P. 1
TUGAS LIMNOLOGI

TUGAS LIMNOLOGI

|Views: 59|Likes:
Published by Mita Mavin

More info:

Published by: Mita Mavin on Mar 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

MAKALAH LIMNOLOGI

MANAJEMEN AIR

Kelompok 9 : 1. Ryan Dita Pratama (093244005) 2. Mita Kusuma Dewi (093244021) 3. Dahlia Fitrianarni 4. Retno Sri Utami 5. Taubatan Nasuha (093244024) (093244025) (093244215)

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN BIOLOGI 2012

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Air merupakan komponen pokok dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup di bumi ini, khususnya bagi manusia. Air merupakan sumber daya alam yang jumlahnya sangat melimpah di bumi dan dapat diperbaruhi. Namun ketersediaan air, terutama air tawar dan atau air bersih, semakin lama semakin sulit karena perkembangan jumlah penduduk dunia yang pesat serta adanya perusakan alam yang menyebabkan berkurangnya atau tercemarnya keberadaan air tawar dan air bersih. Pencemaran Daerah Aliran Sungai merupakan penyebab utama terjadinya krisis air. Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang memiliki sumberdaya air berlimpah. Berbagai laporan mengenai kondisi neraca air Indonesia menunjukkan bahwaIndonesia masih mengalami surplus air. Meskipun demikian, terdapat beberapa pulau diIndonesia yang telah mengalami defisit air. Semakin berkurangnya jumlah air di permukaan yang dapat digunakan dibandingkan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap air tawar bersih terutama dari kalangan industri memaksa dilakukannya pencarian terhadap sumber air tawar bersih yang lain, yaitu dengan melakukan pengeboran sumur untuk mengambil airtanah (Irawan, dkk., 2012). Pengambilan air tanah ini di satu sisi menguntungkan manusia karena masalah kebutuhan air tawar bersih dapat teratasi. Akan tetapi seiring dengan

bertambahnya jumlah populasi manusia dan bertambahnya industri-industri yang membutuhkan air sebagai bahan baku produksi membuat pengambilan airtanah semakin kerap terjadi dengan jumlah pengambilan air yang semakin banyak. Hal ini membuat cadangan airtanah yang ada semakin menipis (Irawan, dkk., 2012). Untuk memenuhi kebutuhan air tawar bersih, secara konvensional masyarakat mendapatkan air dari air sungai, air danau atau mata air. Akan tetapi, jumlah air tawar bersih yang tersedia dari sumber-sumber ini semakin lama semakin berkurang akibat adanya deforestasi, pencemaran air, dan meningkatnya populasi manusia. Untuk itu upaya manajemen air perlu segera ditingkatkan dalam rangka menanggulangi krisis air dan menjaga kelestariannya. Manajemen air adalah usaha-usaha menjaga dan mengatur air yang ada di muka bumi ini agar dapat terjaga keberadaannya dan dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa tahun terakhir, manajemen air menjadi satu isu yang banyak dibahas di berbagai belahan dunia termasuk di negara Indonesia sendiri. Manajemen air diharapkan dapat meningkatkan persediaan air bersih untuk kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang sehingga antara kebutuhan dan persediaan air dapat seimbang, sehingga kekhawatiran terhadap kelangkaan air dapat dihilangkan.

B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan: 1. Apakah yang dimaksud dengan Manajemen Air ?

Mengetahui kegiatan manusia dalam menghemat air. 3. Mengetahui usaha konservasi dan penyimpanan air. Mengetahui terjadinya siklus air. . Mengetahui permasalahan yang menyebabkan terjadinya bersih. Mengetahui dampak akibat kelangkaan air terhadap kehidupan social kelangkaan air masyarakat. 9. Bagaimana kegiatan manusia dalam menghemat air? 8. 7. Bagaimana ketersediaan dan jumlah air di bumi ? 3. Bagaimana usaha konservasi dan penyimpanan air? 7. Bagaimana terjadinya siklus air? 4. Mengetahui ketersediaan dan jumlah air di bumi. Bagaimana dan apa saja jenis badan air yang dapat dimanfaatkan manusia? 5. Mengetahui penggunaan dan konsumsi air oleh manusi. 2.2. 8. Tujuan 1. Bagaimana dampak akibat kelangkaan air terhadap kehidupan social masyarakat? C. 4. Bagaimana penggunaan dan konsumsi air oleh manusia? 6. Mengetahui definisi Manajemen Air. 5. Mengetahui jenis badan air yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dasar manusia. Apa saja permasalahan yang menyebabkan terjadinya kelangkaan air bersih? 9. 6.

BAB II PEMBAHASAN A. daerah yang mengalami defisit neraca air maupun daerah-daerah yang kesulitan air tawar bersih dapat memenuhi kebutuhannya terhadap air tawar bersih. berdasarkan latar belakang di atas merupakan hal penting yang mendasari dilakukannya manajemen air. 2012).. Manajemen air merupakan usaha-usaha menjaga dan mengatur air yang ada di muka bumi agar dapat terjaga keberadaannya dan dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. pemerintah telah mengeluarkan UndangUndang No. Bentuk manajemen air di Indonesia antara lain adalah menetapkan regulasi terhadap penggunaan air. 2012). Manajemen air bertujuan untuk menyeimbangkan antara jumlah penduduk dengan kebutuhan air.. Dalam hal ini. dkk. bentuk lain dari manajemen air adalah menerapkan diversifikasi sumber air tawar bersih (Irawan. Dengan menadahkan air hujan dan menyimpannya di suatu kolam penyimpanan (reservoir). Akhir-akhir ini manajemen air menjadi isu yang banyak dibahas di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia (Irawan. Selain itu. 7 Tahun 2004 tentang sumber daya air. Manajemen Air Ketersediaan air bersih sangat penting. semakin seimbang semakin hilang kekhawatiran terhadap kelangkaan air di masa mendatang. . dkk. Salah satu bentuk diversifikasi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air tawar yang bersih adalah dengan melakukan rain harvesting atau penadahan air hujan.

