Oleh : - Adrian Setyo H. (1) - Mardianti Khamida ( ) - Muh. Syaifuddin Zuhri (18) - Niken Puspita ( ) - Oktavian Anggih P.

( ) - Pungky Widiastuti ( ) - Puspita Eka ( ) - Satrya Hadi ( )

Struktur Kimia  Karbohidrat merupakan senyawa organik yang disintesis dari senyawa anorganik yang mengandung unsur karbon (C).  Komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida yaitu karbohidrat yang paling sederhana. (hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis) . hidrogen (H) dan oksigen (O).

kentang) • Tepung • Sagu .Sumber • Padi – padian (beras. gandum. jagung) • Umbi – umbian (singkong. ubi.

. misalnya selulosa.  Karbohidrat beratom C 5 buah. Pembentukan struktur sel. Berperan penting dalam metabolisme. Membantu proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan.  Bahan pembentuk senyawa kimia lain. yaitu ribosa adalan komponen DNA dan RNA.  Membantu penyerapan kalsium. misalnya laktosa. jaringan dan organ tubuh.Fungsi      Sebagai sumber energi utama. seperti lemak dan protein. Menjaga keseimbangan asam dan basa.

selulosa. sukar larut dalam air . lignin. pektin. maltosa (glukosa+glukosa) Amilum. deoksiribosa (penyusun DNA) Rasa manis. ribosa (penyusun RNA). sukrosa (glukosa+fruktosa).Macam Karbohidrat Macam Karbohidrat Jumlah Gugus Gula Contoh Sifat Monosakarida Satu Heksosa (glukosa. glikogen (gula otot). mudah larut dalam air Disakarida Dua Laktosa (glukosa+ galaktosa). mudah larut dalam air Polisakarida Lebih dari 10 Umumnya tidak berasa atau berasa pahit. kitin Rasa manis. fruktosa).