P. 1
Sejarah Perkembangan Hukum Islam di Indonesia

Sejarah Perkembangan Hukum Islam di Indonesia

|Views: 1,403|Likes:
Published by ersaputri
Makalah Hukum Islam
Makalah Hukum Islam

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: ersaputri on Mar 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/25/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

SEJARAH PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM DI INDONESIA

MAKALAH

diajukan sebagai salah satu hasil dari tugas individu dalam Mata Kuliah Hukum Islam

Oleh: Ersa Putri Ardi O. 120710101403

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS JEMBER 2012

Jember. penulis ucapkan terima kasih semoga apa yang penulis susun bermanfaat. Makalah ini ditulis sebagai salah satu tugas mandiri individu bagi mahasiswa dan diharapkan dengan disusunnya makalah ini akan menjadi bahan untuk mendukung proses pembelajaran Hukum Islam secara sederhana dan mengena pada tujuan. Maret 2013 Penulis . Pencipta dan Pemilik alam semesta ini. Tidak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Dosen Pembimbing pada mata kuliah Hukum Islam yaitu bapak Hj. karena berkat izin-Nya makalah Hukum Islam yang berjudul “Sejarah Perkembangan Hukum Islam” ini telah rampung ditulis. Liliek Istiqomah yang telah memberi arahan untuk membuat makalah ini dan tidak lupa untuk rekan-rekan mahasiswa Fakultas Hukum. Disadari sepenuhnya masih banyak kekurangan dalam pembahasan makalah ini dari teknis penulisan sampai dengan pembahasan materi untuk itu besar harapan penulis akan saran dan kritik yang sifatnya mendukung untuk perbaikan ke depannya.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

.......................................................................... 2................................ 3 Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Indonesia ................2.. BAB 1.... PENUTUP...................................................1 Masa Pra Penjajahan Belanda ......... 1 Kesimpulan .................................................................... 2 Rumusan Masalah ... 4 Hukum Islam dengan UU No....5 Masa Reformasi ......................... 35/ 1999 . 3.......................................................................DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR .......... 2 Sejarah Pertumbuhan Hukum Islam di Indonesia.......................................................................... DAFTAR ISI ................ i ii 1 1 1 2 3 3 3 4 5 6 6 7 8 8 10 10 11 ............................2......................................... PENDAHULUAN ............................................................................ 2.....................................2................................................................... BAB 3...................... 2......... 3 Tujuan dan Manfaat ................ 2.................2........................... DAFTAR PUSTAKA ..................... 1....... 2........... 2.........................2 Masa Penjajahan Belanda .................................................... 1...................... 2. 2.. 1 Latar Belakang ....4 Masa Kemerdekaan Indonesia.................2......... 1.......... BAB 2............................................ PEMBAHASAN ........................ 1 Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hukum Islam ....... 2....3 Masa Penjajahan Jepang ...

I. sejak awal kedatangan agama ini ke bumi Indonesia hingga di era reformasi ini. Tentu saja tulisan ini tidak dapat menguraikan secara lengkap dan detail setiap rincian sejarah hukum Islam di Tanah air. Di samping itu. kajian tentang sejarah hukum Islam di Indonesia juga dapat dijadikan sebagai salah satu pijakan bagi umat Islam secara khusus untuk menentukan strategi yang tepat di masa depan dalam mendekatkan dan “mengakrabkan” bangsa ini dengan hukum Islam. Proses sejarah hukum Islam yang diwarnai “benturan” dengan tradisi yang sebelumnya berlaku dan juga dengan kebijakan-kebijakan politik kenegaraan. Pertanyaan-pertanyaan seperti: seberapa jauh pengaruh kemayoritasan kaum muslimin Indonesia itu terhadap penerapan hukum Islam di Tanah Air (misalnya) dapat dijawab dengan memaparkan sejarah hukum Islam sejak komunitas muslim hadir di Indonesia. . 2 Rumusan Masalah Untuk mengkaji tentang sebuah sejarah perkembangan hukum Islam di Indonesia. umat Islam Indonesia disebut sebagai komunitas muslim paling besar yang berkumpul dalam satu batas teritorial kenegaraan. 1 Latar Belakang Dalam tataran dunia Islam internasional. Pada bagian akhir tulisan ini. 1. serta tindakan-tindakan yang diambil oleh para tokoh Islam Indonesia terdahulu setidaknya dapat menjadi bahan telaah penting di masa datang. penulis juga menyampaikan kesimpulan tentang apa yang sebaiknya dilakukan oleh kaum muslimin Indonesia. tulisan ini dihadirkan. sejarah itu menunjukkan bahwa proses Islamisasi sebuah masyarakat bukanlah proses yang dapat selesai seketika. Untuk itulah. PENDAHULUAN 1. Memahami alur perjalanan sejarah hukum Islam di tengah tengah komunitas Islam terbesar di dunia merupakan suatu hal yang sangat menarik untuk dibahas. namun setidaknya apa akan penulis paparkan di sini dapat memberikan gambaran tentang perjalanan hukum Islam. penulis akan menguraikan subpokok bahasan yang saling berhubungan. Setidaknya.