Air bersih dipandang sebagai hak guna.Untuk memanajemen air diperlukan penyadaran kepada pemerintah dan masyarakat secara umum. Air hujan ini kemudian dapat dijadikan sebagai sumber air bersih yang murah dan ramah lingkungan serta tidak mengganggu keseimbangan air sungai maupun airtanah. maka air di sini adalah barang ekonomi. Seperti telah disebutkan di atas bahwa salah satu bentuk manajemen air adalah dengan melakukan diversifikasi air. Dalam hal ini perlu .dalam pasal tersebut disebutkan bahwa air di sini bukanlah milik perorangan. Air menjadi barang yang langka bagi orang miskin. tetapi milik negara yang dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. ataupun tetangga kita. Orang-orang miskin yang tidak memiliki uang tidak dapat memilikinya. Penyadaran ini perlu dilakukan agar keseimbangan antara air yang masuk dan air yang keluar dapat terjaga dengan baik. Perlakuan air bersih sebagai hak guna jelas-jelas melanggar hal ketentuan ini. Selain penyadaran. Air dari atap ini dialirkan ke sebuah tangki besar di bawah tanah untuk menampung air hujan. Penyadaran ini dapat dilakukan dari diri kita sendiri dengan memberi contoh kepada keluarga kita. Hal ini tidak sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yang berbunyi: “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Air bersih di sini dapat diperjual belikan. perlu adanya pemberian contoh kepada pemerintah dan masyarakat akan manajemen air yang baik. dan hanya orang-orang kayalah yang dapat memiliki air bersih. teman kita. Pemberian contoh dapat dilakukan dengan membangun gedung-gedung dengan instalasi tadah hujan di atapnya.

dilakukan bagaimana seharusnya air bersih itu dipandang. dan ruang angkasa termasuk kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dalam wilayah Republik Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa adalah merupakan kekayaan nasional. Sumber daya air adalah kemampuan dan kapasitas potensi air yang dapat dimanfaatkan oleh kegiatan manusia untuk kegiatan sosial ekonomi. Ketersediaan dan Jumlah Air di Bumi Air merupakan sumber daya alam yang dapat di perbaharui. B. Sumber daya air merupakan bagian dari kekayaan alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk kemakmuran rakyat. Ketetapan ini ditegaskan kembali dalam pasal 1 Undang Undang Pokok Agraria tahun 1960 bahwa bumi. Permintaan air telah melebihi suplai di beberapa bagian di dunia sedangkan populasi dunia terus meningkat dan mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap air bersih. air. budaya. ekonomi. terutama sejak dunia telah kehilangan lebih dari setengah lahan basah bersama dengan nilai . Perlu adanya kajian lebih lanjut untuk menentukan status air bersih itu dan bagaimana manajemen air seharusnya dilakukan agar keseimbangan dan keadilan air bagi masyarakat dapat terpenuhi. Perhatian terhadap kepentingan global dalam mempertahankan air untuk pelayanan ekosistem telah bermunculan. politik maupun bidang ketahanan nasional. Sumberdaya air ini memberikan manfaat serbaguna untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di segala bidang baik sosial. secara lestari sebagaimana disebutkan dalam pasal 33 ayat 3 UUD 1945.

salju. dan air tanah ini merupakan air yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari manusia di bumi. dan 2% merupakan kelembaban tanah.6%nya merupakan air salin. Jumlah yang sedikit ini pada air sungai. serta glasier yang berada di sekelilingnya berjumlah 87%. Tidak heran jika di satu belahan bumi terjadi kekeringan dan di belahan bumi yang lain terjadi banjir. Ekosistem air tawar yang tinggi biodiversitasnya saat ini terus berkurang lebih cepat dibandingkan dengan ekosistem laut ataupun darat. danau. Air yang berjumlah 70% ini tidak semuanya dapat dimanfaatkan oleh manusia.5%nya merupakan air tawar. Permukaan bumi sebagian besar tertutup oleh air yaitu sebesar 70% dan sisanya tertutup oleh daratan yaitu sebesar 30%.1 Bagan Jumlah Air di Bumi . Berikut ini bagan persentase air yang berada di muka bumi: Gambar 2. dan 2. Air tawar sendiri belum semuanya dapat dimanfaatkan karena ada yang berbentuk gunungan es batu yang berada di kutub. karena dari 70% air di bumi ini 97.pelayanan ekosistemnya. Air tawar yang berbentuk cair hanya 13%. dengan perincian 95%nya merupakan air tanah. 3% merupakan air danau dan sungai.

Terdapat 6 negara (Brazil. Air tanah juga berarti air yang mengalir di lapisan aquifer di bawah water table. Russia. Kanada.Jumlah kandungan air di muka bumi sebesar 370 milyar-milyar gallon air. kandungan air minum tersimpan di dalam tanah lebih banyak daripada bentuk cair yang ada di permukaan. cuci. jumlah ini setara dengan 1. Ilustrasi Volume Air di Bumi yang Dapat Dimanfaatkan Manusia Air tanah adalah air tawar yang paling banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia seperti mandi. Indonesia. masak.2. Hal tersebut yang membedakannya dengan . Berikut ini gambaran perbandingan air yang di bumi yang dapat dimanfaatkan di bumi: Gambar 2. Sementara sepertiga populasi dunia hidup di kawasan negara dengan tingkat persediaan air minum yang minim. China dan Kolombia) yang memiliki 50% persediaan air minum dunia. Air ini terletak di lapisan dalam batuan permeable yaitu terletak di ruang pori-pori antara tanah dan bebatuan dalam (batuan permeable).4 liter (Kuncoro.258 milyar-milyar liter air. 2012). karena 1 galon setara dengan 3. Menurut Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat.

sedikitnya kandungan air tanah.3 Letak air tanah di lapisan bumi . dan penyimpanan. output. sedangkan perbedaan yang paling mendasar adalah kecepatan dan kapasitasnya. Air tanah memiliki kesamaan dengan air permukaan dalam sistem input. dan air tanah memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dari perairan permukaan. Gambar 2. Namun akhir-akhir ini banyak tanah yang tertutup oleh paving dan bangunan sehingga mengurangi infiltrasi air hujan. semakin banyak air yang infiltrasi semakin banyak kandungan air tanah dan semakin banyak pula persediaan air untuk masa mendatang. sehingga air hujan langsung run off menuju laut menyebabkan terjadinya banjir. antara beberapa hari hingga ribuan tahun untuk muncul kembali ke perairan permukaan dari wilayah tangkapan hujan. air tanah mengalir dengan kecepatan bervariasi. Air tanah berasal dari infiltrasi air hujan ke dalam tanah.air permukaan.

950 daerah aliran sungai (DAS). Penggunaan secara belebihan di area pantai dapat menyebabkan mengalirnya air laut menuju sistem air tanah. Manfaat sungai. bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai. bahan baku air minum (PDAM). dan danau adalah untuk irigasi pertanian. Selain air. Selain itu.Input alami dari air tanah adalah serapan dari perairan permukaan. Air sungai dapat dibendung untuk dijadikan reservoir (penyimpanan air). reservoir. terutama wilayah tangkapan air hujan. Di Indonesia saat ini terdapat 5. Reservoir sangat bermanfaat untuk menampung air baik dari curah hujan maupun dari sungaisungai kecil yang mengalirinya. Air sungai dan danau merupakan air tawar permukaan yang dapat terbentuk secara alami maupun buatan. kita mengenalnya dengan istilah bendungan. misalnya untuk mengairi lahan pertanian. seperti hujan.embun. menyebabkan air tanah dan tanah di atasnya menjadi asin (intrusi air laut). sama halnya dengan air permukaan yang menyebabkan air tanah tidak dapat digunakan. mata air. . Sedangkan output alaminya adalah mata air dan serapan menuju lautan. sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah. dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es/salju. sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan. Begitu juga dengan danau. manusia juga dapat menyebabkan air tanah terpolusi. Air sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air tanah mengalami ancaman berarti menghadapi penggunaan berlebihan. limpasan bawah tanah. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi. dan perikanan. sumber tenaga listrik (PLTA). badan sungai ini mampu menyimpan air dalam jumlah banyak dan mengalirkannya ketika dibutuhkan.

Walaupun air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui namun apabila tidak menghemat penggunaan air maka dapat mengakibatkan ketimpangan ekosistem. ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai. Air di atmosfer dalam bentuk uap air atau awan bergerak dalam massa yang besar di atas benua dan dipanaskan oleh radiasi tanah. C. terus kembali ke laut melengkapi siklus air. ke daratan atau langsung ke laut. Air yang tiba di daratan kemudian mengalir di atas permukaan sebagai sungai. Air naik ke udara dari permukaan laut atau dari daratan melalui evaporasi. Siklus Air Siklus air atau disebut sebagai Daur hidrologi merupakan suatu sirkulasi air yang meliputi gerakan mulai dari laut ke atmosfer. . Panas membuat uap air lebih naik lagi sehingga cukup tinggi/dingin untuk terjadi kondensasi. dan kembali ke laut lagi atau dengan arti lain siklus hidrologi merupakan rangkaian proses berpindahnya air permukaan bumi dari suatu tempat ke tempat lainnya hingga kembali ke tempat asalnya. terus kembali ke laut. namun harus dikelola dan diatur dalam menggunakannya agar tidak terjadi krisis air bersih.Air walaupun termasuk dalam sumber daya terbarukan bukan berarti dapat menggunakan dengan bebas. dari atmosfer ke tanah. Uap air berubah jadi embun dan seterusnya jadi hujan atau salju. Curahan (precipitation) turun ke bawah.

