P. 1
Mengenal Intranet Dan Internet

Mengenal Intranet Dan Internet

|Views: 42|Likes:
Published by Wulandari Nimas

More info:

Published by: Wulandari Nimas on Mar 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

MENGENAL INTRANET DAN INTERNET OLEH: • • • • • • • • • Dewi Pangestu Wulandari Muhammad Fadhli Maya Andriani Muh.

Nur Ilman Wahyudi Ibnu Munzir Dwi Nur Puspita Mirwan

Ptik 05

Kelompok 5

INTRANET
Intranet merupakan sebuah ungkapan yang sudah tidak asing bagi mereka yang berkecimpung di dunia komputer dan telekomunikasi atau internet. Intranet merupakan sebuah jaringan internal

perusahaan yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya menggunakan arsitektur berupa aplikasi web dan teknologi komunikasi data. Melihat dari maksudnya, maka intranet sebenarnya adalah website yang tunggal. Dalam segi penggunaan, secara geografis atau implementasi, intranet bekerja secara luas dan maksimal seperti dengan internet. Namun intranet terbatas dalam hal privilige dan hak akses pemakainya. Jelas bahwa intranet datang sesudah internet.

Fungsionalitas dan implementasi intranet Dalam sebuah komunitas yang terbatas seperti perusahaan, banyak pegawai/user dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif. Dalam sistem dan pola kerja mereka menggunakan fasilitas atau pun teknologi yang mendukung infrastrukturnya. Salah satu alternatif teknologi yang dapat diimplementasikan adalah intranet. Fungsionalitas dan kinerjanya sangat mendukung pola/sistem kerja yang cepat. Informasi perusahaan yang mencakup berita, prosedur kerja setiap divisi, kumpulan data penyimpanan, dan lain-lain, dapat diintegrasikan dalam satu sistem pusat informasi yang berbasisikan HTML (HyperText Markup Language) atau yang lebih dikenal dengan istilah WWW.

Implementasi dan karakteristik intranet lainnya meliputi jadwal perorangan dan kelompok (personal and group scheduling), pesan diterima ketika keluar (while were you out form), manajemen informasi bagi perorangan dan kelompok (personal/group information management), dan transfer dokumen secara langsung (straight document transfer). Sebetulnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Pada dasarnya intranet menggunakan teknologi internet. Perbedaannya hanyalah penggunaan firewall bagi jaringan local yang terkoneksi ke internet, untuk melindungi asset sistem informasi dari

serangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi secara bebas. Dalam sebuah komunitas yang terbatas seperti perusahaan, banyak pegawai/ user dapat bekerja bersama-sama secara mudah dan efektif bila dalam system dan pola kerja mereka menggunakan fasilitas ataupun teknologi yang mendukung infrastrukturnya. Salah satu alternatieknologi yang dapat diimplementasikan adalah intranet. Fungsional dan kinerjanya sangat mendukung pola/system kerja yang cepat dan kolektif. Hal yang mendorong penggunaan intranet adalah kebutuhan akan informasi. Berdasarkan survai yang dilakukan terhadap 103 eksekutif system informasi yang memiliki 500 pegawai, mereka memprioritaskan penggunaan intranet untuk menyebarkan manual, catalog , daftar barang, menyediakan human relation, dan informasi pekerjaan, menawarkan jasa e-mail, dan mengadakan suatu revisi dokumen secara bersama-sama. Alasan tersebut ditambah beberapa alasan lagi, antara lain: 1) Komunikasi yang lebih baik antara pegawai. 2) Biaya pemgembangan dan perawatan yang lebih murah dibandingkan teknologi client server biasa. 3) Keinginan untuk menaikkan rasa kepemilikan data, dan tanggung jawab pengguna. 4) Keinginan untuk menggunakan protocol yang terbuka . 5) Mudah digunakan dan sederhana. 6) Mudah mendistribusikan program aplikasike user. 7) Menaikkan akses dan distribusi informasi ke pengguna.

