1

India

Ibu kota New Delhi, Kota terbesar adalah Mumbai (Bombay) Pemerintahan Republik federal - Republik 26 Januari 1950 Luas - Total 3,287,590 km2 - Air (%) 9,56 Penduduk - Perkiraan 2006 1.098.577.839 (2) Sensus 2001 1.027.015.247.1 Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar dan memiliki kemampuan senjata nuklir. Terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun sekarang ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB. Industri penting lainnya termasuk pertambangan, petroleum, pengasahan berlian, film, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan. Kebanyakan daerah industri India berpusat di kota-kota utamanya. Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu
1

wiiipedia

Menurut Bank Dunia. bagi masyarakat kota hanya separuhnya. yakni dari 42 persen pada 2004-2005 menjadi di bawah level 34 persen pada 2009-2010. Di India. Berdasarkan data Komisi Perencanaan (Planning Commission) India penduduk miskin di negara Bollywood tersebut telah berkurang menjadi 29. 28 Rupe per hari.000 Rupiah. Itu harus cukup untuk hidup.8 persen pada 2009-2010 dari sebelumnya mencapai 37. Itulah batas yang ditetapkan pemerintah India. atau sekitar 5. Dan ada juga banyak industri skala kecil yang meyediakan lapangan kerja yang stabil bagi penduduk di kota kecil dan pedesaan. masukan minimal per hari harus sedikitnya 11. bagi orang yang tinggal di perkotaan. angka kemiskinan di sejumlah negara bagian di India. Sedangkan bagi mereka yang tinggal di desa.000 Rupiah. justru menunjukkan grafik peningkatan 2 fsecfwsef .2 Emisinan di india Pemerintah India tetapkan batas kemiskinan jauh di bawah standar internasional. Meski demikian.2 persen pada 2004-2005. khususnya di kawasan timur laut. batasnya lebih rendah lagi.2 miliar pada 2004-2005. dengan pendapatan sekitar AS$17.2 pemain terbesar dalam perangkat lunak dan business process outsourcing. Penurunan terbesar berasal dari sejumlah kawasan pedesaan.

d. Mayoritas penduduk India beragama Hindu dan menganut sistem kasta. Sistem sosial yang berlaku di masyarakat. maka jumlah penduduk miskin di India pada periode 2009-2010 tersebut adalah 354 juta jiwa3. Sistem kasta ini menjadi pembatas untuk golongan-golongan lain (non Hindu dan non kasta atas) untuk bisa mendapat pendidikan dan pekerjaan yang layak. c. Distribusi produk pertanian dan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi yang tidak merata di semua daerah. fasilitas pengairan yang tidak layak.2 miliar jiwa. akan berdampak langsung pada rendahnya income atau bahkan menyebabkan zero production. Sementara itu. sistem pertanian yang ada tidak baik. Sehingga terjadi kesenjangan sosial.3 Dengan populasi India yang mencapai 1. 3 India Klaim Kemiskinan Turun . b. Diantaranya : a. Banyak desa di India bergantung sepenuhnya dari pertanian. Penyebab masalah kemiskinan di India ada beberapa hal. Keduanya hanya terkonsentrasikan didaerah-daerah besar seperti New Delhi sementara daerah –daerah lain tidak menikmati. Ledakan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja. Rendahnya curah hujan.

4 .