9 Pilar Pendidikan Berkarakter

Posted: 18 Januari 2012 in Uncategorized

0

Menurut UU no 20 tahun 2003 pasal 3 menyebutkan pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa yang bermartabat. Ada 9 pilar pendidikan berkarakter, diantaranya adalah: 1. Cinta tuhan dan segenap ciptaannya 2. Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian 3. Kejujuran /amanah dan kearifan 4. Hormat dan santun 5. Dermawan, suka menolong dan gotong royong/ kerjasama 6. Percaya diri, kreatif dan bekerja keras 7. Kepemimpinan dan keadilan 8. Baik dan rendah hati 9. Toleransi kedamaian dan kesatuan Jadi, 9 karakter itulah yang dapat Bapak dan Ibu guru sisipkan dalam tiap pembelajaran dikelas. Semoga menjadi pencerah dalam menciptakan siswa-siswa berkarakter kuat dan amanah.

KRISIS MULTIDIMENSI Krisis multi dimensi adalah suatu keadaan di mana bangsa dan negara dilanda oleh beraneka ragam pertentangan besar maupun kecil. Ditambah lagi dengan berbagai keruwetan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan juga kebobrokan moral. Krisis tersebut sedang berusaha memorakporandakan dan menghancurkan berbagai sendi penting kehidupan berbangsa dan bernegara. Begitu hebatnya krisis tersebut sehingga banyak orang yang khawatir akan terjadinya disintegrasi bangsa dan negara, atau takut membayangkan apa yang akan terjadi kelak di kemudian hari.

 5. Kelembagaan  7. Musyawarah : semua masalah dan persoalan diselesaikan dengan musyawarah secara bersama hingga mencapai kata mufakat.  9.  6. Identitas Nasional prosesberbangsa dan bernegara dilihatsecara eksplisit. khususnya dalampembentukan budaya nasional : Gotong Royong : kebersamaan (gotong royong) yang mampu mengikat dan mampu menyatukan masyarakat. Persamaan nasib (dijajah 350 tahun oleh Belanda)2. Sakral 3. dimana sekelompok manusia yang didalamnya merasakan bahwa dirinya merupakan bagian dari sebuah bangsa . kepribadian bangsa. filsafatpancasila dan juga sebagai IdeologiNegara sehingga mempunyaikedudukan paling tinggi dalamtatanan kehidupan berbangsa danbernegara. Adanya citacita bersama untuk mencapai kemakmuran. Bentuk negara adalah NKRI8. kesimpulannya :Pengertian Identitas Nasionalmerupakan pandangan hidupbangsa. Sejarah 6.4. agar penyelesainnya menguntungkan bagi kedua belah pihak. Konsepsi Wawasan Nusantara9. Kesimpulan : Proses berbangsa yang bernegara memberikan gambaran tentangbagaimana terbentuknya bangsa. sehingga melakukan kegiatan memiliki persamaan pemerintahan watak dan karakter yang kuat untuk tinggal bersama di suatu wilayah tertentu untuk membentuk suatu kesatuan nasional  4.  8. Pancasila sebagai Lambang Negara dan Dasar Falsafah Negara5. Jadi. Bhinneka Tunggal Ika 5. Tokoh 4. UUD 1945 sebagai Hukum Dasar Negara7. Bendera Merah Putih sebagai bendera negara3. 1.identitas nasional sebagai karkter bangsa  2. BANGSA NEGARABangsa adalah sekelompok Negara merupakan suatu besar manusia yang wilayah dimana memiliki persamaan terdapat sekelompok nasib dalam proses manusia yang sejarahnya. Adanya kesatuan wilayah dan tempat tinggal4. Primordial 2.Bangsa dan Negara Indonesiaadalah sekelompok manusiayang memiliki persamaan nasibsejarah dan melakukan tugaspemerintahan dalam suatuwilayah Indonesia. dari berbagai hirarki dan status sosial. Proses pembentukan bangsa dan negara membutuhkanidentitas-identitas untuk menyatukan masyarakatbangsa yang bersangkutan 1. Macam-macam Identitas nasional Indonesia :1. yang tercermin dan teraktualisasikan dalam penataan kehidupan seharihariDefinisi Kata “Identitas Nasional” Identitas Nasional adalah suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain  3. Kebudayaan daerah diterima sebagai Kebudayaan Nasional. Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara6. Hakikat Kata “Identitas Nasional” Hakikat Identitas Nasional kita sebagai bangsa dan negara adalah Pancasila. Adanya keinginan bersama untuk merdeka dan lepas dari penjajah3. Perkembangan Ekonomi 7. Indonesia Raya sebagai Lagu Kebangsaan4. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional/Persatuan2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful