P. 1
Fungsi Boiler

Fungsi Boiler

|Views: 76|Likes:
Published by Sri Sulistyaningsih
boiler
boiler

More info:

Published by: Sri Sulistyaningsih on Mar 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

Bagian-bagian boiler : Furnace adalah suatu ruangan dapur sebagai penerima bahan bakar untuk pembakaran, yang

di lengkapi dengan pada bagian bawah diletakkan rangka bakar sebagai alas bahan bakar dan pada sekelilingnya adalah pipa-pipa air ketel yang menempel pada diding tembok dapur yang mendapat atau menerima panas dari bahan bakar.Adapun pemindahan panas yang terjadi pada ketel uap, ada 3 macam proses yaitu: 1.pemindahan panas dengan pancaran atau radiasi dari nyala api dan gas panas kepada dinding ketel dan pipa-pipa air. 2.pemanas ini mengalir melalui hantaran atau kondusi dari sisi dinding yang menerima panas ke sisi dinding yang memberi panas. 3.selanjutnya panas ini dengan cara singgungan atau konveksi disarankan kepada air yang mengalir. Dust Collector adalah alat pengumpul abu atau penangkap abu pada sepanjang aliran gas pembakaran bahan bakar sampai kepadagas buang. Keuntungan penggunaan alat penangkap abu adalah: ¤ Gas buang akan menjadi bersih, sehingga tidak mengganggu pencemaran udara. ¤ Tidak menjadikan kerusakan alat-alat bantu lainnya, misalnya : pipa-pipa air heater, cassing IDF yang aus karena gesekan abu, pasir dsb. ¤ Tidak mengganggu jalanya operasi. Kontrol terhadap kondisi kerja dust collector dapat dilihat dari : ¤ Keadaan gas buang, bila berwarna hitam, perlu di periksa lebih lanjut. ¤ Lakukan pemeriksaan dengan mengetuk chute hopper dust collector. Superheater (pemanas lanjut) adalah bagian ketel yang berfungsi sebagai pemans uap, dari super heated steam ( +- 250°C) menjadi super heated steam (+- 340°C)• Prinsip kerja Super heater (Cara Pengoperasian) Pada saat pemanasan, Api harus sehingga suhu dari pipa superheater tidak melebihi batas keamanan yang di izinkan. Suhu darilogam pipa pada waktu pemanasan ketel biasanya di jaga supaya berada di bawah suhu pipa pada saat ketel berada pada kapasitas penuh. Hal ini dapat di laksanakan dengan mengatur waktu dari saat pemanasan sampai saat tekanan kerja tercapai, dengan maksud untuk memebatasi suhu gas masuk ke superheater pada +- 500°C untuk super heater dengan pipa baja biasa. Super heater yang tidak di lengkapidengan pembuangan atau drain akan selalu menyimpan air condensate pada saat pembakaran di hentikan. Semakin banyak condensate berkumpul di situ semakin banyak pula panas yang di butuhkan untuk mendidihkan air di dalam superheater. Supaya pipa superheater bebas dari air.

Cara mudah untuk membuang air tersebut adalah dengan menguapkannya. yang tidak menempel pada dingding-dinding ketel. sebagai penghubung pipa-pipa ketel dari steam drum. maka terjadilah sirkulasi air di dalam ketel. Pada saat penghentian operasi ketel. yaitu pada saat baru berhenti. Karena perbedaan suhu pada air pengisian dan air yang berada di dalam steam drum serta air yang berada di dalam pipapipa. akhirnya menguap pada permukaan air dalam steam drum. melainkan terlarut dan mengendap. demikian pula sebaliknya air yang bersuhu tinggi yang mengalir ke atas melalui pipa pipa di sekeliling dapur. biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkan pipa superheater dari air. Cara ini mengakibatkan kontrol dari suhu gas selama penaikan tekanan menjadi sangat penting.Ketel masih sangat panas. karena banyak air yang terjebak di pipa superheater sesudah diadakan hydrostatis test. adalah suatu tabung atau bejana yang berisi air. Fe. katup pelepas super heater harus di buka sebelum menutup katup uap utama dan juga pada saat di mana uap yang melaui katup utamalebih kecil dari 10% dari kapasitas ketel. Pada steam drum inilah pembuatan uap terjadi. untuk mencegah panas berlebihan pda pipa yang tidak di lalui oleh uap karena terhambat oleh air.Ketel masih mengandung banyak bagasse (atau bahan bakar lainya) atau abu panas di atas fire grate yang masi dapat terbakar. Steam drum yang terletak di bagian atas adalah suatu tabung atau bejana yang berisi air dan sebagian uap. sehingga air yang bersuhu rendah akan mengalir kebawah melalui pipa-pipa dan down comer. . Steam drum disamping sebagai tempat pembuat uap . sepeti yang sudah di sebut di atas. juga di gunakan sebagai penerima air pengisi ketel. dll .Pada saat pemanasan pertama. kotoran-kotoran tersebut misalnya : SiO2. Kemungkinan pipa superheater mengalami panas pada saat katup uap tertutup bila. . Water Drum terletak di bagian bawah. water drum juga berpungsi sebagai tempat pengendap kotoran-kotoran air dalm ketel. Di samping itu. beberapa kemungkinan masih mengandung uap air yang terjebak di dalamnya dan bila pemanasan berlangsung cepat pada saat itu pipa dapat mengalami panas berlebihan (pada pemukaan air yang terjebak) karena tidak ada aliran uap di dalamnya. Catatn penting: Pada uap mengalir melaui vent tidaklah berarti bahwa semua pipa superheater telah melalui uap. Adalah sangat penting untuk membuka penuh katup pelepas (air vent) pada super heater sebelum pemanasan ketel di mulai. dan katup haruslah tetap terbuka sampai di capai aliran uap dari ketel pada pipa utama +10% dari kapasitas ketel. Dengan dilakukan blow down maka kotoran kotoran tersebut akan dapat di buang dan di keluarkan dari dalam ketel.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->