapkan berdasarkan adat istiadat atau kebiasaan sosial dalam masyarakat. kekuatan. 5. 3. buruknya perbuatan: 1.

“berilah kelapangan di dalam majelis-majelis. Secara etimologi juga dapat di artikan meneliti. bersifat rasional (masuk akal dan sesuai dengan hukum alam).” maka lapangkanlah. islam sangat memuliakan ilmu. Fungsi ilmu : 1. Dan allah maha teliti apa yang kamu kerjakan. Ilmu adalah pengetahuan-pengetahuan yang tersusun secara sistematis (tidak saling bertentangan). Ilmu adalah sebaik-baiknya warisan Pengetahuan adalah segala apa yang kita ketahui.” maka berdirilah. Dengan demikian. Kontrol/ antisipasi Teknologi adalah pengejauantaan/ aplikasi dari ilmu pengetahuan Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu. Al. empiris. dan terbuka untuk diuji atau dikritik kebenarannya secara umum. membaca. “berdirilah kamu.Agama dan IPTEK serta Aplikasinya dalam Kebidanan IPTEKS ilmu pengetahuan. Ini merupakan hasil serapan dari panca indera kita. obyektif.Mujadilah: 11) Seni adalah apresiasi jiwa dalam bentuk keindahan 6 .” ( Q. teknologi. Eksplanasi (menjelaskan) 2. memiliki metode obyek tertentu. niscaya allah akan memberi kelapangan untukmu. Prediksi (perkiraan) 3.S. Dan apabila dikatakan. kesenian Wahyu pertama yang diturunkan : surat al-alaq 1-5 Ayat pertama barbunyi: Yang artinya „Bacalah‟. niscaya allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan umat Islam dapat berhubungan dengan siapa saja tanpa batasan ras.Ukhuwah ‟ubudiyah atau saudara sekemakhlukan dan kesetundukan kepada Allah.Kerukunan antar umat beragama 1. hidup bersama dalam masyarakat dengan “kesatuan hati” dan “bersepakat” untuk tidak menciptakan perselisihan dan pertengkaran (Depdikbud.baik kebutuhan material maupun spiritual. Apabila akal tidak mempan barulah senjata digunakan. karena semua berasal dari ayah dan ibu yang sama. bangsa. keluarga. 1985:850) Bila pemaknaan tersebut dijadikan pegangan. 6. Ukhuwah yang islami dapat dibagi kedalam empat macam. . dan agama. persaudaraan sesama muslim. . dan agama. Allah berfirman dalam surah Al-Kafirun: 1-6 7 . Ayat ini berlaku apabila islam merasa benar-benar teraniyaya atau berada dalam posisi bahaya. Memerangi bukan berarti memerangi dengan fisik.Ukhuwah insaniyah (basyariyah). dalam arti seluruh umat manusia adalah bersaudara. bangsa. manusia memerlukan kerja sama dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidunya.yaitu : . maka “kerukunan” adalah sesuatu yang ideal dan didambakan oleh masyarakat manusia. namun Dengan akal.Ajaran Islam menganjurkan manusia untuk bekerja sama dan tolong menolong (ta‟awun) dengan sesama manusia dalam hal kebaikan.Ukhuwwah fid din al islam. 4. . Antar umat beragama dengan pemerintah Contoh: Berikut adalah agama yang diakui oleh Negara Indonesia: 1. merupakan salah satu ajaran yang mendapat perhatian penting dalam islam. 2. Ruang lingkup kerukunan terbagi atas tiga bagian: 1.Ukhuwah wathaniyah wannasab. Intinya. 5. Al-qur‟an menyebutkan kata yang mengandung arti persaudaraan sebanyak 52 kali yang menyangkut berbagai persamaan. baik persamaan keturunan.yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.Manusia ditakdirkan Allah Sebagai makhluk social yang membutuhkan hubungan dan interaksi sosial dengan sesama manusia. Sebagai makhluk social. 3. Contoh: kerukunan antar ormas (seperti aliran NO dengan aliran Muhammadiyah) 2. Antar umat bergama Contoh: kerukunan antara umat Kristen dan umat islam 3. Pengertian Sikap Saling Menghormati dalam Keyakinan Beragama Kerukunan adalah istilah yang dipenuhi oleh muatan makna “baik” dan “damai”. masyarakat. Agama islam Agama Kristen Agama Kristen katholik Agama kohuchu Agama budha Agama hindu Dalam Al-Qur‟an terdapat ayat yang menerangkan bahwa perangilah orang-orang kafir atau bunulah orang-orang kafir.Adam dan Hawa. Intern umat beragama Persaudaraan atau ukhuwah.