Bagaimana kedudukan hukum Islam dalam Sistem Hukum Indonesia? 4. Bagaimana sejarah perkembangan hukum Islam di Indonesia? 3. Bagaimana sejarah pertumbuhan dan perkembangan hukum Islam? 2.Seperti beberapa pokok rumusan masalah sebagai berikut: 1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah hukum Islam dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan penulis dan pembaca tentang sejarah pertumbuhan dan perkembangan hukum Islam secara global dan hukum Islam di Indonesia serta Undang-Undang yang mengatur tentang hukum Islam. . Apa hubungan antara hukum Islam dengan UU No. Dan semoga makalah ini dapat menjadi sebuah acuan yang bermakna. 35 Tahun 1999? 1.

Achmad Marbaie. yaitu di masa Nabi Muhammad SAW. yaitu masa Khulafaaur Rosyid dan Bani Umayyah. Kurun waktu ke I merupakan masa Pertumbuhan dan Pembinaan. 51-53 . maka perkembangan hukum Islam itu dapat dibagi pada lima kurun waktu:1 1. Hukum Islam (Jember: Fakultas Hukum Universitas Jember. 11 – 101 H (632 – 720 M).. h. sejak 13 tahun sebelum Hijriah sampai tahun 11 Hijriah (611 – 632 M). MS. 2. 1999). Kurun waktu ke II. 1 H.. SH. PEMBAHASAN 2. Untuk mengetahui masa-masa terjadinya hukum selanjutnya. Periode Sohabat dan Tabiin. pada waktu itu beliaulah yang berwenang menetapkan hukum. 1 Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Hukum Islam Fiqh Islam tumbuh dan berkembang dimulai sejak masa Nabi Muhammad SAW sendiri. Pada masa ini adalah masa yang paling berkesan dan berpengaruh besar dan penting bagi perkembangan hukum Islam.II.

Yang secara normatif adalah bagian dari hukum Islam yang mempunyai sanksi kemasyarakatan apabila normanormanya dilanggar. Kurun waktu V. sejak pertengahan abad ke 4 Hijriah (abad X – XVIII M). Periode Kebangkitan (renaissance) yang mulai sejak abad ke 18. setelah runtuhnya Kerajaan Abbasiyah. Periode beku dan statis. Muharam Marzuki dkk. H. sejak tahun 1882 didirikan Pengadilan Agama di Jawa dan Madura. dari tahun 101 – 350 H (720 – 961 M). hukum zakat dan sebagainya. 46 . yaitu periode Imam-Imam Mujtahidin.1 Tahun 1974 tentang perkawinan berlaku. masa Keemasan Kerajaan Abbasiyah. pada bulan Januari 1989 pemerintah menyampaikan RUU Peradilan Agama pada DPR RI untuk disetujui. Kuat tidaknya sanksi kemasyarakatan itu tergantung pada kuat tidaknya kesadaran umat Islam akan norma-norma hukum Islam yang bersifat normatif itu.2 Sejarah Pertumbuhan Hukum Islam di Indonesia Hukum Islam yang berlaku di Indonesia ada yang berlaku secara normatif dan ada yang berlaku secara yuridis formal. Lahirnya madzab-madzab. seperti misalnya hukum perkawinan. Periode Kesempurnaan. h. Pada 2 Dr.2 Adapun hukum Islam yang berlaku secara yuridis formal adalah bagian hukum Islam yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lain dan benda dalam masyarakat. Bagian hukum Islam ini menjadi hukum positif berdasarkan atau karena ditunjuk oleh peraturan perundang-undangan. 5. Untuk menegakkan hukum Islam yang telah menjadi bagian hukum positif itu. 14 Tahun 1970. Untuk menyempurnakan susunan perlengkapan peradilan agama dan melaksanakan ketentuan-ketentuan pokok Kekuasaan Kehakiman yang termuat dalam UU No. Kurun waktu ke IV. Kurun waktu ke III. 2002). Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum (Jakarta: Proyek Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Departemen Agama RI. hukum wakaf yang telah dikompilasikan. hukum kewarisan. Hampir semua ibadah yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan bersifat normatif.3. terutama setelah UU RI No. Dalam sistem peradilan di Indonesia kedudukan peradilan agama ini semakin kokoh. 4. 1.

