Oleh : - Adrian Setyo H. (1) - Mardianti Khamida ( ) - Muh. Syaifuddin Zuhri (18) - Niken Puspita ( ) - Oktavian Anggih P.

( ) - Pungky Widiastuti ( ) - Puspita Eka ( ) - Satrya Hadi ( )

Struktur Kimia  Karbohidrat merupakan senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsur karbon (C).  Komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida yaitu karbohidrat yang paling sederhana. hidrogen (H) dan oksigen (O). (hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis) .

Sumber • Padi – padian (beras. jagung) • Umbi – umbian (singkong. ubi. gandum. kentang) • Tepung • Sagu .

jaringan dan organ tubuh. . Berperan penting dalam metabolisme. misalnya laktosa.Fungsi      Sebagai sumber energi utama. Menjaga keseimbangan asam dan basa.  Bahan pembentuk senyawa kimia lain.  Karbohidrat beratom C 5 buah. misalnya selulosa. seperti lemak dan protein. yaitu ribosa adalan komponen DNA dan RNA.  Membantu penyerapan kalsium. Pembentukan struktur sel. Membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan.

Macam Karbohidrat Macam Karbohidrat Jumlah Gugus Gula Contoh Sifat Monosakarida Satu Heksosa (glukosa. fruktosa). pektin. sukar larut dalam air . deoksiribosa (penyusun DNA) Rasa manis. maltosa (glukosa+glukosa) Amilum. sukrosa (glukosa+fruktosa). lignin. kitin Rasa manis. selulosa. ribosa (penyusun RNA). mudah larut dalam air Polisakarida Lebih dari 10 Umumnya tidak berasa atau berasa pahit. mudah larut dalam air Disakarida Dua Laktosa (glukosa+ galaktosa). glikogen (gula otot).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful