!.

Menteri Sekretaris Negara Sekretariat Negara adalah lembaga pemerintah yang dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara, berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab Kepada Presiden.Tugas: Memberikan dukungan teknis dan administrasi kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam pelaksanaan tugasnya menyelenggarakan kekuasaan Negara. Fungsi:
   

 

Pemberian dukungan teknis dan administrasi kepada residen dan Wakil Presiden dalam pelaksanaan tugasnnya menyelenggarakan kekuasaan negara. Penyiapan naskah-naskah Presiden dan Wakil Presiden. Koordinasi pemberian pelayanan kerumahtanggaan dan keprotokolan kepada Presiden dan Wakil Presiden. Koordinasi pemberian dukungan teknis dan administrasi epada Presiden dalam menyelenggarakan kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Penyelenggaraan administrasi pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dalam dan dari jabatan dan atau pangkat PNS di lingkungan Sekretariat Negara dan Pejabat Negara. Pemberian dukungan teknis dan administrasi serta analisis dalam rangka penyiapan izin prakasa dan penyelesaian rancangan Undang-undang, PP Pengganti Undang-undang dan PP, serta pemberian pertimbangan kepada Sekretaris Kabinet dalam penyusunan rancangan Peraturan Presiden. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan Presiden dan Wakil Presiden. Pelaksanaan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh peraturan perundangundangan.

2. Menteri Dalam Negeri Departemen Dalam Negeri mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pemerintahan dalam negeri. Departemen Dalam Negeri menyelenggarakan fungsi:
    

perumusan kebijakan nasional, kebijakan pelaksanaan dan kebijakan teknis di bidang pemerintahan dalam negeri; pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya; pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya; pengawasan atas pelaksanaan tugasnya; penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

4. Menteri Pertahanan Departemen Pertahanan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pertahanan. Departemen Pertahanan menyelenggarakan fungsi :

penyampaian laporan hasil evaluasi. dan antar Daerah. dan kebijakan teknis di bidang hukum dan HAM. 5. dan kebijakan teknis di bidang pertahanan. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang hukum dan HAM. Mengalokasiakan belanja negara dengan setepat-tepatnya sesuai dengan arah yang telah ditetapkan dalam Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) dan Undang-Undang APBN. kebijakan pelaksanaan. penyampaian laporan hasil evaluasi. Mengamankan dan meningkatkan penerimaan negara dari pajak. bea masuk dan cukai serta penerimaan negara bukan pajak sesuai peraturan perundangan yang berlaku sebagai upaya mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman luar negeri. kebijakan pelaksanaan. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Ikut serta memajukan pertumbuhan dunia usaha dan industri dalam negeri dengan jalan memberikan fasilitas kebijaksanaan fiskal. serta melakukan pencegahan dan pemberantasan penyeludupan. pengawasan atas pelaksanaan kebijakan pertahanan. Menetapkan kebijakan perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. meningkatkan kelancaran arus barang impor dan ekspor.Departemen Keuangan menyelenggarakan fungsi :      Menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) setiap tahun. 6. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.     perumusan kebijakan nasional. saran dan pertimbangan di bidang pertahanan kepada Presiden. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. guna membiayai pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan. Menteri Keuangan Departemen Keuangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keuangan dan kekayaan negara. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang pertahanan. sehingga dapat memberikan nilai tambah yang sebesarbesarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab. . pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. seperti memberikan kemudahan dalam rangka pengolahan bahan baku impor untuk memproduksi barang ekspor.