Sebagian dari air hujan yang turun dari awan menguap sebelum tiba di permukaan bumi. sebagian lagi infiltrasi ke dasar danau-danau dan bergabung di dalam tanah sebagai air tanah yang pada akhirnya ke luar sebagai mata air. selokan. sungai. sebagian air mengalir di atas permukaan tanah melalui parit. Siklus Pendek : Air laut menguap kemudian melalui proses kondensasi berubah menjadi butir-butir air yang halus atau awan dan selanjutnya hujan langsung jatuh ke laut dan akan kembali berulang. 2. Air yang mengalir di atas permukaan menuju sungai kemungkinan tertahan di kolam. Siklus air dibedakan menjadi 3. yaitu: 1. hingga menuju ke laut (surface run off). Siklus sedang: Air laut menguap lalu dibawa oleh angin menuju daratan dan melalui proses kondensasi berubah menjadi awan lalu jatuh sebagai hujan di daratan dan selanjutnya meresap ke dalam tanah lalu kembali ke laut melalui sungai-sungai atau saluran-saluran air. tetapi kemudian menguap atau sebaliknya. sebagian lagi jatuh di atas daun tumbuh-tumbuhan (intercception) dan menguap dari permukaan daun-daun. dan sebagainya (surface detention). Sebagian dari air tanah dihisap oleh tumbuh-tumbuhan melalui daundaunan lalu menguapkan airnya ke udara (transpiration). Air yang tiba di tanah dapat mengalir terus ke laut. namun ada juga yang meresap dulu ke dalam tanah (infiltration) dan sampai ke lapisan batuan sebagai air tanah. ada juga yang sementara tersimpan di danau. .Dalam perjalanannya dari atmosfer ke luar. air mengalami banyak interupsi.

Gambar 2. Siklus panjang: Air laut menguap setelah menjadi awan melalui proses kondensasi.4 Siklus Air D. Lalu terbawa oleh angin ke tempat yang lebih tinggi ndi daratan dan terjadilah hujan salju di pegunungan yang lebih tinggi.3. Jenis-Jenis Air Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Bongkahan es mengendap di puncak gunung dank arena gaya beratnya meluncur ke tempat yang lebih rendah. 2012). . mencair terbentuk glestser lalu mengalir melalui sungai kembali ke laut (Anonim.

memperluas dan/atau meningkatkan sistemfisik (teknik) dan non fisik (kelembagaan. 4. Air minum adalah air minum rumah tangga yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. bersih. 2. dan/atau mengevaluasi sistem fisik (teknik) dan non fisik penyediaan air minum. memantau.keuangan. dan produktif. Sistem Penyediaan Air Minum yang selanjutnya disebut SPAM merupakan satu kesatuan sistem fisik (teknik) dan non fisik dari prasarana dan sarana air minum. Penyediaan air minum adalah kegiatan menyediakan air minum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sehat. Air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tangga termasuk tinja manusia dari lingkungan permukiman.Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum. cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum. mengelola. Pengembangan SPAM adalah kegiatan yang bertujuan membangun. . didapat beberapa pengertian mengenai : 1. dan hukum) dalam kesatuan yang utuh untuk melaksanakan penyediaan air minum kepada masyarakat menuju keadaan yang lebih baik. peran masyarakat. melaksanakan konstruksi. Air baku untuk air minum rumah tangga. manajemen. memelihara. 6. 3. Penyelenggaraan pengembangan SPAM adalah kegiatan merencanakan. 7. 5. yang selanjutnya disebut air baku adalah air yang dapat berasal dari sumber air permukaan. merehabilitasi.

rawa. danau. dan/atau kelompok masyarakat yang melakukan penyelenggaraan pengembangan sistem penyediaan air minum. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu : a. b. dan lain sebagainya. . Tanpa air manusia. sungai. Air Tanah Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. 2008 menyatakan bahwa air di bumi dapat digolongkan menjadi dua. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua. danau.8. dan lain sebagainya. empang. yakni air tanah preatis dan air tanah artesis. Penyelenggara pengembangan SPAM yang selanjutnya disebut Penyelenggara adalah badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah. 2. Menurut Shadiash. Contoh air permukaan seperti laut. sungai. koperasi. a. Air Tanah Artesis Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air. badan usaha swasta. yaitu : 1. Air Permukaan Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. kali. Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Air Tanah Preatis Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable. Perairan Darat Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa. hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup.

Perairan Laut Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Sungai. 4. Biasanya sebelum jatuh ke permukaan bumi akan mengalami pencemaran sehingga tidak memenuhi syarat apabila langsung diminum. 2008) Berdasarkan petunjuk Program Pembangunan Prasarana Kota Terpadu perihal Pedoman Perencanaan dan Desain Teknis Sektor Air Bersih. 3. disebutkan bahwa sumber air baku yang perlu diolah terlebih dahulu adalah: 1. Air hujan. Pembangunan Kota Tinjauan Regional dan Lokal. danau yang tidak dapat diminum sebelum melalui pengolahan karena mudah tercemar. 1999) : 1. Sumur dangkal (shallow wells). 5. Yaitu sumber air hasil penggalian ataupun pengeboran yang kedalamannya lebih dari 40 meter. Yaitu sumber air yang berada di atas permukaan tanah. Debitnya sulit untuk diduga. . Yaitu rawa. Sinulingga.b. sungai. Air permukaan tanah (surface water). Mata air. Sumber-sumber air yang ada dapat dimanfaatkan untuk keperluan air minum adalah (Budi D. Contohnya seperti air laut yang berada di laut. karena kemungkinan untuk tercemar polutan sangat besar. (Shadiash. 2. kecuali jika dilakukan penelitian dalam jangka beberapa lama. Yaitu sumber air hasil penggalian ataupun pengeboran yang kedalamannya kurang dari 40 meter. Yaitu unit penampung air dalam jumlah tertentu yang airnya berasal dari aliran sungai maupun tampungan dari air hujan. Yaitu saluran pengaliran air yang terbentuk mulai dari hulu di daerah pegunungan/tinggi sampai bermuara di laut/danau. Secara umum air baku yang didapat dari sungai harus diolah terlebih dahulu. Sumur dalam (deep wells). 2. Danau dan Penampung Air (lake and reservoir).