4 Berkembangnya komunitas muslim di wilayah itu kemudian diikuti oleh berdirinya kerajaan Islam pertama di Indonesia pada abad ketiga belas masehi. Muharam Marzuki dkk. Kedudukan Hukum Islam dalam Konstitusi-konstitusi Indonesia. namun kemudian halauannya berubah untuk menguasai kepulauan Indonesia. 2002). H.2. Kesultanan-kesultanan tersebut kemudian menetapkan hukum Islam sebagai hukum positif yang berlaku. h. Jawa Barat.. dengan UU No. yakni: 2. 49 .2.. Penetapan hukum Islam sebagai hukum positif di setiap kesultanan tersebut tentu saja menguatkan pengamalannya yang memang telah berkembang di tengah masyarakat muslim masa itu. Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum (Jakarta: Proyek Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Departemen Agama RI. Secara perlahan. h. 2. 7 Tahun 1989. 5 Sebagai sebuah organisasi dagang.tanggal 29 Desember 1989 RUU-PA itu disahkan oleh Presiden menjadi UndangUndang Peradilan Agama.1 Masa Pra Penjajahan Belanda Akar sejarah hukum Islam di kawasan nusantara menurut sebagian ahli sejarah dimulai pada abad pertama hijriyah. Dan kondisi terus berlangsung hingga para pedagang Belanda datang ke kawasan nusantara. VOC dapat dikatakan memiliki peran yang melebihi fungsinya. Maksudnya semula hanya untuk berdagang. Pengaruh dakwah Islam yang cepat menyebar hingga ke berbagai wilayah nusantara kemudian menyebabkan beberapa kerajaan Islam berdiri menyusul. op. 5-6 Ramly Hutabarat.3 Kajian mengenai perkembangan hukum Islam di Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa masa.2 Masa Penjajahan Belanda Pada tahun 1596 organisasi perusahaan dagang Belanda (VOC) datang ke Indonesia melalui Pelabuhan Banten. Karena itu disamping menjalankan fungsi 3 4 Ibid. atau pada sekitar abad ketujuh dan kedelapan masehi. Kawasan utara pulau Sumatera adalah titik awal gerakan dakwah para pendatang muslim. gerakan dakwah itu kemudian membentuk masyarakat Islam pertama di Peureulak. 61 5 Dr. Aceh Timur. hal.cit.

yaitu: 1. 6 Ibid. 2. hal. Meskipun Pemerintah Pendudukan Jepang tetap melakukan berbagai kebijakan untuk menarik simpati umat Islam di Indonesia.2. dimana ia juga memuat kaidah-kaidah hukum pidana Islam. Akibatnya. 3. 64-66 . dinyatakan bahwa hukum kewarisan Islam berlaku bagi para pemeluk agama Islam. Kaitannya dengan hukum Islam. Dengan demikian. VOC juga mewakili Kerajaan Belanda dalam menjalankan fungsifungsi pemerintahan.3 Masa Penjajahan Jepang Pada masa pendudukan Jepang tidak ada perubahan berarti terhadap hukum Islam yang berlaku di Indonesia maupun terhadap petadilan agama. penggunaan hukum Belanda itu menemukan kesulitan. VOC pun membebaskan penduduk pribumi untuk menjalankan apa yang selama ini telah mereka jalankan. nyaris tidak ada perubahan berarti bagi posisi hukum Islam selama masa pendudukan Jepang di Tanah air. 2. Adanya upaya kompilasi hukum kekeluargaan Islam yang kemudian dikenal dengan Compendium Freijer. Tentu saja dengan menggunakan hukum Belanda yang mereka bawa. Adanya upaya kompilasi serupa di berbagai wilayah lain.. Semua peraturan perundang-undangan yang berasal dari Pemerintah Belanda tetap berlaku sepanjang tidak bertentangan. Dalam kenyataannya. Kompilasi yang satu ini memiliki kelebihan dibanding Compendium Freijer.6 Pengakuan terhadap hukum Islam ini terus berlangsung bahkan hingga menjelang peralihan kekuasaan dari Kerajaan Inggris kepada Kerajaan Belanda kembali. Salah satunya yang dikenal dengan nama Kitab Hukum Mogharraer (dari al-Muharrar). Dalam Statuta Batavia yang ditetapkan pada tahun 1642 oleh VOC.perdagangan. dapat dicatat beberapa “kompromi” yang dilakukan oleh pihak VOC.