7. penyampaian laporan hasil evaluasi. 8. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. Departemen Perindustrian menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral. Menteri Perdagangan Departemen Perdagangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perdagangan. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. 9. kebijakan pelaksanaan. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. dan kebijakan teknis di bidang perdagangan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. dan kebijakan teknis di bidang energi dan SDM. Menteri Perindustrian Departemen Perindustrian dan Perdagangan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perindustrian. Departemen Perdagangan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang perindustrian. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. mengelola dan menatausahakan barang milik/kekayaan negara (aset negara) dalam rangka lebih meningkatkan dayaguna dan hasilguna aset negara serta pengamanannya. Menyusun laporan keuangan pemerintah berupa Perhitungan Anggaran Negara (PAN) sebagai pertanggungjawaban Pemerintah atas pengelolaan APBN. kebijakan pelaksanaan. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. kebijakan pelaksanaan.  Membina. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. .

penyampaian laporan hasil evaluasi. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Pengukuhan kawasan hutan minimal 30 % dari luas kawasan hutan yang ada. . Departemen Pertanian menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. Departemen Perhubungan dan Telekomuniasi menyeleng-garakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Pembangunan hutan tanaman seluas 5 juta Ha dan rehabilitasi hutan dan lahan seluas 5 juta Ha. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Menteri Kehutanan pembangunan kehutanan ditetapkan sebagai berikut : Departemen Kehutanan menyelenggarakan pengurusan hutan untuk memperoleh manfaat yang optimal dan lestari serta untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan. Peningkatan pendapatan masyarakat di dalam dan sekitar hutan sebesar 30 %. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Sasaran prioritas pencapaian visi jangka menengah Departemen Kehutanan (20052009) sebagai berikut:       Pemberantasan pencurian kayu dan perdagangan kayu illegal. Menteri Perhubungan Departemen Perhubungan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang perhubungan. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. 12. kebijakan pelaksanaan. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang pertanian. Menteri Pertanian Departemen Pertanian mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pertanian. 11. Penerapan prinsip pengelolaan hutan lestari antara lain dengan membangun minimal 1 (satu) Unit Pengelolaan Hutan di setiap provinsi. 13.10. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Pembentukan 20 unit Taman Nasional mandiri. Menteri Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kelautan dan perikanan. dan kebijakan teknis di bidang perhubungan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. kebijakan pelaksanaan.

penyampaian laporan hasil evaluasi. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. . pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Departemen Kesehatan menyelenggarakan fungsi :    perumusan kebijakan nasional.Departemen Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. 16. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan dan transmigrasi. kebijakan pelaksanaan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. dan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. kebijakan pelaksanaan. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. dan kebijakan teknis di bidang kelautan dan perikanan. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Menteri Pekerjaan Umum Departemen Pekerjaan Umum mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum. penyampaian laporan hasil evaluasi. 15. dan kebijakan teknis di bidang pekerjaan Umum. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. kebijakan pelaksanaan. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang kesehatan. Menteri Kesehatan Departemen Kesehatan mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian tugas pemerintahan di bidang kesehatan. Departemen Pekerjaan Umum menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. kebijakan pelaksanaan. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. 14.

Menteri Pendidikan Nasional Departemen Pendidikan Nasional mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang pendidikan nasional. 17. kebijakan pelaksanaan. Departemen Pendidikan Nasional menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. Menteri Agama Departemen Agama mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang keagamaan. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. Menteri Sosial Departemen Sosial mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang sosial. Departemen Sosial menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang keagamaan. dan kebijakan teknis di bidang sosial. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. penyampaian laporan hasil evaluasi. dan kebijakan teknis di bidang pendidikan nasional. kebijakan pelaksanaan. 19. pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. 20. penyampaian laporan hasil evaluasi. kebijakan pelaksanaan. penyampaian laporan hasil evaluasi.  pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Departemen Agama menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. 18. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan .

saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. penyampaian laporan hasil evaluasi. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya.kepariwisataan. dan kebijakan teknis di bidang komunikasi dan informatika pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. saran. kebijakan pelaksanaan. penyampaian laporan hasil evaluasi. . pelaksanaan urusan pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden. Departemen Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan fungsi :      perumusan kebijakan nasional. pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya. Menteri Komunikasi dan Informatika Departemen Komunikasi dan Informatika membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. pengawasan atas pelaksanaan tugasnya. kebijakan pelaksanaan. dan kebijakan teknis di bidang kebudayaan dan pariwisata. 21.