sebagai hasil budidaya manusia. seperti topografi. dan pada umumnya dapat langsung diminum. Di lain pihak sumur dalam yang sudah mengalami perjalanan panjang adalah air yang jauh lebih murni. Sumber yang mengalami pemurniaan alamiah (natural purification). biasanya daerah-daerah sekitar pantai. karena selain kuantitas harus mencukupi juga dari segi kualitas akan berpengaruh . Air sumur dangkal dianggap belum memenuhi syarat untuk diminum karena mudah tercemar. Yang terdiri dari air sumur dangkal dan air sumur dalam. Kedudukan muka air tanah mengikuti bentuk topografi. Sumber air untuk penyediaan air minum berdasarkan kualitasnya dapat dibedakan atas : a. Keburukan dari pemakaian sumur dalam ini adalah apabila diambil terlalu banyak akan menimbulkan intrusi air asin dan air laut yang membuat sumber air jadi asin. b. Sumber air baku bagi suatu penyediaan air bersih sangat penting. Mata air (spring water). c. muka air tanah akan dalam di daerah yang bertopografi tinggi dan dangkal di daerah yang bertopografi rendah. batuan. namun memerlukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan kualitasnya. dan curah hujan yang jatuh di permukaan tanah. Sumber air tanah ini dapat dengan mudah dijumpai seperti yang terdapat pada sumur gali penduduk.3. 4. Sumber yang mendapatkan proteksi dengan pengolahan buatan (artificial treatment). Air dalam tanah (ground water). Keterdapatan sumber air tanah ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sumber yang bebas dari pengotoran (pollution).

Air Hujan Air hujan adalah uap air yang sudah mengalami kondensasi. Manusia memilih tinggal dan hidup di suatu tempat terutama dengan . E. Dalam menentukan sumber air baku untuk suatu sistem penyediaan air bersih diperlukan suatu pertimbangan tertentu. Air Permukaan Air permukaan dapat berasal dari sungai. Penggunaan Air Air tawar yang bersih dan sehat merupakan kebutuhan semua makhluk hidup terutama manusia. Air Tanah Air tanah merupakan air hujan atau air permukaan yang meresap ke dalam tanah dan bergabung dalam pori-pori tanah yang terdapat pada lapisan tanah yang biasanya disebut aquifer. kemudian jatuh ke bumi berbentuk air 2. 3. distribusi dan sebagainya. ketersediaan sumber daya air merupakan faktor penentu utama bagi tempat hidup dan aktivitas manusia. Lebih daripada sumber daya alam lainnya. agar air baku yang dipilih selain memenuhi persyaratan kuantitas dan kualitas juga lebih mudah diperoleh. danau dan air tanah yang mengalir keluar dari bumi (mata air). tanpa tahun).terhadap proses pengolahan. Disamping itu letak sumber air dapat mempengaruhi bentuk jaringan tramsmisi. Secara umum sumber air dapat dikategorikan sebagai berikut : 1. baik dari segi teknis maupun ekonomis (Anonim.

dan industri. Berlawanan dengan sumber daya energi fosil yang dikonsumsi ketika digunakan. Penggunaan air oleh manusia mengalami peningkatan yang pesat seiring dengan peningkatan populasi manusia (Nugraheni. konsumsi. Di banyak tempat. Secara total seluruh dunia menggunakan 69% dari air . kita sepakati beberapa istilah yang berkaitan dengan penggunaan air. dan degradasi (Nugraheni. Untuk mendiskusikan tentang penggunaan air. seperti pengambilan (withdrawal). penggunaan air bagi kepentingan pertanian sangat tidak efektif dan sangat konsumtif. Setengah jumlah lagi masih dapat digunakan kembali apabila kita dapat melindungi kualitas air tersebut. Penggunaan air untuk setiap sektor di setiap negara adalah berbeda-beda. maka sumber daya air dapat digunakan secara berulang-ulang. tanpa tahun).90% air yang diperuntukkan bagi tanaman tidak dapat mencapai akar tanaman. Contohnya negara belum berkembang akan lebih sedikit menggunakan air bagi sektor industri (Nugraheni. Sekitar 70% . tergantung pada kemajuan negara tersebut.Sebagian besar air akan menguap atau menjadi banjir.mempertimbangkan ketersediaan air untuk menyokong hidupnya (Nugraheni. Sedangkan penggunaan sumber daya air menurut sektor dapat dibedakan menjadi penggunaan untuk: rumah tangga. dan sekitar 25% dari aliran stabil. konsumsi dan degradasi terjadi sekitar setengah dari jumlah pengambilan air. manusia melakukan pengambilan air sebanyak 10% dari total runoff tahunan. pertanian. tanpa tahun). tanpa tahun). Di negara maju. Secara keseluruhan. tanpa tahun).

dan lapangan bulu tangkis. Di dalam pasar tersebut memerlukan tersedianya air bersih. Fasilitas Peribadatan Tempat eribadatan yang dimaksud antara lain Masjid. Fasilitas Perkantoran Dan Pertokoan Perhitungan kebutuhan air : • Kebutuhan air untuk perkantoran sebesar 10 liter/pegawai/hari. Penggunaan air besih terbagi dalam : A. berkisar dari 4% (kuwait) sampai dengan 93% (India) (Nugraheni. Berdasarkan hasil penelitian Cahyono. Sektor Domestik yaitu untuk : 1) Sambungan Rumah Tangga ( SR ) 2) Hidran Umum ( HU ) B. Fasilitas Pendidikan 2). 2008 tentang analisis kebutuhan air bersih. 6). 5). 4). Fasilitas Olahraga Fasilitas lapangan olah raga antara lain sepakbola. Mushola 3). tanpa tahun). semuanya dihitung dengan menggunakan unit/banyaknya pemakai lapangan tersebut. • Kebutuhan air untuk pertokoan sebesar 10 liter/pegawai/hari.withdrawal. lapangan bola volley. Fasilitas Pasar Terdapat pula fasilitas pasar yang melayani kebutuhan – kebutuhan pokok sehari – hari. Fasilitas Puskesmas . Sektor Non Domestik 1).