maka seluruh tubuh akan merasakan demamnya. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Ukhuwwah adalah persaudaraan yang berintikan kebersamaan dan kesatuan antar sesama. Ketika terdapat rombongan pengantar meyat. baik itu berupa panflet/ selebaran-selebaran mengenai agama maupun secara langsung. Di sini perlu dicatat bahwa wewenang untuk menentukan yang benar dan 8 .” Hukumnya terlarang bagi umat islam yang menyiarkan agamanya kepada orang lain untuk pindah ke agamanya. Kerja sama intern umat beragama Esensi dari persaudaraan terletak pada kasih sayang yang ditampilkan bentuk perhatian. dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Untuk menghindari perpecahan di kalangan umat islam dan memantapkan ukhuwah islamiyah para ahli menetapkan tiga konsep. ia tidak akan berdosa. „hai orang-orang kafir. nabi berdiri untuk menghormatinya meskipun mayat tersebut bukanlah umat agama islam melainkan agama lain. Kebersamaan di akalangan muslim dikenal dengan istilah ukhuwwah Islamiyah atau persaudaraan yang diikat oleh kesamaan aqidah. Konsep ini mengakui adanya keragaman yang dipraktekkan Nabi dalam pengamalan agama yang mengantarkan kepada pengakuan akan kebenaran semua praktek keagamaan selama merujuk kepada Rasulullah.Persatuan dan kesatuan sebagai implementasi ajaran Islam dalam masyarakat merupakan salah satu prinsip ajaran Islam. tapi isinya tetap berbeda.Artinya: “katakanlah. di kalangan umat islam misalnya seringkali terjadi perbedaan pendapat atau penafsiran mengenal sesuatu hukum yang kemudian melahirkan berbagai pandangan atau madzhab. Persatuan di kalangan muslim tampaknya belum dapat diwujudkan secara nyata. hubungan yang akrab dan merasa senasib sepenanggungan. Salah satu sebab rendahnya rasa persatuan dan kesatuan di kalangan umat Islam adalah karena randahnya penghayatan terhadap nilai-nilai Islam. Perbedaan pendapat dan penafsiran pada dasarnya merupakan fenomena yang biasa dan manusiawi. Konsep al mukhtiu fi al ijtihadi lahu ajrun(yang salah dalam berijtihad pun mendapatkan ganjaran). Hal ini di ajarkan sejak jaman nabi Muhammad saw. bahkan tetap diberi ganjaran oleh Allah . Dalam hal agama. karena itu menyikapi perbedaan pendapat itu adalah memahami berbagai penafsiran. A. walaupun hasil ijtihad yang diamalkannya itu keliru. kepedulian. Perbedaan kepentingan dan golongan seringkali menjadi sebab perpecahan umat. 2. Konsep tanawwul al ‟ibadah (keragaman cara beribadah). dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Konsep ini mengandung arti bahwa selama seseorang mengikuti pendapat seorang ulama. Karena dalam ayat Al-Qur‟an tersirat bahwa dalam agama tidak boleh ada paksaan Kita sebagai umat islam di ajarkan untuk menghargai umat agama lain. apabila salah satu anggota tubuh terluka. Nabi menggambarkan hubungan persaudaraan dalam haditsnya yang artinya ” Seorang mukmin dengan mukmin yang lain seperti satu tubuh. Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku.Salah satu masalah yang di hadapi umat Islam sekarang ini adalah rendahnya rasa kesatuan dan persatuan sehingga kekuatan mereka menjadi lemah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah.” Ada yang mengatakan bahwa “ kepala boleh sama hitamnya. Keragaman cara beribadah merupakan hasil dari interpretasi terhadap perilaku Rasul yang ditemukan dalam riwayat (hadits). Perpecahan itu biasanya diawali dengan adanya perbedaan pandangan di kalangan muslim terhadap suatu fenomena.yaitu : 1.