Sebanarnya teknologi intranet dating bersama dengan teknologi internet. Pada dasarnya intranet menggunakan teknologi internet. Perbedaannya hanyalah pengguanaan firewall bagi jaringan local yang terkoneksi ke internet, untuk melindungi asset system informasi dari serangan pihak luar. Hal ini menjasikan intranet benar-benar dapat berfungsi secara independen. Hal lain yang membedakan intranet dan internet adalah dari sisi penggunanya. Aplikasi dan informasi intranet ditunjukan bagi kalangan dalam organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditunjukkan bagi kalangan luas (umum). Pada saat ini teknologi intranet telah mengalahkan popularitas teknologi client-server tradisional. Setiap orang dan perusahaan berlomba-lomba memenfaatkan teknologi ini hingga sebagian besar melupakan satu hal yang paling penting dalam model client-server, yaitu: pengembangan system tanpa disain yang baik akan mangakibatkan suatu system menjadi kurang bermanfaat.

Jenis pemanfaatan intranet Penggunaan Intranet sebenarnya tergantung dari bentuk organisasi penggunanya. Apakah suatu took, perusahaan multi nasional, suatu instansi atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut terlebih dahulu maka akan sangat membantu model desain intranet yang akan digunakan. Didalam suatu organisasi, intranet banyak digunakan untuk: 1) Human resource personal service. 2) Material and logistic service, seperti penyediaan ruangan, barang, dan sebagainya. 3) Informasi system service. Human Resource Service Pada modal organisasi intranet dapat digunakan untuk menyajikan informasi-informasi, seperti: a. Manual pekerjaan, misalnya tata-tertib, petunjuk kerja, informasi, liburan, asuransi, prosedur pembelian dan pengeluaran barang.

b. Buletin board perusahaan, misalnya pengumuman kebijaksanaan, pengumuman pekerjaan, jadwal kerja, pelatihan, menu kafetaria, jadwal kegiatan ekstra. c. Record pekerjaan, misalnya waktu kerja dan kehadiran , data kepegawaian, seperti alamat rumah hingga prestasi kerja. d. Newsletter (berita-berita penting) untuk pekerja. e. Informasi-informasi yang berkaitan dengan human resource department, missal informasi yang digunakan untuk menyewa property, memecat, memindahkan, mempromosikan, melatih karyawan, dan lain-lain. Material and Logistic Services Organisasi kerja seperti ini dapat berupa toko, cleaning service, dan lain-lain. Informasi yang dapat diletakkan di intranet misalnya: a. Listing peralatan atau service yang disediakan b. Image yang dapat di-clik, yang menerangkan gambaran suatu fasilitas ruangan pada suatu kantor. c. Image map yang dapat menerangkan buku telepon suatu perusahaan. d. Suatu form yang dapat diisi dan digunakan untuk mencari informasi mengenai order, catalog, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan CGI akan dapat disusun aplikasi internet yang mendukung kerja organisasi dalam bidang ini. Misal, untuk order ataupun yang lain. Informasi System service Pada model organisasi ini intranet dapat digunakan untuk menyediakan : a. Informasi mengenai computer-komputer para staff. b. Informasi yang dibutuhkan para user, berkaitan dengan pengetahuan umum, manual operasi program untuk satu pekerjaan, dapat dikumpulkan pada suatu database, sehingga dapat berupa suatu perpustakaan elektronis. c. Semua data atau dokumen yang berbentuk file word processing, spreadsheet, graphic, dll, dapat digunakan bersama-sama dengan memanfaatkan aplikasi bebasis web dengan pusat data di web server.

Komponen Penbentuk Intranet Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti: o Aplikasi browser, o Komputer server, o Perangkat Jaringan , o Protokol TCP/IP, o Bahasa Pemograman, o Komputer client, dan o Perangkat Bantu pengembang (development tool) untuk manajemen jaringan local. Yang perlu ditambah pada intranet apabila sebahagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat diakses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini menjadi ekstranet).