Banyaknya kekuranganyang melekat pada peradilan agama telah menyebabkan ketidakterlaksaannya UU No. Dr.2. 19 . Dan kemudian disahkan oleh Presiden pada 29 Desember 1989 menjadi UU No. 3400. tampak bahwa para hakim Pengadilan Agama belum mempunyai dasar berpijak yang seragam.7 Adapun pelaksanaan hukum perkawinan dan hukum kewarisan di Indonesia setelah Indonesia merdeka.. h. op. H. Meskipun secara faktual Peradilan Agama telah lahir sejak tahun 1882. 1 Tahun 1974. 14/ 1970 dan UU Kekuasaan Kehakiman. Presiden menyampaikan RUU-PA kepada DPR yang kemudian baru disetujui pada 14 Desember 1989 menjadi UU-PA tentang Peradilan Agama. 1 Tahun 1991 kepada Menteri Agama RI untuk menyebarluaskan Kompilasi 7 Departemen Agama RI.cit. 49. namun dalam mengambil putusan untuk sesuatu perkara. atas usul Menteri Agama yang disetujui oleh Menteri Kehakiman. Untuk menegakkan hukum Islam yang berlaku secara yuridis formal dalam Negara Republik Indonesia ini. dalam periode 1945-1974. teori receptie bisa dihapuskan. melalui badan peradilan agama di Indonesia tetap tidak berubah. Baru setrlah diundangkannya UU No. Hal ini terutama karena hukum Islam belum menjadi hukum yang tertulis dan masih tersebar dalam berbagai kitab kuning.2. SH untuk membuat Kompilasi Hukum Islam akhirnya dikeluarkannya instruksi Presiden No. Hal ini disebabkan karena teori receptie.4 Masa Kemerdekaan Indonesia Setelah Indonesia merdeka. Tambahan LN No. Busthanul Arifin. Kemudian dengan gagasan Prof. pemerintah menyerahkan Mahkamah Islam Tinggi dari Kementerian Kehakiman kepada Kementerian Agama melalui Penetapan Pemerintah Nomor 5/SD tanggal 25 Maret 1946. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama dalam LN Tahun 1989 No.

terbuka peluang yang luas bagi sistem hukum Islam untuk memperkaya khazanah tradisi hukum di Indonesia. Dan dengan SK Menteri Agama No. Jakarta.9 8 Jimly Ashshiddiqie. Terutama pada Pasal 2 ayat 7 yang menegaskan ditampungnya peraturan daerah yang didasarkan pada kondisi khusus dari suatu daerah di Indonesia. Lahirnya Ketetapan MPR No. 27 September 2000 9 Ibid . di era ini setidaknya hukum Islam mulai menempati posisinya secara perlahan tapi pasti. untuk kemudian dijadikan sebagai norma hukum positif yang berlaku dalam hukum Nasional kita. di era reformasi ini. III/MPR/2000 tentang Sumber Hukum dan Tata Urutan Peraturan Perundangundangan semakin membuka peluang lahirnya aturan undang-undang yang berlandaskan hukum Islam. 154 tahun 1991 tanggal 22 Juli 1991. dan bahkan pembentukan hukum baru yang bersumber dan berlandaskan sistem hukum Islam.8 Lebih dari itu. Hukum Islam dan Reformasi Hukum Nasional. dan bahwa peraturan itu dapat mengesampingkan berlakunya suatu peraturan yang bersifat umum. makalah Seminar Penelitian Hukum tentang Eksistensi Hukum Islam dalam Reformasi Sistem Nasional. 2. Dengan demikian.Hukum Islam tersebut. Kompilasi Hukum Islam dihimbau untuk disebarluaskan kepada seluruh instansi terutama Peradilan Agama untuk ditetapkan disamping peraturan peraturan perundang-undangan lain. Salah satu buktinya adalah Undangundang Nomor 32 Tahun 2004 dan Qanun Propinsi Nangroe Aceh Darussalam tentang Pelaksanaan Syari’at Islam Nomor 11 Tahun 2002.5 Masa Reformasi Setelah melalui perjalanan yang panjang. disamping peluang yang semakin jelas.2. upaya kongkrit merealisasikan hukum Islam dalam wujud Undang-Undang dan peraturan telah membuahkan hasil yang nyata di era ini. Kita dapat melakukan langkah-langkah pembaruan.

