RONA LINGKUNGAN

.BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar belakang Dampak pembangunan  masalah karena perubahan yang disebabkan pembangunan selalu lebih luas dari pada yang menjadi sasaran pembangunan yang diharapkan. Di samping itu pembangunan juga menimbulkan dampak pentingterhadap lingkungan yang menyebabkan warna atau rona lingkungan menjadi berubah.

 Kegunaan rona lingkungan: Mengetahui kondisi lingkungan tanpa adanya kegiatan atau proyek Menduga kondisi rona lingkungan dengan adanya kegiatan atau proyek .Definisi Rona Lingkungan Rona Lingkungan kondisi lingkungan pada saat ini yaitu kondisi alam atau komponen-komponen lingkungan awal sebelum perencanaan dan pembangunan fisik dimulai.

Secara umum komponen lingkungan dibagi dalam 3 kelompok studi Amdal : Fisik-kimia Biologi sosekbud .

Pendugaan dampak dilakukan pada tahap: Pra Konstruksi Kontruksi Pasca Kontruksi .

Penggabungan beberapa komponen lingkungan yang berkaitan dan dianalisis . 2. Identifikasi dampak yang akan terjadi pada komponen lingkungan Pengukuran dan perhitungan dampak yang akan terjadi pada komponen lingkungan tersebut. 3.Untuk menetapkan suatu dampak diperlukan langkah 1.

Menurut kurun waktu dampak lingkungan dibedakan menjadi: Jangka pendek/sementara Jangka Menengah panjang Jangka .

Identifikasi dampak Prakiraan dampak evaluasi dampak. Dampak Pembangunan terhadap Rona Lingkungan .Dampak positif Dampak negatif.

bentuk kerusakan lingkungan hidup dibedakan menjadi 2 jenis. Letusan gunung berapi b. Angin topan 2.Berdasarkan faktor penyebabnya. Kerusakan Lingkungan Hidup karena Faktor Manusia Kerusakan Lingkungan Hidup . Gempa bumi c. yaitu: 1.Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Peristiwa Alam a.

lingkungan hidup karena faktor Terjadinya pencemaran manusia. air. antara lain:(pencemaran udara. . sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan. Terjadinya tanah longsor. sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan. dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri. tanah. Terjadinya banjir.

Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS). Merusak hutan bakau.       Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan). Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman. Pembuangan sampah di sembarang tempat. . Perburuan liar.

lahan miring/perbukitan) Pelestarian udara Pelestarian hutan Pelestarian laut dan pantai Pelestarian flora dan fauna.Beberapa upaya yang dapat dilakuklan masyarakat berkaitan dengan pelestarian lingkungan hidup antara lain      Pelestarian tanah (tanah datar. .