Kerja sama antar umat beragama Memahami dan mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan masyarakat tidak selalu hanya dapat diharapkan dalam kalangan masyarakat muslim.dan keadilan dengan mengedepankan kedamaian. baik dalam al-quran maupun sunnah Rasul. Di sini konsep Islam tentang Islah diperankan untuk menyelesaikan pertentangan yang terjadi sehingga tidak menimbulkan permusuhan. sebab ia hanya setia pada nilai kebenaran dan keadilan yang bersifat universal. Konsep la hukma lillah qabla ijtihadi al mujtahid (Allah belum menetapkan suatu hukum sebelum upaya ijtihad dilakukan seorang mujtahid). baik ke dalam intern umat Islam maupun ke luar. Dominasi salah satu etnis atau negara merupakan pengingkaran terhadap makna Islam. Perbedaan tidak harus melahirkan pertentangan dan permusuhan. Hubungan antara muslim dengan penganut agama lain tidak dilarang oleh syariat 9 . 3. Selain itu tiap manusia. maka islah diperankan untuk menghilangkannya dan menyatukan kembali orang atau kelompok yang saling bertentangan. Dari segi agama. Konsep ini dapat kita pahami bahwa pada persoalan-persoalan yang belum ditetapkan hukumnya secara pasti. melainkan Allah SWT yang baru akan kita ketahui di hari akhir.menghindari pertentangan dan perselisian. Melihat Universalisme Islam di atas tampak bahwa esensi ajaran Islam terletak pada penghargaan kepada kemanusiaan secara univarsal yang berpihak kepada kebenaran. B. universalisme Islam ditampakkan bahwa wahyu ditujukan kepada semua manusia agar mereka menganut agama islam. Oleh karena itu umat islam. tanpa perbedaan diminta untuk bersama-sama menerima satu dogma yang sederhana dan dengan itu ia termasuk ke dalam suatu masyarakat yang homogin hanya denga tindakan yang sangat mudah . Jika ia tidak ingin masuk Islam. Demikian pula pada tataran yang lebih luas.nilai-nilai ajaran Islam menjadi sangat relevan untuk dilaksanakan guna menyatukan umat manusia dalam suatu kesatuan kkebenaran dan keadilan. Ditinjau dari segi sosiologi. yaitu kehidupan antar bangsa. kebaikan. tidak ada paksaan dan dalam bidang sosial ia tetap diterima dan menikmati segala macam hak kecuali yang merugikan umat Islam. haruslah orang yang memiliki otoritaskeilmuan yang disampaikannya setelah melalui ijtihad. maka Allah belum menetapkan hukumnya.bangsa dan agama. Universalisme Islam dapat dibuktikan anatara lain dari segi. Karena itu sangat dimungkinkan untuk terjadi perbedaan.salah bukan manusia. Karena itu maka pembentukan masyarakat yang terpisah merupakan suatu akibat wajar dari ajaran Al-Qur‟an tanpa mengurangi universalisme Islam. Islam dapat diaplikasikan dalam masyarakat manapun.yakni membaca syahadat. perlu pula diperhatikan orrang yang mengemukakan ijtihad maupun orang yang pendapatnya diikuti. Dengan demikian tampak bahwa nilai-nilai ajaran Islam menjadi dasar bagi hubungan antar umat manusia secara universal dengan tidak mengenal suku. ajaran Islam menunjukkan universalisme dengan doktrin monoteisme dan prinsip kesatuan alamnya.sedangkan interpretasi terhadap firman-firman itu bersifat relatif. dan apabila telah terjadi. sebab secara esensial ia merupakan nilai yang bersifat universal. Ketiga konsep di atas memberikan pemahaman bahwa ajaran Islam mentolelir adanya perbedaan dalam pemahaman maupun pengalaman. walaupun hasil ijtihad itu berbeda-beda. dan dalam tingkat yang lain ditujukan kepada umat Islam secara khususu untuk menunjukan peraturanperaturan yang harus mereka ikuti. Yang mutlak itu hanyalah Allah dan firman-fimanNya.khususnya para mujtahid.. dan sosiologo. Kendatipun dapat dipahami bahwa Isalam yang hakiki hanya dirujukkan kepada konsep al-quran dan As-sunnah. Hasil dari ijtihad yang dilakukan itu merupakan hukum Allah bagi masing-masing mujtahid. Kendati pun demikian. dituntut untuk menetapkannya melalui ijtihad. tetapi dampak sosial yanag lahir dari pelaksanaan ajaran isalam secara konsekwen dapat dirasakan oleh manusia secara keseluruhan.

bahkan dianjurkan sepanjang berada dalam ruang lingkup kebaikan. yaitu suatu bentuk kerukunan yang terjalin antar masyarakat yang memeluk agama berbeda-beda. Misalnya. kerukunan antar umat Islam dan Kristen. tapi juga termasuk agama. ada beberapa agama lain yang juga dianut penduduk ini. Kristen. Seperti yang kita ketahui. atau kerukunan yang dilakukan oleh semua agama. Kerja sama antar umat bergama merupakan bagian dari hubungan sosial anatar manusia yang tidak dilarang dalam ajaran Islam. kita harus menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia agar negara ini tetap menjadi satu kesatuan yang utuh. Khatilik. Walau mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Setiap agama tentu punya aturan masing-masing dalam beribadah. Bila terjadi masalah yang menyangkut agama. Hindu. Misalnya dengan selalu berbicara halus dan tidak sinis. perijinan pembangunan tempat ibadah oleh pemerintah. Kedua persoalan tersebut merupakan hak intern umat Islam yang tidak boleh dicamputi pihak lain. kerukunan sesama orang Islam atau kerukunan sesama penganut Kristen. jangan lantas malas untuk membantu saudara sebangsa yang sedang kesusahan hanya karena perbedaan agama. Hal ini tentu akan mempererat kerukunan umat beragama di Indonesia. Misalnya. tetap selesaikan dengan kepala dingin tanpa harus saling menyalahkan. Misalnya. Para pemuka agama. terutama saat mereka membutuhkan bantuan. tetapi aspek sosial kemasyarakatan dapat bersatu dalam kerja samayang baik. Namun perbedaan ini bukanlah alasan untuk berpecah belah. Mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Kristen. maupun budaya tidak dilarang. atau memberi waktu pada umat lain untuk beribadah bila memang sudah waktunya. khususnya dalam masalah agama. antara pemeluk agama Kristen dan Budha. 1. Misal. Sebagai satu saudara dalam tanah air yang sama.Islam. Bagi Anda yang memeluk agama lain. Kerukunan antar umat beragama lain.Rasa toleransi bisa berbentuk dalam macam-macam hal. Macam-Macam Kerukunan Umat Beragama di Indonesia   Kerukunan antar pemeluk agama yang sama. tidak saling mengejek dan mengganggu umat lain. di suatu daerah di Indonesia mengalami bencana alam. baik sesama antar pemeluk agama yang sama maupun yang berbeda. Tak hanya masalah adat istiadat atau budaya seni. adakah pentingnya kerukunan umat beragama di Indonesia? Jawabannya adalah iya. Selalu jagalah rasa hormat pada orang lain tanpa memandang agama apa yang mereka anut. Indonesia memiliki keragaman yang begitu banyak. Toleransi agama adalah suatu sikap saling pengertian dan menghargai tanpa adanya diskriminasi dalam hal apapun. Hal ini sangat penting demi menjaga tali kerukunan umat beragama di Indonesia. politik. kecuali bekerja sama dalam persoalan aqidah dan ibadah. dan pemerintah sangat diperlukan peranannya dalam pencapaian solusi yang baik dan tidak m 10 .Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkan sikap toleransi. tokoh masyarakat. Hubungan dan kerja sama ydalam bidang-bidang ekonomi. Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Indonesia    Menjunjung tinggi rasa toleransi antar umat beragama. Kerukunan umat beragama adalah hal yang sangat penting untuk mencapai sebuah kesejahteraan hidup di negeri ini. dan Budha adalah contoh agama yang juga banyak dipeluk oleh warga Indonesia. Selalu siap membantu sesama. Lalu. Pentingnya Kerukunan Antar Umat Beragama Beragama adalah suatu bentuk sosialisasi yang damai dan tercipta berkat adanya toleransi agama. Jangan melakukan diskriminasi terhadap suatu agama. yaitu suatu bentuk kerukunan yang terjalin antar masyarakat penganut satu agama.

4. 3. 2.1.    Peran agama dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Hokum berbasis keadilan Ekonomi berbasis pemerataan Politik berbasis kepentingan bangsa Pemerintahan berbasis demokrasi Mengarahkan Memotivasi Mengajarkan nilai-nilai yang dibutuhkan untuk persatuan:  Keadilan  Persamaan  Musyawarah  Mengutamakan kepentingan orang banyak atas kepentingan sendiri  Cinta kasih terhadap sesame  dll 11 .