1.

Proses Lahirnya Reformasi Reformasi merupakan suatu perubahan tatanan perikehidupan lama dengan tatanan perikehidupan yang baru dan secara hukum menuju ke arah perbaikan. Reformasi tahun 1998 menuntut adanya pembaharuan dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan hukum. Masalah yang mendesak adalah upaya mengatasi kesulitan masyarakat banyak tentang masalah kebutuhan pokok (sembako) dengan harga yang terjangkau rakyat. Sedangkan agenda reformasi yang disuarakan oleh Mahasiswa antara lain : ¨ Adili Soeharto dan kroni-kroninya ¨ Amandemen UUD 1945 ¨ Penghapusan Dwi Fungsi ABRI ¨ Otonomi daerah yang seluas-luasnya ¨ Supremasi hukum ¨ Pemerintahan yang bersih dari KKN 2. Sebeb Umum Runtuhnya Orde Baru - Adanya ketidakadilan di bidang perekonomian dan hukum selama pemerintahan orde baru selama 32 tahun - Krisis Politik Pembaharuan yang dituntut terutama ditukukan pada terbitnya lima paket undangundang politik yang dianggap menjadi sumber ketidakadilan yaitu :  UU No. 1 tahun 1985 tentang pemilihan umum  UU No. 2 tahun 1985 tentang susunan, kedudukan, tugas dan wewenang DPR/MPR  UU No. 3 tahun 1985 tentang Parpoil dan golongan karya  UU No. 5 tahun 1985 tentang referendum  UU No. 8 tahun 1985 tentang organisasi massa - Krisis Hukum Pelaksanaan hukum pada masa orde baru terdapat banyak ketidakadilan terutama yang menyangkut hukum bagi keluarga pejabat. Bahkan hkum dijadikan sebagai pembenaran atas tindakan dan kebijakan pemerintah atau sering terjadi rkayasa dalam proses peradilan. - Krisis Ekonomi Faktor penyebab krisis ekonomi yang melanda Indonesia antara lain : Utang Luar Negeri Indonesia Penyimpangan Pasal 33 UUD 1945 Pola pemerintahan sentralistis - Krisis Kepercayaan Krisis multidimensi yang melanda bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan rakyat kepada kepemimpinan Soeharto. Puncak dari ketidakpercayaan rakyat adalah terjadinya berbagai aksi demonstrasi menentang pemerintah karena mengeluarkan kebijakan yang melukai hati rakyat misal

 Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi.kenaikan BBM dan ongkos angkutan pada 4 Mei 1998. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu. Pengertian Dan Gejala-Gejala Globalisasi Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan. saat ini. Sri Sultan Hemengkubuwono X (Yang dikenal dengan Tokoh Deklarasi Ciganjur) pada tanggal 21 Mei 1998 kemudian menyerahkan kekuasaan pada BJ. Tuntutan mundur kepada Soeharto semakin menguat setelah munculnya tokohtokoh masyarakat yang ikut menuntut Soeharto mundur diantaranya : 1. peningkatan pengaruh perusahaan multinasional. sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda. dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara Berikut ini beberapa gejala yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia. kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya. bergantung. dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya. Megawati 4. Amien Rais 3. literatur. budaya populer. Gus Dur 2. puncak aksi rakyat dan mahasiswa terjadi pada 12 Mei 1998 dimana terjadi peristiwa penembakan terhadap Mahasiswa Trisakti oleh aparat yaitu : o Elang Mulia Lesmana o Heri Hertanto o Hendriawan Lesmana o Hafidhin Royan Yang akhirnya mendorong timbulnya aksi massa lebih besar pada 13 dan 14 Mei 1998 sehingga terjadi aksi anarkis terutama ditujukan pada etnis Cina. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam. televisi satelit. dan transmisi berita dan olah raga internasional). dan antar negara saling berinteraksi.  Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional. misalnya dalam bidang fashion.  Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia. antar kelompok. Habibie 3. dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO). terkait. musik. perjalanan. dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. . dan makanan. investasi. film.  Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu.

mampu bersaing dengan semua bangsa di dunia. Sesuatu yang menantang mengandung makna bahwa sesuatu tersebut harus disikapi dan dihadapi dengan barbagai upaya dan strategi. 4. maka semua komponen masyarakat terutama dunia pendidikan di tuntut perannya untuk meningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. dia hadir seiring perkembangan peradaban manusia. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu. Perdagangan atau pasar bebas. turut serta memainkan peran dalam setiap tantangan dan peluang yang tersedia. Sumber daya manusia yang berkualitas juga sudah menjadi tuntutan dan keharusan untuk dapat menghadapi persaingan yang sangat ketat dalam memperebutkan lapangan pekerjaan yang semakin sempit. dapat dikatakan sebagai tantangan. misalnya pada bidang lingkungan hidup. Meningkatnya masalah bersama. Dampak Globalisasi Dampak positif globalisasi antara lain:  Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan  Mudah melakukan komunikasi  Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)  Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran  Memacu untuk meningkatkan kualitas diri  Mudah memenuhi kebutuhan Dampak negatif globalisasi antara lain:  Informasi yang tidak tersaring  Perilaku konsumtif  Membuat sikap menutup diri. Salah satu faktor yang menentukan dalam daya saing suatu produk adalah mutu produk. Mutu merupakan bagian isu kritis yang menantang dalam persaingan global. Tantangan yang terkandung pada sistem pasar bebas adalah bagaimana kita dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap peluang untuk mengembangkan industri dan menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing dan diserap pasar internasional. Guna menghadapi tantangan tersebut. inflasi regional dan lain-lain. dimana memandang globalisasi sebagai suatu yang menantang. berpikir sempit  Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk  Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara 5. krisis multinasional. maka sumber daya manusia yang berkualitas (masyarakat dan kalangan dunia usaha yang kreatif dan inovatif) sangat diperlukan untuk dapat memainkan peran sebagai pelaku aktif yang dapat bersaing atau bahkan keluar sebagai pemenang dalam persaingan global. Tantangan Globalisasi Dan Sikap Menghadapi Globalisasi Globalisasi dapat pula dipandang sebagai suatu tantangan. Globalisasi tidak bisa ditolak atau dihindari. yang harus dilakukan adalah menghadapinya dengan seksama. Dalam konteks globalisasi sebagai tantangan merupakan cara pandang yang optimistis. Tantangan .

kriteria keanggotaan yaitu setiap anggota adalah lebih kepada ekonomi terpisah. dinamis dan berkelanjutan. packaging. serta pemasaran.lainnya dalam menghadapi pasar dan persaingan bebas adalah bagaimana menciptakan sektor pertanian dan industri yang efisien. dalam menyebut anggotanya. Sebagai hasilnya. Nama Anggota Australia Kanada Indonesia Jepang Korea Selatan Malaysia Selandia Baru Filipina Singapura Thailand Amerika Serikat Republik Cina Hong Kong RRC Meksiko Chili Peru Russia Vietnam Tahun Diterima 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1989 1991 1991 1991 1993 1994 1998 1998 1998 Brunei Darussalam 1989 Papua New Guinea 1993 . AFEC APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. APEC memiliki 21 anggota. kebanyakan adalah negara yang memiliki garis pantai ke Samudra Pasifik. Meskipun begitu. efektif. bukan negara anggota. 6. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. Anggota APEC Saat ini. penyebarluasan teknologi dan inovasi yang terkait dengan sistem produksi. APEC menggunakan istilah ekonomi anggota. dibandingkan dengan negara terpisah.

memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya. dan Italia. kedaulatan. Cina. Pertemuan pertama organisasi APEC diadakan di Canberra. integritas wilayah nasional. ASEAN meliputi wilayah daratan seluas 4. Prinsip Utama ASEAN Prinsip-prinsip utama ASEAN adalah sebagai berikut:  Menghormati kemerdekaan. Australia pada tahun 1989. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Filipina. serta meningkatkan kesempatan untuk memmbahas perbedaan diantara anggotanya dengan damai. dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. APEC menghasilkan "Deklarasi Bogor" pada KTT 1994 di Bogor yang bertujuan untuk menurunkan bea cuka hingga nol dan lima persen di lingkungan Asia Pasifik untuk negara maju paling lambat tahun 2010 dan untuk negara berkembang selambatlambatnya tahun 2020. yang didirikan di Bangkok. maka ASEAN akan duduk sebagai ekonomi terbesar kesembilan setelah Amerika Serikat. 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok oleh Indonesia. Kontroversi timbul ketika kepolisian setempat menggunakan bubuk merica untuk meredakan aksi para pengunjuk rasa yang memprotes kehadiran Soeharto yang menjabat sebagai presiden Indonesia pada saat itu. Pada tahun 2003. Luas wilayah laut ASEAN tiga kali lipat dari luas wilayah daratan. Kanada.46 juta km² atau setara dengan 3% total luas daratan di Bumi. Pada tahun 1997. dan Thailand. Chili menjadi negara Amerika Selatan pertama yang menjadi tuan rumah KTT APEC.8% total populasi dunia.8 Triliun Dolar AS. Thailand. Jika ASEAN adalah sebuah entitas tunggal. kombinasi nominal GDP ASEAN telah tumbuh hingga 1. dan memiliki populasi yang mendekati angka 600 juta orang atau setara dengan 8. subversif atau koersi pihak luar  Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota  Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai  Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan  Kerjasama efektif antara anggota . 7. ASEAN Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC KTT APEC diadakan setiap tahun di negara-negara anggota. Hambali ditangkap di kota Ayutthaya oleh kepolisian setempat sebelum ia dapat melaksanakan serangan itu. dan identitas nasional setiap negara  Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan. kesamaan. Jepang. Singapura. Pada tahun 2004. Pada tahun 2010. Brazil. kemajuan sosial. KTT APEC diadakan di Vancouver. Jerman. Malaysia. Perancis. kepala organisasi Jemaah Islamiyah Riduan Isamuddin alias Hambali berencana melancarkan serangan pada KTT APEC di Bangkok. Inggris.