yang salah satu faktor paling mendukung beragama Islam di Indonesia. Sedangkan Pasal 11 A ayat (2) menyebutkan: “Pengalihan organisasi. Kemudian dalam Pasal 11 A ayat (1) disebutkan: “Pengalihan organisasi. karena di tanah air kita berlaku berbagai sistem hukum. dan finansial bagi Peradilan Agama waktunya tidak ditentukan sebagaimana dimaksudkan dalam ayat (1)”. Dan hukum Islam adalah salah satu acuan hukum yang dipertimbangkan karena beberapa faktor. pelaksanaan hukum Islam di Indonesia tidak akan menemui masalah yang berarti.3 Kedudukan Hukum Islam dalam Sistem Hukum Indonesia Yang dimaksud sistem hukum Indonesia adalah sistem yang berlaku di Indonesia. hukum Islam dan hukum Barat. Tantangan akan muncul apabila nantinya. 35/ 1999 Dalam UU No. atministratif. administratif. dan finansial berada di bawah Mahkamah Agung”.4 Hukum Islam dengan UU No.2. secara oraganisatoris. administrasi. dan finansial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11 ayat (1) dilaksanakan secara bertahap. institusi kenegaraan yang dalam citra umat Islam dan dalam sejarah pendiriannya adalah . administratif. adalah dominan penduduk yang 2. Selama Peradilan Agama di bawah Departemen Agama. 35/ 1999 masih memberikan tempat bagi Peradilan Agama secara organisasi. paling lama 5 (lima) tahun sejak UU ini mulai berlaku”. Sebagaimana sudah diketahui bahwa sistem hukum Indonesia adalah sistem hukum yang majemuk. Yakni hukum Adat. 35/ 1999 Pasal 11 ayat (1) disebutkan: “Badan-badan peradilan sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 10 ayat (1). Peradilan Agama berada satu atap di Mahkamah Agung dan lepas dari Departemen Agama. dan finansial bagi Peradilan Agama di bawah Departemen Agama. Dengan demikian UU No.

62 . sebagai bagian kekuasaan Pemerintah untuk memelihara kepentingan umat Islam. h. H.institusi Islami. Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum (Jakarta: Proyek Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Departemen Agama RI. 2002).10 10 Dr. Muharam Marzuki dkk.

dalam sistem demokrasi.Penjajahan Belanda sampai dengan Era Reformasi. daya tawar politis menjadi sangat menentukan sukses-tidaknya suatu tujuan dan cita-cita. Proses “pengakraban” bangsa ini dengan hukum Islam yang selama ini telah dilakukan. Disamping tentu saja upaya-upaya penguatan terhadap kekuatan dan daya tawar politis umat ini. . Sebab tidak dapat dipungkiri. jelas bahwa untuk menegakkan hukum Islam di Indonesia dari Pra. harus terus dijalani dengan kesabaran dan kebijaksanaan. harus dijalani dengan penuh perjuangan yang sangat berat. Tidak semudah itu sebuah aturan diberlakukan di suatu negara. 1 Kesimpulan Dari kajian-kajian yang telah diuraikan.II. PENUTUP 3.

dkk. H.. Ikhsan. Jember.. Proyek Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Departemen Agama RI.DAFTAR PUSTAKA Marzuki. Hukum Islam. Dr. Jakarta. 2006. Muharam. Fakultas Hukum Universitas Jember.. Makalah. Hukum Islam di Indonesia Dulu dan Sekarang. Muhammad. 2002. . Marbaie. Islam untuk Disiplin Ilmu Hukum. SH. Achmad. SH.. Jakarta. 1999. MS.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->