Medel Intranet Sebelum memulai proyek intranet, kita seringkali dihadapkan pada pertimbangan seperti:  Apakah intranet tersebut memilki suatu organisasi dan tampilan yang seragam.  Apakah tiap orang dapat meletakkan informasi sesukanya, ataukah harus diperiksa terlebih dahulu.  Bila orang bebas meletakkan informasi sesukanya, bagaimana bila ada yang meletakkan informasi tak sesuai dengan organisasi tersebut.  Bagaimana menghadapi perkembangan intranet tersebut di kemudian hari, dll. Model organisai suatu intranet dapat dibedakan menjadi: Model Tersentralisasi

Pada model yang bersifat top down ini hanya ada satu web server yang dikelila secara khusus oleh unit khusus di organisasi tersebut. Seluruh web page (dokumen, form, dan lain-lain) didesain secara terpusat sehingga perubahan tampilan dokumen harus dimintakan kepada unit pengelola. Model ini memiliki alasan yang baik, yaitu bentuk dokumen yang tetap dan standar. Hal ini juga memudahkan dalam melakukan administrasi system. Hanya ada satu computer yang berfungsi sebagai server. Kekurangannya adalah system ini kurang terdistribusi. Jadi tak ubahnya seperti system sentralisai tradisional . Juga terkadang pengembangan secara sentralisasi ini akan lambat dilaksanakan karena factor birokrasi. Permasalaan lain adalah bila computer server tersebut mengalami kerusakan, maka seluruh dokumen dan system tak dapat bekerja. Model Desentralisasi Setiap anggota organisasi boleh mensetup web server dan meletakkan informasi. Pada model ini pemasangan web server bias dilakukan pada bebagai jenis mesin, baik PC, Mac, maupun Unix. Alasan yang mendukung model ini adalah, user yang menstup mesin tersebut adalah orang yang paling mengetahui tentang informasi dibidangnya. Pada model sentral, user tersebut harus menyesuaikan dengan standar yang ada pada tim pengelola pusat. Kelebihan lainnya adalah orang yang memiliki informasi dengan cepat dapat menyumbangkan informasi tersebut. Kelemahan dari dari model ini adalah bahwa karena terlalu mudah diinstal maka cendrung menjadi tak terorganisasi dengan baik. Model Campuran Merupakan model gabungan dari model sentralisasi dan desentralisasi. Pola organisai pengguna intranet-lah yang akan menentukan model mana yang paling cocok untuk kebutuhan mereka.

Proses pada intranet Sekarang apa yang membedakan pengembangan suatu intranet dibandingkan system client server biasa? Suatu intranet membutuhkan perhatian yang lebih besar terhadap proses

suatu bisnis, sebab teknologi intranet/internet ini akan berubah dengan capat pada tahun mendatang. Teknologi intranet membutuhkan suatu dasar pengembangan yang baik sebagai dasar untuk memahami berbagai teknologi baru yang muncul, serta model desai yang mampu mengakomodasi keinginan user yang bertambah banyak. Intranet adalah jaringan computer yang berdasarkan standar Internet dan Word Wide Web. Karena teknologinya sudah terbentuk dari internet maka kemudahan, rendahnya biaya oprasi, fleksibilitas, dan open system technologi yang tidak tergantung dari platform menjadikan intranet sebagai salah satu pilihan unggulan. Protokol-protokol yang berada dalamlingkup TCP/IP adalah: o HTTP, FTP, MIME, SMTP, NNTP dan POP. o Intranet dapat mengakses semua pelayanan internet pada web browser. Sebagai contoh, browser dapat mengirimkan e-mail dengan menggunakan SMTP (Simple Mail Transper Protokol) Untuk standar mail Internet. o Groupware lebih bersifat sebagai model server push yang menajikan kemungkinan kerja sama melalui komunikasi, kolaborasi dan koordinasi. o Workflow adalah kemampuan otomatisasi transfer infromasi untuk mendukung aliran kerja system informasi. o Tingkatan kebutuhan informasi dalam organisasi bisnis, yaitu pelayanan informasi, pelayanan interaktif, pelayanan pelanggan yang lebih baik, dan enterprise connectivity. Banyak keunggulan dari segi teknologi infromasi dengan menggunakan intranet karena antara lain: mereduksi biaya percetakan, kertas, perangkat lunak, distribusi, menghemat biaya pos dan proses order. Teknologi web memberikan dua hal penting dalam konsep dokumen centric computing, yaitu pemanfaatan dokumen HTML sebagai standar yang universal dan platform independent. Sampai sekarang ini terdapat dua teknik yang menawarkan keefektifan biaya dalam mengotomasi pemeliharaan isi dari berbagai sumber pada jaringan. Teknik yang digunakan adalah gateway program dan embedded scripts. Teknologi intranet yang memperbolehkan masukan data, workflow automation, menyajikan prospek pengurang biaya proses produksi. Semua web server dapat di konfigurasi untuk memeriksa transaksi log, menciptakan pemeriksaan kondisi yang lebih nyaman serta kelengkapan audit trail. Kombinasi