Konservasi atau penghematan air perlu dilakukan menurut UU No. 4. ketika air sudah sampai di laut lagi. konservasi air adalah adalah upaya melindungi dan memelihara keberadaan. Usaha Konservasi Air Berdasarkan Dr. Hal itu dapat menyebabkan rumah kita kekurangan resapan air hujan. Hemat air. Jangan sampai air minum dibuang-buang dengan percuma. Minimalisir penggunaan cairan pembersih toilet karena dapat menghambat proses pembusukan di septic tank. kondisi dan lingkungan air tanah guna mempertahankan kelestarian dan atau kesinambungan ketersediaan dalam kuantitas dan kualitas yang memadai demi . cara paling sederhana untuk melakukan konservasi atau penghematan air adalah dengan memanfaatkan secara maksimal ketika air tawar masih berada di daratan. Jangan tutup lahan bertanah dengan aspal ataupun semen. Heru Hendrayana dari Universitas Gadjah Mada.F. Jangan sampai bak mandi atau ember luber karena keran lupa kita matikan. Menanam pohon yang dapat melindungi sumber air. 5. 43 tahun 2008 tentang Air Tanah. jika memang sudah kotor. Buat resapan biopori agar air hujan bisa berguna sebagai air tanah. 3. Cara sederhana yang bisa dilakukan secara konkrit antara lain: 1. 2. itu artinya air sudah tidak dapat dipakai. gunakanlah untuk menyiram tanaman. Tanam tumbuhan di bidang yang bertanah di dekat rumah. 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air dan PP No. baik air mentah maupun air minum.

Keterbatasan daya dukung air di kawasan berpenduduk padat dapat menyebabkan kekeringan saat musim kemarau. Teknik ini dinamakan Artificial Storage and Recharge of Groundwater (ASRG). baik waktu sekarang maupun pada generasi yang akan datang. Jika permukaan air tanah menurun terus. yang dapat disebut juga dengan Simpanan dan Imbuhan Buatan Air Tanah (SIMBAT). Metode tahanan jenis ini sangat berperan dalam menunjukkan penyebaran lensa aquifer buatan yang berisi air tawar. permukaan laut bisa lebih tinggi dari daratan dan bukan tidak mungkin air laut membanjiri jalan raya di masa depan.kelangsungan fungsi dan pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan mahluk hidup. saat musim kemarau tiba. Teknik ini merupakan salah satu aplikasi dari cabang ilmu geofisika dalam mengekplorasi sumber daya kebumian. masyarakat cenderung hanya ingin mengambil air dari dalam tanah. peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan solusinya dengan menggunakan teknik penyimpanan air buatan dalam tanah untuk digunakan sebagai cadangan. tanpa melakukan upaya pelestarian sumber air dalam tanah tersebut. Penurunan permukaan air laut menyebabkan banjir. dan daya dorongnya terhadap air lautnya pun semakin kecil. Permukaan tanah makin menurun. . Belum lagi. daya resapnya terhadap air semakin menurun. Prinsip SIMBAT adalah memasukkan air tawar yang berasal dari air hujan ke dalam aquifer (air dalam tanah). Sebagai langkah antisipasi atas persoalan di atas. Salah satu penyebab turunnya permukaan air tanah di Indonesia adalah penyedotan air tanah yang tidak terkontrol oleh pabrik-pabrik industri.

Teknik pemanenan air yang telah dilakukan di Indonesia antara lain embung dan chanel reservoir. usaha penyimpanan air juga dapat dilakukan dengan cara pemanenan air hujan yang merupakan salah satu alternatif dalam menyimpan air hujan pada musim penghujan dan untuk dapat digunakan pada musim kemarau. bermanfaat untuk menyediakan air pada musim kemarau.Selain program di atas. penanaman searah kontur. DAM. mata air galian dangkal dan berlubang serta irigasi pompa kecil dan wadi bank. Tanah bertekstur liat atau lempung sangat cocok untuk pembuatan embung. Embung merupakan suatu bangunan konservasi air yang berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpahan atau rembesan di lahan sawah tadah hujan berdrainase baik. . tadah hujan. Embung sangat tepat diterapkan pada kelerengan 0-30% dengan curah hujan 500-1000 mm/tahun. waduk. Agar pengisian dan pendistribusian air lebih cepat dan mudah embung hendaknya dibangun dekat dengan saluran air dan pada lahan dengan kemiringan 5-30%. kanal. Teknik konservasi air dengan embung banyak diterapkan di lahan tadah hujan bercurah hujan rendah. Beberapa teknik pemanenan air hujan yang telah dilakukan dibeberapa Negara yang beriklim kering adalah bangunan teras.