 menjunjung tinggi Piagam PBB dan hukum internasional. promosi dan perlindungan hak asasi manusia. dan pemajuan keadilan sosial.  tidak turut serta dalam kebijakan atau kegiatan.  ketergantungan pada penyelesaian damai sengketa. inklusif dan tidak diskriminatif. termasuk penggunaan wilayahnya.  menghormati perbedaan budaya.  menghormati hak setiap Negara Anggota untuk menjaga eksistensi nasionalnya bebas dari campur tangan eksternal. dan  kepatuhan terhadap aturan-aturan perdagangan multilateral dan aturan berbasis ASEAN rezim bagi pelaksanaan efektif dari komitmen ekonomi dan pengurangan progresif terhadap penghapusan semua hambatan untuk integrasi ekonomi regional.  tidak campur tangan dalam urusan internal negara anggota ASEAN. Anggota ASEAN Sekarang. dan paksaan.Piagam Prinsip-prinsip dasar tersebut meliputi:  menghormati kemerdekaan. Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN:  Filipina (negara pendiri)  Indonesia (negara pendiri)  Malaysia (negara pendiri)  Singapura (negara pendiri)  Thailand (negara pendiri)  Brunei Darussalam (7 Januari 1984)  Vietnam (28 Juli 1995) . sementara menekankan nilai-nilai bersama dalam semangat persatuan dalam keanekaragaman. integritas wilayah atau stabilitas politik dan ekonomi ASEAN Negara-negara Anggota.  menghormati kebebasan dasar. integritas wilayah dan identitas nasional seluruh Negara Anggota ASEAN. dalam dorongan ekonomi pasar. yang disetujui oleh negara anggota ASEAN. yang mengancam kedaulatan.  konsultasi ditingkatkan mengenai hal-hal serius mempengaruhi kepentingan bersama ASEAN. ekonomi. termasuk hukum humaniter internasional. ASEAN beranggotakan semua negara di Asia Tenggara (kecuali Timor Leste dan Papua Nugini). sosial dan budaya eksternal sambil tetap aktif terlibat.  sentralitas ASEAN dalam hubungan politik.  kepatuhan terhadap aturan hukum. keamanan dan kemakmuran regional. tata pemerintahan yang baik. berwawasan ke luar. kesetaraan. subversi. bahasa dan agama dari masyarakat ASEAN.  berbagi komitmen dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian. kedaulatan.  menolak agresi dan ancaman atau penggunaan kekuatan atau tindakan lain dalam cara yang tidak sesuai dengan hukum internasional. dan dikejar oleh Negara Anggota ASEAN atau non-ASEAN Negara atau aktor non-negara. prinsipprinsip demokrasi dan pemerintahan yang konstitusional.

dan pelatihanguru.   Laos (23 Juli 1997) Myanmar (23 Juli 1997) Kamboja (16 Desember 1998) 8. dan kebebasan hakiki. Organisasi ini bermarkas di Paris. Scientific and Cultural Organization.  Menyerahkan pemerintahan atas Irian Barat kepada pihak Republik Indonesia. UNESCO Organisasi Pendidikan. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis.  Menyelenggarakan pemerintahan yang stabil di Irian Barat selama suatu masa tertentu. teknis. (Artikel 1 dari konstitusi UNESCO). . Perancis. dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan. ilmu alam. 9. Tujuan organisasi adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan. ilmu pengetahuan. peraturan hukum. ilmu sosial & manusia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui: pendidikan. UNTEA United Nations Temporary Executive Authority. kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam serta memelihara HAM. Keilmuan. HAM. UNESCO memiliki anggota 191 negara. program ilmu internasional. dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia. sehingga badan ini merupakan pengawas di Irian Barat setelah Persetujuan New York. promosi keragaman budaya. UNTEA dikepalai oleh seorang yang diangkat oleh Sekjen PBB dengan persetujuan antara Indonesia dan Belanda dan bertugas menjalankan pemerintahan Irian Barat dalam waktu satu tahun. disingkat UNESCO) merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945. disingkat UNTEA adalah sebuah badan pelaksana sementara PBB yang berada di bawah kekuasaan Sekretaris Jendral PBB. Tugas-tugas pokok UNTEA:  Menerima penyerahan pemerintahan atau wilayah Irian Barat dari pihak Belanda. serta komunikasi & informasi. dan Kebudayaan PBB (bahasa Inggris: United Nations Educational. dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia. proyek sejarah regional dan budaya. UNTEA dibentuk karena terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda dalam permasalahan status Irian Barat. budaya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful