TUGAS 1 –BLOCK BOOK ILMU NEGARA. DOSEN: NI NYOMAN MAS ARIYANI. 1.

Pengertian istilah-istilah Ilmu Negara di Eropa Kontinental dan Anglo Saxon!
-

EROPA KONTINENTAL. DEFINISI

ISTILAH Jerman: ~ Staatswissenschaften ~ Staatswissenschaft ~ Staatslehre ~ Angewandte-Staatswissenschaft Belanda: ~ Staatswetenschappen ~ Staatswetenschap ~ Staatsleer ~ Angewandte-Staatswetenschap Prancis: ~ Wetenschap der Politiek ~ Theorie d’etat ~ Les Sciences Politiques ANGLO SAXON.

Ilmu Kenegaraan Ilmu Negara Imu Politik

~ The General Theory of State ~ Theory of State ~ Political Theory
2. Apa sebabnya di Indonesia digunakan istilah Ilmu Negara

Di Indonesia terdapat beberapa istilah mengenai Ilmu Pengetahuan Negara seperti: Ilmu Kenegaraan, Teori Negara, Ajaran Negara, dan Ilmu Politik. Tetapi mengikuti perkembangannya Indonesia menggunakan istilah Ilmu Negara, hal ini bermula dari penyelidikan seorang sarjana bernama George Jellinek yang berhasil merumuskan Ilmu Negara yang sistematik sebagai satu kesatuan ilmu, atas keberhasilannya ini dia kemudian dikenal sebagai “Bapak Ilmu Negara”. Sistem ini mampu menggabungkan cabang pengetahuan mengenai negara menjadi satu kesatuan dimana bagian-bagiannya tergantung satu dengan lainnya. Karya besar Jellinek ini kemudian dituangkan dalam buku berjudul “Allgemeine Staatslehre”, pemikiran ini kemudian diserap dan diadopsi oleh beberapa negara. Di Indonesia sendiri istilah Ilmu Negara pada awalnya digunakan oleh Universitas

ruang lingkup dan metode Ilmu Negara! Ilmu Negara obyeknya adalah negara. . • Universal: Konsep ilmu negara berlaku secara menyeluruh tanpa terkecuali. Jelaskan mengenai obyek. Dari segi manfaat Ilmu negara tidak mementingkan bagaimana caranya suatu hukum itu harus dilaksanakan. ketika disusun kurikulum fakultas hukum di UGM terdapat kendala karena belum ada perguruan tinggi yang dapat di gunakan sebagai rujukan pada waktu itu. oleh karena itu ilmu negara lebih mementingkan negara secara teoritis sedangkan Hukum Kenegaraan lebih mementingkan segi prakteknya. Selanjutnya tim UGM ke Belanda ke Leydent University. di perguruan tersebut ditemukan mata kuliah yang materikuliahnya mempelajari pengertian sandi-sandi pokok dari Negara yang bersifat umum dan terlepas dari hubungan colonial staatleer inilah di ambil oleh UGM dan di alih bahasakan menjadi ILMU NEGARA yang salah satu tujuannya adalah sebagai pengantar mempelajari hukum tata Negara di Indonesia. dalam pengertian: • Abstrak: Negara belum tampak • Umum: Konsep ilmu negara berlaku secara umum/ bukan untuk negara-negara tertentu. *Tertentu: Dalam artian lebih mengarah secara spesifik pada satu negara tertentu. 3. Walaupun pada mulanya terdapat perbedaan pandangan mengenai penggunaan istilah Ilmu Negara ini tetapi pada akhirnya disepakati penggunaannya. Bagaimana status Ilmu Negara dalam kerangka Ilmu Pengetahuan Hukum dan Ilmu Kenegaraan! Status Ilmu Negara dalam kerangka Ilmu Kenegaraan: *Mutlak: Dalam artian Ilmu Negara menjadi prasyarat untuk mempelajari lebih lanjut Ilmu Kenegaraan lainnya.Yogyakarta pada tahun 1946. 4. *Kongkrit: Dalam artian mengatur cabang ilmu kenegaraan dalam satu aturan tertulis yang kongkrit/ jelas. *Teoritis: Dalam artian llmu Negara lebih bersifat teoritis sehingga tidak dapat diterapkan secara langsung sedangkan Ilmu Kenegaraan bersifat praktis dan dapat diterapkan secara langsung.Gajah Mada .

- - Ruang lingkup Ilmu negara sebagai suatu pengetahuan telah dikenalkan sejak zaman Yunani Purba. yakni: • Yuridis Normatif Metode ini menitikberatkan penyelidikan pada norma-norma yang berkaitan dengan hukum. Sisi tinjauan terdiri dari : Teori bentuk negara dan bentuk pemerintah Teori kedaulatan Teori unsur-unsur negara Teori fungsi negara Teori konstitusi Teori lembaga perwakilan Teori sendi-sendi pemerintahan Teori alat-alat perlengkapan negara Teori kerja sama antar negara (padmo wahjono 1997:4) Metode yang dominan dipakai dalam Ilmu Negara. • Metode induksi . Georg jellinek melihat ilmu negara itu dari dua sisi tinjauan (Zweiseiten theorie): 1. Ilmu negara menitik beratkan penyelidikannya kepada negara sebagai organisasi dalam pengertian umum. • Metode deduksi suatu metode berdasarkan proses penyelidikan atas azas yang bersifat umum yang dipergunakan untuk menerangkan peristiwa2 khusus (tertentu) atau penjelasan2 teoritis yang bersifat umum terdapat fakta2 yang bersifat konkrit. diteliti persamaan dan perbedaannya. • Empiris Metode dengan melakukan penyelidikan ke lapangan/ survei mengenai hal-hal yang bersifat yuridis. Sisi tinjauan sosiologis terdiri dari : Teori sifat hakekat negara Teori pembenaran hukum negara Teori terjadinya negara Teori tujuan negara Teori type-type negara 2. Ilmu negara sebagai pegetahuan asli dari eropa kontinetal terutama jerman. • Dialektika Metode dengan mengedepankan dialog/ tanya jawab terhadap masyarakat. • Dualismus/ Sinkritismus Metode yang meneliti negara secara yuridis dan sosiologis. • Koparatif/ Perbandingan Metode dengan mengadakan perbandingan diantara dua obyek atau lebih.

Metode hukum suatu metode yang didalam proses penyelidikannya serta membahas objek penyelidikan dengan menitik beratkan kepada segi2 yuridis. Metode sistematik (methode van systematisering) suatu metode yang berdasarkan himpunan bahan2 yang sudah tersedia.• • • • suatu metode yang merupakan kesimplan kesimpulan umum yang diperoleh berdasarkan proses pemikiran setelah mempelajari peristiwa2 khusus atau peristiwa2 konkrit. Metode yang digunakan bersandar pada sejarah & perbandingan. Metode filosofis suatu metode yang dalam proses penyelidikannya meninjau serta membahas obyek penyelidikan secara abstrak dan idiil. Sebab akibatnya sebagaimana terwujud dalam sejarah. sehingga fakta2 yang bersifat non yuridis dikesampingkan. • . Metode Mac Iver Negara menurut Mac Iver adalah alat masyarakat. Metode sejarah suatu metode yang didasarkan terhadap analisis dari kenyataan2 sejarah yaitu ditinjau dari pertumbuhan dan perkembangannya. Ide abstrak itu bersifat hayal dan lepas atau melapaui kenyataan.