dari teknologi intranet internet mempunyai potensi untuk meningkatkan electronic commerce, meningkatkan competitive information, comprehensive research base dan ada kemungkinan untuk menggantikan peran yang dimainkan sekarang oleh telephone dan video. Teknologi intranet menyajikan pencatatan yang bertambah cepat. Mengurangi biaya yang tinggi. Keengganan akan intranet bararti dimasa depan kemungkinan besar akan memperlambat kinerja organisasi dan menurunkan produksi.

INTERNET
Kemunculan Internet Rangkaian pusat yang membentuk Internet

diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching). Pada 01 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini. Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Internet Pada Saat Ini Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol berdasarkan JuruterInternet ini dibentuk Pasukan Task

perbincangan (Internet

Engineering

Force), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request forComments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (InternetStandard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB).Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti: 1. IP atau Internet Protocol adalah protokol di internet yang mengurusimasalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga iasampati ke alamat yang benar. 2. TCP (Transmission Control Protocol) adalah suatu protokol yangberorientasi sambungan dan reliable, yang didokumentasikan di RFC 793. 3. Protokol Datagram Pengguna (User Datagram Protocol) (UDP) adalahprotokol lapisan pengangkutan berorientasi pesan minimal yangdidokumenkan dalam IETF Permohonan untuk komen (Request for Comments -RFC ) 768. 4. DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem PenamaanDomain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama hostmaupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar ( distributed database ) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakanalamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat(mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email ) untuk setiap domain 5. Point-to-Point Protocol (PPP), sebuah protokol untuk transfer data komputer.

6. SLIP (Serial Line Internet Protocol) Protokol dengan menggunakansambungan serial MAC Ethernet, FDDI, ISDN, ATM, 7. Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol intidari keluarga protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistemoperasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yangmenyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakansecara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satupengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerimaEcho Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuandapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas olehkomputer tujuan. 8. POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakanuntuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini sangaterat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP bergunauntuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke komputer serverdari penerima. Kemudian penerima mengambil surat elektronik yang dikirimdari server dengan menggunakan protokol ini.Protokol ini dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yangmengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surateletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkankenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yangterus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet. 9. IMAP atau Internet Message Access Protocol adalah protokol standaruntuk mengakses atau mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkanpengguna memilih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server,mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada.Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yanghanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang adatanpa kecuali. 10. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokolyang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokolini dipergunakan untuk

mengirimkan data dari komputer pengirim suratelektronik ke server surat elektronik penerima. 11. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakanuntuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol iniadalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakanberbagai macam tipe dokumen.Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C)dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalampublikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskanHTTP/1,1, versti HTTP yang digunakan umum sekarang ini. HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaandengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh(biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebutmenunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti "GET / HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikutidengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yangmenjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari datatertentu. Beberapa kepala (header) juga bebas ditulis atau tidak, sementaralainnya (seperti tuan rumah) diperlukan oleh protokol HTTP/1,1. Begitumenerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembalikode jawaban, seperti "200 OK", dan sebuah pesan yang diminta, atausebuah pesan error atau pesan lainnya. 12. HTTPS adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari WorldWide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untukmenyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalamkomersi elektris.Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesimenggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS(Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikanperlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in themiddle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikanpada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yangdigunakan dimulai dengan „https://‟ bukan dengan „http://‟

Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialahdengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka.Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasidari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerimainformasi. Pada web server, informasi kartu mereke secara tipikal tersimpandi database server (terkadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartukredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaranpenyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. 13. SSH adalah paket program yang digunakan sebagai pengganti yangaman untuk rlogin, rsh dan rcp. Ia menggunakan public-key cryptographyuntuk mengenkripsi komunikasi antara dua host, demikian pula untukautentikasi pemakai. Ia dapat digunakan untuk login secara aman ke remotehost atau menyalin data antar host, sementara mencegah man-inthe-middle attacks (pembajakan sesi) dan DNS spoofing . Ia akan melakukan

kompresidata pada koneksi anda, dan komunikasi X11 yang aman antar host. 14. Remote Login (Telnet) Telnet memungkinkan pengguna komputer dapat melakukan login ke dalamsuatu komputer di dalam jaringan. Ketika kita melakukan telnet, secara tidaklangsung kita telah menjadi pengguna yang sah dari komputer tersebut. 15. FTP (singkatan dari File Transfer Protocol ) adalah protokol Internet yangmerupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antara mesin-mesin yang menjalankan sistem yang sangat berbeda. Karena berfungsi sebagai file sharing maka kita dapat mendownload dan mengupload file yang kita inginkan. Seperti halnya browsing , FTP juga memiliki alamat. Alamat yang digunakan untuk browsing dapat diawali dengan HTTP misalnya http://id.wikipedia.org sedangkan FTP diawali dengan ftp misalnyaftp://globalscape.com 16. LDAP adalah merupakan media penyimpanan terpusat dan aksesinformasi jarak jauh (LDAP akan dibahas secara detail pada bab selanjutnya). 17. SSL ( Secure Sockets Layer) adalah metode enkripsi yang dikembangkanoleh Netscape untuk memberikan keamanan di Internet. Ia mendukungbeberapa protokol enkripsi dan memberikan autentikasi client dan server.SSL beroperasi pada layer transpor, menciptakan saluran enkripsi yang amanuntuk data, dan dapat mengenkripsi banyak tipe

data. Hal ini dapat dilihatketika mengunjungi site yang aman untuk melihat dokumen online amandengan Communicator, dan berfungsi sebagai dasar komunikasi yang amandengan Communicator, juga dengan enkripsi data Netscape Communication lainnya. Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat_elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat_elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrem. Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

Tata-tertib Internet Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan merupakan nama Nettiquette. dalam

Netiquette

Etika

menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini

menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturanaturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah: 1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall 2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. 3. Dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,: a. Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat. b. Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit c. Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas. d. Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya. e. Jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

Isu Moral dan Undang-Undang Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan ucapan benci(?)(Hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh

Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Kematian juga telah disalahkan kepada Internet oleh sebagian orang. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan teman-teman chatting IRCnya memberi semangat. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet.

Akses Internet

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk UK, South Korea, Germany, Japan, dan USA, umumnya meamiliki penetrasi pengguna yang cukup baik. Berbeda dengan Indonesia atau negara berkembang lain, yang penetrasi internet yang baru 12,3 % dari sekitar 242,968,342 populasi penduduk Indonesia berdasarkan yang dipaparkan Internet World Statistic Last update June 30, 2010 www.internetworldstats.com/top20.htm

DAFTAR 20 NEGARA PENGUNA INTERNET TERBESAR DI DUNIA Negara # atau Daerah 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Cina Amerika Serikat Jepang India Brasil Jerman Rusia Britania Raya Prancis % Pengguna Dunia 21,4% 12,2% 5,0% 4,1% 3,9% 3,3% 3,0% 2,6% 2,3% 2,2% 2,0% 1,8% 1,7% 1,6% 1,5% 1,5% 1,5% 1,5% 1,4% 1,3%

Penduduk, 2010 Pengguna Est 1,330,141,295 310,232,863 126,804,433 1,173,108,018 201,103,330 82,282,988 139,390,205 62,348,447 64,768,389 152,217,341 48,636,068 77,804,122 76,923,300 112,468,855 58,090,681 242,968,342 99,900,177 46,505,963 41,343,201 33,759,742 terbaru data 420,000,000 239,893,600 99,143,700 81,000,000 75,943,600 65,123,800 59,700,000 51,442,100 44,625,300 43,982,200 39,440,000 35,000,000 33,200,000 30,600,000 30,026,400 30,000,000 29,700,000 29,093,984 26,614,813 26,224,900

% Populasi Pertumbuhan (Penetrasi) 31,6% 77,3% 78,2% 6,9% 37,8% 79,1% 42,8% 82,5% 68,9% 28,9% 81,1% 45,0% 43,2% 27,2% 51,7% 12,3% 29,7% 62,6% 64,4% 77,7% 2000-2010 1,766.7% 151,6% 110,6% 1,520.0% 1,418.9% 171,3% 1,825.8% 234,0% 425,0% 21,891.1% 107,1% 1,650.0% 13,180.0% 1,028.2% 127,5% 1,400.0% 1,385.0% 440,0% 964,6% 106,5%

10 Nigeria 11 Korea Selatan

12 Turki 13 Iran 14 Meksiko 15 Italia 16 Indonesia 17 Filipina 18 Spanyol 19 Argentina 20 Kanada

TOP 20 Negara 4,480,797,760 Istirahat Dunia 2,364,812,200 Jumlah Dunia Populasi 6,845,609,960

1,490,754,397 475,760,419 1,966,514,816

33,3% 20,1% 28,7%

417,8% 551,2% 444,8%

75,8% 24.2% 100,0%

Padahal terdapat banyak cara untuk akses internet di Indonesia, diantarnya : 1. Dial – up melalui jalus PSTN (Public Switched Telephone Network) yaitu cara kita. terhubung ke ISP (Internet Service Provider) melalui jaringan telephone reguler (PSTN) contohnya adalah ”Telkomnet Instan” dari ISP Telkom. Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umunya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer). Kecepatan akses internet menggunakan dial up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 kilo byte persecond (kbps). 2. Dial – up dengan teknologi GPRS, GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service yaitu komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. 3. Leased-Line (dedicated) adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terusmenerus. Leased line memiliki beberapa tingkatan tarif yang bergantung kepada lebar jalur data (Bandwidth) yang mampu dikirimkan melalui leased line tersebut. 4. Frame Relay – merupakan suatau layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu yang bersamaan.

5. Wave-LAN – koneaksi jaringan lokal dengan ISP menggunakan teknologi wireless dengan perangkat radio/antenna dengan gelombang mikro 2.4 GHz (free-license), 3.3 GHz, 5.8 GHz, 10,5 GHz (license) dan lain – lain.. 6. PLC (PowerLine Communication) – Koneksi PC dengan Internet menggunakan jalur listrik PLN yang bertindak sebagai ISP, dengan bantuan modem yang langsung dapat ditancapkan ke stop kontak yang telah beraliran listrik. 7. VSAT (Very Small Aperture Terminal), pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet di mana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon. 8. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem). 9. DSL (Digital Subcriber Line) – Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. 10. ISDN (Integrated Services Digital Network). Pada dasarnya ISDN merupakan jalan untuk mealayani tranasfaer data daengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit pear detik). Tidak seperti telepon. DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran

Penggunaan Internet Di Tempat Umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa layanan tempat internet umumyang termasuk

menyediakan

perpustakaan, dan kafeinternet/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat umum yangmenyediakan pusat akses internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal,dan Telepon web. Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wifi, sepertiWifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yangmempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersediakepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yangmenjadi "akar" (root ), yang disebuthomepage (halaman induk; seringditerjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpandalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis.Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan,misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan suratelektronik (e-mail), dan lain-lain. Terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang

biasanyaterangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumenyang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampirselalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasidari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringaninformasi yang sangat besar. Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasadisebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadisebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebutmengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan danbagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisamengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situssitus e-mail gratisan, yang membutuhkansubkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

PERBEDAAN EKSTRANET INTERNET

INTRANET, DAN

INTERNET Pengertian Internet Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik

transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk salingberkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain. Fasilitas Internet Fasilitas-Fasilitas yang dapat di manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya : o Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape. o E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment). o Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat. o FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda. Istilah-istilah Dalam Internet Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan dalam Internet, diantaranya yaitu:

o WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. o Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu. o Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu. o Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web. o Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW. Manfaat Internet Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

INTRANET Pengertian Intranet Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang

lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi. Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet. Kegunaan intranet Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada content yang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb. Web dengan perangkat database di belakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama yaitu: 1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-

commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya. 2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.

EXTRANET Pengertian Extranet Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

PERBEDAAN INTERNET, INTRANET DAN EXTRANET  Internet Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.

 Intranet adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)  Ekstranet. Jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->