Dam parit dapat menurunkan aliran permukaan. tidak menggunakan areal atau lahan pertanian yang produktif. Pola pengoperasian suatu waduk dimaksudkan sebagai pedoman pengaturan air untuk memenuhi berbagai kebutuhan air dan pengendali . memberikan kesempatan agar air meresap kedalam tanah di seluruh wilayah DAS sehingga mengurangi resiko kekeringan pada musim kemarau dan pembuatannya lebih murah sehingga dapat dijangkau petani. Keunggulan dam parit yaitu dapat menampung air dalam volume besar akibat terbendungnya aliran air disaluran air/parit. Usaha lain yang dapat digunakan adalah pemanfaatan bendungan air atau yang biasa disebut DAM. erosi dan sedimentasi.5 DAM Shastadi California DAM parit adalah suatu cara mengumpulkan atau membendung aliran air pada suatu parit dengan tujuan untuk menampung aliran air permukaan sehingga dapat digunakan untuk mengairi lahan di sekitarnya. menurunkan kecepatan aliran permukaan sehingga mengurangi erosi dan hilangnya lapisan tanah atas yang subur serta sedimentasi. mengairi lahan cukup luas karena dibangun berseri diseluruh daerah aliran sungai (DAS).Gambar 2.

wastafel. dan tempat cuci piring. Limbah cair berasal dari penggunaan kita sehari-hari seperti toilet. irigasi dan make up water sistem pendingin. . Penghematan air merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan agar air yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan hidup. sehingga mengurangi penggunaan air bersih dan mengurangi pencemaran air yang berbahaya bila dibuang langsung ke lingkungan. Pemanfaatan Air Daur Ulang. Cara menghemat air antara lain: 1. kita seharusnya dapat menggunakan air sesuai dengan kebutuhan. menggosok gigi. mencuci. namun bukan untuk air minum. Daur ulang air limbah dapat dimanfaatkan antara lain untuk keperluan flushing. dan kegiatan lainnya yang menggunakan air kita harus menggunakan air secara hemat. G. Bertujuan untuk memanfaatkan air secara optimal dengan cara mengalokasikan secara proporsional sedemikian rupa sehingga tidak terjadi konflik antar kepentingan. Kegiatan Manusia dalam Menghemat Air Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup termasuk manusia. Pada saat mandi. Air limbah dapat digunakan lagi setelah melewati proses daur ulang. Oleh karena itu. Salah satu kegiatan manusia yang dapat menyebabkan terganggunya daur air adalah penggunaan air secara berlebihan.banjir. Terganggunya daur air akan menyebabkan terganggunya keseimbangan makhluk hidup yang ada di bumi.

Mandi dengan shower juga lebih praktis. karena semua bagian badan kita terkena kucuran air. Bandingkan kalau mandi dengan menggunakan pancuran (shower). Menggunakan kembali air yang masih layak. maka kita sudah menghabiskan 12 gayung. itu lain lagi masalahnya. Mandi dengan menggunakan shower Dalam kamar mandi orang Indonesia saya bisa memastikan adanya bak mandi yang digunakan sebagai tempat menyimpan air untuk mandi. terutama bagian belakang. lain kalau pakai gayung. itu belum termasuk kalau cuci rambut atau keramas. tidak semua badan terkena air. Kalau ratarata orang menghabiskan air tiga-empat gayung untuk membasahi badan. Untuk mandi selama setengah menit. kecuali kalau kita menggunakan air lebih banyak lagi. rata-rata kita menghabiskan air sebanyak 5-7 liter.Penggunaan air daur ulang yang diterapkan sebagai upaya menghemat air akan berpengaruh dalam menjaga kestabilan kualitas dan jumlah dari suplai air bersih serta menyelamatkan lingkungan kita. . 3. atau sekitar 12 liter air. Dengan shower juga kita bisa memasang alat pemanas. kemudian enam sampai delapan gayung untuk membilas badan setelah bersabun. 2. Akan tetapi perlu diingat bahwa adanya penghematan air karena penggunaan water fixtures yang hemat air dan penggunaan air daur ulang akan sia-sia bila tidak dilengkapi oleh perilaku kita sebagai pengguna air akan kesadaran untuk hemat air. ini termasuk kalau cuci rambut. Mandi dengan shower tidak mungkin lebih lama dari satu menit kecuali kalau kita memang mau berlama-lama.

karena itulah air merupakan salah satu penopang hidup bagi manusia. Umumya kita sudah cukup rajin untuk mematikan tidak ada kebocoran di toilet maupun saluran keran anda. dan peralatan makan dengan menggunakan bak atau water sink bagi pengguna wastafel dapat menghemat air yang kita gunakan. Mencuci buah. Selan itu. Cek adanya kebocoran di saluran pipa. sayur. anda dapat merendam dengan air hangat agar lemak-lemak yang menempel terlempas dan mencucinya seperti biasa. Untuk mencuci makan peralatan yang cukup berminyak. 4. Seseorang tidak dapat bertahan hidup tanpa air. dan sebagainya. menggunakan air bekas mandi untuk toilet flushing. namun hal yang seringkali tidak terlihat dan cukup membuat banyak air terbuang yaitu adanya kebocoran pada pipa dan kran di sekitar halaman luar rumah.Beragam keperluan air yang kita gunakan sebenarnya tidak serta-merta air tersebut langsung menjadi air kotor. sayur. . keran. dan sambungan saluran air di luar rumah. Ketersediaan air di dunia ini begitu melimpah ruah. H. Jika kita mau sedikit lebih repot. dan peralatan makan dalam bak. 6. Permasalahan Yang Menyebabkan Jumlah Air Bersih Berkurang Air merupakan unsur yang vital dalam kehidupan manusia. sebenarnya kita dapat memilah-milah penggunaan air di rumah yang nantinya dapat digunakan kembali untuk keperluan lainnya. Contohnya yaitu menggunakan air cucian beras dan sayur untuk menyiram tanaman. Mencuci buah-buahan. air bekas tersebut dapat digunakan untuk keperluan menyiram tanaman ataupun membersihkan mobil dan motor.

saat ini lebih cepat hilang dari pada yang dapat diisi ulang di banyak daerah. Keebijakan air didasarkan pada hak guna. dan supertanker menyebabkan jumlah air bersih berkurang. Siklus kekeringan. Transfer air secara masal dengan menggunakan sistem pengalihan sungai. Masalah kesehatan tersebut diperkirakan mencapai $ 1. pipa air.namun yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk keperluan air minum sangatlah sedikit. Kekeringan waduk juga merupakan permasalahan yang menyebabkan jumlah air bersih berkurang karena dengan kondisi waduk yang kering maka tidak ada air bersih yang dapat digunakan. Kebijakan air US. Kekurangan air memiliki efek paling parah di zona semi kering dimana kelembaban merupakan faktor penting dalam distribusi tanaman dan hewan. Polutan menjadi seperti debu secara signifikan menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan semakin banyak pemompaan secara terus-menerus. setiap benua memiliki wilayah curah hujan yang langka karena efek topografi atau arus angin. hukum air terutama didasarkan pada hak perampasan sebelumnya bahwa kebijakan “menggunakan itu atau kehilangan itu”. kebijakan air umumnya sejalan dengan konservasi.25 – $ 2. Air tanah yang menyimpan 95% dari seluruh jumlah air tawar. dimana air merupakan sumber yang membatasi. dan daerah resapan air untuk mengisi tidak mampu meresap dengan baik sehingga jumlah air tanah semakin berkurang. Pengalihan sungai ke laut Aral yang menyebabkan berkurangnya salitas dan perikanan dihapuskan. .5 billion per tahun.

Sinkholes terbentuk ketika saluran bawah tanah atau gua runtuh. Penarikan jumlah air tanah yang besar di daerah kecil menyebabkan formasi berpori runtuh. Konflik air di timur tengah yaitu . menarik air lebih cepat dari pada yang dapat diisi ulang mengarah ke kerucut depresi dalam tabel air. dan Gunung Aquifer (Tepi Barat/Israel).5 miliar orang tidak memiliki akses terhadap pasokan yang cukup dari air minum. Pada skala yang lebih luas. I. Jumlah rata-rata di seluruh dunia adalah sekitar 170. Kuantitas air yang digunakan. pasokan terbaru dianggap rentan terhadap stres air. Diperkirakan 1. Peperangan Di Negara-Negara Tertentu Yang Disebabkan Kurangnya Sumber Air Perang air di Bolivia. Sebuah negara di mana konsumsi melebihi lebih dari 20% dari yang tersedia. dan konsumsi air yang yang diambil. Pada tingkat lokal. Depleting air tanah. Nil. pemompaan yang besar dapat menguras akuifer. mengakibatkan penurunan. Intrusi air asin dapat terjadi di sepanjang garis pantai. Amu Darya. Air tanah adalah sumber dari hampir 40% dari air tawar di AS. Konflik dari geografi baru terjadi karena kemungkinan sumber titik api konflik adalah sistem air dan akuifer yang meliputi Jordan.544 gal / orang / tahun. Hampir 3 miliar sanitasi kurang dapat diterima. Indus. Tigris – Efrat.Jenis penggunaan air yang meliputi jumlah air yang diambil dari sumber. Kekurangan air tawar. penggunaan air manusia telah meningkat sekitar dua kali secepat pertumbuhan penduduk selama abad terakhir. hal ini terjadi dengan protesnya warga Cochabamba tentang privatisasi Bechtel sistem air kota pada tahun 1999. Di seluruh dunia manusian menarik 10% dari pasokan terbaru tahunan.

Israel menggunakan 82% dari air tanah tepi barat.antara Israel dan pelestina. Arab menggantinya dengan 3 kali. .

html Nugraheni. Skripsi. dkk. Anonim.com Cahyono.com/jenis-jenisair. Jurusan Biologi FMIPA UT .wordpress.ac. 2008.adipedia. Endang.html pada tanggal 13 Januari 2013. Tanpa tahun.ac.com/2011/12/13/konservasi-tanah-dan-air-padalahan-kritis/ http://eprints.DAFTAR PUSTAKA Anonim.wordpress. Irawan.blogdetik. http://www. Nur.id/site/?p=7251 http://www.medantalk. Diakses pada http://syadiashare. Shadiash. Siklus air (hidrologi) di bumi.kompasiana. Sumber daya air dan pencemran air.2012.pdf http://dahlanforum. 2012. Universitas sumatera utara. Analisis kualitas air bersih. Jenis-jenis air. Universitas diponegoro.com/2012/11/03/menghemat-air/ http://sumi1299.com/lipi-kreasikan-penyimpanan-air-tanah/#more-41725 http://sekarmadjapahit. 2008.itb.com/internet/2009/11/28/bagaimana-cara-mandiyang-hemat-air-30870.bab v.com/2012/11/27/konservasi-air-daur-ulang-sampah/ http://teknologi. Tanpa tahun.undip. Manajemen Air Sebagai Pandangan Tentang Keseimbangan Air.id/34245/5/1773_chapter_II. http://km. . BAB II Tinjauan pustaka air. Skripsi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->